bacaterus web banner retina

Bikin Terharu, Ini 10 Lagu yang Menceritakan tentang Guru

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Pahlawan tanpa tanda jasa. Itulah julukan bagi guru, seorang yang bertugas mendidik dan mengajar para murid-muridnya. Tanpa lelah, para guru selalu siap sedia memberikan berbagai ilmu dan pelajaran hidup.

Meskipun muridnya terkadang menyebalkan, tetapi guru selalu bersikap baik dan sabar menghadapi berbagai sikap nyeleneh para muridnya. Hebat sekali, ya, guru itu?

Untuk itu, terciptalah lagu-lagu dengan lirik yang indah untuk mengenang dan memberikan persembahan sayang kepada guru. Lagu-lagu ini cocok kamu nyanyikan ketika hari guru, atau saat perpisahan sekolah.

Siapkan tisu, ya! Kamu pasti akan menangis karena teringat betapa hebatnya perjuangan para guru. Ada lagu apa saja, ya? Yuk, disimak!

1. Hymne Guru – Sartono


Sebagai prasasti terimakasihku Tuk pengabdianmu

Engkau bagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

Lagu nasional berjudul “Hymne Guru” diciptakan Sartono, seorang guru musik asal Madiun, Jawa Timur. Lagu tersebut diciptakannya ketika mengikuti lomba cipta lagu tahun 1980, bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional.

Kini, lagu ciptaannya itu menjadi lagu nasional, yang selalu dinyanyikan saat Hari Pendidikan Nasional, ataupun dinyanyikan saat upacara sekolah. Kamu juga bisa putar lagu ini saat hari perpisahan tiba.

2. Guruku Tersayang – Melly Goeslaw


Guruku tersayang Guru tercinta

Tanpamu apa jadinya aku Tak bisa baca tulis Mengerti banyak hal Guruku terima kasihku

Itulah penggalan lirik dari lagu “Guruku Tersayang” Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu satu ini, bukan? Sering dinyanyikan setiap perayaan hari guru dan dihafal oleh banyak murid, lagu ini didedikasikan untuk para guru yang sudah mengajar dan mendidik para murid.

Lagu “Guruku Tersayang” merupakan ciptaan Melly Goeslaw, musisi andalan Indonesia. Lagu ini diciptakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dari seorang murid kepada guru.

3. Guru Permata Hati – Nana Valanza


Mungkin ku tak mampu untuk balaskan jasamu Mungkin ku tak mampu untuk memuaskan dirimu Namun tuhan tahu bisikan hatiku

Dalam-dalam-dalam Dalamnya cintaku

Masih ingat dengan Een Sukaesih? Seorang guru difabel perintis rumah pintar asal Sumedang, yang tetap mengajar meski penyakit rheumatoid arthritis menyerangnya. Lagu ini diciptakan oleh Nana Valanza untuk mengenang Een Sukaesih.

Akan tetapi sosok inspiratif dalam dunia pendidikan Indonesia ini wafat pada Desember 2014 lalu. Kepergian Een membuat dunia pendidikan kehilangan sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Lagu yang sungguh membuat haru.

4. Guru Oemar Bakri – Iwan Fals


Oemar Bakri, Oemar Bakri Pegawai negeri

Oemar Bakri, Oemar Bakri Empat puluh tahun mengabdi

Jadi guru jujur berbakti memang makan hati

Diciptakan pada tahun 1981, lagu “Guru Oemar Bakri” diciptakan Iwan Fals karena terinspirasi dari gurunya sendiri saat bersekolah di SMP 5 Bandung. Ialah Abang Landoeng yang lahir pada tahun 1926, dan mulai mengajar keliling kota Bandung dengan sepeda kumbangnya mulai sekitar tahun 1942.

Oemar Bakri diciptakan Iwan Fals juga sebagai representasi seorang guru yang teladan, mengajar tanpa pamrih, dan ikhlas dalam mendidik. Makanya kamu jangan pernah melawan ucapan guru ya!

5. Semua Murid Semua Guru – Andien Aisyah


Aku bisa belajar dari ilmumu

Kamu bisa belajar dari yang kutahu Belajar bergerak bermakna

Semua murid semua guru Semua murid semua guru

Tidak hanya dinyanyikan oleh Andien, lagu “Semua Murid Semua Guru” juga dinyanyikan oleh enam musisi lain. Di antaranya Vidi Aldiano, Tulus, Glenn Fredly, Tompi, Indra Azis, dan Endah N Rhesa.

Lagu yang diciptakan bertepatan dengan Hardiknas tahun 2018 ini merupakan bentuk kontribusi para musisi untuk dunia pendidikan. Tak hanya itu, lagu ini juga diciptakan untuk mendukung kampanye Semua Murid Semua Guru (SMSG) oleh  Najeela Shihab selaku inisiator.

Lagu “Semua Murid Semua Guru” bercerita bahwa semua orang bisa menjadi guru dan juga murid. Tidak perlu memandang umur dan latar belakang. Lagu yang indah, ya?

6. You Have Made A Difference - Brian Asselin & Eric Disero


You have made a difference, You have shaped our minds You have changed the world, one child at a time

You have always been there, in everything you do

I hope that you're as proud of me, as I am proud of you

Dinyanyikan oleh Brian Asselin dan Eric Disero, lagu “You Have Made A Difference” dipersembahkan untuk para guru, yang sudah memberikan berbagai ilmu dan pelajaran hidup.

Dilihat dari liriknya, lagu ini menggambarkan seorang guru yang mampu mengubah dunia dengan cara mengajar dan mendidik murid-muridnya. Kemudian, sang murid pun berharap supaya sang guru dapat bangga atas pencapaian para muridnya.

7. My Love – Westlife


So I say a little prayer

And hope my dreams will take me there

Where the skies are blue to see you once again, my love

Siapa tak kenal Westlife? Grup musik asal Irlandia memang selalu mempersembahkan lagu-lagu yang indah. Tak terkecuali lagu untuk guru. Salah satu lagu Westlife yang cocok dinyanyikan untuk guru ialah My Love.

Liriknya yang mendalam, dapat direpresentasikan sebagai perpisahan seorang murid dengan guru. Sang murid begitu menyanyangi gurunya, sehingga tak rela untuk berpisah. Namun, begitulah hidup. Harus terus berjalan. Bikin terharu, ya?

8. Big Big World – Emilia


I’m a big big girl in a big big world

It’s not a big big thing if you leave me but I do do feel that

I do do will miss you much miss you much

Sama seperti lagu My Love Westlife, lagu Big big world yang dinyanyikan oleh Emilia juga mengisahkan perpisahan antara murid dan guru. Maka tak heran jika lagu ini cocok dinyanyikan saat hari perpisahan tiba.

Lagu ini dapat mewakili isi hati murid yang tidak ingin pisah dari gurunya. Dari hati yang terdalam, muridnya berkata pasti akan sangat merindukan sang guru. Kalau kamu berat mengatakan ke gurumu, langsung saja putar lagu ini!

9. Nothings Gonna Change My Love For You - George Benson


Nothing’s gonna change my love for you

You ought to know by now how much I love you The world may change my whole life through But nothing’s gonna change my love for you

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu satu ini. Lagu Nothings Gonna Change My Love For You yang dinyanyikan oleh George Benson, memang memiliki makna yang mendalam. Meskipun tidak langsung ditujukan untuk guru, tetapi lagu ini cocok kamu nyanyikan untuk gurumu saat perpisahan sekolah.

Hal ini karena lagu ini bercerita tentang seseorang yang sangat menyayangi kekasihnya dan tak ingin yang lain. Sama halnya seperti rasa sayang murid kepada guru. Meskipun terkadang menyebalkan, murid juga sangat menyayangi guru sepenuh hati. Pengorbanan guru sungguh tak terhingga.

10. Thank You For Loving Me – Bon Jovi


Thank you for loving me For being my eyes When I couldn't see

For parting my lips When I couldn't breathe Thank you for loving me

Terakhir, ada lagu Thank You For Loving Me oleh Bon Jovi. Dapat dilihat dari judul dan isi liriknya, lagu ini merupakan ungkapan rasa terima kasih karena sudah menyayangi setulus hati. Cocok untuk mewakili perasaan para murid.

Kamu bisa memberikan lagu ini kepada gurumu sebagai bentuk ucapan terima kasih. Berterima kasih karena sudah diajar sepenuh hati oleh gurumu. Momen akan semakin indah dan syahdu ketika kamu putar di perpisahan sekolah.

Itulah 10 lagu bertemakan guru. Sungguh mulia perjuangan dan pengorbanan para guru untuk mendidik para murid. Tentunya, kita semua pernah menjadi seorang murid. Mari sama-sama menghargai jasa para guru, dan mencintai mereka.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram