Bacaterus / lagu / 10 Lagu Slank Legendaris yang Paling Enak Diputar

10 Lagu Slank Legendaris yang Paling Enak Diputar

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak kenal dengan Slank? Hampir semua orang pasti mengenal band legendaris yang satu ini. Bahkan kalau kamu bukan pencinta musik sekalipun, setidaknya pasti tahu soal Slank atau pernah mendengar lagunya walau hanya satu kali.

Salah satu hal yang membuat Slank istimewa adalah hampir semua lagunya selalu menjadi hit, bahkan lagu-lagu lawas Slank tetap populer sampai sekarang. Dari sekian banyak lagu yang sudah dirilis, lagu mana sajakah yang pantas dinobatkan sebagai lagu terbaik? Ini dia 10 lagu Slank yang paling enak didengar versi Bacaterus.

1. Terlalu Manis

Terlalu Manis

* sumber: shopee.co.id

Lagu ini pastinya sudah tak asing bagi penikmat musik Indonesia, khususnya anak-anak ’90-an. Lagu “Terlalu Manis” masuk ke dalam album kedua bertajuk “Kampungan” yang diluncurkan Slank pada tahun 1991. Pada masanya, “Kampungan” meraih penghargaan sebagai album dengan penjualan terbaik versi BASF Awards.

Lagu “Terlalu Manis” menggambarkan seseorang yang sedang berusaha untuk move on dari kekasihnya yang dulu, namun kenangan manis di masa lalu ternyata sangat sulit untuk dilupakan. Lirik lagu ini terkesan sederhana sehingga mudah diingat, tapi hati-hati baper kalau kamu punya kisah cinta serupa seperti isi lagu tersebut.

2. Kamu Harus Pulang

Kamu Harus Pulang

* sumber: www.mldspot.com

Lagu “Kamu Harus Pulang” termasuk salah satu lagu hit yang dirilis lewat album “Generasi Biru” tahun 1994. Lagu ini jadi sangat terkenal di era tahun ’90-an, bahkan sampai sekarang pun lagu ini masih sering dinyanyikan oleh para penggemar Slank.

Lagu ini bercerita tentang pasangan kekasih yang sedang berkencan di luar rumah, tapi mereka harus segera pulang karena waktu sudah larut malam. Lewat lagu ini, Slank seolah ingin memberi pesan positif kepada kaum muda bahwa boleh berpacaran, tapi tetap ada etika dan adab yang harus diperhatikan.

3. Balikin

Balikin

* sumber: www.thejakartapost.com

Pada tahun 1998, Slank meluncurkan album “Tujuh” yang lagi-lagi sangat sukses di pasaran. Album ini punya lagu andalan berjudul “Balikin” yang pastinya sudah tidak asing di telinga penikmat musik tanah air. Masih dengan warna musik yang sangat khas dari Slank, “Balikin” pantas masuk ke dalam daftar lagu Slank terbaik sepanjang masa.

Liriknya sekilas menggambarkan kehidupan cinta seseorang yang terjebak dalam sebuah toxic relationship, namun lagu ini sebenarnya bukan bercerita tentang pacaran, melainkan isi hati para personelnya (Kaka dan Bimbim) yang penuh penyesalan dan ingin lepas dari pengaruh obat-obatan terlarang.

4. Makan Gak Makan

Makan Gak Makan

* sumber: slank.com

Slank sempat merilis album kompilasi berjudul “Konser Piss 30 Kota”. Sesuai judulnya, ini adalah album hasil rekaman konser yang digelar Slank di tahun 1998. Selain berisi lagu-lagu hit yang sudah dirilis, album ini juga menyertakan dua buah lagu baru, salah satunya adalah “Makan Gak Makan” yang langsung booming pada saat itu.

Lagu “Makan Gak Makan” cukup kental dengan pesan persatuan. Liriknya mengingatkan banyak orang untuk mengutamakan kebersamaan, baik di masa susah maupun senang. Makan atau makanan memang identik dengan masalah perut alias urusan pribadi/golongan, jadi lagu inipun seolah memberi pesan agar kita semua tidak terpecah belah hanya karena mementingkan ego.

5. Orkes Sakit Hati

Orkes Sakit Hati

* sumber: netz.id

Slank terkenal sebagai band yang sering menyoroti masalah politik di tanah air. Karya-karya mereka juga banyak yang bernuansa politik, salah satunya adalah lagu “Orkes Sakit Hati”. Lagu ini masuk ke dalam album kesembilan Slank yang berjudul “999+09” (versi abu-abu) yang dirilis pada tahun 1999 silam.

Secara garis besar, lirik lagunya mengungkapkan keluh kesah seseorang yang sudah melakukan banyak hal, tapi berakhir dengan sakit hati karena selalu dikecewakan. Lagu ini sendiri memang ditujukan untuk para pejabat atau politisi yang sering mengumbar janji manis yang ironisnya tidak pernah ditepati.

Baca juga: Lagu Slank Paling Legendaris Sepanjang Masa

6. Virus

Virus

* sumber: kumparan.com

Slank kembali merilis album baru berjudul “Virus” di tahun 2001. Sama seperti nama albumnya, lagu andalan di album kesepuluh ini juga bertajuk “Virus”. Lagu slow yang satu ini dengan cepat menjadi sangat populer di kalangan para penikmat musik kala itu.

Album “Virus” sendiri menjadi cukup spesial bagi Slank. Saat merilis album ini, seluruh personel Slank dinyatakan sudah bersih dari obat-obatan terlarang, jadi “Virus” seolah menjadi lembaran baru bagi band tersebut.

7. I Miss You But I Hate You

I Miss You But I Hate You

* sumber: www.fimela.com

Pada tahun 2001, Slank menggelar tur di puluhan kota di Indonesia. Tur ini menghasilkan sebuah album live berjudul “Virus Roadshow” yang dirilis sekitar tahun 2002. Album ini berisi lagu-lagu yang dibawakan oleh Slank selama konser, termasuk satu buah lagu baru berjudul “I Miss You But I Hate You”.

Seperti halnya lagu-lagu Slank lainnya, “I Miss You But I Hate You” mendapat respon yang sangat baik dari para penggemar. Lirik lagu ini menggambarkan seorang lagi-laki yang selalu teringat dengan kekasihnya. Akan tetapi, sang kekasih seperti acuh tak acuh sehingga laki-laki tersebut makin galau dengan perasaannya sendiri.

8. Gara-Gara Kamu

Gara-Gara Kamu

* sumber: www.jawapos.com

Lagu “Gara-Gara Kamu” masuk ke dalam album “Satu Satu” yang diluncurkan pada tahun 2003. Ini adalah album kesebelas Slank dan berisikan 11 lagu. Album ini juga diberi nama “Satu Satu” yang merupakan simbol angka 11. Lagu “Gara-Gara Kamu” memiliki lirik sederhana yang seperti menceritakan kisah cinta seseorang.

Akan tetapi, seperti lagu-lagu Slank lain yang kadang dikemas dengan kiasan, sebutan ‘kamu’ dalam lagu ini diyakini merujuk pada narkoba. Jika memang demikian, lagu ini sama seperti lagu “Balikin” yang menjadi ungkapan penyesalan Slank tentang obat terlarang, sementara lirik lagunya lebih menggambarkan dampak buruk narkoba kepada seseorang.

9. Mars Slanker

Mars Slanker

* sumber: rockstagejournal.com

Selanjutnya ada lagu “Mars Slanker” yang patut dimasukkan ke dalam deretan lagu-lagu terbaik Slank. “Mars Slanker” tergabung dalam album “Road To Peace” yang dirilis pada tahun 2004 silam. Album ke-12 ini sengaja dibuat Slank dengan menonjolkan tema anak muda sekaligus mengajak mereka untuk selalu menjunjung tinggi kedamaian.

Lagu “Mars Slanker” dibuat dan dipersembahkan untuk para penggemar Slank yang disebut Slanker . Lirik lagunya berisikan kata-kata motivasi bagi anak muda untuk selalu giat bekerja, tidak malas-malasan, tapi tetap dengan hati senang dan bahagia. Sesuai dengan judulnya, lagu penuh semangat ini memang sangat cocok bila dijadikan ‘lagu kebangsaan’ para Slankers.

10. Ku Tak Bisa

Ku Tak Bisa

* sumber: jelajahnusa.com

Slank meluncurkan album “PLUR” di tahun 2004. Nama album ini pun menjadi semboyan baru Slank yang merupakan singkatan dari Peace, Love, Unity, Respect. Sedangkan lagu “Ku Tak Bisa” yang diwarnai dengan musik slow merupakan salah satu lagu andalan Slank di album ini.

Lagu “Ku Tak Bisa” menunjukkan kebencian seseorang terhadap sebuah perpisahan. Lewat lirik-liriknya yang sederhana dan mudah dihafal, Slank meggambarkan sepasang kekasih yang tak bisa bersama karena banyaknya perbedaan. Namun pasangan ini memilih untuk tetap bertahan karena mereka merasa diciptakan untuk selalu bersama.

Dari 10 lagu Slank di atas, manakah yang jadi lagu favoritmu? Mengingat perjalanan karier Slank yang sangat panjang sejak tahun ’90-an, tentu ada banyak lagu lain yang tak kalah enak didengar. Nah, kalau kamu punya rekomendasi lagu-lagu Slank yang lain, jangan ragu menuliskan judulnya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *