Bacaterus / Belajar Yuk! / 10 Lagu Perpisahan SMP yang Bikin Kamu Kangen Sekolah!

10 Lagu Perpisahan SMP yang Bikin Kamu Kangen Sekolah!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Perpisahan sekolah tidak hanya menjadi momen yang bersifat seremonial, perpisahan sekolah seringkali memiliki kesan emosional tersendiri. Tidak terkecuali pada perpisahan Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Acara perpisahan melibatkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan acara yang berkesan.

Termasuk pada pemilihan lagu yang nantinya bisa dinyanyikan bersama, dijadikan musik latar untuk slide show foto maupun untuk sekedar diputar saat berkumpul dan bercengkerama dengan teman-teman dan gugu-guru. Terkadang, kita kebingungan mencari referensi lagu yang pas untuk momen tersebut. Berikut ini kami rangkum 10 ide lagu untuk acara perpisahan SMP.

10 Lagu Perpisahan SMP Terbaik

1. Sebuah Kisah Klasik – Sheila on 7

* sumber: blogs.longwood.edu

Sheila on 7 banyak membawakan lagu yang cukup sering digunakan sebagai lagu tema perpisahan. Bukan tanpa alasan, lagu tersebut memliki lirik yang berkaitan erat dengan persahabatan di masa muda diiringi dengan nada yang cenderung memicu semangat.

Misalnya pada lagu berjudul Sebuah Kisah Klasik yang dirilis pada tahun 2000. Lirik lagu in berbicara tentang satu momen yang nantinya akan dirindukan sebab akan ada perpisahan dengan kawan-kawan yang sebelumnya telah menghabiskan waktu bersama. Mari dengarkan lagunya bersamasama melaui YouTube di link ini.

2. See You Again – Wiz Khalifa ft. Charlie Puth

Lagu ini pernah menjadi salah satu lagu yang paling populer di tahun 2015 silam. Lagu yang merupakan soundtrack dari film Fast and Furious 7 ini juga menjadi tribut atas meninggalnya salah satu aktor film tersebut yakni Paul Walker pada tahun 2013, maka tidak heran jika lagu ini memberikan kesan kesedihan yang mendalam.

Walau demikian, lagu ini tetap mampu menggambarkan ikatan persahabatan yang sangat kuat walaupun akan berpisah. Pemilihan lagu See You Again pada acara perpisahan tentu bisa melahirkan satu momen mengharukan bersama kawan-kawan yang akan berpisah dan mungkin akan dipertemukan kembali suatu hari nanti.

3. Kemesraan – Iwan Fals and All Star

* sumber: pixabay.com

Lagu ini telah dirilis dari tahun 80an namun rasa-rasanya kurang afdol apabila kita tidak memasukan lagu ini sebagai salah satu pilihan. Lagu Kemesraan ini sangat sering digunakan untuk perpisahan di berbagai tingkatan sekolah dan dianggap sebagai salah satu lagu yang tetap memiliki tempat tersendiri terutama untuk mengenang masa sekolah.

Lagu ini diaransemen ulang pada tahun 2015 yang melibatnya beberapa musisi dari Musica Studios sehingga menghasilkan nuansa yang baru dan segar tanpa kehilangan makna dari lagu tersebut. Dengarkan lagunya melalui link ini.

4. Graduation (Friends Forever) – Vitamin C

Bisa dibilang lagu ini sudah merupakan salah satu koleksi lagu lama. Walau demikian, lagu yang dirilis di tahun 2000 ini termasuk lagu yang tidak lekang oleh waktu dan tetap cocok untuk digunakan terutama pada acara perpisahan.

Lagu ini bisa dikatakan sebagai sebuah lagu yang sengaja dibuat untuk masa kelulusan sekolah yang identik dengan perpisahan. Bahkan, salah satu versi lagu ini memasukkan testimoni pelajar dari berbagai tingkatan sekolah. Sepertinya tidak berlebihan jika lagu ini bisa dianggap sebagai lagu yang wajib diperhitungkan untuk perpisahan sekolah.

5. Sampai Jumpa – Endank Soekamti

Lagu yang menceritakan mengenai siklus kehidupan yang melibatkan pertemuan dan perpisahan ini merupakan pilihan tepat untuk mengisi acara perpisahan sekolah. Lagu ini sangat relevan dengan berbagai kisah perpisahan termasuk perpisahan dengan kawan dan guru semasa sekolah. Endank Soekamti yang dikenal sebagai band rock ini mampu menghasilkan lagu dengan nuansa melankolis dalam menggambarkan perpisahan.

6. The Climb – Miley Cyrus

* sumber: 3dhdwallpaperspicture.blogspot.com

Salah satu hal paling indah ialah tumbuh bersama orang-orang yang kita sayangi dan menjalani kehidupan yang dinamis. Meraih impian bersama dengan sahabat tentu akan menjadi hal yang sangat berkesan terutama di masa sekolah sangat identik dengan cita-cita dan semangat untuk meraihnya. Hal ini juga tergambar dalam lagu the Climb yang merupakan soundtrack Hannah Montana: the Movie.

Nadanya yang cenderung mendayu-dayu dengan lirik yang menyentuh mampu menciptakan sebuah kenangan yang berkesan sekaligus menjadi pengingat agar kita terus melihat ke depan. Lagu ini cocok menggambarkan masa peralihan yang harus diisi oleh optimisme dalam melihat masa depan. Agar lebih yakin dengan diri sendiri, mari dengarkan lagunya di sini.

7. Terlalu Manis – Slank

Lagu dari Slank ini memang cukup banyak digunakan untuk acara perpisahan di Indonesia. Lirik maupun nada dalam lagu ini mampu menggambarkan perasaan kita ketika menghadapi sebuah perpisahan. Bermain gitar dan bernyanyi bersama tentu menjadi salah satu pemandangan yang sering ditemui pada remaja di masa sekolah baik ketika mengisi waktu luang maupun untuk pentas seni di sekolah. Hal sederhana inilah yang diangkat oleh Slank sehingga mampu menjadi lagu yang memberikan kesan nostalgia yang kuat.

8. Count on Me – Bruno Mars

* sumber: www.healthcuretips.com

Count on Me yang dirilis pada tahun 2011 ini mampu menggambarkan sebuah pertemanan yang benar-benar saling mengisi dan saling mengandalkan. Lagu ini juga menggambarkan bahwa kita akan selalu mengingat teman-teman kita. Lirik tersebut tentunya akan sangat tepat digunakan untuk perpisahan sekolah yang hangat dan berkesan. Jika penasaran, yuk dengarkan lagunya di sini.

Selalu ada untuk sahabat dan tumbuh bersama mereka bisa menjadi sebuah kondisi ideal bagi kita semua. Menjadi orang yang bisa diandalkan maupun memiliki orang yang bisa diandalkan merupakan salah satu kenangan paling istimewa ketika berjuang di masa sekolah.

9. Monokrom – Tulus

Pertama kalinya menemukan kawan yang begitu dekat tentu menjadi momen yang sangat berharga. Walau demikian, pada akhirnya kita bisa terpisah dan berada di tempat yang jauh berbeda. Pada akhirnya kita menyadari bahwa kenangan-kenangan tersebut telah membentuk kita menjadi diri kita saat ini. Hal inilah yang tergambar dalam lagu yang dinyanyikan oleh Tulus. Lagu yang cenderung memiliki irama yang santai dan lembut ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk digunakan dalam acara perpisahan.

Lagu ini berisikan kenangan sekaligus pesan untuk orang-orang terkasih yang nantinya akan dipisahkan oleh jarak. Lagu ini sangat tepat dalam menggambarkan perpisahan sekolah yang merupakan awal untuk kehidupan yang lebih menantang dan terpisah dari sahabat – sahabat yang begitu berharga. Hanya foto dan ucapan terima kasih yang tersisa seperti pada penggalan lirik berikut ini :

Di mana pun kalian berada
Kukirimkan terima kasih
Untuk warna dalam hidupku dan banyak
kenangan indah
Kau melukis aku

10. Try Everything – Shakira

Lagu ini merupakan soundtrack film animasi Zootopia yang tayang pada tahun 2016. Dibandingkan lagu-lagu sebelumnya, lagu ini cenderung menciptakan nuansa semangat yang penuh dengan optimisme untuk menghadapi berbagai hal di masa depan. Lagu ini tepat untuk menggambarkan semangat generasi muda yang bersiap menuju tantangan di dunia yang akan dihadapi selanjutnya seperti pada penggalan lirik berikut ini:

Look how far you’ve come, you filled your heart with love
Baby, you’ve done enough, take a deep breath
Don’t beat yourself up, don’t need to run so fast
Sometimes we come last, but we did our best

Itulah beberapa lagu yang bisa dijadikan pilihan untuk acara perpisahan sekolah. Tentunya daftar ini hanya sebagian kecil dari lagu-lagu lainnya yang juga bisa dipilih. Apakah lagu perpisahan favorit kamu ada dalam daftar di atas? Jika belum, kamu juga bisa menambahkan rekomendasi di kolom komentar di bawah ini. Oh iya, yang sedang galau juga bisa menikmati 10 Playlist Lagu yang Enak Buat Ngegalau ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Lahir dini hari di bulan Agustus

Leave A Comment