Bacaterus / Wisuda / 11 Lagu yang Cocok untuk Menemani Perpisahan SMA

11 Lagu yang Cocok untuk Menemani Perpisahan SMA

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Di setiap pertemuan pasti selalu ada perpisahan. Perpisahan merupakan momen yang pastinya mengharukan dalam kehidupan kita, ya, Teman-teman. Apalagi jika harus berpisah dengan teman-teman semasa sekolah, khususnya sekolah SMA. Kenapa? Karena masa-masa SMA adalah masa ketika kita mulai mengenal arti dari persahabatan, cinta, dan juga mengenal diri kita sendiri.

Perpisahan bukan berarti akhir dari pertemuan, hanya saja berpisah bisa berarti tidak  bertemu dalam waktu yang tidak bisa ditentukan atau tidak akan pernah bertemu kembali. Nah, bagaimana cara kita melepaskan masa indah penuh kenangan itu? Tentu tidak mudah, namun jangan merasa sedih dulu, karena sekolah biasanya akan mempersiapkan acara khusus untuk hari perpisahan kalian.

Nah, untuk hari perpisahan kalian (atau istilah kerennya Farewell Party), jangan lupa persiapkan lagu-lagu yang cocok untuk mewarnai kebersamaan kalian. Bacaterus sudah merangkum beberapa lagu yang cocok untuk menemani acara Farewell Party kalian. Apa saja lagunya? Yuk, intip daftar lagunya di bawah ini:

1. Peterpan – Semua Tentang Kita


Hampir semua orang pasti pernah mendengar salah satu lagu terbaik dari Peterpan ini. Meskipun masuk kategori lagu lawas, dirilis pada tahun 2003 melalui album berjudul “Taman Langit”, lagu ini masih sering sekali dinyanyikan beragam usia dan biasanya memang dimainkan pada acara-acara perpisahan, tidak terkecuali perpisahan SMA.

Semua Tentang Kita-nya Peterpan ini selalu berhasil membawa suasana dengan mengingatkan kita pada cerita seru, konyol, sedih dan bahagia dimasa-masa sekolah bersama teman-teman tercinta.  Simaklah salah satu baitnya: “Teringat di saat kita tertawa bersama, Ceritakan semua tentang kita”. Hmm, pasti pada baper, nih. Tidak heran, lagu ini menjadi salah satu lagu wajib untuk perpisahan.

2. Slank – Terlalu Manis


Alunan gitar akustik khas Slank menambah suasana syahdu lagu ini. “Terlalu Manis” merupakan salah satu lagu wajib baik itu untuk perpisahan atau bahkan reunian, nih, Teman-teman. “Terlalu manis untuk dilupakan, Kenangan yang indah bersamamu.” Wusshh, pasti langsung teringat masa-masa sekolah, ya.

Kenangan-kenangan “indah” yang tidak terlupakan ini biasanya tidak luput dari kejadian-kejadian konyol. Mungkin saja, salah satu momennya itu ketika salah seorang teman kalian menyanyikan sebuah lagu dengan suara nyaring, kemudian satu kelas mulai ikut bernyanyi dengan berbagai gerakan dan gelak tawa.

Atau, diam-diam kalian merencanakan kejutan manis untuk salah seorang teman kalian yang berulang tahun? Jika diingat-ingat, semua kenangan indah itu memang terlalu manis untuk dilupakan, ya.

3. Bondan Prakoso & Fade 2 Black – Kita Selamanya


Perpisahan, seperti kata Bondan Prakoso & Fade 2 Black dalam lagu “Kita Selamanya”, bukanlah akhir, tapi “It’s just the beginning!”. Lagu Kita Selamanya ini memang sangat cocok untuk didengar ketika kelulusan, lho!

Kita Selamanya” dibawakan dengan nada ceria dan tidak terdengar mellow seperti lagu perpisahan pada umumnya. Selain mengenang masa-masa sekolah, lagu ini juga mengajarkan kita untuk tetap menjaga silaturrahmi setelah berpisah, dan juga mengingatkan kita agar tetap semangat menyiapkan masa depan masing-masing.

4. Mocca – I Remember


Mocca, band asal Bandung dengan lagu-lagunya yang khas retro tahun 70-an juga merilis lagu yang sangat cocok untuk menemani perpisahan kalian, loh, Teman-teman. Lagu “I Remember merupakan salah satu lagu dari soundtrack “Catatan Akhir Sekolah” yang dirilis pada tahun 2005.

I remember.. All the laughter we shared, all the wishes we made, upon the roof at dawn.” Duh, lirik yang sangat maknyus ini semakin menyentuh dengan alunan musiknya yang juga mendayu-dayu, sukses mengajak kita semua kembali bernostalgia ke masa-masa romantika saat sekolah. Salah satu lagu wajib, nih, apalagi kalau ternyata kita memiliki kenangan yang sedikit mirip dengan liriknya.

Selain romantis, lirik lagunya juga sangat cocok diputar sebagai lagu wajib perpisahan di sekolahmu, lho! Sama seperti lagu-lagu lainnya, lagu yang dibawakan dengan bahasa inggris ini juga mengembalikan ingatan-ingatan lama yang pernah kita lakukan bersama teman-teman tercinta.

5. Project Pop – Ingatlah Hari Ini


Siapa yang tidak kenal dengan grup vokal yang satu ini? Yap! Mereka adalah Project Pop dengan lagunya yang sampai saat ini masih enak didengar. “Ingatlah Hari Ini” merupakan lagu perpisahan yang ringan, fun, lucu, dan juga membuat kita cekikikan teringat masa-masa saling melempar ejekan namun tanpa baper.

Walaupun kadang kita sering bertengkar karena hal-hal kecil dan saling melempar ejekan satu sama lain, tapi tak melunturkan persahabatan kita. Eits, jangan lupa, ingatlah selalu kenangan yang telah kita ciptakan selama masa sekolah.

6. Chrisye – Kisah Kasih di Sekolah


Setuju, nggak, kalau masa yang paling indah itu adalah masa-masa di sekolah? Nah, begitulah sepenggal lirik yang ingin disampaikan oleh lagu ini.

“Kisah Kasih di Sekolah” merupakan lagu Chrisye yang populer bahkan hingga saat ini. Bahkan, lagu ini sempat dicover oleh Marshanda untuk sinetron berjudul sama yang  sempat tayang di salah satu televisi swasta pada tahun 2003 hingga 2005. Hmm, lumayan lama, ya. Tapi, meski ini lagu lama, lagu ini tidak kalah bagus untuk menjadi lagu perpisahan.

7. Tangga – Tak Kemana-Mana


“Kita sedang bahagia, Jangan buang waktu menerka-nerka akhirnya,” adalah sepenggal lirik lagu ini. Sama seperti momen perpisahan yang harus kita nikmati, lagu ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu yang saat ini kita rasakan harus kita nikmati terlebih dahulu. Jangan habiskan waktu untuk menerka-nerka segala sesuatu yang belum tentu terjadi.

Nikmati setiap momennya, dan yakinlah bahwa meski kita harus berpisah dengan teman-teman sekolah kita yang tercinta, kita masih bisa menjaga hubungan via media sosial atau sesekali meluangkan waktu untuk berkunjung.

8. Endank Soekamti – Sampai Jumpa


Lagu yang satu ini sangat enak didengar dengan lirik yang sederhana dan mudah untuk dihafal. “Sampai Jumpa” merupakan lagu wajib lainnya yang juga sering dinyanyikan saat perpisahan sekolah.

Lagu ini mengingatkan kita bahwa yang datang akan selalu pergi, dan setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan. Namun, meskipun perpisahan artinya siap untuk merindu, tapi kita harus tetap mendoakan yang terbaik untuk teman seperjuangan kita, ya!

9. Sheila On 7 – Sebuah Kisah Klasik


Sama seperti lagu Peterpan – Semua Tentang Kita, lagu Sheila on 7 yang berjudul “Sebuah Kisah Klasik” ini merupakan lagu legendaris lainnya yang biasa dimainkan saat perpisahan sekolah. Lagu yang sedih ini bahkan mungkin saja akan membuatmu dan teman-temanmu menangis saat menyanyikannya.

Kisah selama masa sekolah tentunya akan kalian ingat kembali ketika kalian dewasa. “Kisah klasik”, mulai dari dimarahi guru, menorehkan prestasi, membolos, cinta pertama, atau bahkan hal-hal konyol semacam berhujan-hujan di jalan bersama teman-teman saat pulang dari les bisa menjadi cerita seru nantinya saat reunian, atau bahkan untuk diceritakan kembali ke anak cucu kita.

10. Ipang – Sahabat Kecil


“Bersamamu kuhabiskan waktu, senang bisa mengenal dirimu..” Dalam, kan, liriknya, Teman-teman? Lagu yang menjadi soundtrack Laskar Pelangi ini memang salah satu lagu wajib perpisahan kalian. Liriknya yang puitis dan musiknya yang sangat enak didengar menambah nilai plus lagu ini.

Masih berupa lagu wajib perpisahan, salah satu lagu yang menjadi soundtrack Laskar Pelangi ini juga sangat enak untuk didengar. Lagu ini mengatakan bahwa ketika menghabiskan waktu dengan teman adalah hal yang menyenangkan, dan sangat sayang untuk diakhiri.

11. Alvaro Maldini – Terima Kasih Sahabat


“Kuingin kau sehat selalu, sampai kita bertemu lagi.” Terselip doa di dalam lagu yang dinyanyikan oleh Aldi – Coboy Junior ini. “Terima Kasih Sahabat” memang sebuah lagu yang memiliki arti yang sangat dalam di setiap liriknya. Menceritakan tentang kisah persahabatan yang tidak akan pernah bisa terlupakan, walaupun sahabat tercinta sudah memiliki jalan hidup mereka masing-masing.

Dengan alunan gitar akustik dan nadanya yang cukup mudah dinyanyikan, “Terima Kasih Sahabat” merupakan salah satu pilihan lagu yang bisa kalian pertimbangkan untuk acara perpisahan kalian.

Gimana, nih? Kalian pasti sudah sering sekali, ya, mendengarkan lagu-lagu di atas. Tinggal dipilih, dilatih, bawakan saat perpisahan dan jangan lupa nikmati kebersamaan terakhir bersama teman-teman sebagai siswa SMA, ya.

Semoga lagu-lagu yang dipilih oleh Bacaterus ini dapat menambah kesan manis selama perpisahan kalian. Selamat menikmati kebersamaan dan jangan lupa untuk mempersiapkan hari-hari baru setelah melepas masa SMA.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar