Bacaterus / Wisuda / 10 Lagu untuk Membuat Momen Perpisahanmu Tak Terlupakan

10 Lagu untuk Membuat Momen Perpisahanmu Tak Terlupakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Musik dan lagu merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menunjukkan ekspresi atau perasaan yang sedang dialami seseorang. Sebuah lagu tertentu bisa mewakili perasaanmu saat berada dalam suasana tertentu dan bisa menjadikan momen tersebut menjadi momen yang berkesan.

Ketika kamu sedang merayakan perpisahan dengan teman-teman sekolah ataupun sahabat-sahabat kamu, kamu juga bisa memutar sebuah lagu tentang perpisahan yang akan membuat momen perpisahan tersebut menjadi momen haru dan tak terlupakan. Ketika suatu hari kamu mendengar kembali lagu tersebut, kamu juga akan kembali mengingat teman-teman terbaikmu.

Perpisahan memang identik dengan kesedihan. Namun setidaknya kamu juga bisa membuat acara atau pesta perpisahanmu dengan teman-teman menjadi momen tak terlupakan dengan 10 rekomendasi lagu berikut.

1. Ingatlah Hari Ini – Project Pop


Kamu sangat berarti, istimewa di hati

Slamanya rasa ini

Jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing

Ingatlah hari ini

Penggalan lirik dari lagu Ingatlah Hari ini dari grup vocal Project Pop tadi bisa menjadi pilihan lagu yang cocok kamu nyanyikan saat acara perpisahanmu. Lagu Ingatlah Hari ini merupakan salah satu single hits dari Project Pop yang dirilis pada tahun 2003. Lagu ini diciptakan oleh Yosi dan Udjo Project Pop dan ada di album keempat Project Pop yang bertajuk Pop OK.

Hingga saat ini, lagu Ingatlah Hari ini masih menjadi lagu yang sering diputar dalam acara-acara perpisahan. Lirik lagunya bercerita mengenai persahabatan yang tidak akan lekang oleh waktu yang akan selalu diingat hingga kamu dan teman-teman kamu tua nanti. Meskipun sedih dengan perpisahan, namun irama lagu ini dibawakan dengan ceria.

2. Sebuah Kisah Klasik – Sheila on 7


Sampai jumpa kawanku

Semoga kita selalu

Menjadi sebuah kisah klasik

Untuk masa depan

Sebuah Kisah Klasik merupakan lagu sedih mengenai persahabatan yang diciptakan oleh gitaris Sheila on 7, Eross Candra. Lagu ini ada di album kedua Sheila on 7 yang dirilis tahun 2000 dengan judul Kisah Klasik Untuk Masa Depan yang terjual hingga 1,7 kopi di Indonesia.

Sebuah kisah klasik memiliki lirik dan makna yang dalam mengenai perpisahan yang harus dialami dalam sebuah persahabatan. Lagu ini juga mengingatkan bahwa perpisahan seharusnya bukanlah waktu yang menyedihkan, namun harus menjadi waktu yang menyenangkan karena hal itulah yang ingin kamu kenang di masa depan.

3. I Remember – Mocca


I remember

All the things that we shared

And the promise we made

Just you and I

I Remember merupakan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh salah satu band indie yang sudah sangat populer, Mocca. Lagu ini dirilis pada tahun 2002 dan ada di album My Diary. Selain itu, lagu ini juga menjadi soundtrack film Catatan Akhir Sekolah tahun 2005. Dalam film tersebut lagu I Remember diputar saat adegan prom night atau malam perpisahan.

Setelah menjadi soundtrack film tersebut, lagu I Remember kemudian menjadi lagu yang cukup sering dinyanyikan dalam berbagai acara perpisahan, terutama perpisahan sekolah. Lagu yang menggunakan lirik bahasa Inggris ini memiliki makna indah mengenai persahabatan yang selalu diingat, bahkan hingga mengingat hal-hal kecil yang seringkali dilakukan kamu dan sahabatmu.

4. Semua Tentang Kita – Peterpan


Ada cerita tentang masa yang indah

Saat kita berdua

Saat kita tertawa

Peterpan yang kini sudah berganti nama menjadi Noah Band juga memiliki sebuah lagu sedih yang banyak dinyanyikan pada acara perpisahan. Lagu tersebut berjudul Semua Tentang Kita yang diciptakan oleh sang vokalis, Ariel. Lagu ini menjadi salah satu single yang ada dalam album Taman Langit dan rilis pada tahun 2003.

Lirik lagu ini menceritakan mengenai perpisahan yang harus dijalani setelah banyak waktu bersama dan bahagia yang kamu lewati. Alunan gitar yang sangat dominan dari lagu ini akan membuat suasana perpisahan kamu menjadi lebih syahdu dan mengharukan.

5. Kita Selamanya – Bondan Prakoso ft Fade 2 Black


Bergegaslah kawan sambut masa depan

Tetap berpegang tangan saling berpelukan

Berikan senyuman sebuah perpisahan

Kenanglah sahabat kita untuk slamanya

Lagu Kita Selamanya merupakan kolaborasi penyanyi Bondan Prakoso bersama grup rap Fade 2 Black. Lagu ini dirilis pada tahun 2010 dan berada pada album Bondan Prakoso yang berjudul For All. Lagu ini memang diciptakan untuk kamu yang akan menjalani perpisahan dengan teman-teman sekolahmu dan bersiap memasuki kehidupan selanjutnya.

Selain menceritakan perpisahan, lirik lagu ini juga memberi pesan agar kamu dan teman-teman bisa tetap semangat menghadapi masa depan tanpa harus melupakan masa lalu dan kenangan indah bersama teman-teman. Meskipun bertema mengenai sedihnya perpisahan, namun lagu ini dibawakan dengan tempo dan irama yang cukup ceria.

Baca juga: Lagu yang Cocok untuk Menemani Perpisahan SMA

6. Sampai Jumpa – Endank Soekamti


Hei, sampai jumpa di lain hari

Untuk kita bertemu kurelakan dirimu pergi

Meskipun ku tak siap untuk merindu, ku tak siap tanpa dirimu

Kuharap terbaik untukmu

Sampai Jumpa adalah lagu dengan tema perpisahan dari grup band asal Yogyakarta, Endank Soekamti. Lagu ini dirilis pada tahun 2016 dan menjadi salah satu single dalam album Soekamti Day. Suguhan aransemen yang minimalis ditambah suara cello dalam lagu ini membuat lagu Sampai Jumpa terasa begitu syahdu dan bernuansa sedih.

Lirik lagu ini memiliki makna yang dalam mengenai perpisahan dengan orang terdekat yang mau tidak mau harus direlakan. Kamu dan teman-temanmu mungkin tidak akan pernah siap untuk berpisah, namun hal terbaik yang bisa kamu lakukan hanyalah merelakan dan saling mendoakan.

7. See You Again – Charlie Puth ft Wiz Khalifa


It’s been a long day, without you my friend

And I’ll tell you all about it when I see you again

See You Again merupakan lagu yang menjadi soundtrack film Furious 7 sekaligus menjadi lagu penghormatan untuk mendiang Paul Walker. Lagu dengan genre balada hiphop ini diciptakan oleh rapper Amerika Wiz Khalifa yang ia nyanyikan bersama penyanyi Amerika Charlie Puth.

Lirik lagu See You Again akan terasa sangat emosional terutama ketika dinyanyikan pada momen perpisahan. Lagu ini akan mengingatkan kamu mengenai hal-hal yang dulu sering kamu lakukan bersama sahabat dan bagaimana kalian akan saling mengingat hingga suatu hari bisa kembali bertemu lagi.

8. Sahabat Kecil – Ipang


Bersamamu kuhabiskan waktu

Senang bisa mengenal dirimu

Rasanya semua begitu sempurna

Sayang untuk mengakhirinya

Sahabat Kecil merupakan lagu yang dinyanyikan oleh Irfan Fahri Lazuardi atau yang lebih dikenal dengan nama Ipang. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu yang mengisi soundtrack film Laskar Pelangi. Lagu ini akan terasa emosional ketika dinyanyikan saat perpisahan dengan sahabat.

Lirik lagu ini menceritakan rasa syukur dan bahagia karena bisa bertemu dan mengenal sahabat-sahabat terbaik. Lagu Sahabat Kecil juga mengungkapkan bahwa waktu bersama sahabat merupakan kesempatan luar biasa yang tidak akan bisa terbeli dan sangat sulit untuk mengakhirinya.

9. History – One Direction


You and me got a whole lot of history

We could be the greatest team that the world has ever seen

History merupakan lagu dari boyband asal Inggris One Direction. Lagu yang dirilis tahun 2015 ini menjadi single ketiga dari album kelima One Direction, Made in the A.M. Lagu yang ditulis oleh Liam dan Louis ini didedikasikan untuk Zayn Malik, personil One Direction yang memutuskan untuk hengkang dari boyband tersebut.

Lirik lagunya yang mengisahkan tentang perpisahan dengan sahabat membuat lagu ini cocok untuk dinyanyikan pada acara perpisahanmu. Lagu ini juga memiliki makna persahabatan yang mendalam dan bisa membuat kamu dan teman-teman mengingat seluruh perjalanan sejarah dan pencapaian yang telah dilalui bersama.

10. Gajah – Tulus


Kau temanku, kau doakan aku

Punya otak cerdas, aku harus tangguh

Bila jatuh, gajah lain membantu

Tubuhmu di situasi rela jadi tamengku

Gajah merupakan salah satu hits single dari penyanyi bersuara merdu Tulus. Lagu Gajah dirilis pada tahun 2014 dan berada dalam album kedua Tulus yang juga berjudul Gajah. Tulus menulis lagu Gajah karena terinspirasi dari julukan yang diberikan teman-temannya semasa sekolah.

Kamu dan teman-teman juga mungkin memiliki nama julukan masing-masing yang akan selalu kamu ingat hingga dewasa. Dalam lagu ini diceritakan bagaimana julukan dari teman-teman bisa memberimu motivasi dan semangat. Lagu ini cocok untuk kamu jadikan lagu perpisahan untuk mengingat semua yang telah kalian lakukan bersama.

Berpisah sangat sahabat memang menyedihkan, namun lagu-lagu tadi setidaknya akan mengingatkan kamu mengenai indahnya persahabatan yang bisa selalu kamu kenang hingga tua nanti. Jadi, lagu perpisahan mana yang menjadi favoritmu dan memiliki kenangan manis untuk kamu dan teman-teman? Bagikan kisah tentang kamu dan sahabat terbaikmu di kolom komentar yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *