bacaterus web banner retina

Sangat Berkesan, Ini 10 Lagu yang Cocok untuk Perpisahan SD

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 23 Desember 2020

Masih ingatkah kamu momen saat menginjak sekolah dasar (SD) dulu? Ya, menempuh pendidikan selama 6 tahun lamanya, tentu akan menciptakan banyak sekali kenangan di dalamnya. Baik bersama para guru, maupun dengan teman-teman sekolah.

Setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan, begitulah kata pepatah. Tidak usah sedih, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat perpisahan.

Lagu Perpisahan SD

* sumber: www.dagelan.co

Salah satunya dengan menyanyikan lagu-lagu perpisahan bersama teman-teman di acara perpisahan sekolah. Berikut 10 rekomendasi lagu yang dijamin akan berkesan dan menjadi momen bersejarah. Ada lagu apa saja, ya? Yuk, disimak!

1. Selamat Tinggal Guru dan Kawanku


Enam tahun waktu kita berlalu

Belajar bersama menuntut ilmu

Kini aku harus, lanjutkan sekolahku

Menuntut ilmu tak jemu-jemu

Begitulah penggalan lirik dari lagu berjudul “Selamat Tinggal Guru dan Kawanku” yang cocok dinyanyikan saat perpisahan sekolah. Dengan begitu, para guru dan teman-teman akan teringat momen apa saja yang sudah terjadi selama 6 tahun belakang.

Eits, kuatkan hati saat menyanyi lagu ini, ya. Biasanya, siapapun yang menyanyikan lagu ini pasti akan menangis, karena merasa sedih harus berpisah dengan semua hal di sekolah.

2. Terima Kasih Guruku


Seperti pelita di tengah kegelapan

Memberikan secercah cahaya dan sebuah harapan

Seperti itulah perjuangan pejuang pendidikan

Melangkah memberantas kejahilan

Di awali dengan potongan puisi yang ditujukan untuk sang guru, lagu ini memiliki lirik yang mendalam tentang perjuangan pahlawan tanpa tanda jasa. Siapapun yang menyanyikannya, pasti akan teringat dengan guru mereka. Betapa beratnya perjuangan para guru saat mendidik para murid sepenuh hati.

Lagu ini cocok dinyanyikan saat perpisahan sekolah dasar, sambil memberikan bunga kepada para guru, memeluk, dan memberikan ucapan terima kasih. Terima kasih bapak ibu guru. Kalian hebat!

3. Hymne Guru


Sebagai prasasti terima kasihku

Tuk pengabdianmu

Engkau bagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

Masih dengan lagu untuk para guru, lagu satu ini tentu sudah tidak asing di telinga kamu. Ya, lagu “Hymne Guru” merupakan salah satu lagu nasional Indonesia yang biasa dinyanyikan saat upacara sekolah, atau saat hari guru.

Diciptakan oleh Sartono, seorang guru seni musik salah satu Yayasan swasta di Madiun pada tahun 1980-an, lagu ini wajib dinyanyikan saat perpisahan sekolah, baik itu SD, SMP, maupun SMA.

4. Guruku Tersayang


Guruku tersayang

Guru tercinta

Tanpamu apa jadinya aku

Tak bisa baca tulis

Mengerti banyak hal

Guruku terima kasihku

Lagi-lagi masih dengan lagu tentang guru. Memang lagu untuk para guru tidak akan pernah ada habisnya. Bahkan, jutaan lagu yang tercipta pun tidak akan mampu untuk menggantikan jasa para guru.

Berbeda dengan tiga lagu di atas, lagu satu ini terdengar lebih ceria. Lagu “Guruku Tersayang” bercerita tentang isi hati dari murid untuk sang guru yang sudah mengajarinya banyak hal.

Lagu ini cocok dinyanyikan saat perpisahan sekolah, dan dipentaskan dengan tarian bersama teman-teman satu kelas.

5. Ibu


Kaulah ibuku cinta kasihku

Terima kasihku takkan pernah terhenti

Kau bagai matahari yang selalu bersinar

Sinari hidupku dengan kehangatanmu

Tidak hanya menyanyikan lagu untuk para guru saat perpisahan sekolah, tidak ada salahnya untuk memberikan persembahan lagu bagi orang tua. Nah, lagu “Ibu” sangat cocok dinyanyikan untuk perpisahan sekolah.

Siapkan tisu dan mental, ya! Saat menyanyikan lagu ciptaan Haddad Alwi ini, tentu kamu akan menangis. Apalagi jika orang tua kamu hadir.

Saat perpisahan sekolah, ucapkan terima kasih juga, kepada kedua orang tuamu yang sudah banting tulang membiayai sekolahmu hingga selesai. Ibu dan ayahmu juga ada dalam proses 6 tahun sekolah dasarmu.

Baca juga: 10 Lagu Tentang Perpisahan Sekolah, Barat dan Indonesia!

6. Sampai Jumpa


Datang akan pergi

Lewat kan berlalu

Ada kan tiada bertemu akan berpisah

Awal kan berakhir

Terbit kan tenggelam

Pasang akan surut bertemu akan berpisah

Siapa yang tidak tahu dengan lagu satu ini? Lagu ciptaan Endank Soekamti ini memang sangat cocok menjadi lagu tema perpisahan sekolahmu.

Berisikan lirik tentang pertemuan dan perpisahan, lagu “Sampai Jumpa” akan membawa kamu mengingat momen-momen indah bersama teman-teman. Mulai dari pertemuan, canda, tawa, sedih, hingga akhirnya berpisah untuk menuju ke tujuan masing-masing.

Jangan bersedih. Semangat, ya! Akan ada saatnya kamu pasti bertemu dengan teman-temanmu lagi, sambil mengingat kenangan indah di sekolah.

7. Sebiru Hari Ini


Bukankah hati kita telah lama menyatu

Dalam tali kisah persahabatan ilahi

Pegang erat tangan kita terakhir kalinya

Hapus air mata meski kita akan terpisah

Memiliki musik yang ceria, lagu “Sebiru Hari Ini” bercerita tentang perpisahan. Cocok dinyanyikan saat sekolahmu mengadakan acara perpisahan sekolah.

Lagu ini memiliki lirik yang mendalam yang mengatakan bahwa saat berpisah janganlah bersedih, karena suatu saat pasti akan dipertemukan lagi.

8. Ingatlah Hari Ini


Kamu sangat berarti, istimewa di hati

Selamanya rasa ini

Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing

Ingatlah hari ini

Siapa yang tidak tahu dengan lagu Project Pop ini? Dengan musik bertemakan ceria, membuat kamu mengingat momen penting dalam hidupmu, yaitu perpisahan.

Dengan lirik menghibur, lagu ciptaan Project Pop ini mengajak kamu semua untuk tidak sedih saat perpisahan. Perpisahan memang harusnya dijadikan momen berbagi tawa, bukan berbagi duka.

9. Kepompong


Persahabatan bagai kepompong

Mengubah ulat menjadi kupu-kupu

Persahabatan bagai kepompong

Hal yang tak mudah berubah jadi indah

Persahabatan bagai kepompong

Maklumi teman hadapi perbedaan

Lagu “Kepompong” melejit pesat usai dijadikan soundtrack sinetron dengan judul sama pada tahun 2008 silam. Mengisahkan tentang persahabatan, lagu ini cocok dinyanyikan saat perpisahan sekolah dasar.

Untuk kamu yang memiliki sahabat di zaman sekolah dasar, lagu ciptaan Sindentosca ini pasti akan membuat kamu mengingat momen seru bersama sahabatmu.

10. Monokrom


Dimanapun kalian berada

Kukirimkan terima kasih

Untuk warna dalam hidupku dan banyak kenangan indah

Kau melukis aku

Kalau tadi kita sudah membahas lagu-lagu perpisahan untuk para guru, kali ini ada lagu khusus teman di sekolah. Ya, lagu ini berjudul “Monokrom” karya Tulus.

Lagu yang dirilis pada tahun 2016 ini mengisahkan tentang ungkapan terima kasih kepada semua orang, termasuk pada kenangan. Lagu “Monokrom” akan mengingatkan lagi awal mula pertemuan dengan teman sekolah, hingga akhirnya kamu harus berpisah.

Banyak kenangan yang telah terukir selama enam tahun lamanya. Namun, perjalananmu akan tetap berlanjut. Dengan memberikan lagu saat di perpisahan sekolah akan mengukir momen indah untuk guru dan teman-teman. Apakah kamu siap menyanyikan lagu ini saat perpisahan sekolah?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram