bacaterus web banner retina

Memorable! 10 Lagu Keane yang Enak untuk Didengar

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 Desember 2020

Keane adalah salah satu grup band alternatif rock asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1997. Sampai saat ini grup band yang beranggotakan empat personil yang terdiri dari Tom Oliver Chaplin sebagai Vokalis, Timothy James Rice-Oxley pada Piano, Richard David Hughes pada Drum dan Jesse Joseph Quin sebagai Basis telah mengeluarkan 5 album dengan 28 single.

Keane

* sumber: discover.ticketmaster.co.uk

Nah, dari sekian banyak lagu yang telah dirilis. Kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa lagu dari Keane yang enak untuk didengar dan cukup memorable. Apakah ada judul lagu yang menjadi kesukaanmu? Yuk, simak ulasannya dalam artikel di bawah. Berikut adalah daftarnya.

1. Somewhere Only We Know


Somewhere Only We Know adalah salah satu single dari album Hope and Fears yang telah menuai kesuksesan paska dirilis pada tahun 2004 silam. Somewhere Only We Know sendiri merupakan lagu yang memiliki nuansa sendu dengan didominasi alunan piano.

Lagu ini menjadi salah satu hit terbesar milik Keane yang telah berhasil menempatkannya di berbagai tangga lagu yang ada di seluruh dunia. Di negara asalnya, lagu ini telah berhasil berada posisi ke-3 di UK Singles Chart pada minggu pertama penjualannya.

2. Is It Any Wonder?


Is it Any Wonder adalah single selanjutnya yang juga sukses menarik perhatian para penggemar di seluruh dunia. Lagu ini dirilis sebagai single kedua dalam album studio kedua milik mereka yang berjudul Under the Iron Sea. Lagu ini berhasil meraih posisi ke-15 di UK Single Chart dan berhasil menempati posisi ke-3 untuk penjualan album fisiknya.

Lagu ini sendiri menjadi single pertama milik Keane yang berhasil dijual di Meksiko dan beberapa negara Amerika Latin lainnya. Selain itu, lagu ini juga sempat dinominasikan sebagai penampilan pop terbaik pada ajang penghargaan bergengsi Grammy Awards pada tahun 2007.

3. Everybody's Changing


Everybody’s Changing merupakan single dalam album studio debut milik Keane yang berjudul Hope and Fears. Lagu ini berhasil meraih posisi ke-4 dalam UK single Chart. Lagu ini memang terbilang cukup sukses.

Selain digunakan dalam beberapa serial TV seperti In Plain Sight, One Tree Hill dan Scrubs, Lagu ini pun menjadi salah satu single mereka yang berhasil menempati posisi ke-79 dari 100 lagu terbaik sepanjang masa menurut The Sun.

4. This Is the Last Time


This Is the Last Time adalah single Keane dalam album Hope and Fears. Setelah sebelumnya dirilis Fierce Panda Records pada tahun 2003 silam. Lagu ini pun dirilis ulang pada tahun 2004 di bawah Islands Record. Lagu ini sendiri menjadi trek ke-2 dalam versi internasional, sedangkan dalam versi Inggrisnya menjadi trek ke-9.

This is the last time menceritakan tentang penyesalan, kebingungan, dan perpisahan. Lagu ini menjadi lagu pertama mereka tanpa Dominic Scott, bassis Keane yang hengkang dan sampai sekarang posisinya diisi oleh Jesse Quin. Single ini sendiri sempat berada di posisi ke-18 di UK Single Chart pada November 2004.

5. Bedshaped


Bedshaped merupakan lagu dalam single album Hopes and Fears. Sejak minggu pertama perilisannya, lagu ini telah terjual sekitar 22.000 eksemplar dan telah berhasil menjadikannya sebagai hits ketiga mereka yang masuk ke dalam sepuluh besar di UK Single Chart secara berturut-turut setelah lagu Somewhere Only We Know dan Everybody's Changing.

Selain sukses meraih perhatian pendengar musik yang ada di Inggris, lagu ini juga cukup sukses secara komersial di beberapa negara Eropa seperti Belgia, Denmark, dan Belanda. Lagunya sendiri bercerita tentang perasaan ditinggalkan oleh teman lama atau sang kekasih dan harapan bahwa suatu hari bisa bersatu kembali dan menjalani hidup seperti saat pertama kali  memulai hubungan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Lagu Band Oasis yang Enak Diperdengarkan

6. Try Again


Try Again hadir sebagai lagu kesepuluh di album kedua miliki Keane berjudul Under the Iron Sea. Lagu yang ciptaan Tim Rice-Oxley diketahui pertama kali dimainkan dua minggu setelah diciptakan.

Lagu ini sendiri terinspirasi dari rasa penasaran Oxley mengenai perasaan segelintir orang yang bekerja dan pulang pada larut malam menggunakan kereta.

Lagu Try Again sendiri digunakan sebagai judul utama untuk film berjudul The One Way yang dibintangi aktor asal Jerman dan diproduseri oleh Til Schweiger.

7. A Bad Dream


A Bad Dream adalah lagu kelima di album kedua yang dirilis pada tahun 2007, Under the Iron Sea. Lagu ini sempat berada di posisi ke-23 di UK Singles Chart. A Bad Dream sendiri ditulis Oxley berdasarkan puisi berjudul "An Irish Airman Foresees His Death" oleh W.B. Yeats.

Sementara penggarapan untuk video musik sendiri dilakukan pada tanggal 22 November 2006, kemudian  tayang perdana sebulan setelahnya. Nah, selain di Inggris, lagu ini juga berhasil masuk dalam tanggal lagu Belanda dengan menempati posisi ke-77.

8. Bend and Break


Bend and Break adalah single kelima dalam album Hopes and Fears yang dirilis pada 2004. Lagu yang menjadi trek pertama ini berhasil menempati posisi ke-27 di Dutch Top 40. Sementara di Official German Chart, lagu ini menempati posisi ke-95.

Suara khas Tom saat membawakan lagu ini memang telah berhasil menarik pecinta musik Britpop yang ada di seluruh dunia. Meskipun prestasinya tidak segemilang Somewhere Only We Know atau Everybody's Change, namun lagi ini sendiri menjadi lagu Keane yang cukup memorable dan enak untuk di dengar.

9. Perfect Symmetry


Perfect Symmetry adalah lagu dalam album studio ketiga milik mereka yang telah dirilis pada tahun 2008 di Inggris dengan judul yang sama. Perfect Symmetry sendiri merupakan penanda kembalinya grup band tersebut di industri hiburan dunia.

Dengan berani dan penuh warna, Perfect Symmetry sukses meraih perhatian pecinta musik yang ada di seluruh dunia. Lagu ini sendiri diketahui telah diremix oleh band rock elektronik asal Amerika bernama Innerpartysystem, serta tersedia di halaman Myspace. Perfect Symmetry sempat berada di posisi ke-150 di UK Singles Chart, sementara  di Ultratip Wallonia Belgia berada di posisi ke-20.

10. Silenced by The Night


Lagu milik Keane selanjutnya yang juga enak di dengar berjudul Silenced by The Night. Lagu ini merupakan lagu yang terdapat single album ke-4 Keane berjudul Strangeld yang telah dirilis di seluruh dunia pada tahun 2012 silam. Pada awalnya single ini hanya akan dirilis di Amerika serikat skala. Namun, pada akhirnya pihak produksi merilis lagu ini ke pasar Internasional.

Lagu Silenced by The Night sendiri berhasil meraih kesuksesan dengan menempati berbagai chart lagu yang ada di seluruh dunia. Sementara penampilan perdananya sendiri dilakukan pertama kali di acara talk show bertajuk "Jimmy Kimmel Live".

Nah, itulah 10 lagu Keane yang enak di untuk dengar dan juga memorable yang telah berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Semoga informasi di atas bisa menambah referensi lagu menarik dalam list musik yang kamu mainkan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram