Bacaterus / 10 Lagu Indie Terbaik di Indonesia, Ada Lagu Favoritmu?

10 Lagu Indie Terbaik di Indonesia, Ada Lagu Favoritmu?

10 Lagu Indie Terbaik di Indonesia, Ada Lagu Favoritmu?

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Maret 2019

Ngomong-ngomong soal lagu, sebenarnya banyak sekali jenis aliran lagu yang ada di dunia khususnya Indonesia. Beberapa di antaranya yaitu pop, rock, dangdut, dan yang tak kalah populer yaitu lagu-lagu beraliran musik indie yang saat ini tengah naik daun kepopulerannya karena banyak disukai oleh hampir semua kalangan terutama anak muda.

Musik dengan aliran indie sendiri bukanlah aliran musik baru karena sudah ada sejak  tahun 1980-an di Inggris. Apa sih sebenarnya musik indie itu? Banyak orang yang menyalah artikan apa itu indie musik, sehingga mereka menganggap indie sebagai genre atau sebuah gaya fashion. Padahal, anggapan tersebut sangat berbeda jauh dari pengertian musik indie yang sebenarnya.

Kata indie merupakan singkatan dari kata independent yang artinya sendiri, bebas, atau mandiri. Ya, musik indie merupakan musik yang diciptakan oleh para musisi secara mandiri dalam proses recording dan publishing. Tak sedikit orang yang lebih memilih musik-musik indie dibandingkan dengan musik lainnya karena musik indie memiliki ciri khasnya sendiri serta lirik lagunya yang easy listening.

Di Indonesia sendiri, para musisi indie banyak bermunculan dengan karya-karyanya yang luar biasa sehingga menarik banyak perhatian para penikmat musik. Lagu-lagunya yang santai dan penuh makna menjadi alasan seseorang sangat menyukai musik indie ini. Di bawah ini akan kami bagikan beberapa lagu indie terbaik di Indonesia versi Bacaterus yang wajib ada di playlist-mu!

10 Lagu Indie Terbaik di Indonesia

1. Aku Tenang – Fourtwnty


Saat ini, Fourtwnty menjadi salah satu band indie yang sudah sangat terkenal berkat lagu-lagu yang diciptakannya sangat menarik banyak perhatian publik terutama para pecinta musik. Lagu-lagu Fourtwnty memiliki ciri khasnya sendiri yaitu lirik-lirik yang digunakan sangat penuh makna sehingga memberikan peluang untuk para pendengarnya berimajinasi.

Lirik khasnya membawa para pendengar lagu-lagu Fourtwnty berpetualang menembus dimensi lain serta berpetualang dengan imajinasi yang liar. Salah satu lagu yang sangat populer dari Fourtwnty yaitu “Aku Tenang” dan menjadi lagu yang paling digemari banyak orang di Indonesia.

Lagu “Aku Tenang” ini bercerita tentang seseorang yang merasakan ketenangan ketika bersama pasangannya sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang ia miliki. Hal tersebut sangat digambarkan jelas dari liriknya yang mampu membuatmu jatuh cinta dan selalu ingin mendengarkannya.

2. Sampai Jadi Debu – Banda Neira


Sampai jadi debu merupakan salah satu lagu yang diciptakan oleh band aliran indie yang cukup terkenal di Indonesia. Ya, Banda Neira. Lagu “sampai jadi debu” merupakan lagu yang diciptakan oleh Nanda yang mana Nanda ini merupakan personel dari Banda Neira. Lagu ini sebenarnya terinspirasi dari kakek dan neneknya sehingga didedikasikan untuk mereka.

Terinspirasi dari kisah cinta kakek dan neneknya yang saling menyayangi hingga akhir hayat menjadikan lagu ini dipenuhi kata-kata bermakna. salah satu liriknya mengatakan

Selamanya sampai kita tua, sampai jadi debu ku di liang yang satu-ku di sebelahmu” memberi para pendengarnya sebuah makna akan kesetiaan dan cinta sejati.

3. Wish You Were Here – Endah n’ Rhesa

Endah n’ Rhesa

* sumber: www.lorongmusik.com

Bagi kamu para pejuang LDR atau hubungan jarak jauh dengan seseorang yang kamu sayangi, lagu “Wish You Were Here” karya musisi jazz indie ini sangat cocok untuk kamu jadikan playlist karena lagu ini sangat enak didengarkan. Bukan hanya alunan musiknya yang menyentuh, tetapi juga makna yang terkandung dalam liriknya.

Lagu ini bercerita tentang kerinduan yang sedang dirasakan seseorang pada sesuatu yang sangat ia cintai. Bukan hanya soal pacar, lebih jauh dari itu, lagu ini juga bermakna tentang kerinduan kepada orang-orang yang kita cintai seperti keluarga atau kampung halaman tempat kita dibesarkan.

Lirik lagunya yang sangat identik dengan kerinduan ini dapat membawa para pendengarnya berimajinasi pada hal yang ia rindukan. Wah, sangat cocok untukmu yang tengah merindu.

4. Resah – Payung Teduh


Bagi orang Indonesia, sepertinya mustahil jika seseorang tak mengenal band jazz indie yang satu ini. “payung teduh” merupakan band dengan lagu-lagunya yang sangat dicintai banyak orang. salah satu lagu yang sangat menyentuh hati dan paling populer adalah lagunya yang berjudul “resah”

Lirik yang disajikan dalam lagu “Resah” ini penuh akan makna konotasi di dalamnya. Konon, terdapat kisah menarik di balik lagu “Resah” ini yaitu kisah seseorang yang tengah dirundung masalah percintaan dan mengakhiri masalah tersebut dengan cara yang salah. Percaya atau tidak, pasti selalu ada hikmah disetiap kejadian.

5. Akad – Payung Teduh

Akad Payung teduh

* sumber: www.mldspot.com

Masih dengan band yang sama yaitu payung teduh, namun dengan suasana yang berbeda. Jika sebelumnya lagu “Resah” menyajikan makna menyedihkan sekaligus menegangkan karena kisah di balik lagu tersebut, lagu yang satu ini memberikan suasana bahagia tentang sebuah pernikahan sehingga lagu yang satu ini diberi judul “Akad”.

Lagu ini menggambarkan kebahagiaan mengenai pernikahan serta secara tidak langsung memberi pengertian bagi para pendengarnya bahwa menikah merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan baik bagi wanita ataupun pria. Alunan musiknya yang enak didengar membuat lagu ini banyak menuai pujian dari para penikmatnya.

6. Yang Patah Tumbuh – Banda Neira

Banda Neira

* sumber: www.mldspot.com

Banda Neira memang tak ada habisnya menghidangkan lagu-lagu indie yang penuh makna sehingga terus bertahan di hati para penggemarnya. Meskipun band ini telah resmi bubar pada tahun 2016, namun karya-karyanya terus menggema hingga saat ini.

Salah satu lagu indie terbaiknya yaitu “yang patah tumbuh” menjadi kebanggaan tersendiri di hati para pecinta musik-musik indie. Lagu “yang patah tumbuh” bercerita tentang makna hidup yang terus berputar. Dimulai dari keterpurukan yang dialami, hingga menemukan sebuah titik untuk bangkit dari keterpurukan tersebut. Tentunya sangat memotivasi kita semua.

7. I Remember – Mocca


“I Remember” yang artinya aku mengingat adalah lagu dari band Mocca yang bercerita tentang nostalgia pada beberapa kenangan yang pernah dilalui bersama pasangan. Lagu ini menceritakan bagaimana pertama kalinya kamu dipertemukan dengan ia yang menjadi cintamu. Bagaimana ia menatap, tersenyum, serta melakukan hal-hal yang ia sukai.

Bagi kamu yang ingin bernostalgia bersama pasangan, lagu ini cocok mengiringi nostalgia tersebut karena liriknya yang easy learning serta mampu membawamu bernostalgia pada momen berarti dalam hidupmu.

8. Fana Merah Jambu – Fourtwnty

Fana Merah Jambu Fourtwnty

* sumber: agunghermawanhr.blogspot.com

Kembali lagi pada band yang tak lagi diragukan kepopulerannya, Fourtwnty dengan lagu yang juga populer karena digemari oleh banyak kalangan terutama remaja yang tengah dimabuk asmara berjudul “fana merah jambu”

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang tengah jatuh cinta sehingga hal-hal bodoh terlihat sangat lucu. Selain liriknya yang mudah diingat, alunan musik pengiringnya pun sangat enak di dengar terlebih didengarkan bersama orang terkasihmu.

9. Senja di Ambang Pilu – Danilla


Pernah dengan “Danilla”? Ya, Danilla ini merupakan musisi muda berbakat yang tengah naik daun karena lagu-lagunya yang enak di dengar serta banyak disukai. Salah satu lagunya yang terkenal adalah “senja di ambang pilu”

Danilla mengungkapkan lagunya ini bercerita mengenai kerinduan yang dirasakan di sore hari atau saat senja. Sangat cocok di dengarkan saat merindu, ya!

10. Waktu yang Salah – Fiersa Besari


Bukan hanya seorang penulis, Fiersa Besari juga merupakan musisi berbakat yang digemari banyak orang karena lagu-lagunya yang sangat enak di dengar. Bukan hanya dalam alunan musik, tetapi juga setiap lirik dalam lagunya mampu menyentuh perasaan sehingga tak heran jika lagu-lagunya selalu dicintai oleh para penikmat musik di Tanah Air.

“waktu yang salah” merupakan satu dari banyaknya lagu yang dicintai orang-orang karena mampu menyentuh hati berkat lirik yang dipilihnya. “waktu yang salah” bercerita tentang sepasang pria dan wanita yang saling mencintai. Akan tetapi, rasa cinta tersebut terhalang karena waktu yang dijalani saat itu dirasa kurang tepat atau cinta segitiga.

Itu dia beberapa lagu-lagu indie terbaik versi Bacaterus. Menurutmu, mana yang paling menarik dan enak di dengar? Kian hari, musik-musik indie di tanah air ini semakin berkembang dan menghadirkan musisi-musisi berbakat yang baru sehingga lagu-lagu indie di Indonesia terus tumbuh dan semakin maju menyaingi lagu-lagu indie yang ada di dunia.

Semoga saja kedepannya aliran musik indie terus hidup di Indonesia dan terus menjadi aliran musik yang disenangi oleh banyak orang, serta mampu menembus dunia Internasional. Dengarkan juga lagu-lagu yang bakal membuat tidurmu nyenyak dalam artikel lagu yang enak didengar sebelum tidur.

[sharethis-inline-buttons]

Tinggalkan komentar