Bacaterus / lagu / 7 Pilihan Lagu Band Legendaris “God Bless” yang Paling Enak

7 Pilihan Lagu Band Legendaris “God Bless” yang Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pecinta musik Indonesia pasti mengenal band legend satu ini. God Bless, yang dikenal sebagai band senior bergenre rock ini, telah berkarir lebih dari 47 tahun di industri musik tanah air. Band yang terdiri dari Ahmad Albar sebagai vokalis, Jusuf Ian Antono sebagai gitaris, Donny Fattah Gagola sebagai bassist, Abadi Soesman sebagai keyboardist dan Fajar Satritama sebagai drummer ini berdiri sejak tahun 1973.

Nama God Bless pun sukses dikenal oleh publik pada tahun 70-an, dan hampir keseluruhan lagu God Bless populer di era tersebut. Meskipun begitu, God Bless tetap mendapat hati dan lagunya terus dicintai hingga kini.

Album

Rumah Kita (1988)

Awalnya, God Bless sering kali tampil membawakan lagu milik band lain di antaranya Easy Beast, Deep Purple, Kansas dan Genesis sebelum akhirnya menciptakan lagu karyanya sendiri. God Bless pun merilis album pertamanya berjudul “God Bless” pada tahun 1975 yang berisikan deretan lagu yang ditulis dan direkam oleh band tersebut.

Usai merilis album perdananya, God Bless kembali mengeluarkan album berjudul “Cermin” pada tahun 1982 sebelum akhirnya disusul oleh album-album yang lain.

Melalui album “Cermin”, band ini berani tampil anti mainstream dan dikenal idealis. Pasalnya, ketika band lain merilis lagu pop perihal cinta, God Bless memperlihat sisi musikalitasnya dengan konsisten dalam genre rock progresif.

Di tahun 1988, album paling laris God Bless berjudul “Semut Hitam” berhasil meledak di pasaran melalui beberapa single-nya yang juga berjudul “Semut Hitam”, “Kehidupan” dan “Rumah Kita” yang hingga kini masih sering kita dengar dan termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa dari majalah Rolling Stone.

Album ketiga God Bless tersebut menghadirkan warna baru, yakni dengan genre hard rock dan heavy metal. Setahun setelahnya, mereka merilis album “Raksasa”.

Hingga pada tahun 1990, God Bless mengeluarkan album kompilasi pertamanya berjudul “The Story of God Bless” yang memuat beberapa lagu yang terdapat pada album “God Bless”, “Cermin”, “Semut Hitam” dan “Raksasa” yang diaransemen ulang supaya lebih segar didengar.

Dua tahun setelahnya, rilis album kompilasi berjudul “18 Greatest Hits of God Bless” yang terdiri atas 3 lagu yang ada pada album “Cermin”. Dua tahun setelah album itu, Abadi Soesman mengundurkan diri dan tak lama setelahnya God Bless merilis album bertajuk “Apa Kabar” pada tahun 1997 dan band rock ini sempat vakum.

God Bless kembali aktif dengan merilis album kompilasi “The Greatest Slow Hits” di tahun 1999, album itu juga menjadi album terakhir dengan formasi lama bersama Teddy Sujaya, Jockie Surjoprajogo dan Eet Syahranie (personil God Bless yang lama) sebelum akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2001.

Tahun 2009, God Bless hadir dengan album dan formasi baru bersama Abadi Soesman sebagai keyboardist juga Fajar Satritama sebagai drummer. Album bertajuk “36th” tersebut dipublikasikan sebagai pengingat 36 tahun lamanya band itu berkarir yang dilengkapi pula oleh album “Cermin 7” pada tahun 2017.

Dalam album terakhirnya, God Bless membawakan 12 lagu terbaiknya, dan berikut adalah deretan lagu hits God Bless yang eksis hingga kini versi Bacaterus.

7 Lagu Terbaik God Bless

Sangat panjang perjalanan God Bless makanya tidak heran kalau band ini menjadi salah satu band legendaris dengan lagu-lagu yang ciamik dan pantas untuk didengar. Ingin tahu lagu-lagu terbaik dari God Bless? Simak ulasan berikut ini.

1. Huma di Atas Bukit (1975)

Sebelum dipopulerkan oleh Ari Lasso, lagu yang dirilis pada tahun 1975 ini diperkenalkan terlebih dahulu oleh God Bless. Lirik lagu “Huma di Atas Bukit” memiliki beragam arti tentang kedamaian dan kenyamanan, sedangkan untuk aransemen lagunya lebih didominasi dengan suara gitar yang dimainkan Ian Antono dan piano yang dibawakan oleh Jockie Surjoprajogo (anggota lama God Bless).

2. Panggung Sandiwara (1978)

Meskipun lagu ini tidak terdapat pada album God Bless mana pun, lagu “Panggung Sandiwara” dikenal sebagai lagu andalan God Bless karena selalu dibawakan oleh Ahmad Albar.

Lagu ini juga sempat dipopulerkan oleh Nike Ardilla sebelum penyanyi cantik itu meninggal dunia. Ini adalah lagu yang diciptakan oleh personil God Bless sendiri, yaitu Jusuf Ian Antono, dan sukses menjadi lagu populer pada tahun 1978.

3. Rumah Kita (1988)

Lagu yang sering kali kita dengar sampai sekarang ini merupakan salah satu single dari album :Semut Hitam” yang rilis pada tahun 1988. Lagu yang dapat Anda temukan pada album ketiga God Bless itu juga dibuat oleh sang gitaris, Jusuf Ian Antono bersama Theodore KS.

Lirik lagu “Lebih baik di sini, rumah kita sendiri…” ini sangat relate dengan kehidupan banyak orang. Meskipun terdengar seperti puisi naratif, balada lagu tersebut berhasil menyampaikan makna yang dikandungnya. Yaitu, kemana pun Anda pergi sekali pun di tengah gemerlap kota, tetap saja kedamaian dan kenyamanan akan ditemukan ketika kita di rumah sendiri bersama keluarga.

4. Kehidupan (1988)

Masih dengan single yang terdapat pada album ketiga God Bless yang rilis tahun 1988, yaitu “Semut Hitam”, lagu paling enak selanjutnya adalah “Kehidupan”.

Lagu yang mencapai rekor penjualan terbaik sepanjang karir band rock tersebut memiliki lirik “Seribu satu problema… Menyesak di dalam dada…”. Lagu ini ditulis oleh keyboardist God Bless bernama Jockie Surjoprajogo yang menggantikan posisi Doddy Dores (member lama).

5. Semut Hitam (1988)

Seperti yang bisa Anda lihat, lagu satu ini memiliki judul yang sama dengan salah satu album karya God Bless, tepatnya album ketiga yang juga berjudul “Semut Hitam”. Lagu ini menjadi satu dari sekian lagu God Bless pada tahun 1988 yang menjadi lagu andalan mereka ketika manggung.

Lagu yang memiliki judul unik ini bercerita bagaimana kejamnya kehidupan manusia yang saling melakukan kejahatan satu sama lain, dan semut hitam yang tak jarang kita temui di mana saja seolah menjadi salah satu saksi bisu kekejaman manusia itu sendiri. Itu yang membuat lagu ini berjudul “Semut Hitam”, karena berisi tentang perbandingan manusia yang berkuasa dengan semut hitam yang kecil.

6. Serigala Jalanan (1997)

Usai merilis album kompilasi “18 Greatest Hits of God Bless”, band legendaris ini kembali mengeluarkan album terbarunya pada tahun 1997. Album tersebut berjudul “Apa Kabar” dan salah satu single yang dimuat bertajuk “Serigala Jalanan”.

Dengan lagu ini, God Bless mengangkat kehidupan para remaja pada masa itu. Di mana remaja yang didominasi oleh para pelajar ketika itu bertingkah layaknya serigala dan sering kali membuat heboh orang lain dengan tingkah lakunya saat berada di jalanan.

7. Damai (2017)

God Bless tampil dengan formasi barunya bersama Abadi Soesman sebagai keyboardist juga Fajar Satritama sebagai drummer, usai personil lama mereka yaitu Teddy Sujaya, Jockie Surjoprajog dan Eet Syahranie memutuskan untuk mengundurkan diri pada tahun 2001.

Setelah sekian lama vakum, God Bless kembali muncul membawa album terbarunya berjudul “Cermin 7” pada tahun 2017, album yang berisikan 12 lagu termasuk yang berjudul “Damai”. Lagu ini memperlihatkan eksistensi band rock senior tanah air.

Lirik lagunya yang menggambarkan perdamaian ini didominasi dengan aransemen yang sempurna. Terbukti, meskipun sudah lama berkecimpung di industri musik dan usia para personilnya sudah tidak lagi muda, God Bless tetap piawai dan menjadi band yang dicintai di Indonesia.

Meskipun sudah termasuk band lawas namun God Bless masih selalu dikenang akan karya-karyanya yang sangat berani dan tetap konsisten. Kalau kamu punya rekomendasi lagu keren lainnya dari God Bless bisa sebutkan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *