Bacaterus / lagu / 10 Rekomendasi Lagu The Cranberries yang Enak Didengar

10 Rekomendasi Lagu The Cranberries yang Enak Didengar

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Januari 2020

Legenda musik Irlandia yang akan kita bahas sekarang memang sangat dicintai oleh banyak penikmat musik di seluruh dunia. Grup band yang didirikan pada tahun 1989 di Limerick, Irlandia ini pertama kali muncul dengan nama Cranberry Saw US.

Anggota bandnya sendiri terdiri dari Dolores O’Riordan sebagai vokalis (menggantikan posisi Naill Quinn yang memutuskan untuk hengkang), Noel and Mike Hogan pada gitar dan bassis, dan Fergal Lawrel yang mengisi posisi drummer.

The Cranberries sendiri mulai populer pada tahun 1990an di mana album mereka yang berjudul Everybody Else is Doing it, So Why Can’t We? sukses meraih perhatian pendengar musik di Amerika serikat. Hal tersebut dibuktikan dengan penjualan album The Cranberries yang mencapai 5 juta kopi.

Nah, untuk mengenang kembali grup band ini, kali ini Bacaterus telah memilih 10 lagu terbaik dari The Cranberries yang enak untuk didengar. Apa saja judulnya? Berikut adalah daftarnya.

1. Zombie

Zombie

* sumber: id.wikipedia.org

Zombie merupakan singel utama dari The Cranberries pada album studio kedua berjudul No Need to Argue yang dirilis pada tahun 1994. Zombie sendiri diciptakan saat tur mereka di Inggris tahun 1993.

Lagu tersebut ditulis oleh Dolores O’Riordan untuk mengenang dua anak laki-laki bernama Jonathan Ball dan Tim Parry, korban pengeboman di Warrington, Cheshire, Inggris.

Zombie sendiri menjadi lagu ikonik yang telah berhasil merajai puncak tangga lagu di berbagai negara pada tahun perilisannya. Kesuksesan lagu ini kemudian disempurnakan dengan penghargaan sebagai “Best Song” di ajang MTV Europe Music Awards pada tahun 1995.

2. Ode to My Family

Ode to My Family

* sumber: www.imdb.com

Lagu The Cranberries pilihan selanjutnya berjudul Ode to My Family. Lagu ini merupakan singel kedua dalam album No Need to Argue tahun 1994. Mengikuti jejak singel pertamanya Zombie, Ode to My Family pun menjadi lagu The Cranberries yang berhasil meraih perhatian pecinta musik yang ada di Eropa.

Lagu yang diciptakan oleh Dolores O’Riordan dan Noel Hogan ini juga telah bertengger di puncak tangga lagu internasional. Ode to My Family bercerita mengenai kenangan masa kecil Dolores yang sederhana sebelum dirinya sukses menjadi seorang penyanyi bersama grup bandnya.

3. Animal Instinct

Animal Instinct

* sumber: en.wikipedia.org

Animal Instinct adalah singel kedua yang diciptakan oleh Dolores O’Riordan dan Noel Hogan dalam album ke-4 milik The Cranberries berjudul Bury the Hatchet, yang dirilis pada tahun 1999. Lagu ini sempat populer dan berada pada posisi ke-54 di chart musik UK 40.

Selain itu, Animal Instinct juga menjadi salah satu lagu yang dimasukkan dalam versi akustik pada album Something Else yang dirilis pada tahun 2017. Lagunya sendiri bercerita tentang perjalanan seorang ibu dalam menjaga dan melindungi anak-anaknya dalam situasi yang sulit.

4. When You’re Gone

When You're Gone

* sumber: genius.com

Salah satu lagu dari The Cranberries lainnya yang hits berjudul When You’re Gone. Lagu ini adalah singel ketiga dari album The Cranberries ketiga yang berjudul To The Faithful Departed yang dirilis pada akhir tahun 1996. Lagu ini pertama kali diperdengarkan selama tur No Need to Argue pada musim semi tahun 1994 di Amerika Utara.

Sejak dirilis, When You’re Gone telah mendapatkan banyak penghargaan platinum di banyak negara. Lagu ini sempat di putar pada acara pemakaman sang vokalis utama Dolores O’Riordan pada 23 Januari 2018 dan diputar di banyak stasiun radio yang ada di Irlandia sebagai bentuk penghargaan atas karyanya selama proses pemakaman sang legenda musik rock.

5. Just My Imagination

Just My Imagination

* sumber: genius.com

Just My Imagination merupakan singel ketiga dari album keempat The Cranberries bertajuk Bury The Hatchet pada tahun 1999 yang memiliki banyak penggemar. The Cranberries pernah menjadi bintang tamu serta menyanyikan lagu tersebut dalam serial televisi Charmed Season 2 pada episode She’s a Man, Baby, a Man!.

Selain tampil dalam acara populer di Amerika Serikat tersebut, Just My Imagination juga menjadi sebuah theme song untuk sebuah iklan di Perancis. Liriknya yang ceria bercerita tentang seseorang yang selalu berimajinasi mengenai kebebasan. Just My Imagination pun menjadi salah satu lagu ciptaan Dolores dan Noel Hogan yang ikonik dan enak untuk didengar sepanjang masa.

6. Linger

Linger

* sumber: www.youtube.com

Linger merupakan salah satu singel yang ada dalam album pertama The Cranberries bertajuk Everybody Else is Doing it, So Why Can’t We? tahun 1993. Lagu ini kemudian dirilis ulang pada tahun 1994. Singel ini berhasil menduduki chart musik bergengsi yang ada di seluruh dunia. Lagu ini juga sempat bertahan di Billboard Hot 100 selama hampir 24 pekan.

Tidak hanya itu, Linger juga berhasil menempati peringkat ke-3 di Triple J Hottest 100 pada tahun 1994. Linger menjadi salah satu singel yang membawa The Cranberries pada puncak popularitas. Albumnya sendiri cukup laris di pasaran hingga berhasil menempatkannya pada posisi ke-8 di Amerika Serikat.

7. Dreams

* sumber: id.wikipedia.org

Dreams adalah singel utama dalam album pertama The Cranberries yang berhasil menarik perhatian para penikmat musik dunia. Pada tahun 1990, lagu ini berhasil masuk dalam Top 15 di Billboard Hot 100 Airplay di Amerika Serikat. Kesuksesan lagu ini juga dibuktikan dengan bertengger di top 30 pada tangga lagu Inggris tahun 1994.

Proses rekaman lagu ini juga cukup unik, pasalnya mantan kekasih Dolores O’Riordan bernama Mike Mahoney menjadi salah satu penyanyi latar dalam lagu tersebut. Selain itu, lagu yang ditulis oleh Noel dan Dolores ini juga menjadi lagu khas pada Woodstock Revival Festival pada tahun 1994.

8. Salvation

Salvation

* sumber: en.wikipedia.org

Lagu hits selanjutnya dari salah satu legenda musik rock Irlandia ini berjudul Salvation. Lagu ini merupakan singel utama dalam album ke-3 The Cranberries yang dirilis pada tahun 1996. Lagu ini sangat sukses di Amerika Serikat dan menjadi lagu yang berhasil memuncaki tangga lagu nomor satu di Billboard Modern Rock Tracks selama empat pekan berturut-turut.

Salvation juga berhasil menduduki posisi teratas di beberapa negara yang ada di Eropa. Ia juga menempati peringkat ke-8 di Australia. The Cranberries memang menjadi salah satu grup band yang selalu dikenang dengan karya-karyanya di mana salah satunya berkat kehadiran lagu Salvation yang menceritakan pengalaman buruknya dengan obat-obatan terlarang.

9. Ridiculous Thoughts

Ridiculous Thoughts

* sumber: en.wikipedia.org

Ridiculous Thoughts adalah salah satu lagu dari album ke-4 The Cranberries yang masuk dalam album akustik Something Else. Di Amerika Utara, lagu ciptaan Dolores dan Noel ini adalah singel ke-3 dalam album bertajuk I Can’t Be With You. Liriknya sendiri berisi curahan isi hati Dolores atas permasalahan dirinya dengan pers dan jurnalis yang ada di Inggris.

Kehadiran lagu ini pun menambah deretan kesuksesan The Cranberries sebagai musisi dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilannya bertengger pada posisi ke-23 chart musik Irlandia serta meraih pasar di dua negara besar, yaitu Inggris dan Amerika Serikat.

10. Promises

Promises

* sumber: en.wikipedia.org

Lagu terakhir yang enak untuk didengar dari grup band fenomenal ini berjudul Promises. Liriknya sendiri bercerita tentang perceraian. Promises dirilis tahun 1999 pada album ke-4 mereka. Lagu ini menjadi lagu terakhir The Cranberries sebelum akhirnya memutuskan untuk hiatus.

Promises sendiri menjadi lagu kesembilan dari The Cranberries yang bertengger di UK Top 40. Selain itu, lagu ini juga berhasil masuk sebagai Top 20 pada chart musik Canada. Kehadiran grup band ini memang menjadi inspirasi bagi para musisi dunia, sehingga pantas digelari sebagai legenda musik karena selalu berhasil menempatkan karya-karyanya berada di posisi puncak.

Nah, itulah 10 lagu terbaik dari The Cranberries yang ikonik dan enak untuk didengar yang berhasil Bacaterus rangkum. The Cranberries menjadi legenda musik dunia yang akan selalu dikenang karena karyanya. Selalu update informasi mengenai rekomendasi lagu-lagu terbaik di dunia hanya di Bacaterus.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *