Bacaterus / Film Anime / 10 Lagu Anime Tersedih yang Bisa Bikin Menitikkan Air Mata

10 Lagu Anime Tersedih yang Bisa Bikin Menitikkan Air Mata

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak kalah menarik dari serial animenya, beragam soundtrack yang turut menghidupkan jalan cerita juga tak kalah banyak digemari. Mulai lagu dengan nuansa ceria hingga OST lagu sedih. Tak jarang, dengan mendengar lagunya saja, kita jadi terbayang scene sedih dari anime tersebut.

Tapi, lagu-lagu anime yang sedih ini cocok juga didengarkan untuk menemani Anda yang sedang dilanda kesedihan dan butuh ketenangan. Karena, saat sedang sedih dan mendengarkan lagu sedih itu adalah comfort zone. Berikut adalah 10 lagu anime tersedih menurut Bacaterus.

1. Himawari no Yakusoku – Motohira Hata

Pecinta serial anime terkenal Doraemon pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu sedih satu ini. Lagu berjudul “Himawari no Yakusoku” tersebut menjadi soundtrack film layar lebar Doraemon yang berjudul “Stand by Me”.

Lagu yang dibawakan oleh Motohira Hata ini semakin sempurna menemani adegan film “Stand By Me” yang cukup memancing air mata. Pasalnya, lagu ini menceritakan kisah sejak pertemuan hingga perpisahan antara Doraemon dan Nobita.

2. Utakata Hanabi – Supercell

Tak mau kalah! Grup musik yang terkenal dengan lagu-lagunya yang mendayu-dayu, yaitu Supercell, turut menuangkan karyanya dalam deretan lagu anime sedih. Judul lagunya adalah “Utakata Hanabi”. Lagu ini cukup melekat di telinga para penikmat serial anime yang sangat terkenal di seluruh dunia berjudul “Naruto Shippuden“!

Anda dapat menemukan lagu tersebut pada ending ke-14 Naruto. Lagu ini sendiri menggambarkan kisah seorang gadis yang menyatakan cintanya pada seseorang, namun sayang orang itu justru menghilang. Terbayang scene-nya yang mana?

3. Memories – Maki Otsuki

Salah satu serial anime dunia yang sangat populer, yaitu “One Piece”, cukup akrab menghiasi masa kecil banyak orang. Selain animenya sendiri, para penggemar “One Piece” pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu yang bertajuk “Memories”. Itu karena, lagu yang dibawakan oleh penyanyi asal Jepang bernama Maki Otsuki tersebut, berhasil dipilih sebagai soundtrack serial anime ternama ini.

Lagu sedih ini dapat Anda temukan pada ending pertama serial anime “One Piece”. Terlebih, karakter suara yang dimiliki oleh sang penyanyi, Maki Otsuki, sangat cocok menambah indahnya lagu “Memories”. Bahkan, lagu ini kini dikenal sebagai lagu legendaris dengan segudang kesan yang sulit dilupakan.

4. Ichiban no Takaramono – LiSA

Rekomendasi lagu anime sedih yang satu ini datang dari serial anime “Angel Beats” yang rilis sekitar tahun 2010. Lagu ini dipopulerkan oleh penyanyi yang memiliki suara merdu asal Jepang yang akrab dipanggil LiSA. Bagi Anda yang menyukai tayangan anime “Angel Beats”, pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu yang satu ini.

Karena, selain lagunya yang cukup memorable, lagu yang banyak dikenal pecinta anime ini juga dapat dikatakan sangat berkesan. Soalnya, lagu ini mengandung makna mendalam dari adegan akhir pada serial “Angel Beats”. Penonton setia serial anime itu pasti paham jika lagu “Ichiban no Takaramono” yang disematkan sebelum serial ini tamat terdapat pada adegan antara Kaede dan Otonashi-nya.

5. Lonely Feather – Haruka Chigusa

Siapa sangka, lagu sedih berikut ini sukses menjadi soundtrack anime bertajuk “Lonely Feather”. Lagu yang dibawakan oleh penyanyi perempuan bernama Haruka Chigusa tersebut dapat Anda jumpai ketika sedang menonton serial anime bertajuk “Gakuen Toshi Asterisk”.

Anime ini mengangkat kisah tentang seorang pelajar yang banyak mendapatkan diskriminasi ketika dirinya sedang menempuh pendidikan di sekolah sihir.

Lagu “Lonely Feather” cukup berhasil menyayat hati para pendengarnya saat digunakan untuk menjadi insert song anime tersebut. Satu hal yang membuat lagu ini berbeda dari lagu anime lain adalah liriknya yang berbahasa Inggris. Itu karena penulis lagu tersebut adalah Rasmus Faber seorang musisi kancah negara yang memang sudah sering muncul dalam industri musik di Jepang.

6. Silver Sky – Nano

Lagu anime satu ini juga serupa dengan lagu sebelumnya. Bedanya, lagu berjudul “Silver Sky” ini dapat dikatakan unik, sebab menggunakan lirik berbahasa Inggris ketika soundtrack anime pada umumnya menggunakan bahasa Jepang. Musisi yang tidak kalah hebat popularitasnya, yaitu Nano, cukup dikenal oleh banyak orang terutama bagi penggemar anime.

Namun, di antara beberapa lagu yang telah ia populerkan sebelumnya, lagu inilah yang paling sukses membawa vibes sedih bagi para pendengarnya. Lagu ini merupakan soundtrack pada serial anime berjudul “Arpeggio of Blue Steel”. Bagi Anda yang setia menonton anime tersebut hingga tamat pasti sudah tidak asing lagi dan dapat mengenali dengan mudah di mana lagu “Silver Sky” ini muncul.

Ya, lagu ini tepatnya muncul pada adegan Takao, di mana Takao saat itu digambarkan sedang berusaha untuk menyelamatkan seorang kapten yang mengalami kecelakaan. Tapi, kapal yang ditumpangi oleh kapten itu  tenggelam hingga mencapai dasar laut lepas.

7. Anata ni Deawanakereba – Aimer

Selanjutnya, ada lagu bertajuk “Anata ni Deawanakereba” yang siap membius para pendengarnya. Lagu ini juga termasuk dalam lagu dengan penulisan lirik terbaik di antara keseluruhan lagu yang dibawakan oleh Aimer. Sedikit informasi, Aimer sukses mempopulerkan lagu indah ini, meskipun lagu tersebut berada di jajaran soundtrack anime yang sudah lama tayang.

Namun, kekuatan karakter dari lagu ini, ditambah dengan sang penyanyi yang membuat lagu ini menjadi lebih bernyawa, berhasil membuat “Anata ni Deawanakereba” tetap eksis hingga saat ini.

Lagu tersebut juga terpilih sebagai soundtrack dari serial anime bertajuk “Natsuyuki Rendezvous”, perpaduan yang sempurna antara anime dengan lagu sedih tersebut. Adanya lagu ini juga semakin menghidupkan suasana yang dapat mencampur aduk perasaan para penonton.

8. Shirushi – LiSA

Kembali dengan penyanyi yang sama di lagu sebelumnya, yaitu LiSA. Penyanyi wanita terkenal di Jepang ini hadir mengusung lagu yang sukses menjadi lagu anime sedih berjudul “Shirushi”. Selain lagunya yang unik, LiSA juga tak kalah menarik perhatian. Pasalnya, ia yang biasa dikenal dengan lagu yang ceria, penuh semangat dan seru, mendapat tantangan tersendiri untuk menyanyikan lagu sedih.

Meskipun begitu, ia berhasil membawakan lagu “Shirushi” dengan sempurna, sehingga dipilih sebagai soundtrack serial anime berjudul “Sword Art Online II”. Anda dapat menjumpai OST ini pada bagian ending ketiga. Meskipun terkesan sedih dan mendayu-dayu, Anda tetap bisa merasa semangat ketika mendengarkan lagu ini.

9. Orange – 7!! (Seven Oops)

Jika Anda termasuk dalam penonton setia serial anime “Shigatsu Kimi no Uso”, Anda mungkin sudah cukup mengenal lagu ini. Sama halnya dengan lagu sebelumnya, lagu bertajuk “Orange” tersebut dapat ditemukan pada ending ketiga serial animenya.

Dalam serial anime berjudul “Shigatsu Kimi no Uso” atau yang dikenal juga dengan “Your Lie in April” ini, lagu yang dijadikan soundtrack serial anime itu rupanya dipopulerkan oleh 7!! yang akrab dipanggil Seven Oops.

Selain termasuk dalam kategori lagu anime sedih, lagu “Orange” juga dipadukan dengan adegan menyedihkan antara Kaori dan Kaousei sehingga menyimpan makna tersendiri akan kisah akhir ceritanya.

10. One More Time, One More Chance – Masayoshi Yamazaki

Penyanyi asal Jepang yang memiliki suara emas bernama Masayoshi Yamazaki sudah cukup lama merilis lagu bertajuk “One More Time, One More Chance”, yaitu pada tahun 1997. Namun, lagu ini kembali eksis pada tahun 2007 silam.

Bahkan, lagu tersebut berhasil menjadi salah satu soundtrack serial anime terkenal. Anda dapat menemuinya pada ending anime bertajuk “Byakusoku 5 cm” atau “5 Centimeter Per Second” yang menguras air mata.

Jadi, apakah Anda sudah mulai menitikan air mata dengan kesepuluh lagu di atas? Sebenarnya masih ada banyak lagu anime yang sedih, namun kesepuluh lagu di atas adalah lagu tersedih versi Bacaterus. Bagaimana dengan versi Anda?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *