Bacaterus / Binatang / 10 Laba-Laba Terbesar yang Bisa Membuat Orang Takjub

10 Laba-Laba Terbesar yang Bisa Membuat Orang Takjub

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2020

Apa yang kamu pikirkan mengenai laba-laba? Menakutkan, mematikan atau menggelikan. Ya, bagi sebagian orang makhluk yang satu ini memang cukup menyeramkan. Mengingat bentuknya yang unik. Laba-laba sendiri merupakan hewan berbuku-buku yang memiliki 4 kaki. Dikenal dengan nama ilmiah Araneae, hewan ini termasuk dalam golongan Arachnida.

Nah, di dunia sendiri terdapat ribuan spesies laba-laba yang tersebar di belahan dunia. Beberapa spesies laba-laba bahkan memiliki ukuran yang cukup menakjubkan seperti yang akan kita bahas kali ini. Jadi, inilah 10 laba-laba terbesar di dunia yang bisa membuat orang takjub. Adapun daftarnya adalah sebagai berikut.

1. Giant The Huntsman Spider (Heteropoda Maxima)

Giant The Huntsman Spider

The Huntsman Spider memiliki nama ilmiah Heteropoda maxima. Laba-laba ini berhabitat di gua dalam yang ada di wilayah Asia. The Huntsman Spider sendiri pertama kali ditemukan di Laos pada tahun 2001. Laba-laba ini memiliki ukuran panjang tubuh mencapai 4,6 sentimeter. Sementara kakinya memiliki panjang 30 sentimeter.

Selain memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berburu mangsanya. The Huntsman Spider juga memiliki kemampuan berjalan di area yang cukup sulit. Ciri fisiknya berwarna kuning kecokelatan dengan titik hitam pada bagian tubuh. Heteropoda maxima sendiri menjadi laba-laba terbesar yang menempati urutan paling puncak.

2. Tarantula Goliath (Theraphosa Blondi)

Tarantula Goliath

Laba-laba raksasa lainnya bernama Tarantula Goliath atau dikenal dengan nama ilmiah Theraphosa blondi. Laba-laba yang satu ini dikenal juga sebagai laba-laba pemakan burung. Tarantula Blondi memiliki bobot tubuh seberat 170 gram. Dengan panjang kaki mencapai 28 sentimeter. Laba-laba ini pun dinobatkan sebagai salah satu laba-laba terbesar yang ada di dunia.

Blondi sendiri berhabitat di Hutan Amazon, Amerika Selatan. Tarantula ini pertama kali ditemukan ketika sedang memangsa seekor burung Kolibri oleh para peneliti. Sehingga ia pun dikenal sebagai laba-laba pemakan burung. Selain burung, makhluk yang satu ini juga merupakan predator untuk serangga, kadal, katak dan juga tikus.

Salah satu hal yang juga membuat tarantula ini dikenal menakutkan karena suara mendesis yang kerap terdengar ketika ia merasa terancam.

3. Salmon Pink (Lasiodora Parahybana)

Salmon Pink

Laba-laba terbesar selanjutnya bernama Salmon Pink (Lasiodora parahybana). Laba-laba ini pertama kali ditemukan pada tahun 1917 di Paraiba. Laba-laba ini memiliki berat mencapai 100 gram dengan panjang kaki bisa mencapai 28 sentimeter. Laba-laba ini dikenal sebagai laba-laba jinak.

Meskipun begitu ia merupakan predator aktif untuk hewan-hewan serangga dan pengerat. Salmon pink tarantula dikenal juga mampu memberikan gigitan yang menyakitkan. Mereka diketahui hanya akan menyerang ketika merasa terancam. Selain jinak, tarantula jenis ini juga diakui sebagai tarantula yang mudah dalam proses penanganannya.

4. Poecilotheria Rajaei

Poecilotheria Rajaei

Salah satu laba-laba terbesar selanjutnya datang dari Sri Lanka dan India. Laba-laba ini ditemukan pada tahun 2009 dan mulai diklasifikasikan pada tahun 2012. Ukuran kaki laba-laba ini bisa mencapai panjang sekitar 20 sentimeter. Laba-laba ini memiliki ciri warna abu-abu kemerahan.

Meskipun gigitannya tidak cukup berbahaya bagi manusia. Namun bisa dari Laba-laba ini mampu membunuh kadal, burung dan juga ular. Poecilotheria rajaei biasa hidup di atas pohon tinggi yang berusia cukup tua.

5. Giant Red Tawny Brazil (Grammostola Mollicoma)

Giant Red Tawny Brazil

Grammostola mollicoma termasuk dalam genus Theraphosidae. Laba-laba ini merupakan penghuni asli hutan yang ada di Amerika Selatan. Laba-laba ini pertama kali ditemukan di beberapa wilayah yang ada di  Brasil, Uruguay, Paraguay dan Argentina. Laba-laba ini memiliki cangkang setebal 18 mm yang menyelimuti bagian tubuhnya.

Pergelangan kaki laba-laba ini sendiri dipenuhi oleh bulu berwarna merah kecokelatan. Laba-laba ini sangat suka tinggal di tempat kering dan tidak menyukai area basah. Laba-laba merah juga dikenal sebagai induk yang baik karena selalu membantu telur-telurnya menetas.

Karakteristik unik tersebut yang membuatnya berbeda dengan jenis laba-laba lain yang ada di dunia. Dimana biasanya kebanyakan laba-laba meninggalkan telur-telurnya.

6. Giant Black Spider Kolombia (Megaphobema Robustum)

Giant Black Spider Kolombia

Laba-laba ini ditemukan di Kolombia dan Brazil. Sama seperti namanya, ukuran laba-laba ini memang cukup besar. Tubuhnya sendiri bisa mencapai panjang 16 sampai 20 sentimeter. Laba-laba ini biasanya hidup dan bersarang di dalam tanah. Giant Black Spider dari Kolombia ini berwarna hitam dengan rambut cokelat kemerahan.

Meskipun ukurannya cukup besar. Namun Laba-laba ini biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Namun rambut yang terdapat pada laba-laba ini patut diwaspadai. Karena ketika merasa dalam ancaman laba-laba akan menyerang dengan menggigit. Sementara bulu yang terdapat pada tubuhnya bisa dijadikan sebagai senjata yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

7. The King Baboon Spider (Pelinobius Muticus)

The King Baboon Spider

The King Baboon Spider merupakan laba-laba yang keberadaannya terancam punah. Laba-laba bernama ilmiah Pelinobius muticus ini bisa tumbuh mencapai 20 sentimeter. Spesies ini merupakan laba-laba yang pertumbuhannya lambat. Laba-laba ini sendiri biasa bersarang di dalam tanah dan menjadi predator aktif untuk hewan-hewan seperti kecoa, serangga, dan jenis laba-laba lain yang berukuran lebih kecil.

Laba-laba ini biasa memangsa hewan-hewan kecil. Meskipun demikian laba-laba ini juga mampu membunuh seekor burung, kadal bahkan seekor ular. The King Baboon banyak ditemukan di daerah Afrika seperti Kenya dan Tanzania.

8. Camelia Spider (Solifugae)

Camelia Spider

Bernama ilmiah Solifugae, laba-laba yang dikenal dengan nama Camelia Spider ini termasuk laba-laba terbesar yang memiliki kecepatan 16 km/jam saat berlari. Laba-laba jenis ini bisa memiliki ukuran panjang tubuh mencapai 12 hingga 15 sentimeter. Bentuk tubuhnya sendiri mirip dengan seekor kalajengking yang dilapisi rambut halus.

Habitatnya sendiri berada di wilayah gurun. Sama seperti makhluk gurun lainnya. Laba-laba ini memiliki racun yang cukup mematikan untuk mangsanya. Spesies laba-laba ini termasuk hewan yang agresif dan pernah dilaporkan memiliki gigitan yang menyakitkan bagi manusia.

9. Brazilian Wandering Spider

Brazilian Wandering Spider

Laba-laba terbesar selanjutnya bernama Brazilian Wandering Spider. Laba-laba yang termasuk dalam genus Phoneutria ini termasuk Laba-laba yang memiliki racun yang cukup berbahaya. Laba-laba ini memiliki panjang tubuh 3 – 5 sentimeter dengan panjang kaki mencapai 12 hingga 15 sentimeter. Spesies laba-laba yang satu ini termasuk hewan yang aktif pada malam hari.

Laba-laba ini biasa menghabiskan waktu siang di dalam sarang dan berburu mangsa pada malam hari. Brazilian Wandering Spider sendiri biasanya memangsa serangga, katak, tikus tanah, hingga laba-laba lain.

10. Cerbalus Aravensis Spider

Cerbalus Aravensis Spider

Cerbalus Aravensis merupakan laba-laba dari keluarga Sparassidae terbesar yang biasa ditemukan di Timur Tengah. Laba-laba ini memiliki panjang tubuh sekitar 2 – 3 sentimeter dengan kaki mencapai panjang 14 sentimeter. Tubuh laba-laba jantan diketahui memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Laba-laba ini merupakan salah satu laba-laba yang cerdik. Karena mampu membuat perangkap untuk memangsa buruannya dengan memanfaatkan carian dalam tubuhnya yang pekat. Laba-laba ini termasuk hewan nocturnal yang sangat aktif terutama pada musim panas.

Nah, itulah 10 Laba-laba terbesar yang bisa membuat orang takjub. Meskipun cukup banyak yang tertarik untuk memelihara hewan tersebut. Namun kamu juga harus tetap waspada karena beberapa jenis laba-laba memiliki racun berbahaya dan juga bisa mematikan. Semoga informasi yang Bacaterus bahas di atas bisa bermanfaat untuk kamu. Tambah wawasanmu dengan turut membaca artikel buaya terbesar di dunia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *