Bacaterus / Makanan / Buah-Buahan / Yuk, Cobain 10 Jenis Kurma yang Paling Enak di Dunia Ini

Yuk, Cobain 10 Jenis Kurma yang Paling Enak di Dunia Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Januari 2019

Kurma biasa dikonsumsi saat bulan Ramadhan sebagai menu untuk berbuka puasa. Di samping rasanya yang manis, kurma juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, seperti meredakan sembelit, membuat tulang lebih kuat, dan jantung lebih sehat.

Terdapat 3.000 jenis kurma di dunia dengan ukuran, warna, tekstur, kandungan fenolik dan lain-lainnya yang berbeda-beda. Di Iran terdapat 400 jenis kurma, di Arab 400, di Irak 370, di Tunisia 250, di Oman 250 dan di Maroko 244 jenis. Dari semua jenis kurma tersebut, ada beberapa jenis yang terkenal di dunia karena rasanya yang enak. Berikut 10 jenis kurma terenak yang paling populer.

10 Jenis Kurma Paling Lezat di Dunia

1. Medjool

* sumber: sincerelynuts.com

‘Queen of Dates’ atau ratu kurma adalah julukan yang diberikan pada kurma Medjool karena ukurannya yang besar. Tekstur kurma Medjool empuk, sedikit berserat, basah, dan aromanya yang kuat. Kulitnya lembut dan warnanya dari cokelat hingga agak kehitaman dan rasanya manis. Kurma ini sangat populer di negeri Paman Sam, banyak digunakan untuk membuat smoothies dan shake.

Medjool kurma dapat dikonsumsi kering atau segar. Namun, umumnya medjool enak ketika dikonsumsi saat kering. Dengan dikeringkan dapat memperpanjang masa konsumsi dan mencegah terjadinya pembusukan dini. Saat dikonsumsi kering, teksturnya berubah mengerut dan keras tapi rasanya manis. Jika dilihat, bagian dalamnya basah dan kenyal.

Medjool dengan warna cokelat tua rasanya seperti karamel. Biasanya, medjool dengan ukuran besar digunakan untuk membuat kue dan memasak. Setelah mengetahui cara mengombinasikan medjool ke dalam resep, kurma ini akan bisa menjadi makanan pokok favorit yang disimpan di dapur-dapur.

2. Ajwa

Ajwa

* sumber: www.medinadates.us

Terkenal sebagai salah satu kurma paling premium di dunia, kurma ajwa berasal Arab Saudi, tepatnya dari kota suci Madinah. Ajwa dikenal memiliki sifat menyembuhkan. Di dalam hadist disebutkan bahwa nabi telah mengatakan bahwa mengonsumsi tujuh kurma ajwa di pagi hari dapat melindungi dari racun hingga sore hari.

Ketika kering, penampilan kulit kurma menjadi mengerut dan berwarna hitam sehingga terlihat kecil. Bagian dalam kurma kenyal, tampak sedikit kering dan lengket. Daging kurma ajwa terasa seperti madu dan gula palem, dan rasa manisnya tidak berlebihan. Kombinasi antara lembut, kering, manis untuk dimakan dan terasa lembut di mulut, itulah kurma ajwa yang kaya akan nutrisi.

Kurma ajwa dibudidayakan di daerah Madinah Tayyiba dan kurma ini memang merupakan produk unggulan dari daerah tersebut. Kurma ini juga adalah kurma yang paling dicari di seluruh dunia dan merupakan kurma favorit Nabi Muhammad.

3. Deglet Noor

Deglet Noor

* sumber: www.specialtyproduce.com

Kurma deglet noor merupakan kurma asal Aljazair. Deglet dalam bahasa Arab berarti “kurma cahaya”. Kurma ini adalah kurma paling populer di Amerika yang diikuti oleh medjool.

Bentuk kurma deglet ramping dan memanjang dan memiliki tekstur yang bervariasi dari mirip benang wool dan sutera hingga seperti daging buah zaitun. Warnanya bermacam-macam, mulai dari kuning jerami hingga sedikit warna oranye kekuning-kuningan dan sedikit bercahaya di kulit luarnya. Kulit kurma deglet berubah oranye kekuningan ke cokelat tua ketika matang.

Kurma deglet dikenal juga sebagai “ratunya kurma” karena kualitas yang unggul dan rasa manisnya yang unik, seperti rasa pisang karamel. Dibandingkan dengan medjool rasanya tidak terlalu manis tapi memiliki beragam rasa manis yang unik dengan campuran rasa kacang tanah dan kacang mede. Kurma deglet biasanya dijual dalam bentuk biji segar atau dikeringkan. Deglet noor sering dijual dengan batangnya untuk alasan estetika.

Kurma ini cocok untuk dimasak, teksturnya tetap baik ketika dimasak. Ketika dipotong-potong tidak menjadi lembek dan biasanya dicampur dengan roti, kue, dan kue kering. Deglet noor juga merupakan varietas pilihan untuk pembuatan gula kurma dan pemanis alternatif.

4. Zahidi

Zahidi

* sumber: www.belovedates.com

Kurma zahidi aslinya berasal dari Irak. Pohon kurma zahidi yang ditanam di dalam negeri dan merupakan makanan langka yang biasanya hanya bisa didapat di pasar petani atau toko khusus yang ada pada waktu tertentu.

Zahidi merupakan varietas langka. Kurma ini menawarkan kombinasi rasa selai kacang, rasa manis yang lembut, dan tekstur kenyal yang nikmat. Zahidi memiliki kulit yang tebal, semi-kering dan tidak terlalu manis jika dibandingkan kurma varietas lain tetapi kaya serat. Zahidi juga lebih kering sama seperti deglet, cocok untuk dijadikan camilan dan dibawa jalan-jalan juga dimasak.

Tekstur kenyal zahidi membuatnya cocok untuk dicampurkan ke dalam kue atau roti. Karena zahidi adalah kurma dengan tekstur semi-lembut, ketika digabungkan dengan kue kering, kue basah, dan roti teksturnya tidak berubah.

5. Khadrawi

* sumber: 7hotdates.com

Pohon kurma khadrawi adalah tumbuhan asli negara Irak. Kurma khadrawi memiliki ukuran beragam dari kecil hingga sedang dengan bentuknya yang gemuk dan oval. Daging kurma khadrawi tebal dengan warna merah keemasan. Khadrawi dikenal karena teksturnya yang ekstra lengket dan kenyal.

Kurma khadrawi kaya akan rasa, seperti rasa karamel, manis dan lembut, tapi tidak terlalu manis dibandingkan medjool. Kulit tipis khadrawi cenderung mengering, jadi jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang rapat dan dibekukan dalam wadah kedap udara. Kadar air dalam kurma khadrawi lebih tinggi dibandingkan rata-rata kurma lain sehingga cocok untuk dibuat puree.

Warna awal kurma ini oranye–cokelat, lalu berubah menjadi cokelat muda. Para ahli beranggapan bahwa khadrawi adalah kurma terbaik untuk rasa dan tekstur, terutama jika dimakan ketika masih segar. Khadrawi biasanya matang pada pertengahan musim dan tak bagus disimpan lama. Jadi, lebih baik dimakan masih segar.

Kurma khadrawi cenderung cepat membusuk karena bagian dalam kurma ini yang terlalu basah jadi harus disimpan di tempat kering. Jika tak akan segera digunakan, simpan di lemari pendingin untuk waktu penyimpanan yang lama.

6. Halawi

Halawi

* sumber: organicfruitsandnuts.com

Kurma Halawi ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan kurma lain, tapi jangan tanya rasanya. Halawi yang artinya manis memiliki rasa yang luar biasa dengan rasa karamel manis yang enak dan kelembutan yang meleleh. Rasa manis karamelnya mengingatkan orang pada rasa permen di saat Halloween.

Kurma dengan warna cokelat keemasan ini memiliki daging yang tebal dan lunak. Halawi atau halwa matang di pertengahan musim, dan kurma ini cocok jika dijadikan camilan.

7. Barhi

* sumber: www.exportersindia.com

Nama barhi atau barhee dalam bahasa Arab berarti “angin panas”. Barhi berasal dari Basra di Irak. Awalnya, kurma barhi tidak terlalu populer dan tidak dijual secara luas. Namun, setelah beberapa tahun kemudian, kurma barhi menjadi semakin lazim ditemui di pasar. Barhi yang berbentuk bulat ini adalah kurma yang paling manis dan lembut.

Kurma barhi yang telah matang memperlihatkan varietas kurma yang lembut dengan rasa yang lezat dan tekstur kulit yang lembut dan meleleh. Rasanya mengingatkan akan rasa puding karamel. Barhi adalah salah satu jenis kurma yang paling terkenal dengan dagingnya yang tebal dan kaya akan rasa. Kurma barhi lebih enak dimakan saat segar daripada dikeringkan.

8. Sagai

* sumber: www.exportersindia.com

Kurma saghai atau sagai adalah kurma yang dibudidayakan di Riyadh, Arab Saudi. Berbeda dengan kurma lain, sagai tidak memiliki tekstur yang lembut tetapi tetap garing. Umumnya, sagai memiliki warna cokelat tapi berwarna kuning cerah di ujungnya. Sagai adalah kurma yang mengerut tetapi kulitnya tidak pernah terkelupas. Sekali mencicipinya, kamu akan ketagihan.

9. Thoory

* sumber: casapons.ae

Kurma thoory adalah kurma kering yang memiliki tekstur lebih lembut dengan kulit yang keras dan dagingnya kenyal. Thoory dikenal sebagai kurma roti karena cocok untuk dimasak dengan cara dipanggang. Kurma ini mudah untuk dipotong-potong karena teksturnya keras dan karena tidak lengket cocok untuk dijadikan camilan.

Bentuk thoory panjang dan besar dengan daging berwarna cokelat keemasan. Thoory atau thuri sangat terkenal di Aljazair. Penampilan luarnya keriput dengan warna cokelat sampai merah, thoory biasanya diisi dengan kacang. Rasa thoory manis dan ada rasa kacangnya.

10. Sukkari

* sumber: www.qualityfood.ae

Sukkari dibudidayakan di wilayah Al Qaseem, di Arab Saudi. Rasanya sangat manis dengan tekstur kering dan merupakan kurma dengan kualitas tinggi. Kurma sukkari terkenal akan khasiat penyembuhannya dan kandungan nutrisinya. Sukkari dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi dan juga membantu menghilangkan kelelahan.

Walaupun sekilas semua kurma tampak sama, tapi ternyata tiap kurma memiliki ciri dan rasa khas yang berbeda-beda. Jika bukan ahlinya, tak mudah membedakan tiap jenis kurma tersebut. Kira-kira kurma jenis apa yang sering dijual di Indonesia? Apakah kamu tahu jenis kurma apa yang biasa kamu konsumsi saat bulan Ramadhan?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment