Bacaterus / Kuliner / Kuliner Surabaya / 10 Kuliner Legendaris di Surabaya yang Memanjakan Lidah

10 Kuliner Legendaris di Surabaya yang Memanjakan Lidah

Ditulis oleh

Apa makanan favorit Anda ketika berkunjung ke Surabaya? Apakah nasi pecel, rujak cingur, atau rawon? Hampir semua makanan di Surabaya memang ngangenin. Rasanya tak cukup waktu sehari untuk menjajal semua kuliner enak di kota ini.

Namun, bila Anda ingin mencoba sejumlah kuliner legendaris di Surabaya, Bacaterus akan memberikan informasi makanan yang melegenda di Surabaya. Meskipun sudah buka bertahun-tahun, sejumlah makanan ini tetap eksis sampai saat ini, lho. Tak hanya eksis, jumlah pengunjungnya pun semakin bertambah banyak.

10 Kuliner Legendaris di Surabaya

1. Sop Buntut Depot Sari

Sop Buntut Depot Sari Kuliner Legendaris di Surabaya

Depot Sari adalah sebuah rumah makan sederhana yang sudah berdiri puluhan tahun. Sop buntut dari depot ini menjadi kuliner legendaris di Surabaya. Jika Anda penggemar sop buntut, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan mencicipi sop buntut Depot Sari ini ketika berada di Surabaya.

Sop buntut di sini terkenal empuk. Buntut sapi yang disajikan tidak berbau amis dan rasanya sangat sedap. Kuah sop buntutnya sendiri enak, tapi jika Anda lebih suka kuah dengan rasa yang lebih kuat maka Anda harus menambahkan garam dan merica. Selain sop buntut, Depot Sari juga menjual sate ayam, rawon merah, sate sumsum, gulai kambing, dll. Lokasi Depot Sari ada di Jalan Karet No. 112, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya.

2. Rawon Nguling

Ada banyak tempat makan rawon di Surabaya, tapi yang melegenda adalah Rawon Nguling. Tempat makan ini buka sejak tahun 1940-an. Dulunya Rawon Nguling masih bernama Warung “Lumajan” dan dirintis oleh Mbah Karyoredjo. Tempat asli dari rawon ini adalah di perbatasan Pasuruan dan Probolinggo, namun kini Rawon Nguling membuka cabang resmi di Surabaya.

Keistimewaan rawon di sini tentu saja terletak pada lauk dan kuahnya. Kuah rawonnya berwarna hitam karena menggunakan rempah bernama kluwek. Cita rasa kuahnya mantap dan lauknya pun lengkap. Selain potongan daging di dalam kuah rawon, kita bisa menambah lauk tempe, telur asin, paru, dan empal. Rawon Nguling berada di Jalan Kendang Sari Industri No. 41B, Surabaya.

3. Nasi Kuning Depot Wijaya

Nasi Kuning Depot Wijaya

Ingin mencoba nasi kuning terenak di Surabaya? Nasi kuning di Depot Wijaya juaranya. Depot Wijaya sendiri sudah beroperasi sejak puluhan tahun silam. Lokasi depot ini berada di Jalan Ir. Anwari, tepat di belakang Jalan Diponegoro yang merupakan salah satu jalan protokol di Surabaya.

Nasi kuning di depot ini memang tiada duanya. Seporsi nasi kuning disajikan dengan lauk ayam goreng (bisa memilih ayam bumbu rujak atau ayam kare), dendeng sapi, abon, sambal goreng ati, kering tempe kentang, perkedel, irisan telur dadar, dan serundeng. Lauknya sangat komplit dan nasi kuningnya sedap dan harum.

Penasaran dengan kelezatan Nasi Kuning Depot Wijaya? Kunjungi tempatnya di Jalan Ir. Anwari  No. 7, Tegalsari, Surabaya.

4. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap adalah menu makanan yang cukup banyak dicari oleh wisatawan ketika mereka berkunjung ke Surabaya. Lontong balap paling legendaris di Surabaya adalah Lontong Balap Pak Gendut. Warung kaki lima yang lokasinya berada dekat dengan pusat perbelanjaan BG Junction ini memang menawarkan lontong balap yang benar-benar wenak rek!

Porsi lontong balap di warung ini cukup banyak. Kuahnya yang manis berpadu dengan petis udang dan cabai rawit sehingga rasanya pedas-pedas nikmat. Teman untuk menyantap lontong balap adalah sate kerang yang dicocol ke dalam petis sambal. Alamat Lontong Balap Pak Gendut ada di Jalan Kranggan No. 60, Sawahan, Surabaya.

5. Nasi Pecel Bu Djoyo

Salah satu makanan wajib ketika berada di Surabaya adalah nasi pecel. Namun, pecel yang menjadi kuliner legendaris di Surabaya adalah Pecel Bu Djoyo. Depot pecel ini buka sejak pukul 6 pagi, tapi pada pukul 8-9 pagi saja pecelnya sudah habis karena diserbu pengunjung atau ojek online yang diminta membelikan pesanan customer-nya.

Kelezatan Nasi Pecel Bu Djoyo ini memang benar-benar nyata. Porsinya tidak terlalu banyak, tapi bumbu pecelnya terasa mantap di lidah. Nasi pecelnya semakin lezat jika disantap dengan lauk empal goreng dan peyek yang renyah. Nasi Pecel Bu Djoyo bertempat di Jalan Pandegiling 318 A, Surabaya.

6. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

* sumber: phinemo.com

Kuliner legendaris di Surabaya yang banyak disambangi oleh public figure adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Sate klopo alias sate kelapa adalah sate daging sapi atau ayam yang dibakar dan ditaburi dengan parutan kelapa. Bumbu satenya juga bumbu kacang seperti sate khas Madura pada umumnya. Yang membedakan adalah parutan kelapanya yang membuat rasa satenya jadi lebih gurih.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih merupakan kuliner yang sangat melegenda. Daging sapinya sangat empuk dan bumbu kacangnya sedap dan gurih. Tempat ini tidak buka cabang di mana pun, jadi bila Anda ingin mencoba sate kelapa legendaris ini, datanglah ke Jalan Walikota Mustajab No. 36, Surabaya.

7. Lontong Mie Ny. Marlia

Lontong Mie Ny. Marlia

Selain lontong balap, ada menu lontong lainnya yang terkenal di Surabaya, yaitu lontong mie. Kalau Anda ingin berburu lontong mie legendaris yang paling enak di kota pahlawan, datang saja ke kawasan pecinan di Surabaya yaitu Pasar Atom.

Di pusat perbelanjaan ini ada Lontong Mie Ny. Marlia yang sudah buka sejak puluhan tahun silam. Lontong mie terdiri dari potongan tahu, lontong, mie, udang yang disiram dengan kuah sejenis lontong balap. Agar rasanya lebih sedap, Anda harus menambahkan petis dan sambal ke lontong mie Anda. Selain itu, supaya rasanya lebih maknyus tambahkan sate kerang saat menyantapnya.

8. Es Krim Zangrandi

Jangan lewatkan kedai es krim klasik yang sudah ada sejak zaman opa-oma kita, yaitu Zangrandi. Disebut sebagai kuliner legendaris di Surabaya karena Zangrandi buka sejak tahun 1930. Cita rasa es krim klasik di sini selalu menjadi idola bagi masyarakat Surabaya maupun wisatawan dari luar Surabaya.

Adapun varian es krim paling favorit di sini adalah Noodle Ice Cream, Banana Split, sampai dengan es krim potongnya. Jika dulu Zangrandi hanya menjual es krim, saat ini Anda juga bisa memesan pizza atau snack seperti risoles dan pastel di sini. Lokasi Es Krim Zangrandi ada di Jalan Yos Sudarso No. 15, Surabaya.

9. Rujak Cingur Achmad Jais

Belum ke Surabaya kalau belum makan rujak cingur. Rujak cingur adalah kombinasi buah-buahan, sayuran, tahu, tempe, lontong, dan cingur (irisan mulut atau moncong sapi) yang disiram dengan bumbu kacang dan petis.

Kuliner rujak cingur melegenda di Surabaya adalah Rujak Cingur Achmad Jais. Rujak dengan harga yang cukup mahal ini memang enak. Bahkan, kelezatan rujak cingur mahal ini sudah tersebar ke mana-mana. Tempat ini juga sudah beberapa kali diliput oleh televisi nasional. Rujak Cingur Achmad Jais beralamatkan di Jalan Achmad Jais No. 40, Peneleh, Surabaya.

10. Cakue Peneleh

Surabaya memang gudangnya kuliner enak. Selain makanan berat dan dessert, kuliner legendaris di Surabaya juga ada yang berupa cemilan. Cakue Peneleh adalah cakue paling legendaris di Surabaya. Toko cakue yang buka sejak tahun 1988 ini tidak berada di Jalan Peneleh, melainkan di dalam Pasar Atom.

Untuk orang yang tidak pernah masuk atau tidak terbiasa berjalan-jalan di Pasar Atom pasti akan kesulitan menemukan Cakue Peneleh karena tempatnya memang sedikit terpencil dan masuk ke dalam gang. Jadi, Anda bisa bertanya kepada pedagang atau security di dalam Pasar Atom mengenai lokasi toko cakue ini.

Itulah 10 kuliner legendaris di Surabaya yang menanti untuk Anda kunjungi. Temukan juga tempat makan keluarga di kota pahlawan dengan membaca artikel tempat makan keluarga di Surabaya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment