Bacaterus / Lebaran / 12 Suguhan Kue Lebaran yang Paling Enak dan Populer

12 Suguhan Kue Lebaran yang Paling Enak dan Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah beli baju lebaran, jangan lupakan juga kue hari raya lebaran untuk memberi suguhan pada para tamu yang berkunjung bersilahturahmi. Memang, tak lengkap rasanya jika berlebaran tanpa hadirnya kudapan ringan di atas meja. Cemilan dan kue saat hari raya lebaran, tentunya mampu menambah keharmonisan keluarga saat sedang berkumpul.

Namun, untuk memilih kue untuk hari raya bisa dibilang gampang-gampang susah, karena saat ini banyak varian kue yang mampu menggugah selera untuk disantap di hari raya. Nah, bagi Anda yang sedang bingung menentukankue hari raya lebaran, Bacaterus punya beberapa saran kue hari raya yang paling populer dan banyak disukai oleh orang. Untuk selengkapnya, mari simak artikel berikut ini.

1. Kue Nastar Kacang Mede

Kue Nastar Kacang Mede

Kue hari raya lebaran tidak pernah lepas dari yang namanya kue Nastar. Biasanya, kue ini akan diberi isian selai nanas, namun mengapa tidak mencoba kue Nastar varian baru? Adalah kue Nastar Kacang Mede di mana kuenya ini akan dibalut kacang mede yang gurih.

Taburan kacang mede tentu akan membuat rasa kue Nastar lebih nikmat dan sedap. Selain itu, Nastar Kacang Mede juga tidak terlalu mainstream seperti kue Nastar olesan selai nanas. Dengan kudapan ini, tentu tamu yang berkunjung akan betah bersilahturahmi di rumah Anda.

2. Kue Kacang

kue kacang

Selain nastar, ada juga kue kacang yang menjadi salah satu kue lebaran paling favorit dan wajib ada di meja. Sesuai dengan namanya, kue ini diolah dengan bahan dari kacang. Jadi, rasanya pasti gurih namun agak manis, tidak legit seperti putri salju, ya. Untuk bentuk dari kue kacang sendiri bervariasi.

Anda bisa membentuknya seperti hati, bulat biasa, kotak, atau persegi panjang, pokoknya sesuai selera. Tapi, kalau Anda tidak ingin membuatnya sendiri, bisa juga memesan kue ini di toko kue atau toko online, kok!

3. Kue Putri Salju

Kue Putri Salju

Bertabur gula putih halus tentu akan membuat banyak orang tergugah untuk menyicip menu kue hari raya lebaran satu ini. Ya, meski namanya “Putri Salju” bukan berarti bentuknya menyerupai princess Disney Putri Salju, ya. Kue ini biasanya memiliki bentuk seperti bulan sabit.

Kalau ditanya soal rasa, hampir semua orang suka dengan kue populer saat lebaran ini. Rasanya yang gurih dan ada rasa manis dari gula halus membuat banyak orang ketagihan untuk memakannya. Selain itu, kue ini juga banyak dijual, jadi Anda tidak perlu repot membuat sendiri di rumah, kan?

4. Kue Kastengel

cara membuat kastengel keju

Menu kue favorit dan paling banyak diincar pada saat lebaran adalah kue kastengel yang punya cita rasa disukai oleh banyak orang, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Rasanya yang gurih juga renyah membuat tamu Anda pasti betah bersilahturahmi dengan keluarga Anda di rumah.

Nah, jika Anda tertarik maka Anda bisa membuat kastengel ini dengan mudah. Atau jika Anda repot, kue ini banyak yang jual di pasaran mengingat kastangel cukup banyak diincar saat lebaran tiba. Tertarik untuk menyuguhkan kastengel?

5. Kue Nastar Keju

Kue Nastar Keju

Nah, ini kue yang paling banyak digemari saat hari raya lebaran menjelang, Kue Nastar Keju. Jika sebelumnya ada Nastar Kacang Mede, maka kali ini kami menyarankan Nastar Keju sebagai salah satu cemilan di hari raya lebaran. Mengapa?

Selain mudah dibuat dan didapatkan, kue Nastar Keju ini juga disukai oleh kebanyakan orang. Hampir semua orang pasti suka dengan kue renyah, gurih, bahkan ada juga yang menambahkan selai nanas ke dalam kue nastarnya ini. Anda juga tidak akan sulit mencari kue ini karena banyak yang jual kue Nastar Nanas.

Kalau mau, Anda juga bisa coba bikin Nastar Nanas sendiri di rumah, mudah kok, cukup ikuti resepnya di artikel ini. Oh iya, cari tahu juga cara membuat selai nanas yang enak untuk kue Nastar Nanas dengan resep ini, ya.

6. Kue Semprit

kue semprit

Kue lebaran lainnya ada kue semprit. Kue yang satu ini punya cita rasa manis, namun tidak terlalu legit. Sangat pas jika disandingkan dengan minuman teh hangat. Untuk bentuknya, kue semprit punya tampilan yang cantik seperti bunga. Agar terlihat mirip dengan bunga, ada tambahan (sukade) buah kecil di bagian tengahnya. Sangat menarik, kan?

Sama seperti kue lebaran lainnya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, jika Anda tidak sempat mengolah kue ini, bisa beli di toko-toko kue terdekat atau membelinya secara online.

7. Kue Lidah Kucing

Kue Lidah Kucing

Tampilan dari kue ini pipih memanjang seperti lidah, maka dari itulah cemilan ini disebut sebagai Lidah Kucing. Uniknya, kue ini punya variasi warna dan warnanya disesuaikan dari varian rasa yang ada. Anda bisa mengkreasikan kue bertampilan unik ini dengan berbagai macam warna yang menarik sehingga membuat para tamu tertarik untuk menyicipnya.

Kalau warna yang paling umum dari kue ini sih berwarna krem, namun ada beberapa juga yang mengkreasikan dengan warna rainbow. Nah, untuk bahan-bahannya sendiri sangat mudah didapat. Kalau tidak mau repot, Anda juga bisa beli kue ini di toko-toko kue terdekat mengingat kue ini juga cukup laris di pasaran.

8. Kue Bawang

Kue Bawang

Beberapa orang mungkin tidak terlalu suka kudapan yang manis-manis, jika Anda sedang mencari ide untuk kue lebaran yang gurih maka kami sarankan untuk sajikan Kue Bawang. Ini merupakan kue yang simpel dan mudah di mana Anda tidak memerlukan alat panggang untuk membuatnya. Juga, rasa kue bawang yang gurih pasti bikin banyak orang ketagihan.

9. Kue Pastel Kering Isi Abon

Kue Pastel Kering Isi Abon

Masih dengan kue lebaran yang populer dan banyak diminati, kali ini kami menyarankan kue pastel kering isi abon. Sesuai dengan namanya, Anda bisa menyajikan kue pastel dengan isian abon. Rasanya yang gurih dan lezat membuat tamu Anda pasti akan senang menyantap kue ini.

Kalau Anda membuat atau membeli kue pastel ini, usahakan cari kue yang ukurannya kecil. Mengapa? Karena ini merupakan cemilan ringan, jadi satu kue bisa langsung sekali santap ukuran mulut.

10. Kue Jahe

Kue Jahe

Last but not least, Kue Jahe ini juga bisa jadi solusi bagus untuk disajikan sebagai cemilan lebaran nanti. Rasa rempah-rempahnya yang khas pasti membuat banyak orang ketagihan untuk terus menyantapnya. Kue jahe sendiri membutuhkan bahan-bahan seperti harum jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula palem manis.

Bisa terbayang, dong, bagaimana rasa dan aroma dari kue jahe ini? Manis, renyah, dan ada sensasi wewangian jahe, cengkeh, dan kayu manis yang pastinya bikin goyang lidah. Sajikan menu kue jahe agar hari raya lebaran Anda lebih bermakna!

11. Kue Kering Choco Chips

Kue Kering Choco Chips

Kalau kue yang satu ini, sih, paling laris dan populer di kalangan anak-anak. Tentu saja laris karena memang anak-anak cenderung menyukai coklat dan Kue Kering Choco Chips ini memang berbahan dasar coklat dengan kombinasi rice crispy yang renyah.

Perlu diketahui bahwa kue ini punya kandungan mentega yang cukup banyak, sehingga disarankan untuk menyimpan kue di dalam toples kedap udara, tertutup rapat, dan kalau perlu masukan ke dalam kulkas. Jika tidak, maka tekstur kue akan menjadi lembek dan hancur.

12. Kue Emping

jajanan hari raya lebaran Kue Emping

Jika Anda suka kue yang sedikit pahit namun tetap nikmat, coba juga nih bikin Kue Emping. Kue ini diolah dari bahan dasar kacang melinjo. Namun, jika Anda tidak ingin ribet untuk membuat emping terlebih dahulu, maka Anda bisa langsung mengolah kerupuk emping untuk dijadikan kue hari raya lebaran, kue Emping.

Jangan kira kue Emping ini akan memiliki tekstur yang keras, karena sebenarnya kue ini punya tekstur yang lembut lho. Bahan yang diperlukan untuk pembuatan kue emping pun sangat mudah didapatkan, seperti tepung terigu, gula, minyak goreng, kuning telur, dan juga mentega.

Itulah tadi deretan kue hari raya lebaran yang paling populer dan laris. Anda bisa membuatnya, atau kalau merasa repot maka Anda bisa langsung beli di toko-toko kue terdekat. Nah, mana kue favorit Anda? Atau punya saran lainnya? Silakan tuliskan di kolom komentar. Selamat Hari Raya Idul Fitri!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *