Bacaterus / Binatang / 10 Kuda Terbesar di Dunia dengan Pembawaan Menyenangkan

10 Kuda Terbesar di Dunia dengan Pembawaan Menyenangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Februari 2020

Kuda sering digambarkan sebagai simbol kekuatan dan maskulinitas. Tahukah kamu walaupun kuda digambarkan kuat, tetapi mereka juga binatang yang lembut dan tenang? Ada beberapa jenis kuda yang memiliki ukuran yang luar biasa besar tetapi memiliki pembawaan yang menyenangkan, baca terus jika kamu ingin tahu kuda apa saja itu.

1. Kuda Shire

Kuda Shire

Kuda jenis Shire adalah kuda yang berasal dari negara Inggris, kuda yang terkenal di dunia sebagai jenis kuda yang paling besar di dunia. Kuda jenis ini biasanya memiliki warna, hitam, abu-abu, atau coklat.

Kuda shire rata-rata memiliki ukuran sekitar 64 inci sampai dengan 72 inci dan beratnya sekitar 850 kg sampai dengan 1600 kg. Pada kaki bawahnya terdapat rambut putih halus. Berbanding terbalik dengan tubuhnya yang besar dan tinggi, kuda shire sesungguhnya kuda yang jinak dan  memiliki pembawaan yang tenang dan menyenangkan.

Pada saat perang dunia ke 1 dan 2 mereka digunakan untuk membawa persenjataan berat, dan sebelum perang dunia, kuda shire biasa gunakan untuk kegiatan pertanian dan menarik bahan makanan.

2. Kuda Clydesdale

Kuda Clydesdale

Kuda Clydesdale adalah kuda yang berasal dari Skotlandia, dengan berat rata-rata sekitar 820 sampai dengan 910 kg dan tingginya bisa mencapai 1.83 m. Hal yang paling khas dari kuda ini adalah kakinya yang memiliki bulu yang berwarna putih yang tampak seperti mengenakan kaos kaki.

Kebanyakan kuda ini memiliki warna coklat, tetapi ada juga yang berwarana hitam atau coklat muda. Kuda Clydesdale juga sangat terkenal karena kuda ini menjadi simbol dari perusahaan bir Budweiser.

Kuda ini masih banyak digunakan disektor pertanian karena kekuatannya, tapi kini   karena keunikan penampilannya kuda ini digunakan untuk pertunjukan dalam sebuah parade. Pertumbuhan industri yang menggantikan kerja kuda dengan mesin, ternyata mengakibatkan kuda jenis ini hampir punah.

Tetapi kini terdapat perkumpulan yang tetap mengembangbiakan kuda Clydesdale untuk menjaga keberlangsungan mereka. Sekalipun fisiknya besar tetapi tidak membuatnya sulit diatur, kuda ini memiliki sifat yang tenang dan lembut, serta mereka termasuk kuda yang mudah untuk kamu latih dan kuda yang menyenangkan.

3. Kuda Percheron

Kuda Percheron

Kuda Percheron adalah kuda yang dikembangbiakan di Perancis di daerah bagian Normandy tepatnya di Perche. Sebagian ahli mengatakan bahwa kuda ini kemungkinan hasil persilangan dengan kuda-kuda yang diperkenalkan bangsa Arab dan Persia pada masa lalu, hal itu terlihat dalam lukisan abad ke 13 yang menggambarkan peperangan yang memperlihatkan kuda percheron.

Percheron adalah kuda yang memiliki bentuk tubuh yang berotot sehingga membuatnya tampak kelihatan kekar. Leher mereka yang melengkung dan tampak kokoh akan mengingatkanmu pada kuda-kuda Arab. Percheron memiliki ukuran normal dengan panjang sekitar 1,55 – 1,93 m dan ukuran beratnya sekitar 500 – 1.500 kg, ukuran dan beratnya bervariasi bergantung asal negaranya.

Dahulu Percheron banyak digunakan untuk kepentingan militer, sekarang banyak digunakan dalam hal pertanian. Dibalik karekteristik fisiknya yang berotot dan kuat mereka adalah kuda yang sangat tenang dan lebih hidup dibandingkan dengan kuda yang sejenis.

4. Kuda Suffolk Punch

Kuda Suffolk Punch

Kuda Suffolk Punch adalah satu jenis kuda yang keberadaanya mulai langka, dikarenakan pertanian saat ini menggunakan mesin dibanding kuda. Kuda ini dipercaya sebagai jenis kuda yang paling tua, kuda yang berasal dari East Anglia satu daerah di Inggris yang terletak di pantai laut utara, dimana masih banyak pertanian.

Kuda Suffolk Punch ini memiliki warna yang selalu cokelat chestnut, bentuk fisiknya padat dan gemuk serta memiliki kaki dan leher yang pendek dan tebal. Kuda Suffolk biasanya berukuran 157 sampai dengan 168 cm dan memiliki berat dikisaran 900 kg sampai dengan 1.000 kg.

5. Kuda Belgian Draft

Kuda Belgian Draft

Seperti banyak kuda-kuda yang lain, kuda Belgia pun mengalami penurunan jumlah setelah perang dunia ke-II dan banyaknya pertanian yang menggunakan mesin. Tetapi kuda ini tetap bertahan karena bentuk fisiknya yang unik. Kuda ini dikenal sebagai kuda yang jinak dan ramah, serta menyenangkan, membuatnya mudah untuk ditangani.

Kuda Belgia ini memiliki bentuk badan yang pendek tetapi kekar, kakinya pendek dan berotot begitu pula dengan lehernya. Mereka biasanya memiliki warna roan atau cokelat yang keabuan, hitam, dan masih banyak warna lainnya. Mereka memiliki panjang sekitar 168-173 cm, dan memiliki berat badan sekitar 900 kg. 

6. Kuda American Cream

Kuda American Cream

Kuda American Cream juga termasuk satu jenis kuda yang langka, dan jenis kuda yang asalnya dari Amerika. Kuda ini dikenal karena warnanya yang krem pucat sampai dengan warna keemasan, serta surai dan ekornya yang berwarana putih. Berat kuda ini sekitar 800 kg, dengan panjangnya dikisaran 153 – sampai dengan 163 cm.

Kuda ini memiliki bentuk wajah yang datar, dada yang lebar dan punggung yang sangat kuat serta memiliki bagian belakang yang berotot dan kuat. Seperti halnya jenis kuda draft lainnya mereka pun mengalami penurunan jumlah dikarenakan penggunaan kuda yang digantikan oleh mesin dalam proses pengolahan lahan pertanian.

7. Kuda Dutch Draft

Kuda Dutch Draft

Dari namanya kamu bisa tahu kalau ini merupakan kuda yang berasal dari Belanda. Kuda ini merupakan persilangan antara kuda Belgia dan kuda Adennes. Kuda ini memliki bentuk tubuh yang kekar dengan leher yang lebar dan kaki yang pendek, serta memiliki telinga yang kecil. Kuda Belanda ini biasanya memiliki berat 700-750 kg, dan tingginya 155 – 160 cm.

Kuda yang kebanyakan berwarna hitam ini memiliki pembawaan  yang jinak, tenang, pendiam dan bersahabat. Tetapi mereka adalah kuda yang memiliki kekuatan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama. Kini kuda ini biasa digunakan untuk mengolah lahan pertanian, dan mengalami penurunan setelah perang dunia kedua diakibatkan oleh penggunaan mesin untuk pertanian. 

8. Kuda Australian Draught

Kuda Australian Draught

Kuda Australia merupakan kuda hasil persilangan dari empat kuda, yaitu kuda Shire, Clydesdale, Percheron, dan Suffolk. Kuda ini memiliki karakteristik fisik yang kuat, memiliki dahi yang lebar dan pundak yang berotot. Kuda ini memiliki berat sekitar 600 sampai dengan 900 kg, serta tinggi dengan kisaran 167 sampai dengan 177 cm.

Nasibnya hampir sama dengan kuda yang sejenis, saat banyak pertanian beralih menggunakan teknologi, kuda menjadi jarang digunakan di pertanian, tetapi disaat ini, kuda-kuda digunakan dalam beragam kompetisi serta di gunakan untuk kuda tunggangan. 

9. Kuda Russian Heavy Draft

Kuda Russian Heavy Draft

Kuda Rusia memiliki ukuran yang tidak besar tetapi berotot, kakinya pendek jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Kuda ini memliki berat sekitar 580 – 700 kg, sedangkan tingginya sekitar 144- 152 cm.  Kuda ini awalnya dikembangbiakan untuk bekerja di pertanian, tetapi saat ini kuda ini juga diambil susunya untuk dijadikan minuman dengan nama Kumis. 

10. Kuda Dole

Kuda Dole

Kuda Dole adalah kuda yang berasal dari lembah Gudbrandsal di Norwegia. Kuda ini awalnya digunakan sebagai kuda pekerja, seperti hal semua kuda draft, mereka digunakan untuk mengangkut barang-barang berat. Tetapi saat terjadi peningkatan minat dalam balapan kuda, maka kuda ini banyak dikembangkan untuk keperluan balap.

Kuda ini memiliki memiliki ukuran tinggi sekitar 145 sampai dengan 160 cm, sedangkan beratnya kira-kira sekitar 540 sampai dengan 630 kg. Kuda ini biasanya memiliki warna cokelat bay, cokelat, hitam kebauan dengan warna yang keemasan. Kepala leher dan bahu yang kuat dan berotot serta dada yang lebar.

Sekarang kamu tahu walaupun ukurannya besar, kuda juga bisa jadi peliharaan yang menyenangkan seperti binatang lainnya. Sekalipun ukuran mereka besar dan juga pekerja keras, kuda juga bisa jadi sangat bersahabat dengan manusia dan memiliki pembawaan lembut dan tenang.  Apakah kamu termasuk penyuka kuda? Jenis kuda apa yang kamu sukai?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *