Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Kucing yang Paling Lucu di Dunia yang Bikin Gemes

10 Kucing yang Paling Lucu di Dunia yang Bikin Gemes

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2018

Kebanyakan orang suka kucing, apalagi jika kucing itu terlihat lucu. Wajahnya yang imut dan tingkahnya yang menggemaskan membuat orang tak tahan untuk memeluknya dan membelai-belainya. Kucing memang selalu berhasil memikat hati banyak orang sehingga mereka menjadi salah satu binatang peliharaan yang paling favorit.

Kucing memiliki berbagai jenis bentuk fisik dan sifat. Ada kucing dengan perawakan yang tinggi besar seperti Maine Coon, ada juga yang berkaki pendek seperti Munchkin. Sifatnya pun bermacam-macam, ada yang selalu aktif, tapi ada juga yang anteng-anteng saja, seperti kucing Himalaya. Nah, sekarang kita akan bahas jenis-jenis kucing yang paling lucu di dunia. Simak, ya.

10 Kucing yang Paling Lucu di Dunia

1. Munchkin

* sumber: purrfectlove.net

Ciri khas penampilan fisik kucing Munchkin adalah bentuk kakinya yang pendek. Munchkin adalah jenis kucing yang periang, manis, dan penyayang. Kucing ini senang dan sangat penasaran dengan barang-barang yang berkilau mirip seperti burung murai. Jadi, jangan heran jika Munchkin sering “meminjam” perhiasan-perhiasan kesayanganmu.

Walaupun mereka pendek, Munchkin tidak memiliki masalah saat bergaul dengan kucing yang lebih besar dan tinggi. Selain itu, kucing ini sangat pintar, ramah, dan senang bergaul dengan orang. Tak hanya dengan orang, Munchkin juga akrab dengan kucing jenis lain dan juga anjing. Sifatnya menjadikannya layak digelari kucing yang setia.

Munchkin adalah kucing pemburu yang mahir. Mereka gemar bermain menangkap boneka tikus dan ketika sudah lelah, seperti halnya kucing yang lain, mereka senang meringkuk dan dibelai.

2. Angora Turki

* sumber: www.catbreedslist.com

Di negara aslinya, Turki, kucing Angora memiliki sejarah yang panjang dan dianggap sebagai kekayaan negara. Angora adalah salah satu jenis kucing kuno yang berasal dari wilayah Ankara, yang secara sejarah dikenal dengan nama Angora. Jenis kucing ini terkadang dikenal juga dengan nama kucing Ankara.

Untuk melindungi keaslian peranakan kucing ini, Kebung Binatang Ankara membuat program pembiakan khusus. Program tersebut mulai dilaksanakan di abad 20. Tujuannya, selain untuk melindungi peranakan aslinya juga untuk mencegahnya dari kepunahan.

Di Turki, kucing ini terkenal sebagai kucing yang cantik dan imut. Banyak orang mengenal Angora dengan warna putihnya namun sebenarnya kucing ini memiliki 20 lebih warna, seperti hitam, merah, tabby, biru, calico (perpaduan banyak warna), dan dwi warna (warna lain dan putih). Warna matanya selain biru, ada juga yang berwarna emas, hijau, kuning, dan dwi warna.

Angora dengan warna biru menandakan kucing itu akan mengalami ketulian. Angora dengan warna mata yang berbeda akan mengalami ketulian pada telinga yang sejajar dengan mata birunya. Mereka sangat licah, penyayang, cerdas, dan atletis. Mereka sangat tertarik dengan gerak-gerik orang. Membuka pintu dan lemari adalah keahlian mereka. Mereka juga bossy dihadapan kucing lain.

3. Russian Blue

* sumber: www.thehappycatsite.com

Russian Blue adalah jenis kucing dengan kepribadian yang tenang, lembut, penuh kasih sayang, dan santai sehingga membuat kucing ini kurang menantang jika dibandingkan kucing jenis lain. Kucing ini menjadi pendiam dengan orang asing, tetapi saat bersama orang yang dikenal dan percayai, mereka akan senang sekali bermain walaupun tidak terlalu aktif.

Walaupun namanya Russian Blue, kucing ini tak benar-benar memiliki warna biru, lebih tepatnya abu-abu dengan bulunya yang pendek. Umumnya, kucing ini memiliki warna mata hijau. Russian Blue juga terbukti lebih baik untuk orang dengan alergi sedang hingga ringan. Russian Blue adalah salah satu kucing paling rupawan di dunia.

4. Persia

Persia

Jika berbicara soal jenis kucing lucu, banyak orang memilih kucing Persia sebagai salah satu kucing lucu dengan bulu lebatnya yang berwarna putih. Kepribadian kucing ini tenang, jinak, santai walaupun tetap senang bermain. Selain itu, mereka juga senang dipeluk dan dibelai. Jadi, jika kamu menginginkan kucing yang aktif loncat ke sana – ke mari, Persia bukan pilihan yang tepat.

Bulunya yang panjang membuat pemiliknya harus menyediakan waktu ekstra untuk merawatnya. Bentuk hidungnya yang pendek, juga memerlukan perhatian sehingga kucing tak mengalami masalah pernapasan. Kepalanya bulat dihiasi sepasang mata bundar. Kucing Persia tulang yang kokoh dan memiliki keseimbangan yang baik.

5. Ragdoll

Ragdoll

* sumber: www.catster.com

Walaupun Ragdoll memiliki tubuh yang lembut dan tak bertenaga, kucing ini dapat tumbuh hingga sekitar sembilan kilogram. Meskipun ukurannya cukup besar, tapi mereka juga sangat sensitif. Kelucuan Ragdoll membuat banyak orang jatuh cinta dengan kucing ini. Karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk melindungi diri sendiri, pastikan tidak meninggalkan kucing ini sendirian.

Aktivitas kesukaan kucing Ragdoll adalah berbaring di pelukan pemiliknya. Oleh karena itu, kucing ini bernama Ragdoll. Kucing ini juga senang bersantai dibandingkan bermain. Namun, Ragdoll senang berada di dekat orang, anak-anak dan hewan peliharaan lain. Mata biru dan bulu lebatnya membuat Ragdoll digelari salah satu jenis kucing terlucu di dunia.

6. Maine Coon

Maine Coon

Dikenal sebagai kucing raksasa di dunia, Maine Coon adalah kucing yang ramah dan lembut. Panjang kucing jantan bisa mencapai 120 cm dan berat 11 kg. Maine Coon akrab dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain. Sikapnya manis dan lucu membuatnya cocok untuk untuk jadi hewan peliharaan. Bulu kucing ini lebat dan halus, perawakannya kuat, kokoh, dan tahan iklim yang keras.

Ukurannya yang besar, cerdas, bulunya yang keren, badannya yang kokoh, dan setia pada pemiliknya membuat Maine Coon kucing paling populer kedua di Amerika Serikat. Mereka sangat hati-hati ketika beradaptasi. Setelah terbukti orang tersebut dapat dipercaya, Maine Coon akan membuat jalinan ikatan dengan pemilik dan seluruh anggota keluarganya.

7. British Shorthair

* sumber: www.nobleandroyal.com

Kucing British Shorthair adalah kucing asli dari Inggris. Kucing ini lucu dan tenang, membuatnya cocok menjadi kucing peliharaan. Wajahnya bulat dan manis dengan bulu yang tebal dan halus. Kepribadian British Shorthair menawan dan setia dan bisa bermain dengan anak-anak. Mereka juga adalah sahabat yang setia yang lebih senang duduk di samping daripada di pangkuan kamu.

Jika kamu mencari kucing yang aktif bergerak atau melompat-lompat, British Shorthair bukanlah kucing yang kamu cari. Namun, jika kamu mencari kucing yang tak terlalu menuntut perhatian, tidak selalu menempel kepadamu, tapi sangat penyayang maka British Shorthair adalah kucing yang cocok untuk kamu pilih sebagai hewan peliharaan.

8. Bengal

* sumber: meethepet.com

Kucing Bengal tampak seperti kucing besar dengan garis-garis dan motif di bulunya, tapi sebenarnya kucing ini aslinya tidak liar. Mereka lebih tampak seperti kucing rumahan lainnya. Daya tariknya adalah kepintaran dan keingintahuanya. Mereka cenderung senang bermain, aktif, senang memanjat, dan sangat tertarik dengan tempat-tempat yang tinggi.

Bengal cepat dalam mempelajari sesuatu dan senang mempelajari perilaku baru. Bahkan, mereka bisa mempelajari trik mematikan dan menyalakan lampu, ataupun menyiram toilet. Kucing ini sangat penuh dengan keingintahuan, jadi jika lingkungan di sekitarnya mengalami perubahan, Bengal akan langsung merespon.

Kucing ini senang berlarian dan berlompatan seperti penampilannya yang tampak seperti hewan liar. Namun, kucing Bengal sangat gampang untuk dilatih karena kecerdasan mereka. Selain itu, mereka juga suka air, terutama air yang mengalir dari keran. Sebagian Bengal suka mencelupkan telapak kaki di bawah keran, dan yang lainnya ada juga yang lebih senang bermain-main di bak mandi.

9. Siam

Siam

* sumber: www.petguide.com

 

Kucing lain yang termasuk kucing lucun kucing yang cocok menjadi peliharaan adalah kucing Siam. Dengan matanya yang biru dan indah dan tubuhnya yang ramping dan halus, walaupun suka merengek seperti bayi, mereka adalah kucing yang terlucu. Kucing ini sangat setia pada pemiliknya tapi mereka bisa sangat cerewet dan banyak menuntut. Kalau ingin sesuatu, mereka akan merengek.

Jika menginginkan sesuatu, kucing Siam akan sangat gigih berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Butuh lebih banyak waktu dan kesabaran untuk pemilik menjalin ikatan dengan kucing Siam. Mereka jenis kucing yang sangat tergantung dengan manusia.

Karena mereka sangat aktif, harus ada aktivitas untuk mereka lakukan. Jika tidak, mereka akan menemukan aktivitas sendiri yang mungkin tidak akan kamu sukai. Kucing ini bisa akrab dengan kucing jenis lain, tapi lebih senang berinteraksi dengan manusia.

10. Manx

* sumber: purrfectlove.net

Yang membedakan kucing Manx dari jenis kucing lain adalah tidak adanya ekor. Kalaupun ada, ekornya sangat kecil. Manx sangat ramah dan senang berinteraksi dengan pemiliknya. Manx akan jadi peliharaan dan sahabat terbaik layaknya anjing jika pemiliknya memberikan perhatian yang cukup dan responsif terhadap Manx.

Manx senang bergaul dan menghabiskan waktu bersama orang-orang karena mereka adalah kucing yang ekstrovert. Banyak pecinta kucing yang jatuh hati dengan kecantikan kucing ini. Untuk bisa menjalin hubungan dengan Manx, pemiliknya harus rajin berinteraksi dengan kucing ini.

Itulah 10 jenis kucing yang paling lucu di dunia. Pada dasarnya, memang kebanyakan kucing terlihat sangat lucu, bukan? Adakah kucing lucu lainnya yang kamu ketahui? Tuliskan komentarmu di bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment