Bacaterus / Fakta Kucing / 10 Kucing Terbesar di Dunia yang Bisa Jadi Hewan Peliharaan

10 Kucing Terbesar di Dunia yang Bisa Jadi Hewan Peliharaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika kebanyakan dari kucing yang kita lihat mungkin memiliki berat sekitar 4 kg, maka kamu akan terkesima jika melihat ada beberapa jenis kucing yang memiliki ukuran yang luar biasa. Kucing-kucing dengan ukuran besar ini bisa juga kamu jadikan hewan peliharaanmu di rumah. Simak ulasan berikut jika kamu ingin tahu kucing apa yang mungkin cocok untuk jadi temanmu di rumah.

1. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah kucing dengan bulu panjang asli Amerika. Nama Maine sendiri menunjukan dari mana kucing itu berasal. Kucing Maine Coon bisa dikatakan sebagai kucing yang paling besar di dunia dengan ukuran berat jantan 5 – 9 kg, betina 3-5 kg. Sedangkan untuk panjangnya dapat mencapai 75 – 100 cm.

Kucing Maine Coon memiliki badan yang besar, kekar dan memliki dada yang lebar, selain itu memiliki ekor yang panjang dan umumnya berwarna coklat. Kucing ini disukai karena sifatnya yang ramah terutama pada anak-anak.

Saat ini kucing Maine Coon terbesar dipegang rekornya oleh Barivel kucing Maine Coon milik Cinzia Tinnirello dan Edgar Scandurra asal Italia, ukurannya 120 cm.

2. Kucing Savanah

Kucing Savanah

Kucing Ras Savanah adalah kucing hasil percampuran dari kucing domestik dengan Serval seekor kucing liar Afrika. Kucing ini memiliki karakter penuh dengan rasa penasaran, dan termasuk kucing yang sangat aktif dan mereka senang berpetualang.

Pemiliknya harus meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan kucing  agar mereka tidak cepat bosan. Hal yang unik dari Kucing Savanah adalah pada penampilannya yang memiliki tubuh yang sangat panjang   dan kuping yang tinggi yang mencuat di atas kepalanya.

Serta pola unik pada tubuhnya yang memiliki totol–totol seperti pada cheetah, pada bulunya yang berwarna keemasan. Ukuran tubuh panjangnya bisa mencapai 35 – 40 cm dan beratnya bisa sampai dengan 9 kg. 

3. Kucing Norwegian Forest

Kucing Norwegian Forest

Kucing Norwegian Forest di negara asalnya mendapat pangggilan Norsk Stogkatt. Dibalik bulunya yang tebal sesungguh kucing ini memiliki tubuh yang cukup kekar. Mereka memerlukan waktu hingga 5 tahun untuk benar-benar tumbuh dewasa. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 9 kg dan panjangnya bisa sampai dengan 111 cm.

Kucing ini memiliki karater cerdas dan juga termasuk kucing yang aktif dan senang bersosialisasi. Walaupun tubuhnya besar, mereka dapat memanjat dengan sangat mudah. Kucing ini termasuk kucing yang bisa juga duduk dipangkuan di saat mereka memang menginginkannya. Sangat cocok untuk menjadi peliharaan keluarga. 

4. Kucing Siberian

Kucing Siberian

Kucing Siberia merupakan kucing yang berasal dari Rusia dan merupakan ras kucing yang cukup tua, kucing ini menjadi tokoh dari cerita anak di Rusia. Kucing ini memiliki sifat yang penyayang dan setia, sangat cocok dengan keluarga yang memiliki anak-anak. Kucing ini juga senang bermain dan membutuhkan banyak interaksi dan mereka juga senang bermain air.

Kucing Siberia memiliki tiga lapisan bulu disaat musim dingin terutama di daerah lehernya sangat penuh dan rapat, dan pada saat musim panas tiba mereka akan melepaskan lapisan bulunya dengan yang lebih pendek dan tidak terlalu padat. Mereka juga memerlukan waktu hingga lima tahun untuk benar-benar tumbuh dewasa. 

5. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll adalah kucing yang akan selalu mengikuti ke manapun kamu pergi. Mereka adalah kucing yang sangat lembut dan sangat tertarik pada manusia, yang akan menyapamu di depan pintu. Pembawaan yang tenang membuatnya dapat bergaul dengan anak-anak dan dengan peliharaan yang lain.

Kucing Ragdoll mereka memiliki ukuran yang besar hingga sekitar 9 kg dan panjangnya bisa mencapai 45 cm. Ragdoll terkenal karena matanya yang berwarna biru dan bulunya yang panjang, tebal dan lembut yang memerlukan perawatan yang rutin minimal disisir setiap hari. Kucing Ragdoll juga memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh dewasa sekitar 4 tahun. 

6. Ragamuffin

Ragamuffin

Kucing besar ini masih satu keluarga dengan kucing Ragdoll. Kucing ini juga dikenal karena memiliki pembawaan yang menyenangkan sebagai peliharaan. Mereka dapat bergaul dengan baik bersama anak-anak dan juga dengan hewan peliharaan lain. Selain itu juga mereka senang meringkuk dipangkuanmu.

Dengan sifatnya sebaiknya jika kamu memeliharanya didalam rumah. Kucing Ragamuffin dikenal karena ukurannya yang besar. Mereka memiliki bulu yang panjang dan halus disekitar lehernya. Ukuran kucing ini berukuran panjang 40 cm dan tingginya bisa sekitar 35 cm, beratnya bisa mencapai 9 kg. Bulunya  memiliki banyak warna juga pola. 

7. Kucing Chausie

Kucing Chausie

Kucing Chausie adalah kucing hasil persilangan atau campuran dari kucing domestik dengan kucing hutan. Dari sejarahnya kucing hutan dijinakan oleh orang mesir kuno. Dipilihnya kucing hutan dikarenakan sifatnya yang mudah bergaul dan kemampuannya dalam berburu.

Percampuran antara kucing hutan dan kucing domestik ini menghasilkan kucing dengan kaki yang  panjang dan tinggi, serta bulu yang pendek. Panjang kucing jantan rata-rata 71 cm dengan tinggi 35 – 45 cm, sedangkan kucing betina biasanya berukuran lebih kecil.

Kucing ini memiliki sifat yang mirip dengan anjing, kamu bisa mengajaknya berjalan dengan tali kekang. Mereka loyal dan penyayang.

8. Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair

British Shorthair adalah ras kucing yang paling tua di Inggris.  Kucing besar yang sangat penyayang dan akan menjadi teman yang menyenangkan. Kucing yang tidak senang dipangku, mereka lebih senang berjalan dilantai. Mereka juga mudah bergaul termasuk dengan anak-anak. Selain itu mereka jarang berbicara dan memiliki pembawaan yang santai.

Kamu mungkin akan tertarik dengan ukurannya yang besar dengan wajahnya yang tembem dan matanya yang bundar. Bulunya yang sangat lebat membuatnya terlihat sangat gemuk, warna bulunya yang populer adalah warna biru ke abuan. Kucing ini juga  memerlukan waktu 3-5 tahun untuk mencapai kedewasaan secara penuh. 

9. Kucing Turkish Van

Kucing Turkish Van

Kucing Turkish Van adalah kucing yang diberi nama dari sebuah danau dengan nama Van di tempat asalnya di Turki. Nama itu diberikan dikarenakan kucing ini sangat suka berenang, oleh karena itu mereka memiliki bentuk tubuh yang berotot dan memiliki bulu yang anti air.

Selain itu keunikan yang dimiliki oleh kucing Turki ini adalah terkadang memiliki dua warna bola mata yang berbeda. Kucing Turkish Van biasanya memiliki bulu yang berwarna putih pada seluruh tubuhnya kecuali pada ekornya dan sedikit pada bagian kepala.

Kucing ini memerlukan waktu 3-5 tahun untuk sampai pada masa dewasa. Kucing ini memiliki berat badan sekitar 7 kg , dengan ukuran panjang sekitar 86 cm dan tinggi sekitar 43 cm. 

10. Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail adalah kucing yang terkenal senang bermain dan juga senang menangkap serangga yang sedang terbang. Meraka juga dapat bergaul dengan anjing dengan sangat mudah, selain itu mereka juga adalah kucing yang sangat penyayang dan mudah bergaul dan beradaptasi dengan orang dewasa juga anak-anak.

Kucing yang memiliki berat sekitar 4 – 7 kg ini memiliki ciri khasnya yaitu ekornya yang pendek. Sekalipun ekor mereka pendek, tetapi ekornya itu fleksibel dan ekspresif. Terkadang ekornya itu melengkung, berkerut dan memanjang. Kucing ini memerlukan waktu 2-3 tahun untuk tubuhnya tumbuh dewasa.

Nah, itulah ras kucing-kucing yang memiliki ukuran yang besar di dunia. Kucing-kucing dengan penampilan besar ini sebagian besar merupakan kucing dengan karakter-karakter yang menyenangkan dan mereka juga sangat penyayang. Kucing ini akan menjadi teman yang bermanfaat positif untuk kamu pelihara. Kamu tertarik dengan kucing yang mana?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *