Bacaterus / Fakta Kota / Inilah 10 Kota dengan Cuaca Terpanas yang Ada di Indonesia

Inilah 10 Kota dengan Cuaca Terpanas yang Ada di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa, suhu atmosfer dan cuaca yang ada di Indonesia memang sedikit kompleks bila dibanding dengan negera-negara lain yang jauh dari garis khatulistiwa atau ekuator sehingga bila kita berbicara mengenai suhu dan cuaca yang ada di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Maka tentunya hal tersebut akan berbeda di setiap wilayah.

Nah, berhubung kita sedang membicarakan suhu. Kali ini Bacaterus akan membahas beberapa kota yang memiliki suhu terpanas yang ada di tanah air. Nah, apakah kota kamu termasuk di dalamnya?

Bacaterus sudah merangkum 10 kota dengan cuaca terpanas yang ada di Indonesia, penasaran kota apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bima

Bima

Bima, kota yang terletak di bagian timur Pulau Sumbawa bagian Timur, Nusa Tenggara Barat ini memang dikenal sebagai kota dengan suhu udara terpanas yang ada di Indonesia. Bima sendiri tercatat pernah mengalami peningkatan suhu udara hingga mencapai 39 derajat celcius.

Peningkatan tersebut disebabkan karena munculnya El Nino atau musim kering yang mundur dari perkiraan pergantian musim. Sementara untuk suhu rata-rata setiap hari sekitar 24 derajat celcius pada pagi hari dan meningkat pada siang hari sekitar 32-33 derajat celcius.

2. Pekanbaru

Pekanbaru

Kota lain di pulau Sumatera yang memiliki predikat sebagai kota terpanas di Indonesia adalah Pekanbaru yang terletak di provinsi Riau. Pekanbaru sendiri memiliki iklim tropis dengan suhu terendah mencapai 23 derajat celcius di pagi hari dan pada siang hari sekitar 33 derajat celcius sepanjang tahun.

Sementara rata-rata suhu udara tertinggi di beberapa daerah mencapai 34-35 derajat celcius. Hal tersebut merupakan temperatur normal yang tidak dipengaruhi oleh fenomena cuaca. Hanya saja karena kelembapan udara dan uap air yang rendah membuat udara di kota terasa lebih panas dan gerah. Dan itu terjadi bila sudah menginjak musik kemarau.

3. Surabaya

Surabaya

Kota berikutnya yang dikenal memiliki suhu terpanas adalah Surabaya. Ibu kota dari provinsi Jawa Timur ini merupakan kota metropolitan terbesar ke-2 di Indonesia. Kota yang terletak di pantai utara pulau Jawa bagian timur ini diketahui memiliki suhu terendah 25 derajat celcius pada pagi hari dan akan meningkat pada siang hari dengan rata-rata suhu sekitar 32 derajat celcius dalam setahun.

Surabaya sendiri pernah tercatat memiliki suhu tertinggi sekitar 37 derajat Celcius. Hal itu disebabkan kulminasi atau hari tanpa bayangan, dimana matahari berada tepat di atas kota Surabaya. Hal itu yang akhirnya membuat suhu di kota pahlawan tersebut akan semakin panas.

4. Bekasi

Bekasi

Bekasi merupakan bagian dari kota megapolitan Jabodetabek yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Selain terkenal sebagai kota dengan penduduk terpadat, Bekasi juga dikenal sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia.

Bekasi memiliki suhu terendah yang berada di titik 24 derajat celcius di pagi hari dan akan meningkat pada siang hari dengan suhu mencapai 32 derajat celcius. Kekurangan ruang terbuka hijau serta pembangunan yang terus menerus diperkirakan menjadi penyebab utama temperatur kota tersebut terasa panas.

Suhu udara tertinggi yang ada di Bekasi sendiri pernah tercatat mencapai 37 derajat celcius akibat adanya gerak semu matahari yang menjadi siklus tahunan.

5. Palembang

Palembang

Kota terbesar ke-2 di provinsi Sumatera ini juga tercatat sebagai kota terpanas yang ada di Indonesia. Palembang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan yang memiliki iklim daerah tropis dengan angin lembap nisbi yang memiliki kecepatan angin berkisar antara 2,3 km/jam – 4,5 km/jam.

Suhu kota tersebut pada pagi hari diperkirakan 23 derajat Celcius dan meningkat ketika siang hari dengan suhu mencapai 32 derajat Celcius. Penyebabnya sendiri karena minimnya pasokan uap air di udara.

Selain itu, kecepatan angin lapisan atas yang tinggi juga berpengaruh pada pertumbuhan awan. Hal itulah yang kemudian membuat temperatur udara di kota Pempek tersebut terasa menjadi lebih gerah dan panas.

6. Medan

Medan

Medan merupakan ibu kota Sumatera Utara. Medan sendiri adalah kota terbesar ke-3 yang ada di Indonesia. Kota yang terletak di salah satu pulau terbesar yang ada di dunia tersebut memang terkenal dengan suhu udaranya yang panas.

Medan sendiri pernah tercatat memiliki suhu udara mencapai 36,8 derajat celcius. Salah satu faktor yang menyebabkan suhu udara terasa panas karena curah hujan yang ada di Sumatera Utara terbilang rendah. Pada kondisi normal sendiri Medan memiliki suhu terendah rata-rata 23 derajat celcius dan mengalami peningkatan hingga 32 derajat celcius di siang hari.

7. Palu

Palu

Palu merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Kota yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara ini dikenal sebagai kota terpanas yang ada di Indonesia. Suhu terendah rata-rata 23 derajat celcius dan akan meningkat sampai 32 derajat celcius pada siang hari.

Meskipun dibanding kota-kota lain suhunya cenderung lebih rendah, namun kota Palu sendiri pernah tercatat pernah mengalami kenaikan suhu yang cukup signifikan, yaitu sekitar 37 derajat celcius.

Hal itu karena beberapa faktor, mulai dari semu matahari hingga udara kering yang membuat udara terasa menyengat.

8. Cirebon

Cirebon

Cirebon merupakan kota penghasil udang rebon yang cukup terkenal. Berada di provinsi Jawa Barat, Kota ini berada di jalur pantura yang menghubungkan antara 4 kota besar, yaitu Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.

Kota Cirebon sendiri memiliki temperatur udara sekitar 25 derajat celcius yang bisa meningkatkan sampai 31 derajat celcius. Bahkan BKMG sendiri pernah mencatat suhu tertinggi di kota Cirebon hingga mencapai 38,8 celcius pada tahun 2019.

Penyebab temperatur panas tersebut karena posisi semu Matahari berada di sekitar ekuator, yang berdampak pada meningkatnya pemanasan di beberapa daerah yang ada di pulau Jawa dimana salah satunya adalah Cirebon. Selain itu, pada musim kemarau angin yang bertiup membawa suhu panas, sehingga membuat wilayah semakin kering dan panas.

9. Makassar

Makassar

Makassar sendiri merupakan kota terbesar ke-5 di Indonesia yang memiliki beragam budaya dan etnik. Ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan ini adalah salah satu kota terpanas yang ada di Indonesia.

Makassar sendiri merupakan kota metropolitan yang berada di kawasan Indonesia Timur yang memiliki suhu sekitar 24 derajat celcius pada pagi hari dan akan meningkat pada siang hari dengan rata-rata sekitar 31 derajat celcius.

Suhu tertinggi sendiri pernah dicatat oleh Stasiun Meteorologi Hasanuddin sebesar 38,3 derajat celcius. Dimana salah satu penyebab meningkatnya suhu tersebut karena wilayah Indonesia selatan memang diketahui relatif kering sehingga membuat pertumbuhan awan di langit terhambat.

10. Lampung

Lampung

Berada di paling Selatan pulau Sumatera. Kota Lampung menjadi salah satu kota terpanas selanjutnya yang ada di Indonesia. Pada keadaan normal kota Lampung memiliki suhu sekitar 23 derajat celcius pada pagi hari dan akan meningkat sekitar 31 derajat di siang hari.

Sementara suhu tertinggi bisa mencapai 36-37 derajat celcius setiap tahunnya karena beberapa hal, yaitu karena matahari mulai bergerak dari garis ekuator menuju ke arah selatan serta angin Monsoon Australia yang mempersulit pergerakan awan yang berpotensi hujan.

Nah, itulah 10 kota dengan cuaca terpanas yang ada di Indonesia. Suhu yang panas memang bisa mendatangkan sejumlah gangguan kesehatan. So, kamu wajib waspada mengenai hal itu. Bila ada saran dan kritik. Kamu bisa tulis di kolom komentar yang telah tim Bacaterus siapkan di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *