Bacaterus / Tempat Unik / Inilah 10 Kota Terpadat di Dunia yang Mesti Kamu Tahu

Inilah 10 Kota Terpadat di Dunia yang Mesti Kamu Tahu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap wilayah diberikan otoritas untuk mengurusi wilayahnya sendiri. Negara terbagi ke dalam provinsi atau negara bagian, yang kemudian terbagi lagi ke dalam kota-kota yang berada di wilayah tertentu. Hal itu dilakukan agar pembangunan sebuah wilayah bisa maju sesuai dengan karakternya sehingga  pemerataan pun tercipta.

Saat ini, pertumbuhan penduduk menjadi salah satu hal yang mendapat perhatian lebih. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk di suatu wilayah, maka kepadatannya akan semakin tinggi. Kepadatan dalam suatu wilayah akan berbanding lurus tingkat kesulitan dalam mengelolanya. Mau tahu apa saja kota terpadat di dunia? Simak yuk daftar 10 kota terpadat di dunia berikut ini.

1. Tokyo, Jepang

Tokyo, Jepang

Tokyo merupakan ibu kota Jepang sejak 1869. Walau sering disebut sebagai sebuah kota, Tokyo sebenarnya adalah prefektur metropolitan, yang mempunyai 23 distrik khusus. Kota ini dikenal dengan teknologinya yang maju karena di sana dijadikan tempat penelitian dan pengembangan di Jepang dan program luar angkasa.

Populasi di Tokyo saat ini menyentuh angka 37.435.191 jiwa. Walau mempunyai wilayah yang luas, tapi kepadatan penduduk itu terasa sangat sesak ketika berada di pusat-pusat perekonomian. PBB memprediksi bahwa di tahun 2030, kota ini akan menurun jumlah populasinya sebesar satu juta jiwa tapi tetap menjadi salah satu yang terpadat di dunia.

2. Delhi, India

Delhi, India

Delhi merupakan ibu kota dari India dengan luas mencapai 1.484 km2. Kota ini dikenal dengan banyak mempunyai tempat-tempat bersejarah yang berusia ratusan sampai ribuan tahun. Kota yang berada di utara India ini menjadi salah satu kota yang memberi dampak signifikan pada perekonomian negara.

Saat ini jumlah penduduk di Delhi mencapai angka 29.399.141 jiwa. Hal itu diperparah dengan angka kelahiran yang semakin naik sebesar 3,03% per tahunnya. Hal ini membuat PBB memprediksi populasi di kota ini akan mencapai angka 43.000.000 pada tahun 2035. Salah satu dampak negatifnya adalah Delhi menjadi salah satu kota yang udaranya paling tercemar di dunia.

3. Shanghai, Tiongkok

Shanghai, Tiongkok

Shanghai merupakan kota terbesar di Tiongkok. Perkembangan yang signifikan membuat kota ini menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial dan komunikasi di negaranya. Selain itu, ada juga pelabuhan di kota yang merupakan salah satu pelabuhan paling sibuk di dunia bersanding dengan Singapura dan Rotterham.

Populasi penduduk di Shanghai mencapai angka 27.058.479 jiwa. Shanghai menarik orang-orang dari luar Shanghai untuk datang dan mengadu nasib. Hal itu diperparah dengan pertumbuhan jumlah penduduk dari tahun 2019 yang lalu sebesar 2,82%. Shanghai bagi Tiongkok kurang lebih seperti Jakarta bagi Indonesia.

4. Sao Paulo, Brasil

Sao Paulo, Brasil

Sao Paulo merupakan kota terbesar di negaranya, Brasil. Selain itu, ia juga merupakan ibu kota provinsi Sao Paulo. Kota ini mempunyai banyak pengaruh dalam perdagangan dan keuangan, terutama dalam sektor finansial sampai-sampai dijuluki ibu kota finansial Brasil. Bagi negaranya bahkan dianggap sebagai kota global alfa atau kota yang berpengaruh dalam perdagangan dunia.

Populasi jiwa yang tinggal di Sao Paulo mencapai angka 22.043.028. World Population Review mengatakan bahwa 81% dari siswa yang tinggal di kota itu merupakan imigran. Hal itu bukan menjadi sesuatu yang mengejutkan karena kota ini dikenal dengan multikulturnya. PBB memprediksi bahwa jumlah penduduk kota ini akan naik ke angka 23.000.000 di tahun 2030.

5. Kota Meksiko, Meksiko

Kota Meksiko, Meksiko

Kota Mexico merupakan ibu kota dan kota terbesar di Meksiko. Kota ini menjadi pusat perkenomian negara bahkan menduduki peringkat ke-18 sebagai kota yang paling kuat dalam bidang ekonomi berdasarkan WorldsCapitalCities. Ia dikenal dengan penggabungan budaya kuno dengan budaya modern di sepanjang kotanya.

Populasi di Kota Meksiko mencapai angka 21.782.378 jiwa. Jumlah itu bahkan setara dengan 20% dari jumlah penduduk Meksiko secara keseluruhan. Kenaikan jumlah penduduk dari tahun ke tahun mencapai angka 3%. Ketertarikan pada sektor ekonomi menjadi salah satu alasan banyaknya orang datang ke kota ini.

6. Dhaka, Bangladesh

Dhaka, Bangladesh

Dhaka merupakan ibu kota dari Bangladesh. Nggak heran kalo ia menjadi pusat perindustrian, perniagaan dan administratif bagi negaranya. Ada banyak komoditas yang menjadi andalan dari kota ini di antaranya teh, beras, gula dan yute, bersama dari sektor manufaktur seperti teksil dan kerajinan tangan.

Pada saat ini ada 21.005.860 orang yang tinggal di Dhaka. Bahkan populasi per km2 mencapai angka 2.000 orang. Dengan luas wilayah sebesar 304 km2, menjadikan kota ini sebagai kota yang sangat padat untuk dihuni. Belum lagi gelombang migrasi yang datang ke kota bisa mencapai 2.000 orang per hari.

7. Kairo, Mesir

Kairo, Mesir

Kairo adalah ibu kota dan kota terbesar di Mesir. Kota ini merupakan kota terbesar di Timur Tengah serta menempati peringkat ke-15 kota terbesar di dunia. Sebagai ibu kota negara, Kairo menjadi pusat pendidikan dan layanan pendidikan terbaik bagi Mesir dan negara di sekitarnya. Selain itu, ia juga mempunyai jaringan transportasi, fasilitas kesehatan dan olahraga yang bagus.

Populasi di Kairo saat ini berjumlah 20.900.604 jiwa. Kota ini mengalami kenaikan jumlah penduduk sebesar 2,03% dari tahun sebelumnya. Tingginya jumlah penduduk membuat polusi dan lalu lintas menjadi kurang baik di kotanya. Walau begitu minat wisatawan untuk datang ke Kairo dengan latar belakang sejarahnya yang mengagumkan tetap tinggi.

8. Beijing, Tiongkok

Beijing, Tiongkok

Beijing merupakan ibu kota Republik Rakyat Tiongkok, kota kedua terbesar di negaranya setelah Shanghai. Kota ini menjadi pusat politik, budaya dan pendidikan. Selain itu, kota ini menjadi tempat banyak perusahaan negara dengan akses yang lengkap berupa jalan raya nasional, jalan tol, jalur kereta api dan jaringan kereta api cepat.

Populasi orang yang tinggal di Beijing mencapai angka 20.462.610 jiwa. Jumlah tersebut bahkan melebihi populasi keseluruhan penduduk Australia. PBB memprediksi bahwa populasi di kota ini akan semakin bertambah sampai tahun 2035. Salah satu dampak negatif dari kepadatan penduduk adalah tingkat polusi di kota ini menjadi salah satu yang terburuk di dunia.

9. Mumbai, India

Mumbai, India

Mumbai merupakan ibu kota dari negara bagian Maharashtra. Pada tahun 2008 yang lalu, Mumbai diberi gelar sebagai kota global atau kota yang berpengaruh dalam ekonomi secara global. Bagi negaranya, ia adalah ibu kota keuangan, komersial dan hiburan bahkan menjadi salah satu kota dengan penghasilan komersial teratas dalam hal arus keuangan global.

Jumlah populasi di Mumbai mencapai angka 20.411.274 jiwa. Hal itu diperparah dengan kereta yang menuju kota ini yang bisa membawa 6.000.000 jiwa masuk dan menambah kepadatan. Walau terdapat jutawan dan miliarder di kota ini tapi 41% penduduk lainnya harus hidup di bawah garis kemiskinan.

10. Osaka, Jepang

Osaka, Jepang

Osaka merupakan ibu kota dari Prefektur Osaka yang berada di wilayah Kansai, Jepang. Kota ini dikenal dengan mempunyai banyak sungai dan jembatan sehingga disebut sebagai kota metropolitan air. Selain itu, kota ini juga dikenal dengan budaya Kuidaore atau makan secara terus-menerus sampai merasa nggak kuat lagi.

Jumlah populasi penduduk di Osaka berjumlah 19.165.340 jiwa. Jumlah tersebut menurun sebesar 0,30% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, melanjutkan tren turunnya populasi di berbagai wilayah di Jepang. Hal tersebut disebabkan karena mulai banyaknya warga-warga Jepang di kota besar yang memilih untuk tinggal di wilayah pinggiran.

Fakta yang cukup menakjubkan melihat Jepang, Tiongkok, dan India ternyata punya kota terpadat di dunia lebih dari satu. Jakarta yang diketahui sudah cukup padat ternyata masih kalah padat oleh kota-kota di atas. Apa kamu pernah mengunjungi atau tinggal di kota terpadat dunia?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *