Bacaterus / Fakta Kota / Orang Indonesia Harus Tahu! Ini 10 Kota Terluas di Indonesia

Orang Indonesia Harus Tahu! Ini 10 Kota Terluas di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia adalah negara yang terbentuk lebih dari 17.000 pulau. Masing-masing pulau terdiri dari masyarakat dengan beragam suku, bahasa, ras dan agama. Nggak heran para founding father memilih semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai simbol negara untuk mendeskripsikan kemajemukan yang ada.

Setiap kota pasti punya daya tarik masing-masing seperti kuliner, destinasi wisata, hingga kesenian. Di antara banyak kota di Indonesia, ada beberapa yang tercatat mempunyai wilayah terluas.

Sudah tahu belum kota mana saja yang menjadi kota terluas di Indonesia? Penasaran? Simak sampai habis ulasannya berikut ini ya.

1. Kota Palangkaraya

Kota Palangkaraya

Kota Palangkaraya berada di urutan pertama sebagai kota terluas di Indonesia. Luas wilayahnya mencapai angka 2.679 km2. Dari data sensfyius di tahun 2015, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini mempunyai penduduk berjumlah 276.647 jiwa.

Luasnya wilayah kota sempat membuat presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, mempunyai wacana untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya pada tahun 1957 ketika beliau meresmikannya menjadi ibu kota provinsi. Walau wacana itu nggak menjadi kenyataan, tapi kota ini sudah tumbuh pesat.

2. Kota Dumai

Kota Dumai

Kota Dumai adalah kota terluas kedua yang berada di Indonesia. Kota ini terbentuk pada tanggal 20 April 1999 setelah terjadi pemekaran dari wilayah Kabupaten Bengkalis. Berjarak 188 km, dari Pekanbaru, kota ini mempunyai luas sebesar 2.039 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 300.000 jiwa.

Selain budaya Melayu sebagai budaya asli, ada juga pengaruh dari budaya Minangkabau sebagaimana banyak penduduk dari suku tersebut yang tinggal di Dumai. Setelah berdiri selama lebih dari 20 tahun, kota ini sudah memiliki sarana pendidikan yang lengkap, ekonomi yang maju serta tempat wisata yang berpotensi menjadi tujuan bagi para wisatawan.

3. Kota Tidore

Kota Tidore

Kota Tidore merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Maluku Utara. Luas wilayahnya adalah 1.550 km2. Pada jaman penjajahan, kota ini dikenal sebagai penghasil cengkih dan pala sehingga banyak orang Eropa yang datang. Di awal kemerdekaan Indonesia, kota ini sempat menjadi ibu kota perjuangan Irian Barat.

Untuk sampai ke Kota Tidore, kita bisa menggunakan kapal feri dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sementara dengan menggunakan speedboat, hanya diperlukan waktu 10 menit. Suku Ternate adalah suku asli yang mendiami kota ini, walau begitu bahasa yang digunakan oleh penduduknya selain bahasa Indonesia dan Ternate adalah bahasa Tidore.

4. Kota Subulussalam

Kota Subulussalam

Kota Subulussalam adalah kota yang terletak di Provinsi Aceh. Luas wilayahnya adalah 1.391 km2. Kota ini terbentuk pada tahun 2007 setelah terjadinya pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Ada lima kecamatan yang berada di wilayah Kota Subulussalam yaitu Longkib, Penanggalan, Rundeng, Simpang Kiri dan Sultan Daulat.

Secara demografi, kota Subulussalam ditinggali oleh Suku Singkil, Suku Pakpak, Aceh dan Jawa. Ada beberapa tujuan wisata di kota ini, di antaranya adalah Sungai Alas, Air Terjun Kedabuhan, Air Terjun Silangit-Langit dan Jembatan Sungai Lae Kombih. Sementara untuk urusan kuliner, ada Nditak dan Pelleng yang menjadi ciri yang merupakan makanan khas Suku Singkil dan Suku Pakpak.

 5. Kota Jayapura

Kota Jayapura

Kota Jayapura adalah ibu kota dari Provinsi Papua. Luas wilayahnya adalah 940 km2. Sebelum bernama Jayapura, kota ini pernah beberapa kali mengalami pergantian nama. Yang pertama adalah Hollandia ketika didirikan oleh Kapten F.J.P. Sachse pada tahun 1910 sampai 1962. Kemudian namanya berganti menjadi Kota Baru bahkan sempat mendapat julukan Sukarnopura.

Tahun 1968 barulah ditetapkan menjadi Jayapura, berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti kemenangan. Jayapura terbagi ke dalam lima distrik yaitu Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami. Ada dua monumen yang bisa kita lihat kalau berkunjung ke Jayapura yaitu Monumen Yos Sudarso dan Monumen Pepera.

6. Kota Samarinda

Kota Samarinda

Kota Samarinda merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Luas wilayahnya adalah 718 km2. Nama Samarinda berasal dari tradisi lisan penduduknya yang pada awalnya memberi nama sama randah yang berasal dari cara pengucapan bahasa Banjar karena posisi permukaan Sungai Mahakam dengan posisi pesisir kota. Lama-kelamaan nama itu berubah menjadi Samarinda.

Sebagai sebuah kota besar, Samarinda mempunyai keunikan tersendiri yaitu mempunyai daerah dengan jumlah sungai mencapai 27 di wilayahnya. Secara demografi, kota ini merupakan kota yang multikultur dengan terdapat banyak suku yang hidup di wilayahnya yaitu suku Kutai, Banjar, Dayak, Jawa, Bugis, Bajo dan Tionghoa.

7. Kota Batam

Kota Batam

Kota Batam merupakan salah satu kota terbesar yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Luas wilayahnya adalah 715 km2. Kota ini berada di jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Kota Batam menjadi primadona bagi perekonomian di Indonesia dengan laju pertumbuhannya yang lebih tinggi dibanding wilayah lain.

Hal itu didorong oleh masuknya wilayah kota pada Kawasan Perdagangan Bebas Indonesia yang memungkinkan adanya bebas pajak barang ekspor-impor di pelabuhan Kota Batam selain di pelabuhan di Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun. Untuk berwisata, kota ini memberi sajian lengkap dari mulai wisata sejarah sampai laut.

8. Kota Padang

Kota Padang

Kota Padang adalah ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai luas 694,96 km2. Menurut tambo atau karya sastra sejarah yang merekam kisah asal-usul sebuah tempat, kota ini merupakan kawasan merantau orang-orang Minangkabau. Kedatangan Belanda yang membuat kota lepas dari kedaulatan Kesultanan Aceh membuat kota ini bertransformasi.

Salah satu keunikan Kota Padang adalah dari segi arsitekturnya, bangunan arsitektur impor berhasil diseimbangkan dengan bangunan arsitektur tradisional. Sebagai kota besar, kota ini mempunyai sarana pendidikan yang mengagumkan, hal ini didukung oleh fakta bahwa sejak dulu sudah menjadi pusat pendidikan di Sumatera Barat.

9. Kota Sorong

Kota Sorong

Kota Sorong merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Papua Barat dengan luas 656 km2. Jumlah penduduknya mencapai 247.084 jiwa. Kota ini mendapat julukan Kota Minyak karena pada tahun 1935, sebuah perusahaan Belanda melakukan pengeboran minyak bumi di wilayahnya.

Nama Sorong berasal dari kata Soren yang diambil dari bahasa Biak Numfor yang mempunyai arti laut yang dalam dan bergelombang. Karena kesalahan pengucapan dari pedagang negara lain yang melafalkannya menjadi Sorong, maka nama Sorong yang dipilih. Komoditas tertinggi dari kota ini berada di sektor pertanian, perkebunan dan jasa.

10. Kota Pagar Alam

Kota Pagar Alam

Kota Pagar Alam merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan. Kota ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat. Luas wilayahnya adalah 633,66 km2 dengan kepadatan penduduk rata-rata mencapai 199 jiwa per km2. Dari data sensus penduduk, kota ini mengalami peningkatan signifikan karena dijadikan sebagai tujuan untuk transmigrasi.

Dari segi pendidikan, Kota Pagar Alam memiliki tiga Perguruan Tinggi Swasta. Sementara untuk tempat wisata, kota ini mempunyai banyak sekali pilihan. Ada wisata alam berupa lokasi-lokasi purbakala, air terjun sampai situs-situs menhir. Untuk sampai di kota ini bisa menggunakan perjalanan darat atau lewat jalur udara dengan tersedianya Bandara Atung Bungsu.

Apakah kota-kota di atas merupakan tanah kelahiran atau tempat tinggalmu saat ini? Kalau mau berbagi cerita, sudah ada kolom komentar yang disediakan. Kamu bisa bercerita tentang makanannya, sampai destinasi wisatanya. Ayo promosikan daerahmu supaya banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke sana!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *