Bacaterus / Fakta Kota / Suka Cuaca Dingin? Inilah 10 Kota Terdingin di Indonesia

Suka Cuaca Dingin? Inilah 10 Kota Terdingin di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat negara kita ini memiliki iklim tropis. Berbeda dengan negara lain yang dalam waktu setahun mempunyai empat musim, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Hal itu menyebabkan perbedaan waktu antara malam dan siang terbagi rata yaitu masing-masing selama 12 jam.

Sesuatu yang membuat Indonesia spesial adalah selalu adanya matahari setiap hari. Keunikan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar negeri yang di negaranya udara nggak sehangat di negara kita.

Di balik cuaca yang hangat, ada juga kota-kota yang dikategorikan sebagai kota terdingin di Indonesia. Suka cuaca dingin? Simak ulasan tentang 10 kota terdingin di Indonesia berikut ini.

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua

Mulia, Puncak Jaya, Papua

Mulia merupakan sebuah wilayah di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Dengan luas 833 km2 dan berada di ketinggian 2.448 mdpl, Mulia menjadi kota paling dingin yang ada di Indonesia. Walau begitu, cukup banyak penduduk yang tinggal di wilayah tersebut. Jumlah penduduknya  mencapai 24.649 jiwa.

Suhu normal di Mulia berkisar antara 15-200 celcius pada siang hari. Sementara itu, pada malam hari bisa mencapai 100 celcius. Lokasi yang berdekatan dengan Puncak Jaya Wijaya merupakan penyebab utamanya. Selain itu, berdasarkan data dari BMKG, curah hujan terjadi sepanjang tahun yang membuat julukan kota paling dingin di Indonesia semakin melekat.

2. Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo merupakan kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota ini berada pada ketinggian 2.000 mdpl. Salah satu destinasinya yang paling terkenal adalah Dataran Tinggi Dieng yang berjarak kurang lebih tiga jam dari pusat kota yang banyak menyajikan objek wisata menarik untuk dikunjungi.

Pada siang hari, suhu di Wonosobo bisa mencapai 180 celcius sementara pada malam hari bisa mencapai 130 celcius. Di Dataran Tinggi Dieng bisa jauh lebih dingin dengan suhu mencapai 150 celcius pada siang hari dan 80 celcius pada malam hari. Suhu bisa jauh lebih menurun ketika musim kemarau yang membuat banyak tanaman di wilayah tersebut membeku.

3. Waghete, Deiyai, Papua

Waghete, Deiyai, Papua

Waghete merupakan wilayah di Kabupaten Deiyai, Papua, yang berada di ketinggian 2.200 mdpl. Untuk sampai di Waghete, masyarakatnya sendiri memilih untuk menggunakan jalur udara demi mempersingkat waktu. Ada bandar udara kecil yang digunakan untuk lokasi pendaratan pesawat sipil dan militer.

Pada siang hari, suhu di Waghete berada di angka 150 celcius. Sementara pada malam hari, suhu akan turun sampai di angka 100 celcius. Kalau dibandingkan dengan suhu kota-kota besar di Pulau Jawa yang berkisar antara 32-350 celcius pada siang hari, rasanya di sana akan tetap terasa sejuk walau matahari sedang terik-teriknya.

4. Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Berastagi merupakan suatu wilayah di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Wilayah itu sudah sangat dikenal dan menjadi destinasi wisata. Berada di ketinggian 1.300 mdpl dan diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, nggak mengherankan kalau wilayah itu menjadi salah satu yang terdingin di Indonesia.

Suhu di Berastagi pada siang hari berkisar di angka 25-280 celcius sedangkan pada malam hari bisa mencapai angka 21celcius. Sekilas perbedaan suhu dengan di kota-kota besar nggak terlalu signifikan, tapi lokasinya yang diapit gunung dan berada di tempat yang tinggi, udara terasa jauh lebih dingin di Berastagi.

5. Mamasa, Sulawesi Barat

Mamasa, Sulawesi Barat

Kabupaten Mamasa merupakan sebuah daerah yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Kota in berada di daerah pegunungan dengan ketinggian rata-rata 1.200 mdpl dan puncaknya berada di angka 1.900 mdpl. Untuk sampai di Kabupaten Mamasa, bisa ditempuh perjalanan darat dari Makassar dan memakan waktu sekitar enam jam.

Suhu di Kabupaten Mamasa pada siang hari berkisar antara 23-270 celcius sementara pada malam hari bisa mencapai 160 celcius. Daerah ini merupakan sentra kawasan pembangunan ekonomi terpadu di Sulawesi Barat. Mamasa dikenal sebagai daerah penghasil sapi, kuda, kerbau dan kambing terbaik di Sulawesi. Selain itu, daerah itu dikenal juga sebagai penghasil kopi dan kakao.

6. Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Ruteng merupakan sebuah wilayah di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Dengan ketinggian 1.200 mdpl, pada siang hari suhunya bisa mencapai 260 celcius sementara pada malam hari bisa mencapai 160 celcius. Akses untuk sampai ke Ruteng terbilang mudah dengan tersedianya jalur penerbangan.

Keunikan Ruteng adalah suasana di sana yang berbeda dibanding dengan kebanyakan daerah di Indonesia. Arsitektur bangunan banyak yang menggunakan gaya Eropa, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Praha-nya Indonesia. Bukan Cuma udara dingin serta arsitektur menawan, tapi di Ruteng juga ada Desa Adat Compang Ruteng yang bisa dikunjungi.

7. Gayo Lues, Aceh

Gayo Lues, Aceh

Gayo Lues merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Aceh. Wilayah ini mempunyai ketinggian 1.000 mdpl. Pada siang hari, suhu bisa mencapai 310 celcius, sementara pada malam hari bisa mencapai 190 celcius. Walau terdengar nggak terlalu dingin, tapi ketinggian wilayah dan daerahnya yang dikelilingi pegunungan menjadikan Gayo Lues salah satu yang terdingin di Indonesia.

Banyak yang menyebut bahwa Gayo Lues merupakan wilayah yang paling terisolasi di Aceh. Walau begitu, nama daerah itu sudah dikenal secara luas sebagai penghasil Kopi Gayo, salah satu jenis kopi paling terkenal dari Indonesia. Selain itu, daerah ini juga dikenal sebagai penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh.

8. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Ciwidey merupakan sebuah wilayah yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dengan ketingian 1.200 mdpl. Ciwidey mempunyai objek wisata, yang paling terkenal yaitu Kawah Putih. Walau perlu menempuh jarak yang cukup jauh yaitu 44 km dari Kota Bandung, tapi keindahan dan suhunya yang dingin tetap menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

Suhu di Ciwidey pada siang hari bisa mencapai 250 celcius sedangkan pada malam hari bisa mencapai 150 celcius. Selain Kawah Putih, ada juga pemandian air panas Cimanggu dan Walini. Di sana juga ada tempat untuk memetik stroberi serta minuman tradisional Bandrek yang wajib dicoba kalau berkunjung ke Ciwidey.

9. Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur

Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur

Kota Wisata Batu merupakan salah satu objek wisata paling terkenal di Jawa Timur. Kota ini mempunyai banyak objek wisata dari mulai objek wisata alam sampai wahana yang membuatnya nggak pernah sepi pengunjung. Dengan ketinggian 700 – 1.700 meter di atas permukaan laut, kota ini menjadi salah satu yang terdingin di Indonesia.

Suhu di Kota Batu pada siang hari bisa mencapai 280 celcius, sementara pada malam hari bisa mencapai 160 celcius. Walaupun kotanya terbilang kecil, tapi dengan udaranya yang sejuk serta banyaknya objek wisata, membuatnya memiliki pesona tersendiri. Akses yang terbilang banyak dan lancar membuat kota ini menjadi sasaran utama ketika musim liburan.

10. Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah

Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah

Baturaden merupakan sebuah daerah yang berada di wilayah Kabupaten Purwokerto, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 980 mpdl dan berada di selatan Gunung Selamet membuat wilayah ini menjadi salah satu yang terdingin di Indonesia. Untuk bisa sampai Baturaden, cukup dengan jalur darat dan hanya memerlukan waktu selama 40 menit dari pusat kota Purwokerto.

Suhu di Baturaden pada siang hari bisa mencapai 260 celcius sementara pada malam hari 170 celcius. Baturaden bukan hanya terkenal karena wilayahnya yang dingin, melainkan ada beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada air terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Selain itu, ada juga bumi perkemahan yang bisa digunakan untuk acara gathering.

Itulah 10 kota terdingin di Indonesia. Ada kota tempat tinggal kamu atau kota yang pernah kamu kunjungi? Kamu bisa membagikan cerita menarik yang kamu punya di kolom komentar di bawah ini ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *