Bacaterus / Tempat Unik / Inilah 8 Kota Terdingin yang Ada di Dunia, Berani Kesini?

Inilah 8 Kota Terdingin yang Ada di Dunia, Berani Kesini?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernah singgah ke tempat yang lebih dingin dari biasanya? Lalu bagaimana reaksi kalian? Kedinginan bahkan sampai menggigil bukan? Well, Hal ini sangat wajar bagi masyarakat Indonesia yang tidak terbiasa di tempat dingin karena Indonesia adalah negara beriklim tropis.

Indonesia adalah negara yang berada di garis khatulistiwa dan menyebabkan Indonesia tidak memiliki musim dingin atau salju.

Namun tidak ada salahnya jika kalian ingin melakukan uji nyali yaitu pergi ke kota-kota terdingin di dunia. Penasaran dimana saja? Baca artikel ini sampai habis ya, siapa tahu tempat ini akan menjadi wisata menarik untuk kamu!

1. Dudinka, Krasnoyarsk Krai, Rusia

Dudinka, Krasnoyarsk Krai, Rusia

Kota Dudinka adalah kota pelabuhan di dekat muara sungai Yenisei dan merupakan pusat administrasi Okrug Otonom Taymria. Berpenduduk sekitar 20.000 jiwa lebih, Dudinka merupakan salah satu kota yang terletak paling utara di dunia hingga menghadapi cuaca dingin yang sangat ekstrem.

Rata-rata temperatur saat bulan januari mencapai minus 32 derajat Celsius. Beberapa tahun kebelakang, sebagian tempat di Dudinka benar-benar membeku dikarenakan adanya badai musim dingin.

Hal ini menyebabkan pipa meledak hingga mengakibatkan banjir di jalanan. Diketahui pada saat itu suhu disana mencapai minus 40 derajat Celsius.

2. Yellowknife, Northwest Territories, Canada

Yellowknife, Northwest Territories, Canada

Yellowknife adalah satu-satunya kota dan juga sebagai ibu kota di Northwest Territories di Kanada. Pada bulan Januari, kota ini dapat mencapai minus 32 derajat celsius. Normalnya, di kota ini hanya sekitaran minus 21 derajat celsius dan pada tahun 1947, Yellowknife memecahkan rekor hingga mencapai minus 51 derajat celsius, wow!

Pada tahun 2014, Yellowknife dijuluki sebagai kota terdingin di kota Kanada. Selain itu Yellowknife juga menyuguhkan keindahan malam musim dingin yang indah yaitu terdapat Aurora Borealis pada pertengahan November hingga awal April. Jadi, tertarik kesini?

3. Harbin, Heilongjiang, Tiongkok

Harbin, Heilongjiang, Tiongkok

Terletak di timur laut Tiongkok dan berpopulasi lebih dari 10 juta jiwa, Harbin termasuk pada kota terdingin di dunia. Kota ini terletak di tepi sungai Songhua dan memiliki perindustrian yang makmur. Di kota ini juga menjadi pusat politik, budaya, ekonomi di daerah Tiongkok timur laut.

Selain itu, Harbin juga menjadi salah satu tempat wisata yang paling wajib kamu kunjungi. Pasalnya, Harbin adalah kota yang mengadakan festival es dan salju terbesar di dunia, wow!

Namun, kalian harus siap dengan suhu dinginnya yang normalnya bisa mencapai minus 22 sampai 24 derajat Celsius dan tercatat rekor terbesar yaitu minus 42 celsius, dingin banget!

4. Yakutsk, Republik Sakha, Rusia

Yakutsk, Republik Sakha, Rusia

Terletak di bagian timur dan merupakan ibu kota Republik Sakha. Yakutsk merupakan kota terdingin dan terbesar di Siberia. Suhu terbesar Yakutsk bisa mencapai minus 38 sampai 41 celsius, namun pada tahun 1891, rekor tertinggi suhunya adalah minus 64 celsius. Wow!

Kota terdingin ini ternyata juga mempunyai sejarah yang besar yaitu benteng pertahanan yang dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian dari kekaisaran Mongolia dan kota ini juga menghasilkan logam berharga yaitu berlian. Mungkin itu jadi alasan banyak orang yang hidup di kota super dingin ini ya! 

5. Barrow (Utqiagvik), Alaska

Barrow (Utqiagvik), Alaska

Mendengar negara Alaska pastinya sudah tidak asing dengan beruang kutub, anjing laut dan hewan dingin lainnya. Barrow terletak di lingkaran arktik dan menjadi salah satu kota paling utara di dunia mempunyai suhu yang sangat dingin.

Suhu rata-rata di bulan Januari yaitu minus 25 derajat Celsius dan rekor terendah yang pernah tercatat bisa mencapai minus 49 derajat celsius. Selain itu, Barrow juga terkenal dengan kota yang mempunyai suhu terendah di Alaska.

6. Winnipeg, Manitoba, Kanada

Winnipeg, Manitoba, Kanada

Winnipeg berpenduduk lebih dari 700.000 jiwa lebih sekaligus sebagai ibu kota terdingin di Manitoba, Amerika Utara. Normalnya pada bulan Januari bersuhu minus 20 sampai 22 derajat celsius.

Sepanjang sejarahnya, di tahun 1966 suhu terdingin bisa mencapai minus 45 derajat Celsius dan pada tahun 1879 suhu mencapai 47.8 derajat celsius. Di tahun 2019, Winnipeg menjadi satu dari kota terdingin sepanjang sejarah di dunia.

Selain cuacanya yang sangat dingin, setiap tahunnya Winnipeg mengadakan Festival de Voyageur yaitu festival musim salju yang menggambarkan budaya masyarakat keturunan Prancis.. Bagaimana, tertarik berkunjung ke sini?

7. Norilks, Rusia

Norilks, Rusia

Norilks kota yang terletak di paling ujung utara di dunia memiliki suhu dingin yang tak kalah dingin dari kota rusia yang lainnya. Berpenduduk lebih dari 100.000 jiwa, Norilks juga menjadi satu dari tiga kota terbesar yang terletak di zona permafrost. Zona permafrost adalah zona yang terletak di lintang tinggi yang dekat dengan kutub utara dan selatan.

Rata-rata suhu pada bulan Januari sekitar minus 30 derajat Celsius dan suhu terendah yang paling ekstrem mencapai minus 53 derajat Celsius. Uniknya, Norilks kota terdingin yang memiliki satu masjid paling utara di seluruh dunia bernama Masjid Nurd Kamal. Wah, menarik juga ya!

8. Oymyakon, Republik Sakha, Rusia

Oymyakon, Republik Sakha, Rusia

Dan terakhir yang paling dingin di dunia adalah Oymyakon, terletak dibagian timur Rusia. Menurut Guinness World Records, Oymyakon adalah tempat terdingin yang ditinggali oleh manusia secara tetap.

Tak tanggung-tanggung, suhu di daerah ini bisa mencapai sekitar minus 60 derajat Celsius! Dan saking dinginnya, Oymyakon bisa membekukan alis mata warganya, wow!  Walaupun masih satu daerah dengan Yakutsk, Oymyakon seakan tidak mau kalah dingin dengan kota tersebut.

Keadaan suhu dingin yang sangat ekstrem tidak mengangganggu pekerjaaan dan kehidupan sehari-hari di kota ini. Namun sayangnya, ada kisah sedih yang terjadi. Suhu dingin yang sangat ekstrem membuat 2 orang penduduk meninggal karena cuacanya yang sangat dingin.

Suhu yang sangat dingin ini juga pernah membuat pemerintah memutuskan untuk meliburkan sekolah. Walaupun suhu dinginnya yang sangat ekstrem ini, beberapa orang masih tertarik untuk menjelajahi daerah ini karena pemandangannya yang juga indah. Tertarik kesini?

Itulah 8 kota terdingin yang ada di dunia. Musim dingin yang terjadi di beberapa negara sudah menjadi hal-hal yang biasa bagi masyarakatnya untuk beradaptasi. Namun, berbeda halnya dengan musim dingin yang sangat ekstrem.

Rata-rata musim dingin yang memiliki suhu tinggi terjadi di titik geografis paling timur di dunia yang kebanyakan terjadi di wilayah Rusia. Keadaan musim dingin atau salju terjadi di negara beriklim subtropis dan sedang yang rata-rata terjadi saat akhir tahun.

Jadi, apa kamu sudah memutuskan untuk mencoba travelling dan merasakan sensasi musim dingin yang ditawarkan? Jangan lupa untuk selalu memakai baju perlengkapan yang tebal dan menjaga kehangatan tubuh dimanapun musim dingin berada ya!

Selain 8 kota di atas apakah kalian punya rekomendasi tempat terdingin lainnya? Jika ada tulis di bawah komentar ini ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *