bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 10 Kota di Dunia dengan Durasi Malam Hari Terpanjang

10 Kota di Dunia dengan Durasi Malam Hari Terpanjang

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 5 Mei 2021

Sebagai penduduk Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa, kita terbiasa dengan pembagian waktu siang dan malam yang sama rata, yakni 12 jam siang hari dan 12 jam malam hari. Namun, bagi penduduk di belahan Bumi bagian utara dan selatan, pada waktu-waktu tertentu, pembagian  waktu siang dan malam bedanya bisa signifikan; mereka akan mengalami malam yang lebih panjang dan sebaliknya.

Ketika waktu malam lebih panjang, istilah tersebut biasa dikenali dengan nama Polar Night. Polar Night akan terjadi setiap tahunnya, terutama pada musim dingin. Tempat-tempat yang mengalami hal tersebut tidak akan disinari matahari untuk waktu yang lebih panjang, bahkan hingga berbulan-bulan. Lalu, mana saja kota di dunia dengan malam terpanjang yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Rjukan – Norwegia

Kota di dunia dengan malam terpanjang yang pertama adalah Rjukan di Norwegia. Kota ini termasuk kota kecil dan terletak di kaki Gunung Gaustatoppen. Penduduknya pun terhitung hanya sekitar 3.000 jiwa. Penduduk Rjukan terbiasa dengan fenomena malam yang sangat panjang. Mereka harus beradaptasi setiap tahunnya untuk hidup tanpa cahaya matahari maksimal selama 6 bulan.

Secara topografi, Rjukan cukup unik karena kota ini dikelilingi oleh pegunungan serta lereng yang cukup curam. Kriteria tersebut membuat seluruh bagian kota tertutup dari matahari, akibatnya sangat sedikit cahaya matahari yang masuk dan menyinari. Setiap tahunnya, penduduk Rjukan harus berada dalam keadaan temaram seperti itu mulai dari September hingga Maret.

2. Inuvik – Kanada

Saat musim dingin tiba, penduduk di Kota Inuvik, yang berjumlah kurang dari 3.400 jiwa, harus menghadapi siang yang gelap hampir selama 30 hari. Berdasarkan geografis, Inuvik berada di Northwest Territories, tepatnya di Selat Timur Delta Mackenzie. Ia terletak sekitar 100 Km atau 60 mil dari Samudra Arktik dan 200 Km atau 120 mil di bagian utara Lingkaran Arktik. Berdasarkan hal ini, Inuvik beriklim subarktik.

Dalam satu tahun, Januari adalah bulan terdingin di kawasan tersebut. Suhu paling tinggi berada di angka −22.8 ° C dan terendah berkisar pada suhu −31.0 ° C. Salju di kawasan Inuvik biasanya akan turun pada Oktober hingga pertengahan Mei. Para penduduk Inuvik harus terbiasa dengan keadaan gelap sepanjang hari mulai dari awal Desember hingga awal Januari.

3. Utqiagvik – Alaska

Kota di dunia dengan malam terpanjang selanjutnya bisa Anda temukan di Alaska, tepatnya di Kota Utqiagvik. Ia merupakan kota terbesar sekaligus ibu kota dari North Slope Borough. Utqiagvik berada di bagian utara Lingkar Arktik sehingga pada musim dingin, ia akan temaram dalam waktu kurang lebih 60 hari.

Tahun 2020 lalu misalnya, Kota Utqiagvik mulai memasuki fase Polar Night pada akhir November. Matahari akan kembali terasa menyinari kota ini pada akhir Januari. Ia menjadi kota pertama yang akan mengalami Polar Night karena posisinya berada jauh di utara. Sebagai informasi, jarak kota ini ke Kutub Utara hanya sekitar 2.902 Km atau 1.300 mil.

4. Murmansk – Rusia

Murmansk merupakan kota terbesar yang berada di Lingkaran Arktik. Posisinya berada di barat laut Rusia dan berdiri di pantai timur yang terletak di Kola Bay yang ada di Laut Barents. Menurut sejarah, ia menjadi ice-free ports terbesar di Rusia yang dibangun ketika Perang Dunia I berlangsung pada 1915.

Saat musim dingin tiba, wilayah ini mengalami malam yang panjang, yakni selama 40 hari. Kondisi ini membuat mereka sangat antusias menyambut matahari terbit setelah fenomena Polar Night berakhir pada bulan Januari setiap tahunnya. Penduduk Murmansk sendiri berjumlah sekitar 307 ribu jiwa. Mereka terbiasa dengan fenomena Polar Night dan Polar Day.

5. Tromsø – Norwegia

Tromsø menjadi kota di dunia dengan malam terpanjang berikutnya yang bisa gelap sepanjang enam minggu bahkan lebih. Setiap tahunnya, penduduk kota ini akan merindukan cahaya matahari mulai dari akhir November hingga pertengahan Januari. Menariknya, meski terletak di kawasan utara, kota ini punya suhu paling hangat dibandingkan kota lain yang berada di garis lintang yang sama.

Kota dengan luas sekitar 2.521 Km2 ini pada 2017 lalu dihuni oleh kurang lebih 65.000 jiwa. Dengan segala keunikan yang ada padanya, Tromsø banyak direkomendasikan sebagai tempat paling pas untuk menyaksikan fenomena alam aurora borealis. Suatu saat agendakan juga untuk berlibur ke sini ya!

Baca juga: Inilah 10 Kota Terpadat di Dunia yang Mesti Kamu Tahu

6. Longyearbyen – Svalbard

Sebelum Anda bingung lebih jauh, perlu diketahui bahwa Svalbard merupakan sebuah kepulauan yang berada di Norwegia. Di sana terdapat kota bernama Longyearbean yang sekaligus merupakan ibu kota kepulauan tersebut. Secara topografi, kota ini berada di Lembah Longyeardalen.

Longyearbyen menjadi kota di dunia dengan malam terpanjang lainnya di Norwegia yang tidak mendapat sinar matahari secara utuh, sehingga selalu terasa malam, selama kurang lebih 5 bulan. Polar Night di kawasan ini berlangsung dari akhir Oktober hingga pertengahan Februari.

7. Vardø – Norwegia

Kota di dunia dengan malam terpanjang selanjutnya adalah Vardø. Berdasarkan letaknya, ia berada pada bagian paling timur dari Norwegia, tepatnya di Pulau Vardøya di Laut Barents. Luas Kota Vardø sekitar 1.19 Km2 dengan populasi sebanyak 1.875 jiwa menurut survey pada 2017 lalu.

Saat musim dingin tiba, fenomena Polar Night  di kota ini akan berlangsung dari akhir November hingga pertengahan Januari. Sementara itu, iklim di Vardø termasuk tundra, yang berbatasan dengan iklim subarktik. Sebagai informasi, suhu rata-rata harian saat musim panas di sini, tidak mencapai 10 °C.

8. Harstad – Norwegia

Harstad merupakan kota terpadat kedua di Troms og Finnmark county, Norwegia. Kota ini memiliki luas sekitar 445 Km2 dengan populasi sekitar 24.703 jiwa. Berdasarkan sejarah, kota ini berdiri pada tahun 1904. Secara administrasi, Harstad adalah kotamadya yang berbatasan dengan Kotamadya Kvæfjord di bagian barat dan Tjeldsund di bagian selatan.

Walau lokasinya yang berada di bagian utara Lingkaran Arktik, Harstad memiliki iklim subarktik. Musim dingin di sini bersuhu sejuk dan basah. Hal yang menarik dari kota ini adalah terdapat gunung setinggi 1.095 mdpl yang membuat sebagian besar kawasan terlindung dari angin kencang Atlantik. Akibat hal itu Polar Night  di kawasan ini terhitung sebentar, yakni dari awal Desember hingga pertengahan Januari setiap tahunnya.

9. Hammerfest – Norwegia

Selain terkenal karena fenomena Midnight Sun  April hingga Agustus, salah satu kota di Norwegia ini juga punya malam terpanjang di dunia. Polar Night  di Hammerfest berlangsung dari akhir November hingga akhir Januari. Kurang lebih sekitar hampir dua bulan penduduk di sini mengalami siang yang cukup gelap.

Hammerfest merupakan kota paling utara di dunia yang dihuni oleh sekitar 10.000 jiwa. Luas wilayah ini adalah 2.693 Km2. Hammerfest sendiri beriklim subarktik dengan suhu rata-rata setiap tahunnya sekitar 2.5 °C. Selain itu, salah satu kota di dunia dengan malam terpanjang ini posisinya berada di permukaan laut.

10. Kuusamo – Finlandia

Sudah merasa takjub dengan kota-kota di atas? Bersiap untuk mengenal Kota Kuusamo di Finlandia. Pasalnya selama musim dingin berlangsung, kota ini mengalami malam sepanjang 200 hari atau hampir satu tahun. Penduduk Kota Kuusamo sudah terbiasa dengan hal ini. Mereka bahkan mengadakan Polar Night Festival setiap tahunnya.

Kota Kuusamo terkenal sebagai pusat kegiatan olahraga musim dingin. Setiap tahun, jutaan wisatawan berkunjung ke wilayah ini dari berbagai negara. Secara geografis, Kuusamo terletak di wilayah Ostrobothnia Utara. Populasinya mencapai 15.142 jiwa dan luas wilayahnya sekitar 5.808,92 Km2.

Sepuluh kota di dunia dengan malam terpanjang di atas, sebagian besar pasti membuat Anda takjub. Wajar saja karena kita terbiasa hidup di tempat dengan asupan sinar matahari cukup saat siang. Bagaimana? Apakah tertarik untuk berkunjung ke salah satunya? Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menghadapi suhu yang ekstrem ya!

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram