bacaterus web banner retina

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Menjadi seorang aktor adalah impian sebagian anak-anak dan orang dewasa. Dengan gaya hidup mewah, banyak penggemar, dan lebih banyak uang dibandingkan yang dibutuhkan siapa pun, kehidupan seorang bintang tentu saja tampak seperti kehidupan yang mengasyikkan, tetapi bermain film tidak selalu semenyenangkan kelihatannya.

Salah satu keluhan terbesar aktor dan aktris yang bermain film, selain adegan yang sulit, adalah kostum yang mereka kenakan. Mereka mungkin terlihat keren di layar, tetapi mengenakan spandeks ketat di hari yang sangat panas atau banyak riasan diterapkan ke wajah seseorang jelas tidak terdengar seperti menyenangkan. Artikel berikut akan membahas tentang kostum film tersulit di dunia.

1. Mystique

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 1

Dalam komik X-Men, Raven Darkhölme, yang juga dikenal sebagai Mystique, memiliki kulit biru jernih dan memakai pakaian seperti orang lain, tetapi dalam film X-Men Bryan Singer, kostum mystique berubah secara signifikan.

Dalam film, karakter mystique yang diperankan oleh Rebecca Romijn dan Jennifer Lawrence pada dasarnya telanjang dengan bercak kulit bersisik yang menyembunyikan area yang lebih intim. Ini tampilan yang mencolok tetapi itu memerlukan persiapan berjam-jam untuk kedua aktor tersebut.

Untuk setiap hari pengambilan gambar, Romjin dan Lawrence perlu duduk selama delapan jam sementara semua riasan diterapkan pada tubuh telanjang mereka.

Lawrence menjelaskan bahwa sisik prostetik akan dipasang pertama-tama, diikuti oleh tiga lapis cat dan kemudian lima lapis lagi bahan biru di area tertentu di sekitar tubuhnya. Sebenarnya dia memiliki reaksi buruk terhadap cat pada satu titik yang menyebabkan lecet pada kulitnya.

Akhirnya tim produksi memutuskan untuk memberinya bodysuit untuk film X-Men terbaru, yang berarti dia hanya perlu menghabiskan waktu tiga jam untuk membuatnya dan bukan delapan.

2. Teenage Mutant Ninja Turtles

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 3

Kejutan mega-hit Teenage Mutant Ninja Turtles tahun 1990 dipenuhi dengan momen-momen menyenangkan. Namun di balik layar film ini terbukti menjadi salah satu produksi yang paling melelahkan dalam sejarah pembuatan film.

Menghidupkan penyu adalah tantangan terbesar. Setelan penyu terbukti berat dan tidak nyaman, dengan berat 48 pon yang mengejutkan.

Hal ini menyebabkan beberapa pemain merasa sesak, tapi mereka ragu-ragu untuk melepas helm mereka karena teknologi dan animatronik dalam pakaian tersebut akan memakan waktu sekitar setengah jam untuk hidup dan berlari kembali.

Baca juga: Film Ninja Terbaik dengan Jalan Cerita Unik dan Menarik

3. The Grinch

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 5

Jim Carrey mempersembahkan salah satu penampilan terhebat dalam karirnya dalam adaptasi layar lebar tahun 2000 dari The Grinch. Namun peran itu terbukti menjadi salah satu yang paling menantang.

Dia diharuskan mengenakan kostum ketat dari ujung kepala sampai ujung kaki dan melengkapi semua lensa kontak yang menjengkelkan itu.

Riasan tersebut memakan waktu sekitar delapan jam untuk diterapkan dan terbukti sangat tidak nyaman sehingga produksi harus meminta bantuan dari seorang agen CIA untuk melatihnya tentang cara menahan siksaan dari kostum tersebut.

4. The Elephant Man

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 7

Efek make-up yang digunakan dalam The Elephant Man karya David Lynch sangat bagus sehingga mereka benar-benar mendorong terciptanya Academy Award untuk Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik.

Didesain menggunakan tubuh John Merrick yang asli, riasannya dibuat dengan hati-hati agar serealistis mungkin yang memberikan peran besar dalam kesuksesan film. Namun, Sir John Hurt, yang memainkan peran utama, benar-benar menderita karena keahliannya saat membuat film ini.

Pada satu titik, mendiang aktor tersebut bahkan mengatakan bahwa produksi tersebut benar-benar membuatnya membenci profesinya. Dia harus tiba di lokasi syuting pada jam 5 pagi dan duduk diam selama 7-8 jam saat riasan diterapkan.

Saat syuting selesai untuk hari itu, Hurt harus menunggu beberapa jam lagi sementara riasannya telah dihapus. Seluruh proses itu sangat membebani aktor yang dia berikan setiap hari libur untuk memulihkan diri. Kerja kerasnya setidaknya membuahkan hasil dengan nominasi Oscar.

5. RoboCop3

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 9

Setelah aktor Peter Weller, film RoboCop 3 diteruskan oleh aktor Robert John Burke. Sayangnya bagi Burke, tampaknya produksi tersebut menghemat uang dan mengharuskannya untuk mengenakan kostum RoboCop yang konon dibuat untuk Weller.

Karena Weller memiliki tubuh yang jauh lebih kecil, Burke mendapati dirinya tidak hanya tidak nyaman tetapi juga kesakitan saat mengenakan setelan itu. Untuk menyesuaikan diri, dia akan mencoba menurunkan berat badan dengan berkeringat di sauna atau lompat tali sebelum setiap pemotretan.

Perlu diingat, kostum logam dan fiberglass tersebut memiliki berat 150 pon. Itu adalah ruang penyiksaan katanya. Seperti sedang berakting dengan seseorang berada di bahunya.

6. Black Widow

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 11

Banyak karakter Marvel menyeberang ke film berbeda dalam waralaba. Salah satu karakter penting yang menonjol dalam Marvel Universe adalah Black Widow atau Natasha Romanoff yang diperankan oleh Scarlett Johansson.

Karakter ini pernah muncul di film-film Marvel termasuk Iron Man 2, The Avengers, Captain America, The Winter Soldier, dan Black Widow. Meskipun kostum Johansson cukup sederhana seperti jumpsuit hitam pekat, itu tetap menyebabkan beberapa masalah padanya.

Dia mengeluh bahwa kostum itu sangat membatasi dan tidak ada ventilasi. Setelah merekam adegan intensitas tinggi, dia menyadari bahwa dia mulai berhalusinasi karena kepanasan.

7. Mr. Freeze

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 13

Salah satu tokoh dalam Batman & Robin versi Joel Schumacher adalah Mr. Freeze yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger. Dibutuhkan tim yang terdiri dari sebelas orang hingga enam jam untuk membantu bintang Terminator mengenakan kostumnya dan merias wajahnya.

Arnold disebutkan memiliki beberapa tim yang memberinya pijatan untuk membuat prosesnya sedikit lebih nyaman. Dia juga harus mencukur kepalanya dan memakai lensa kontak biru khusus untuk sebagian besar adegannya.

Namun, bagian terburuk dari semuanya adalah cara para perancang kostum memutuskan untuk membuat mulutnya bersinar. Lampu LED kecil dipasang di sekitar giginya untuk efek khusus yang tidak berguna yang ternyata memiliki efek samping yang berbahaya.

Baterai yang digunakan untuk menyalakan lampu sebenarnya mulai mengeluarkan asam ke lidah Arnold. Dapat dimengerti bahwa Schwarzenegger sangat kesal dengan hal ini dan sebuah balon kecil harus digunakan sebagai penghalang antara baterai dan gusi Arnold.

8. Darkness

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 15

Tim Curry memerankan monster mimpi buruk yang hanya dikenal sebagai Darkness dalam legenda epik fantasi 1985. Dia diharuskan untuk mengenakan salah satu kostum paling rumit dan mengesankan yang pernah dilihat.

Makhluk iblis itu memiliki dua tanduk raksasa yang panjangnya lebih dari tiga kaki, yang menyebabkan Tim kesakitan selama pembuatan film. Tanduk ini kemudian harus dibuat lebih ringan karena ketidaknyamanan yang terlalu besar.

Walaupun film tersebut menerima bermacam penerimaan, kostum darkness tersebut telah tercatat dalam sejarah film sebagai salah satu yang terhebat.

9. Chewbacca

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 17

Peran Chewbacca ternyata menjadi yang menentukan bagi Peter Mayhew setinggi 7 kaki 3, tetapi aktor kelahiran Surrey ini mengalami masa-masa sulit membuat trio asli film Star Wars sambil mengenakan kostum tebal dan lembut yang terbuat dari campuran bulu kambing dan yak.

Mayhew tidak hanya harus kepanasan di bawah semua bulu itu, dia juga harus melakukan yang terbaik untuk menjaga kostumnya sebersih mungkin.

Setiap kali menjadi sedikit basah, pakaian itu akan mengeluarkan bau yang mengerikan dan Mayhew secara aktif berusaha menghindari menjadi kotor selama adegan pemadat sampah yang mengesankan di film Star Wars pertama.

Panas yang terus-menerus yang dihasilkan baju itu juga menyebabkan wajah terkadang keluar dari garis mata Mayhew. Hasilnya adalah pemandangan yang cukup mengerikan dan beberapa kali harus dilakukan pengulangan adegan.

Untungnya, ketika tiba waktunya untuk membuat prekuel dan Mayhew dipanggil kembali untuk Episode III: Revenge of the Sith, kostum itu telah diadaptasi untuk melibatkan sistem pendingin.

10. Tin Man

10 Kostum Film Tersulit di Dunia yang Sangat Merepotkan 19

The Golden Age of Hollywood memasukkan beberapa kostum terbaik dalam sejarah sinematik. Salah satunya adalah The Wizard of Oz tahun 1939.

Dalam film tersebut, Dorothy dan anjingnya, Toto, melakukan perjalanan ke tanah fiksi Oz di mana dia bertemu dengan Scarecrow, Tin Man, dan Lion yang membantunya mengalahkan penyihir jahat untuk pulang.

Sayangnya, aktor asli yang akan memerankan Tin Man, Buddy Ebsen, terlalu banyak menghirup riasannya. Isinya debu aluminium beracun sehingga membuat Ebsen harus dibawa ke rumah sakit. Dia segera digantikan oleh Jack Hale

Ternyata dibalik kecanggihan dan kehebatan film-film Hollywood, ada aktor dan aktris yang harus rela mengenakan pakaian yang mungkin sulit dikenakan. Beberapa kostum film tersulit di dunia itu memerlukan waktu berjam-jam untuk dikenakan. Ada juga kostum yang cukup berat untuk dipakai.

Sebagai para penonton kita tak pernah tahu derita para aktor dan aktris tersebut ketika harus mengenakan kostum tersulit di dunia tersebut. Menurutmu adakah kostum film lain yang juga termasuk dalam kategori tersulit? 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram