Bacaterus / Komik / 10 Komik Tentang Persahabatan yang Ngena Banget di Hati

10 Komik Tentang Persahabatan yang Ngena Banget di Hati

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sahabat sangat kental hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Makanya, komik tentang persahabatan selalu melejit, karena sebagian orang merasa “terkait” dengan cerita pada komik tersebut.

Komik tentang persahabatan pun digambarkan dengan banyak cara, tergantung gaya author-nya. Ada yang menceritakan kisah sahabat yang bertarung melawan monster, ada yang tentang slice of life alias kejadian sehari-hari, dan ada juga yang berupa fantasi. Kamu ingin tahu daftar komik tentang persahabatan yang terbaik versi Bacaterus? Berikut adalah komik-komiknya.

1. Doreamon

Doreamon komik tentang persahabatan

* sumber: variety.com

Semua orang pasti kenal sama Doraemon. Komik dan anime karya Fujiko F. Fujio ini terbit sejak tahun 1 Juni 1969 dan masih on going sampai sekarang. Berarti usia Doraemon sudah hampir 50 tahun, ya? Hihi. Doraemon menceritakan tentang kehidupan anak laki-laki kelas 5 SD yang pemalas dan sering sial bernama Nobi Nobita. Pada suatu hari, Nobita kedatangan robot kucing dari abad ke-22 yang bernama Doraemon.

Bukan tanpa alasan, jadi, cucunya Nobita sengaja mengirimkan Doraemon ke masa Nobita masih kecil agar kehidupan Nobita di masa depan bisa jadi lebih cerah. Sehingga, keturunan Nobita tidak mengalami kesulitan ekonomi akibat kebodohan dan kemalasan Nobita sewaktu muda. Cerita Doraemon sendiri tidak pernah tamat, selalu berkembang, bahkan hingga ada beberapa tema yang berbeda seperti Doraemon Petualangan misalnya.

Saking terkenalnya, Doraemon dibuat jadi anime pada tahun 1980-an. Doraemon adalah salah satu komik terlaris di dunia yang telah terjual hingga lebih dari 100 juta kopi. Kisah persahabatan Doraemon dengan Nobita dan teman-teman Nobita memberikan kita banyak pelajaran tentang kehidupan dan tentunya tentang persahabatan. Kalau kamu lagi mencari komik komik Doreamon, di Bukalapak ada, loh. Klik link ini untuk membelinya.

2. One Piece

One Piece komik tentang persahabatan

* sumber: winnin.com

Komik tentang persahabatan yang selanjutnya adalah One Piece karya Eiichiro Oda. One Piece menceritakan tentang kelompok bajak laut yang memiliki kapten bernama Monkey D. Luffy yang sering disapa Luffy saja. Mereka berpetualang mencari harta karun peninggalan Gol D. Roger, seorang raja bajak laut.

Yang membuat cerita ini semakin unik dan menarik adalah, Luffy tidak sengaja memakan buah bernama Gomu Gomu—buah iblis—yang membuat dia menjadi manusia karet. Tangan, kaki, leher, dan tubuh Luffy sangat lentur bagaikan karet dan dapat memanjang sepanjang apapun yang dia ingingkan. Selama perjalanan mencari harta karun, Luffy bertemu teman baru dan musuh juga tentunya.

Kelompok Luffy bernama bajak laut “Topi Jerami”. Walaupun pada awalnya mereka tidak kenal dan tidak dekat, bahkan sampai sekarang juga masih ada yang tidak suka satu sama lain, mereka sangat solid. Kalau ada bajak laut dari luar yang mencari masalah dengan salah satu anggota Topi Jerami, semuanya pasti turun tangan. Itulah mengapa One Piece merupakan komik tentang persahabatan yang ngena banget dihati orang-orang.

Selain Doraemon, One Piece juga merupakan komik yang paling laris sepanjang masa. Dimulai pada tahun 1997 dalam versi komik, dan anime pada tahun 1999, cerita One Piece sudah mencapai 800+ episode. Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor sebagai manga yang dapat mencapai angka penjualan 100 juta eksemplar dalam waktu tercepat. Keren banget, kan?

Mau koleksi komiknya? Komik One Piece yang bekas maupun yang baru bisa kamu temukan di Bukalapak lewat link ini.

3. Lookism

Lookism

* sumber: www.ydonline.co.kr

Kali ini komik tentang persahabatan-nya datang dari Korea Selatan. Judulnya adalah Lookism yang berupa web-comic dan bisa kamu baca di LINE Webtoon. Inti komik ini adalah tentang kehidupan nyata yang terjadi di Korea Selatan, tentang pembulian di sekolah, masalah “pandangan kecantikan” masyarakat, dan masih banyak lagi.

Park Hyung Seok adalah seorang anak laki-laki yang cupu, lemah, bodoh, dan dicap jelek oleh teman-teman sekolah dan oleh orang-orang sekitar yang berpapasan dengannya. Makanya dia sering di-bully dan dijadikan budak oleh preman di sekolahnya. Karena itulah dia pindah ke sekolah yang jauh dari sekolahnya yang dulu. Lalu, entah kenapa dia tiba-tiba terbangun dengan tubuh dan wajah rupawan seperti ulzzang.

Kalau tubuhnya yang “ganteng” sedang bangun, tubuhnya yang “jelek” akan tertidur. Dengan tubuhnya yang baru, Hyung Seok mulai mendapatkan teman. Hingga kini, kenapa Hyung Seok bisa memiliki dua tubuh masih menjadi misteri karena ceritanya belum selesai.

4. New Normal : Class 8

New Normal : Class 8

Bagaimana jika kamu terlahir berbeda? Kamu tidak pernah meminta untuk terlahir menjadi berbeda, lalu kenapa orang-orang selalu mempermasalahkannya? New Normal : Class 8 adalah cerita tentang Kam Dongwan, seorang anak laki-laki yang memiliki kepala super besar (secara literal).

Dia terlahir normal, namun seiring bertambahnya usia, kepalanya tidak berhenti tumbuh hingga suatu hari dia merasa telah mengganggu teman-temannya di sekolah akibat ukuran kepalanya yang abnormal. Dia pun selalu dikucilkan dan tidak pernah punya teman. Makanya, kepala sekolahnya yang terakhir merekomendasikan Dongwan untuk pindah ke SMA Rainbow.

Sekolah tersebut berisi anak-anak “ajaib”, seperti ada yang punya tangan enam (iya, tangan, bukan jari!), lalu ada yang punya ekor, ada yang punya sayap seperti malaikat, ada yang tangannya lentur banget dan panjang, ada yang tubuhnya sekecil jempol manusia normal, dan masih banyak lagi. Komik ini memang jauh di luar nalar, tapi banyak pesan moral yang bisa kita dapatkan.

5. Nijiiro Days (Rainbow Days)

Nijiiro Days

Nijiiro Days atau Rainbow Days adalah sebuah seri manga shōjo yang ditulis dan diilustrasikan oleh Minami Mizuno. Saking terkenalnya seri komik ini, Rainbow Days sampai diadaptasi menjadi anime. Komik ini menceritakan tentang persahabatan antara empat orang anak laki-laki yang memiliki sifat berbeda-beda. Walaupun begitu, keempat cowok ini bisa menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tetap solid.

Tokoh dalam cerita ini adalah Natsuki Hashiba yang dipanggil Natcchan oleh ketiga sahabatnya. Karakter Natcchan adalah cowok romantis yang percaya dengan cinta sejati. Lalu ada Tomoya Matsunaga yang dipanggil Mattsun. Dia adalah seorang playboy yang sering tebar pesona pada cewek-cewek. Walaupun begitu, akhirnya Mattsun kepincut sama satu cewek yang bernama Mari.

Tokoh utama lainnya adalah Keiichi Katakura alias Kei-chan. Karekter Kei-chan digambarkan sebagai anak yang ceria dan jago olahraga. Akan tetapi, diam-diam dia itu “menyeramkan”, loh. Dia selalu membawa cambuk ke mana pun dia pergi, jaga-jaga jika ada orang yang memprovokasi dia.

Tokoh yang terakhir adalah Tsuyoshi Naoe. Nama panggilannya agak panjang, yaitu Tsuyopon. Dia adalah seorang otaku dan tidak peka terhadap situasi, akan tetapi dia adalah si jenius di dalam geng ini. Dia selalu mendapatkan nilai tertinggi di setiap ujian dan dia pandai pula berbahasa Inggris. Cuma dia di dalam geng yang punya pacar. Bagaimana, penasaran tidak dengan cerita persahabatan mereka?

6. Ano Hana (The Flower We Saw That Day)

Ano Hana

Sedang ingin membaca komik tentang persahabatan yang menyayat hati? Bacalah Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai atau yang sering disingkat menjadi Ano Hana. Pada awalnya, cerita ini berupa anime mingguan di televisi Jepang yang berjumlah 11 episode. Karena memiliki banyak penggemar, Ano Hana pun dikemas dalam bentuk film anime, novel, dan adaptasi manga.

Kenapa Ano Hana bisa viral dan memiliki banyak peminat? Mengisahkan tentang persahabatan antar anak kecil di suatu tempat, ketika teman mereka yang bernama Menma meninggal dunia, persahabatan mereka pun retak. Jintan, Anaru, Yukiatsu, Tsuruko, dan Poppo tidak dekat lagi seperti dulu.

Akan tetapi, Menma tidak sepenuhnya meninggalkan mereka, karena arwah Menma masih berkeliaran di sekitar mereka! Menma ingin memperbaiki hubungan persahabatan mereka yang telah lama retak melalui salah satu temannya, yaitu Jintan, tokoh utama dalam cerita ini. Jintan adalah seorang hikkikomori (tidak pernah keluar rumah dan tidak bersosialiasi). Jintan menjadi seperti itu semenjak kematian Menma dan ibunya.

Penulis Ano Hana, yaitu Mari Okada, memiliki masa lalu yang kelam. Dari situlah dia mendapatkan inspirasi untuk membuat cerita-cerita yang rasa sedihnya “pol banget” seperti Ano Hana. Yuk, baca Ano Hana dan nangis bareng-bareng!

7. Girl’s World

Girl's World

Komik tentang persahabatan yang selanjutnya adalah Girl’s World. Kamu bisa membaca web comic ini di platform LINE Webtoon. Seperti judulnya, komik karya Morangg ini menceritakan tentang kehidupan cewek. Tapi, hanya dari sudut pandang Nari saja, tokoh utama dalam komik ini. Mulai dari rasa minder Nari sebagai cewek yang “biasa saja”, hingga pikiran-pikiran Nari yang dianggap mewakili hati sebagian besar cewek pada masa sekolah.

Tentunya terselip juga cerita tentang pertemanan antara Nari, Yoona, Mirae, dan Sunji yang menurut Nari, kecantikan semuanya di atas standar. Jadi dia merasa seperti bebek jelek di antara geng angsa cantik. Nari pernah mencoba menjauhi ketiga temannya, tapi tidak berhasil karena ketiga temannya tidak pernah meninggalkan Nari.

Pokoknya cerita Girl’s World ini mirip banget dengan kejadian di dunia nyata, makanya bisa ngena banget, apalagi di kalangan cewek. Cerita ini mengajarkan, fisik itu tidak penting, karena akan selalu ada orang yang peduli pada kita dengan tulus.

8. Pokémon Adventures

Pokemon Adventures

Siapa, sih, yang tidak kenal Pokémon? Semua orang pasti tahu, apalagi dengan karakter utamanya yaitu Pikachu. Pokémon (Pocket Monster) sendiri merupakan sebuah video game yang menceritakan tentang anak-anak berusia 12 tahunan yang harus mengikuti kontes pertarungan antar Pokémon untuk lulus dari coming of age quest.

Franchise Pokémon masih tetap kuat hingga kini, bahkan Pokémon telah diadaptasi menjadi serial anime televisi, film anime, game di smartphone, dan tentunya ada komiknya juga. Untuk komik Pokémon ceritanya tidak terlalu sama dengan anime di televisi. Judulnya adalah Pokémon Adventures yang ditulis oleh Hidenori Kusaka dan diilustrasikan oleh Mato, Satoshi Yamamoto.

Berbeda dengan anime televisi yang berfokus pada persahabatan antara Ash (pemilik Pikachu) dengan Pikachu, lalu antara Ash dengan teman-teman manusianya yang lain, komik Pokémon Adventures lebih menceritakan tentang dunia Pokémon secara keseluruhan. Komik Pokémon Adventures bisa kamu beli secara online di Bukalapak melalui link ini.

9. Yotsuba&!

Yotsuba&!

Komik Yotsuba&! karya Kiyohiko Azuma ini sebenarnya lebih menceritakan tentang kekeluargaan, tapi ada bumbu persahabatannya juga. Yotsuba&! menceritakan tentang anak berusia 5 tahun bernama Yotsuba.

Komik ini menceritakan kehidupan sehari-harinya Yotsuba yang imut, energetik, dan selalu penasaran. Karakter Yotsuba juga agak berbeda dari anak 5 tahun kebanyakan, karena dia cenderung unik dan aneh. Mau baca cerita Yotsuba? Beli komiknya di Bukalapak lewat link ini, yuk!

10. Pelangi Persahabatan

Pelangi Persahabatan

Pelangi Persahabatan adalah rekomendasi komik tentang persahabatan yang terakhir. Komik ini asli buatan orang Indonesia, yaitu Cleovie Maritza Patriciana & Ridha, Dkk. Komik ini menceritakan tentang warna-warni persahabatan. Tokoh utamanya adalah Cleo dan Della. Mereka bertemu dengan dua orang teman baru.

Di awal pertemuan teman baru tersebut, mereka bertengkar karena masalah perbedaan sifat. Kira-kira bisakah mereka berteman akrab? Kalau penasaran, langsung saja baca komiknya, yuk! Beli komiknya di Bukalapak dengan mengakses link ini.

Nah, itu dia 10 komik tentang persahabatan yang recommended dari Bacaterus. Walaupun berupa fiksi bergambar, komik bisa mengajarkan kita tentang banyak hal, dalam kasus ini tentunya tentang persahabatan. Kalau komik bertema persahabatan favorit kamu apa?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *