Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Rekomendasi Komik Tentang Lingkungan yang Paling Seru

10 Rekomendasi Komik Tentang Lingkungan yang Paling Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2018

Kamu hobi membaca komik atau manga? Plus, kamu pecinta lingkungan sejati? Nah, Bacaterus punya 10 rekomendasi komik tentang lingkungan yang seru abis. Komik-komik ini punya beragam cerita yang seru dan menarik untuk diikuti.

Eits, meskipun komik ini bercerita tentang lingkungan, komiknya tetap tidak kalah seru dari komik yang ber-genre romance, comedy maupun fantasy, kok. Hayo, penasaran komik apa saja yang membahas seputar lingkungan ini? Langsung saja simak pembahasannya, ya.

10 Komik Tentang Lingkungan Terbaik

1. Miyori no Mori

komik tentang lingkungan miyori1a (Copy) (Copy)

*

 

Pertama, ada Miyori no Mori. Komik karya Hideji Oda yang diterbitkan pada tahun 2004 silam ini bercerita tentang Miyori, seorang gadis yang terpaksa harus pindah ke desa untuk tinggal dengan kakek dan neneknya karena kedua orangtuanya berpisah.

Suatu hari, Miyori berjalan-jalan di hutan yang berada tak jauh dari desa. Gadis ini kemudian menemukan pohon ceri besar, serta bertemu dengan para arwah penghuni hutan. Arwah-arwah tersebut berkata padanya bahwa dia dapat menyelamatkan hutan dan desa yang akan tenggelam akibat pembangunan bendungan. Penasaran dengan cerita selanjutnya dari komik Miyori no Mori? Kamu bisa membacanya di sini.

 2. Shangri-La

shangri-la (Copy)

 

Selanjutnya, ada Shangri-La. Komik ini mengisahkan tentang warga Tokyo, Jepang yang harus pindah dari kota tercinta mereka karena Tokyo mengalami pemanasan global, diterjang badai, serta gempa bumi yang meluluh-lantakkan seluruh kota. Pemerintah akhirnya merelokasi warga ke sebuah kota kecil bernama Atlas. Namun, ternyata banyak di antara para pengungsi yang ingin berusaha untuk masuk ke dalam kota.

Sementara kota tersebut sudah penuh sesak. Akhirnya, muncul ide untuk melakukan gerilya. Pasukan gerilya tersebut dipimpin oleh seorang gadis bernama Houjyou Kuniko. Komik karya Tasuku Karasuma dan Eiichi Ikegami ini bisa kamu baca di sini.

3. Great Pacific

previmg-1 (Copy)

*

 

Komik Great Pacific bercerita tentang seorang pemuda berusia 21 tahun bernama Chas Worthington yang merupakan pewaris dari perusahaan perminyakan. Chas meninggalkan semua tanggung jawabnya dan memilih untuk menaklukkan tumpukan sampah berukuran dua kali lebih besar daripada Texas yang ditimbulkan manusia.

Sampah tersebut mengapung dan mengotori samudera pasifik. Tempat tumpukan sampah itu sendiri berada di antara perairan Hawaii dan California. Akankah pemuda ini berhasil menaklukkan tumpukan sampah tersebut? Simak langsung kisah tentang Chas Worthington yang merupakan karya dari Joe Harris dan Martin Mozzaro di sini.

 4. I’m Not A Plastic Bag

plastic bag (Copy)

 

I’m Not A Plastic Bag adalah sebuah novel berbentuk grafis tanpa teks yang dibuat oleh Rachel Hope Allison dan diterbitkan pada tahun 2012 lalu. I’m not A Plastic Bag bercerita tentang ban bekas, kantong, serta botol yang melakukan ‘perjalanan’ menuju tumpukan sampah yang ada di Samudera Pasifik.

Hmm, menarik juga, ya? By the way, latar yang digunakan, yakni tumpukan sampah di samudera pasifik bernama The Great Pacific Garbage Patch memang ada di dunia nyata, lho. The Great Pacific Garbage Patch juga menginspirasi Joe Harris dan Martin Mozzaro untuk membuat komik Great Pacific.

5. Oil and Water

oil and water (Copy)

 

Selanjutnya, ada Oil and Water yang merupakan komik tentang lingkungan karya Steve Duin dan Shannon Wheeler yang bercerita tentang kisah nyata mereka yang berkunjung ke Louisiana, setelah tragedi kebocoran minyak Deepwater Horizon mengguncang Teluk Meksiko pada tahun 2010 lalu. Mereka ingin mengetahui bagaimana situasi di sana setelah peristiwa mengerikan itu terjadi. Komik ini diterbitkan di tahun 2011 oleh penerbit Fantagraphics. Kamu bisa membaca preview komiknya di sini.

6. Coppelion

Volume_13 (Copy)

 

Coppelion adalah komik yang menceritakan tentang perjuangan para gadis untuk mencari korban selamat dan berhasil bertahan dari terjangan bencana kebocoran nuklir yang menimpa Tokyo pada tahun 2016.

Gadis-gadis dari masa depan yang memiliki daya tahan terhadap radiasi nuklir ini dinamakan Coppelion. Mereka diutus oleh pemerintah untuk tetap mencari korban selamat dari peristiwa mengerikan itu. Tidak sendiri, gadis-gadis ini didampingi oleh para tentara militer untuk mengeksplorasi kota Tokyo yang berubah menjadi kota mati. Kamu bisa membaca komik karya Tomonori Inoue di sini.

7. Fourteen

fourteen-771 (Copy)

 

Karena keserakahan manusia, hewan dan tumbuhan menjadi punah. Manusia yang pada saat itu hidup di tahun 2200 harus mengonsumsi daging ayam yang dibuat di pabrik. Suatu ketika, seorang profesor menemukan daging ayam yang cukup aneh. Yap, daging ayam tersebut memiliki mata! Sang profesor kemudian menyembunyikan daging ayam itu.

Lama kelamaan, daging ayam tadi bertransformasi menjadi ayam. Lalu sang profesor berkata pada ayam tersebut bahwa si ayam lahir untuk dimakan oleh manusia. Kira-kira apa yang terjadi pada si ayam mutan dan manusia yang memakannya, ya? Langsung saja baca kelanjutan kisah dari sang ayam mutan dalam komik Fourteen di sini.

8. Moyashimon

moyashimon-338 (Copy)

 

Seorang pemuda bernama Sawaki Tadayasu baru saja memasuki sebuah universitas agrikurtural di kota Tokyo, Jepang. Pemuda ini menyadari kalau dirinya ternyata memiliki kemampuan untuk melihat dan bahkan berkomunikasi dengan mikroba. Wah, menarik juga ya? Kamu tertarik untuk membaca komik karya Masayuki Ishikawa ini? Yuk, baca langsung saja komiknya melalui link ini.

9. Nausicaa

nausicaa-of-the-valley-of-the-wind-661 (Copy)

 

Komik satu ini bercerita tentang Nausicaa, seorang puteri baik hati yang tinggal di sebuah provinsi bernama Valley of The Wind. Puteri Nausicaa berusaha untuk menyelamatkan tempat tinggalnya dari kepunahan manusia yang disebabkan oleh peristiwa yang dinamakan Seven Days of Fire.

Peristiwa tersebut menyebabkan hutan-hutan di tempat tinggal Puteri Nausicaa menjadi beracun. Ditambah dengan adanya serangga raksasa, membuat tempat tinggalnya semakin jauh dari kata aman. Kira-kira, bagaimana kelanjutan dari kisah putri baik hati ini, ya? Langsung saja baca kisah dari Nausicaa di sini.

10. Sea Tiger

seatiger (Copy)

 

Sea Tiger bercerita tentang seorang pemuda bernama Hai Hu yang berusaha untuk mengembalikan bumi yang sudah tercemar oleh polusi untuk menjadi ‘bersih’ seperti sedia kala. Ia dijuluki ‘sea tiger’dan dianggap sebagai seorang pahlawan oleh penduduk tempatnya tinggal. Tak disangka, ternyata Hai Hu adalah seorang playboy. Wah, wah keren juga ya, ada playboy yang peduli sama lingkungan?

Nah, itulah kesepuluh komik yang bercerita mengenai lingkungan. Komik-komik di atas memiliki cerita menarik yang dapat menghibur sekaligus menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian alam serta lingkungan tempat tinggal kita.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kisah-kisah dalam komik di atas, misalnya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak serakah dalam memperlakukan hewan dan tumbuhan. Hal-hal tersebut hanya akan menimbulkan bencana di kemudian hari. Bagaimana, tertarik untuk membaca komik tentang lingkungan di atas?

Mudah-mudahan, setelah membaca komiknya kita semakin sadar bahwa lingkungan tempat tinggal kita perlu dijaga, dan sebagai manusia kita tidak boleh berperilaku semena-mena terhadap lingkungan.

Oh ya, selain komik yang bercerita tentang lingkungan, Bacaterus juga punya rekomendasi komik lainnya, lho. Buat kamu yang ingin baca komik bertemakan persahabatan, kamu bisa membaca artikel tentang 10 Komik Bertemakan Persahabatan ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment