Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Komik Jadul Indonesia yang Paling Populer Sepanjang Masa

10 Komik Jadul Indonesia yang Paling Populer Sepanjang Masa

Jangan dikira hanya ada komik bergaya western dan Jepang saja. Kalau Anda memang suka membaca komik, maka baca juga 10 komik jadul Indonesia terbaik dan tak kalah serunya dengan komik buatan orang luar negeri.

Meski tergerus zaman, namun kesepuluh komik jadul ini tetap layak untuk dibaca lho. Ya, memang komik-komik ini dirilis sebelum tahun 2000-an bahkan ada juga yang dirilis sebelum tahun 90-an. Nah, apakah Anda penasaran dengan komik asli Indonesia yang keren? Mari simak ulasan selengkapnya di artikel Bacaterus berikut ini.

10 Komik Jadul Indonesia Terbaik

1. Gundala Putera Petir

Gundala Putera Petir

Disinyalir, komik jadul Indonesia yang mengangkat tema superhero ini mirip dengan hero The Flash. Nah, meski begitu, nyatanya Gundala Putera Petir ini cukup keren bahkan tak kalah kerennya dari The Flash. Komik buatan Hasmi pada tahun 1969 ini bercerita tentang seorang ilmuwan dan peneliti, Sancaka, yang berhasil menemukan serum petir.

Namun, Sancaka terlalu sibuk akan penelitiannya sehingga ia melupakan sang kekasih, Minarti, dan berujung putus dari kekasih tercintanya itu. Tak disangka, Sancaka merasa sangat patah hati dan berlari ke luar di saat hujan petir. Alih-alih menghilangkan rasa galau, Sancaka justru disambar petir yang membuatnya menjadi seorang superhero berkekuatan petir.

2. Godam Manusia Besi

Godam Manusia Besi

Di tahun yang sama, 1969, Wid NS juga merilis sebuah komik superhero dengan nama Godam Manusia Besi. Diceritakan bahwa Godam ini berasal dari dunia dan dimensi lain yang bernama Godam. Di dunia Godam, ia menjadi buronan karena selalu melawan dan menentang sang Ratu Candalani. Bagaimana akhirnya Godam Manusia Besi dapat bertahan dan melawan ratu jahat?

3. Aquanus

Aquanus

Masih dengan komik jadul Indonesia buatan Wid NS, kali ini Aquanus dirilis lebih dulu dibanding Godam Manusia Besi, yakni dibesut tahun 1968. Kalau superhero yang ini menceritakan tentang penyerangan bangsa Burbur menuju Zyba. Merasa terancam, kemudian sang putra angkat raja dilarikan ke luar angkasa dengan menggunakan roket yang justru jatuh ke Bumi.

Kemudian, putra angkat sang raja dirawat oleh keluarga pemburu paus dan diberi nama Dhanus. Dikarenakan Dhanus memang keturunan Zyba yang bisa hidup di darat dan air, maka ia juga bisa dengan mudah main ke dasar laut. Hingga pada akhirnya, ia sempat bertemu dengan seseorang yang menolongnya dari gurita raksasa di laut. Orang itu mengaku berasal dari Zybra. Benarkah ia dari Zybra atau musuh?

4. Pangeran Mlaar

Pangeran Mlaar

Ada lagi komik jadul Indonesia besutan Hasmi yang diberi nama Pangeran Mlaar. Ia adalah seorang putra mahkota dari kerajaan yang ada di planet luar, Covox. Pangeran Mlaar ini dilarikan oleh pamannya karena sang raja Covox telah dibunuh oleh Menteri Telern dan Putri Kepala Perak.

Berkat bantuan sang paman yang jenius, Pangeran Mlaar ini justru menjadi punya kekuatan yang tidak bisa dimiliki oleh manusia biasa pada umumnya. Pangeran Mlaar punya kemampuan elastisitas yang bisa melenturkan badan dalam batas tertentu. Akankah Pangeran Mlaar membalaskan dendam atas kematian ayahnya?

5. Caroq

Caroq

Komikus bernama Ahmad Thoriq juga tak mau kalah dalam membuat komik keren asli Indonesia. Komik berjudul Caroq ini diciptakan di tahun 1992, yang mungkin para anak-anak generasi 90-an masih ingat dengan komik fenomenal ini.

Diceritakan Caroq ini punya nama Ongko yang punya pekerjaan sebagai supir taksi. Alih-alih sebagai manusia biasa, justru Ongko ini punya kekuatan magis yang bahkan tidak dimiliki oleh manusia biasa. Ongko alias Caroq punya 2 celurit panjang yang sangat sakti. Dikenal Si Tangan Empat dan Bengis adalah dua musuh utama dari Caroq.

6. Jin Kartubi

Jin Kartubi

Kembali dengan komik jadul Indonesia ciptaan Hasmi, kali ini dirinya membuat sebuah cerita berjudul Jin Kartubi. Di tahun 1968, komik ini rilis ke permukaan. Kartubi sendiri merupakan jin raksasa hamba Maza. Jadi, Kartubi harus selalu ada saat Maza memubutuhkannya dengan cara menggosok pisau belatinya, maka dengan cepat Kartubi akan muncul sambil tertawa terbahak-bahak.

Yang unik adalah asal-usul Kartubi sendiri sebagai seorang pangeran di negeri jin, Mbegadud. Kartubi punya ayah bernama Mansuk Lenzus. Sayang, saudara-saudaranya sangat jahat pada Kartubi dan memasukannya ke dalam botol, lalu membuangnya. Bisakah Kartubi kembali ke Mbegadud?

7. Kalong

Kalong

Sosok yang satu ini pasti akan mengingatkan Anda dengan tokoh kartun DC, Batman. Ya, memang kalong ini mirip dengan Batman namun ceritanya juga tak kalah bagusnya dengan Batman. Komik ciptaan 1972 ini bercerita tentang Agus Supriyadi yang sembunyi dalam sebuah peti. Ia melakukannya agar bisa ikut dalam perjalanan ekspedisi arkeolog menuju pegunungan Dieng yang dipandu oleh ayahnya.

Agus harus sembunyi-sembunyi karena ia tidak diijinkan ikut ekspedisi oleh orang tuanya, jadi ia tinggal bersama seorang pegawai ayahnya dalam satu tenda. Alih-alih merasa aman, justru Agus diincar dan diperas oleh Isman, komplotan jahat dalam ekspedisi. Dengan inisiatif sendiri, Agus berlari hingga terperosok jurang dan masuk ke dalam sebuah goa.

Goa itu ternyata berisi banyak sekali kelalawar dan Agus juga bertemu dengan bangsa manusia kelalawar yang berasal dari kerajaan Laksa Bantala. Xamfereet, sang raja memberikan benda ajaib yang justru mengubah Agus menjadi kalong cilik yang kebal akan senjata.

8. Sembrani

Sembrani

Hasmi memang seorang komikus yang aktif dalam menciptakan komik keren, kali ini Hasmi merilis komik berjudul Sembrani. Sebenarnya, tokoh Sembrani sempat muncul di komik Hasmi yang pertama di serial Gundala 1000 Pendekar tahun 1974.

Tokoh Sembrani, sebelum menjadi seorang superhero, ia punya nama Tangguh. Nah, sosok Tangguh ini diberi sebuah kalung misterius yang dapat mengubahnya menjadi seorang superhero yang kuat. Maka akhirnya, ia mengubah namanya menjadi Sembrani.

9. Zantoro

Zantoro

Zantoro, sosok superhero yang dikenal benci dengan kejahatan. Ia sangat merasa marah ketika ada tindakan kejahatan yang ia lihat di depan matanya. Banyak para penjahat berjatuhan akibat serangan dari Zantoro yang berusaha menumpas kejahatan.

Sayangnya, Zantoro sendiri punya cerita yang cukup memilukan di mana ia berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Ia terpisah dari sang adik, Mantoro, yang tinggal dengan ibunya. Zantoro sendiri tinggal bersama sang ayah yang punya keahlian dalam pembuatan senjata tajam. Kemampuan ayahnya ini ternyata menurun ke Zantoro!

10. Merpati

komik jadul indonesia Merpati

Jika komik jadul Indonesia lainnya bercerita sosok superhero dari kalangan pria, maka berbeda dengan Merpati. Komik satu ini bercerita seorang wartawan wanita bernama Sedhah yang berusaha menolong ayahnya yang diculik. Saat penculikan, ayahnya jatuh ke dalam sebuah jurang.

Tanpa disangka-sangka, sang ayah ditolong oleh segerombolan merpati yang membawa ayahnya dan Sedhah menghadap Ratu Merpati. Kemudian, Sedhah diberikan sebuah ramuan ajaib yang justru membuatnya menjadi kuat dan disebut sebagai “Merpati.”

Demikian tadi adalah 10 komik jadul Indonesia yang tak kalah kerennya dengan cerita komik luar negeri. Bahkan beberapa di antaranya mengingatkan kita akan sosok tokoh superhero luar negeri. Pernah baca salah satunya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment