Bacaterus / Jalan-Jalan / Wisata Bandung / 10 Kolam Air Panas di Bandung yang Bagus untuk Relaksasi

10 Kolam Air Panas di Bandung yang Bagus untuk Relaksasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 September 2018

Apa tujuan Anda ketika berkunjung ke Kota Bandung? Mengincar aneka kuliner? Mencari spot bagus buat foto-foto? Bersantai di taman tematik? Berbelanja di mall dan FO? Atau apakah Anda sedang ingin bersantai di kolam air panas di Bandung?

Bagi Anda yang sedang mencari ketenangan untuk melepas penat, Bacaterus punya rekomendasi tempat yang cocok, nih. Kesepuluh kolam renang ini berisi air hangat, ada yang bentuknya kolam renang sungguhan dan ada yang merupakan tempat pemandian air panas.

Beberapa kolam ada yang terletak di tengah kota, cocok buat Anda warga asli Bandung yang ingin berenang tapi tidak mau kedinginan. Lalu, ada juga kolam air panas yang terletak di daerah tinggi yang tidak hanya menawarkan relaksasi tapi juga pemandangan yang indah. Ingin tahu di mana saja? Baca selengkapnya di bawah ini.

10 Kolam Air Panas di Bandung

1. Kolam Renang Bukit Cipaku

Kolam Renang Bukit Cipaku

* sumber: www.google.co.id

Sedang mencari kolam air panas di Bandung yang lokasinya ada di tengah kota? Datanglah ke Kolam Renang Bukit Cipaku. Kolam renang ini merupakan fasilitas dari Hotel Cipaku, tapi tetap dibuka untuk umum, kok. Di sini tersedia kolam anak, kolam dewasa, serta kolam air panas. Untuk pelayanannya tetap standar hotel, karena kolam renang ini merupakan bagian dari hotel. Menarik, kan?

Kolam renang ini sudah lebih dari 30 tahun dibuka, jadi ada kesan vintage-nya namun tetap bersih dan nyaman. Biasanya orang-orang berdatangan ke Kolam Renang Bukit Cipaku pada musim hujan untuk mengincar kolam air panasnya. Kolam renang ini juga menyediakan pelatih renang untuk terapi anak-anak, loh!

Jangan khawatir kedinginan setelah keluar dari kolam air panas, soalnya area showernya juga tersedia air hangat. Di sini tersedia penitipan tas dan sepatu, lalu ada kantin dan mushola juga. Alamat Kolam Renang Bukit Cipaku ada di Jalan Cipaku Indah XI no. 4, Ledeng, Cidadap. Patokannya tepat di belokan tajam kampus UPI, lalu belok kanan ke arah Perumahan Cipaku Indah. Kolam ini buka setiap hari dari jam 6 pagi – 9 malam.

2. Graha Tirta Siliwangi

Kolam Renang Siliwangi

* sumber: www.google.co.id

Rekomendasi kolam air panas di Bandung yang selanjutnya adalah Graha Tirta Siliwangi. Terdapat tiga kolam renang di sini, yaitu kolam dewasa dengan kedalaman 120 cm – 200 cm (air panas), kolam anak (air panas), dan kolam anak + taman bermain air (waterpark).

Hanya kolam dewasa dan anak (balita) saja yang pakai air panas, ya, waterpark-nya pakai air dingin. Anda dan buah hati Anda bisa juga berendam di hot tub (jacuzzi) jika ingin menghangatkan diri.

Harga tiket masuk Graha Tirta Siliwangi adalah sebesar Rp 75 ribu, itu sudah dengan free soft drink, ya. Jika Anda mau jadi member bulanan, harganya Rp 400 ribu dan Rp 2.25 juta untuk member tahunan. Jika Anda menjadi member, Anda bisa datang setiap hari sesuka hati Anda.

Fasilitas di kolam ini lengkap banget, mulai dari toko peralatan renang, restoran, dan kamar mandi yang sudah menyediakan sabun mandi, plastik kresek untuk baju basah Anda, serta ada hair dryer-nya. Sebelum mandi, Anda bisa sauna dulu dengan membayar Rp 20 ribu/30 menit (non-member, untuk member gratis!). Alamat kolam ini ada di Jalan Lombok no. 10, Merdeka, Sumur Bandung.

3. Kolam Renang Bumi Sangkuriang

Kolam Renang Bumi Sangkuriang

* sumber: bumisangkuriang.com

Bumi Sangkuriang merupakan venue yang populer disewa sebagai gedung pernikahan. Tapi, kolam renangnya bebas Anda kunjungi, kok. Kolamnya berada di tengah taman yang dipenuhi pepohonan dan tumbuhan hijau. Kolamnya ada tiga macam, yaitu untuk dewasa dan anak.

Kolam utama letaknya persis di samping gedung Bumi Sangkuriang. Kolam dengan kedalaman 1.5 m ini diperuntukkan buat orang dewasa. Di sisi kolam disediakan banyak kursi santai dan tenda untuk beristirahat. Di sisi lain kolam ada pool bar yang menjual berbagai makanan serta minuman.

Naik sedikit, ada dua kolam khusus untuk anak-anak. Salah satu kolamnya dilengkapi dengan perosotan (waterboom mini) dan air terjun buatan. Sama dengan jadwal restorannya, Anda bisa mengunjungi kolam renang ini dari jam 10 pagi – 10 malam. Tarif kolam renang pada weekday adalah Rp 40 ribu dan naik 10 ribu untuk weekend.

Nilai plusnya, Anda sudah diberi handuk dan softdrink. Setelah puas bermain air, buah hati Anda dapat bermain di area playground. Terus, bagi para penunggu (yang tidak berenang) tidak dikenakan biaya. Lokasi Kolam Renang Bumi Sangkuriang ada di Jalan Kiputih no. 12, Ciumbuleuit, Cidadap. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi (022) 2032661.

4. Batununggal Indah Club

Batununggal Indah Club

* sumber: www.google.co.id

Ingin datang ke kolam air panas di Bandung yang benar-benar diperuntukkan buat olahraga? Batununggal Indah Club bisa jadi pilihan Anda. Kolam renang ini memiliki fasilitas yang lengkap, mungkin karena kolam ini merupakan bagian dari pusat olahraga.

Tempat berenang di sini terdiri dari tiga kolam, yaitu kolam dewasa, kolam anak, dan kolam keluarga (ini baru airnya panas). Untuk kolam keluarga diberi atap agar tidak kehujanan dan kedalamannya tidak terlalu dalam, sehingga anak-anak pun bisa bermain di sana.

Harga tiket masuk kolam renang Batununggal Indah Club adalah Rp 65 ribu di hari kerja dan tambahan 5 ribu saat hari libur. Anda bisa mengunjungi kolam ini setiap hari kecuali hari Senin, dari jam 6 pagi – 9 malam. Alamatnya ada di Jalan Batununggal Indah IX no. 2, Mengger, Soekarno Hatta, Bandung Kidul. Untuk reservasi dan info lebih lanjut hubungi (022) 7560200.

5. Sampoerna Sport Club

Sampoerna Sport Club

* sumber: www.google.co.id

Tak cuma Batununggal Indah Club, ada lagi pusat olahraga di Bandung yang punya kolam air panas, yaitu Sampoerna Sport Club. Di sini tersedia dua kolam, yaitu yang semiindoor (beratap) untuk anak-anak dan yang outdoor untuk dewasa (kedalaman 60 – 140 cm.

Di sini airnya tidak terlalu panas tapi tidak agak dingin juga, bisa dibilang suhunya pas banget buat dipakai berenang atau pun berendam. Di sana tersedia kantin jika Anda malas bawa bekal dari rumah. Harganya standar, kok, tidak terlalu mahal seperti kebanyakan kantin kolam renang lainnya.

Harga tiket untuk masuk ke kolam renang Sampoerna Sport Club ini adalah Rp 35 ribu (weekday) dan Rp 40 ribu (weekend). Kolam renang ini bisa diakses dari jam 7 pagi – 11 malam, jadi Anda bisa mengunjunginya habis pulang kerja. Sampoerna Sport Club beralamat di Jalan Padasaluyu no. 10, Isola, Sukasari.

6. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

* sumber: www.google.co.id

Di atas tadi merupakan rekomendasi kolam air panas di Bandung yang bentuknya benar-benar kolam untuk berenang. Nah, sekarang Bacaterus mau menambahkan kolam air panas yang lebih menjurus ke relaksasi dan wisata. Pertama-tama, ada Pemandian Air Panas Ciater. Wisata air ini terkenal karena akses jalannya mudah, pemandiannya oke, pemandangannya indah, dan udaranya sejuk.

Jika Anda benar-benar ingin bersantai, sebaiknya jangan datang pada weekend atau hari libur nasional, karena tempat ini pasti padat pengunjung. Atau, kalau Anda cuma punya waktu di hari libur dan ingin berendam dengan santai, pemandian air panas ini lumayan sepi di malam hari daripada siang hari. Jadi, datanglah pada saat malam, ya.

Jika kemalaman, Anda bisa sekalian menginap juga di Pemandian Air Panas Ciater. Di sana ada hotel, bungalow, hingga tenda. Lapar? Ada restoran yang menurut orang-orang rasanya lezat. Lokasi pemandian ini ada di Jalan Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang. Buka 24 jam!

Untuk tiket masuk pemandian air panas adalah sebesar Rp 80 ribu baik weekday maupun weekend. Itu sudah dengan free air mineral, ya. Sayangnya, kalau Anda mau berendam di kolam yang private, Anda akan dikenai biaya lagi. Informasi lebih lanjut silakan hubungi (0260) 471700.

7. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini

* sumber: www.google.co.id

Tadi Ciater, sekarang ada Pemandian Air Panas Ciwalini. Walaupun namanya pemandian air panas, tempat ini lebih seperti waterboom dengan kolam air panas, karena di sini tersedia arena permainan yang cukup banyak. Kolam renangnya pun tidak tanggung-tanggung, ada lima buah yang terbagi untuk dewasa dan anak.

Tidak bawa baju dan kacamata renang? Tidak bisa berenang dan ban tangan ketinggalan di rumah? Lupa bawa baju ganti? Di sepanjang jalan menuju pintu masuk pemandian banyak toko yang menjual semua barang-barang itu, kok. Di dalam pemandian juga disediakan penyewaan ban besar untuk membantu berenang dan bermain.

Sayangnya di sini tidak ada restorannya, jadi Anda harus bawa bekal dari rumah. Tapi ada juga mamang pedagang cuanki pikul yang suka nangkring di dekat saung tempat duduk para pengunjung. Kalau penjual makanan ringan dan oleh-oleh di sana juga ada.

Perlu Anda ketahui ada beberapa kolam yang kalau mau dimasuki harus bayar lagi (Rp 25 ribu dan itu diwaktu hanya untuk 20 menit). Dan, sayangnya lagi, pengamen dan pengemis masih bisa bebas masuk ke area kolam. Hati-hati dengan barang bawaan Anda karena banyak orang yang tidak berkepentingan dapat keluar masuk begitu bebasnya ke sana.

Harga tiket Pemandian Air Panas Ciwalini untuk per orangnya cukup murah, bahkan jauh lebih murah daripada Ciater, yaitu Rp 20 ribu per orang. Untuk parkir bus/truk Rp 20 ribu, mobil Rp 5 ribu, dan sepeda motor Rp 3 ribu. Namun ketika keluar, Anda suka dimintai uang lagi oleh orang (entah petugas entah preman sekitar) sebesar Rp 5 ribu untuk motor dan mungkin lebih mahal lagi untuk mobil, bis, dan truk.

Well, mau bagaimanapun juga pemandian air panas ini tetap worth it, kok. Kalau Anda dan keluarga mau mencobanya, silakan datang ke Jalan Raya Ciwidey – Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Rancabali. Tempat ini buka setiap hari dari jam 7 pagi – 6 sore.

8. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang

* sumber: www.google.co.id

Masih di daerah dingin, kolam air panas di Bandung kali ini terletak di Pangalengan, namanya adalah Pemandian Air Panas Cibolang. Air panas di pemandian ini berasal dari mata air Gunung Windu, makanya airnya begitu jernih dan segar walaupun tanpa menggunakan bahan kimia untuk membersihkan airnya.

Pemandian ini dikelilingi oleh perkebunan teh, makanya pemandangannya indah dan udaranya sejuk. Sayangnya akses jalan menuju ke Pemandian Air Panas Cibolang masih tergolong ekstrem. Jalannya berbatu dan banyak pungli di setiap belokan jalan menuju pemandian.

Tak hanya di jalan saja, ketika Anda masuk ke Pemandian Air Panas Cibolang, jika Anda mau berendam di kolam VIP yang lebih bersih, Anda akan dikenakan biaya lagi (tapi untuk anak-anak tidak dikenakan biaya). Dan, sama seperti pemandian Ciwalini, di sini pengamen bebas berkeliaran. Jadi, untuk jaga-jaga pungli, bayar ke WC, dan pengamen, bawalah uang receh yang banyak.

Selain itu, air panasnya yang menyegarkan dan pemandangannya yang indah akan berhasil membuang semua penat Anda. Pemandian ini dapat Anda akses dari jam 7 pagi – 5 sore. Alamatnya ada di Desa Wanasuka, Pangalengan. Harga tiket masuknya Rp 10 ribu/orang, masuk ke kolam VIP tambah Rp 10 ribu/orang dewasa, parkir motor Rp 2 ribu, parkir mobil Rp 5 ribu, dan parkir bus/truk Rp 20 ribu.

9. Gracia Spa Resort

Gracia Spa Resort kolam air panas di Bandung

* sumber: www.flickr.com

Kolam air panas di Bandung yang selanjutnya adalah Gracia Spa Resort. Tahukah Anda jika berendam di air hangat yang mengandung sulfur dapat menyembuhkan berbagai penyakit? Nah, di Gracia Spa Resort ini air panasnya alami dari Gunung Tangkuban Perahu dan airnya memiliki kandungan sulfur.

Kelebihan lainnya dari Gracia Spa Resort adalah pemandangannya. Kolam air panasnya di desain modern namun tetap ada sentuhan alamnya. Di sekitar kolam terdapat bangku berpayung lebar untuk istirahat. Sejauh mata memandang ada padang rumput, tanaman hijau, dan pepohonan rindang. Ditambah udara yang sejuk, berendam di kolam air panas ini benar-benar menyenangkan.

Kolam renang di sini ada tiga, dua untuk orang dewasa dan satu untuk anak-anak. Tidak hanya ukuran dan kedalaman kolam saja, tapi suhu air pun disesuaikan. Untuk kolam anak airnya hangat biasa. Baru, deh, di kolam dewasa yang ukurannya paling besar itu airnya cukup panas.

Di sini tersedia kantin, kamar mandi, mushola, dan free wifi! Kolam air panas di Bandung mana lagi coba yang menyediakan internet gratis? Hihi. Tak cuma gratis internet saja, di sini juga gratis parkir, loh! Tiket masuk ke kolam renang ini adalah Rp 75 ribu/orang dewasa dan Rp 45 ribu/anak pada saat weekend, sedangkan untuk hari kerja biaya masuknya dikurangi 10 ribu.

Tiket masuknya jangan langsung dibuang, ya, soalnya untuk ditukar dengan free softdrink. Pemandian yang terletak di Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater, Kabupaten Subang, ini buka selama 24 jam. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut silakan hubungi (0260) 470905.

10. Kampung Cai Rancaupas

kolam air panas di Bandung Kampung Cai Rancaupas

* sumber: liburandibandung.com

Rekomendasi kolam air panas di Bandung yang terakhir adalah Kampung Cai Rancaupas. Tempat ini memang lebih beken dengan area kemping dan penangkaran rusanya. Tapi, wisata airnya juga tak kalah menarik, loh. Kolam renangnya berisi air panas dari sumber mata air alami Gunung Patuha.

Di Kampung Cai Rancaupas ini ada dua buah kolam, yaitu untuk dewasa dan untuk anak-anak. Tidak cuma dipakai berendam, kolam renang ini sudah dilengkapi dengan area perosotan dan ember tumpahnya segala. Tidak kalah dengan waterboom, ya? Tiket masuknya murah meriah, loh, cuma Rp 15 ribu saja mau weekday ataupun weekend.

Yuk, ah, meluncur ke Kampung Cai Rancaupas di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau untuk reservasi, silakan hubungi (022) 85920070, SMS: 0853-2000-0743 (Ecep Upas), atau SMS: 0821-2679-5857 (Aang Upas).

Iya, itu dia sepuluh kolam air panas di Bandung yang recommended dari Bacaterus. Selain kolam-kolam di atas, masih ada tempat lainnya yang patut Anda coba, yaitu Kolam Renang Tirtamulya, Pemandian Air Panas Cimanggu, Ciwidey Valley, Pemandian Air Panas Walini, Kolam Air Panas Emte Highland Resort, dan d’GROOVE Sport and Wellness Center.

Ternyata di Bandung banyak banget kolam air panas yang bagus-bagus, ya? Kalau kolam renang air panas favorit Anda yang mana, nih? Ceritakan pengalaman Anda berkunjung ke kolam air panas di Bandung di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment