Bacaterus / Serba Serbi / 10 Kisah Cinta Paling Menyentuh dan Memilukan di Dunia

10 Kisah Cinta Paling Menyentuh dan Memilukan di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cinta adalah sebuah perasaan yang unik. Karena cinta seseorang bisa melakukan hal-hal yang mengagumkan bahkan juga bodoh. Beberapa kisah berakhir bahagia, namun tak sedikit pula yang bernasib naas. Kita tentu masih ingat kisah percintaan yang ditulis Shakespeare dalam drama Romeo dan Juliet.

Kisah tersebut bukanlah satu-satunya kisah cinta yang berujung memilukan. Di dunia sendiri terdapat beberapa kisah cinta paling menyentuh namun pada akhirnya harus berakhir memilukan. So, inilah kisah cinta di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum khusus untuk kamu. Berikut adalah ulasannya.

1. Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Taj Mahal adalah sebuah bangunan yang cukup populer di India. Nah, selain arsitektur bangunannya yang menawan, Taj Mahal pun menyimpan kisah cinta yang mengharukan antara Shah Jahan dan Arjumand Banu Begum atau yang dikenal dengan Taj Mahal.

Meskipun Taj Mahal adalah istri ketiga, namun ia adalah satu-satu istri yang paling dicintainya. Kecantikan serta kesetiaannya sebagai istri membuat cinta Shah Jahan semakin besar pada sang istri.

Kisah cinta mereka pun harus berakhir memilukan ketika Taj Mahal meninggal ketika melahirkan anak bungsu mereka yang ke-14 saat menemani sang suami di medan perang. Untuk mengenang kepergian sang istri, Shah Jahan pun menghabiskan sebagian besar hartanya untuk membangun Taj Mahal.

Ia pun kemudian menghabiskan akhir hayat di bangunan yang menjadi bukti kisah cintanya pada Taj Mahal dengan memegang janji untuk tetap setia dan tidak menikah lagi.

2. Victoria dan Pangeran Albert

Victoria dan Pangeran Albert

* sumber: www.greelane.com

Kisah berikutnya datang dari kerajaan Inggris, yaitu Ratu Victoria dan Pangeran Albert pada abad ke-17. Victoria dan Pangeran Albert menikah pada tahun 1840 di Chapel istana Santo James. Selama pernikahannya, Victoria dan Albert dianugerahi 5 anak perempuan dan 4 anak laki-laki.

Di bawah bayang-bayang kerajaan, keduanya hidup saling mencintai. Masalah kemudian muncul ketika Albert mulai merasakan keluhan pada kesehatannya. Kemudian pada tahun 1861, sang pangeran dinyatakan meninggal tidak lama setelah menemui putranya Bertie di Cambridge untuk membicarakan skandal memalukan yang dilakukan putranya tersebut.

Victoria yang begitu mencintai Albert begitu terpukul dan tidak henti-hentinya meratapi kepergian Albert hingga akhirnya dokter memberikan obat penenang. Kepergian Albert juga membuat sang Ratu membenci Bertie. Sejak kematian Albert, selama 40 tahun lamanya, Victoria diketahui kerap mengenakan pakaian serba hitam sebagai bentuk rasa dukanya.

Ia juga diketahui kerap membawa anak-anaknya dan menceritakan kebaikan sang suami pada anak-anaknya serta meminta para pekerja istana memakai pakaian hitam. Rasa cintanya pada sang suami membuatnya mengasingkan diri dari publik. Masyarakat sendiri kemudian melambangkannya sebagai simbol duka dan kesedihan. Mereka pun menyebutnya dengan ‘Janda Windsor’.

3. Heloise dan Abelard

Heloise dan Abelard

* sumber: harianromantis.blogspot.com

Kisah cinta menyentuh selanjutnya, yaitu antara Peter Abelard dan Heloise. Peter Abelard merupakan seorang profesor dan juga teolog. Perasaan cintanya pada muridnya yang bernama Heloise telah membawa kisah pilu bagi keduanya. Abelard yang sangat dikagumi oleh paman dari muridnya tersebut diam-diam melangsungkan pernikahan rahasia dengan Heloise.

Keduanya pun kemudian dianugerahi seorang anak. Sang Paman yang akhirnya mengetahui hal tersebut pun murka dan mulai memisahkan keduanya. Heloise kemudian menjadi seorang biarawati, sementara Abelard kemudian dikebiri dan diasingkan ke daerah lain.

Meskipun sempat dipisahkan, namun saat keduanya meninggal. Makamnya diketahui di tempatkan di tempat yang sama di Paris.

4. Ines de Castro dan Raja Pedro

Ines de Castro dan Raja Pedro

* sumber: mycountryeurope.com

Selanjutnya ada kisah Ines de Castro dan Raja Pedro. Kisah cinta keduanya terjadi pada abad ke-12. Kecantikan Ines de Castro telah membuat Raja Pedro jatuh hati. Mereka berdua pun kemudian menjalin hubungan hingga akhirnya dikaruniai 3 anak. Ines sendiri diketahui merupakan pelayan dari Putri Constance, istri Raja Pedro.

Setelah Putri Constance meninggal pada tahun 1349. Sang Raja pun berusaha menjadikan Ines sebagai ratu barunya. Namun, hal tersebut sangat ditentang oleh ayahnya, Raja Afonso IV. Raja Alfonso yang murka kemudian mengirimkan dua algojo bernama lvaro Goncalves dan Diogo Lopes Pacheco untuk membunuh Ines.

Ines diketahui dipenggal di hadapan ketiga anaknya yang masih kecil. Insiden memilukan itu pun pada akhirnya memicu kesedihan serta kemarahan Raja Pedro. Ia pun kemudian memutuskan untuk memerangi sang ayah.

Setelah terjadi peperangan tersebut. Kedua algojo yang membunuh Ines pun kemudian menerima hukuman penggal akibat perbuatannya. Pada tahun 1357, Pedro pun diangkat menjadi Raja Portugal. Ia kemudian mengumumkan pernikahan diam-diamnya dengan Ines pada rakyatnya dan mengangkatnya sebagai ratu.

Konon, sang Raja kemudian menggali makam Ines dan meminta seluruh pejabat istana mencium tengkorak sang ratu sebagai janji setia mereka pada ratu barunya.

5. Cleopatra dan Mark Antony

Cleopatra dan Mark Antony

* sumber: en.m.wikipedia.org

Siapa yang tidak tahu Cleopatra? Putri Mesir yang terkenal karena kecantikan dan intelektualnya yang memukau. Meskipun ia seorang Ratu yang tangguh, namun ternyata Cleopatra juga mengalami kisah cinta yang memilukan. Kisahnya sendiri bermula ketika Mark Antony, seorang jenderal besar Romawi jatuh cinta padanya.

Mark Antony adalah salah satu jenderal besar yang disukai oleh Julius Caesar karena kecakapannya serta memiliki ambisi besar untuk memimpin. Setelah jatuh bangun menjalani hubungan. Anthony dan Cleopatra kemudian bersatu dan menjadi kekuatan yang besar.

Namun, hal itu tidak membuat Octavianus, keponakan Julius Caesar senang. Octavianus pun kemudian menyatakan perang kepada keduanya pada tahun 31 SM. Meskipun Anthony dan Cleopatra bersatu, namun kekuatan keduanya tidak sanggup menandingi kerajaan Romawi.

Pada saat terjadi perang tersiar kabar bahwa Cleopatra telah mati bunuh diri. Hal itu membuat Anthony goyah dan akhirnya memutuskan untuk membunuh dirinya sendiri dengan pedang.

Cleopatra yang mengetahui orang yang dicintainya telah meninggal merasakan kesedihan dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan menenggak racun yang disisipkan dalam tubuhnya saat melewati pasukan. Ia kemudian ditemukan meninggal bersama dua orang pengawal yang sekarat. Sepeninggalan Cleopatra, kerajaan Mesir pun pada akhirnya jatuh di tangan Romawi.

Baca juga: Ini Dia 10 Film Sad Ending yang Sangat Mengharukan

6. Guinevere dan Lancelot

Guinevere dan Lancelot

Kisah menyentuh dan memilukan selanjutnya datang dari Guinevere dan Lancelot. Lancelot adalah salah satu kaki tangan Raja Arthur yang dikenal piawai dalam pertempuran. Hanya saja rasa cintanya yang besar pada Ratu Guinevere, istri dari Raja Arthur membuatnya kehilangan akal hingga akhirnya melakukan perselingkuhan.

Suatu hari, hubungan keduanya pun terbongkar. Guinevere yang tidak berhasil menyelematkan diri harus mendapatkan hukuman bakar akibat tuduhan perzinahan. Tidak ingin melihat kekasihnya mati Lancelot pun kemudian muncul dan berhasil menyelamatkan Guinevere.

Setelah melakukan pelarian cukup alam. Lancelot pun kemudian membawa kembali Guinevere ke Camelot. Sementara ia sendiri kemudian mencari perlindungan ke Prancis. Setelah Raja Arthur meninggal, Lancelot pun kembali ke Inggris untuk mencari Guinevere. Namun, Guinevere telah menjadi seorang biarawati.

Lancelot yang akhirnya sadar kemudian mulai menjadi pengembara religius sebelum diketahui tewas di tangan Modred, yang merupakan keponakan Raja Arthur.

7. Laila dan Majnun

Laila dan Majnun

* sumber: www.metmuseum.org

Laila dan Majnun adalah salah satu kisah mengharukan dari tanah Arab. Kisah percintaan antara dua anak manusia ini telah dikenal sejak abad ke-9. Namun, mulai populer setelah dibuat ke dalam naskah oleh penyair asal Persia pada abad ke-12.

Qays adalah seorang pria yang lahir dari keluarga biasa. Ia kemudian dipertemukan dengan gadis pujaannya yang bernama Laila. Gadis cantik tersebut telah berhasil membuat Qays tergila-gila hingga kerap membuat syair-syair yang indah untuk kekasih hatinya.

Suatu hari Qays datang untung melamar sang pujaan hati. Namun, lamarannya ditolak oleh pihak keluarga karena perbedaan status sosial antara mereka. Qays yang merasakan kekecewaan pada akhirnya memutuskan untuk meninggalkan keluarganya dan menyendiri (Majnun) di padang pasir.

Qays pun dilanda perasaan sedih yang hebat setelah mengetahui kabar bahwa Laila akan menikah, apalagi sebelum itu kedua orang tuanya pun dikabarkan telah meninggal. Kesedihan Majnun pun semakin menjadi-jadi.

Sama seperti Majnun, Laila yang tak kuasa menolak perintah orang tuanya merasakan kesedihan yang dalam. Setelah kematian suaminya, Laila yang tak sanggup menahan kerinduan pada Manjun mengalami sakit keras dan akhirnya meninggal.

Sementara Majnun yang menyesal mengetahui hal itu kemudian datang ke tempat pemakaman wanita yang dikasihinya tersebut seraya membuat syair tentangnya. Ia pun kemudian menghabiskan waktu di sana hingga ajal menjemput.

Keluarga Laila yang mengetahui bahwa pria yang meninggal di sampingnya adalah Majnun kemudian memutuskan untuk menguburkan pria itu tepat di samping makam wanita pujaannya.

8. Robert dan Elizabeth Barrett Browning

Robert dan Elizabeth Barrett Browning

* sumber: commons.m.wikimedia.org

Restu orang tua memang terkadang menjadi jurang pemisah antara sepasang kekasih. Hal itu pula yang terjadi pada kisah cinta Robert dan Elizabeth Barrett Browning yang terjadi pada abad ke-17 di Inggris.

Elizabeth Barrett adalah seorang penyair. Pertemuan dengan kekasihnya  Robert adalah sesuatu yang membuatnya bahagia. Hanya saja cinta mereka tidak mendapat restu dari orang tua Barrett. Tanpa restu kedua orang tua, mereka pun secara diam-diam menjalin hubungan dan dikaruniai anak.

Sejak orang tuanya mengetahui hal tersebut. Ayah Barrett pun tidak lagi mau berbicara dengan dirinya. Situasi semakin berat bagi Barrett setelah dinyatakan memiliki kelainan paru-paru yang membuatnya harus mengkonsumsi morfin untuk mengurangi rasa sakit yang ia derita.

Selama kurang lebih 20 bulan, Barrett dan Robert pun saling mengirim surat hingga pada tahun 1846, keduanya kemudian memutuskan untuk menikah dan menetap Italia. Elizabeth sendiri kemudian meninggal pada tahun 1861 di pangkuan suaminya.

Ia sendiri menuliskan kisah memilukan mengenai perjalanan cintanya bersama sang suami dalam sebuah karya yang diterbitkan tanpa sepengetahuan suaminya pada tahun 1850.

9. Presiden AS Andrew Jackson dan Rachel Donelson

Presiden AS Andrew Jackson dan Rachel Donelson

* sumber: en.m.wikipedia.org

Kisah salah satu mantan presiden Amerika ini juga bisa dikatakan cukup menyedihkan. Rachel Donelson adalah istri dari konglomerat bernama Lewis Riward yang bercerai pada tahu 1790. Rachel kemudian menikah dengan calon presiden Amerika, Andrew Jackson pada tahun 1791.

Masalah mulai muncul ketika, Rachel di hadapkan pada kenyataan bahwa sang mantan suami tidak pernah mengajukan perceraian secara resmi hingga tahun 1793.  Hal itu pun membuat publik Amerika gempar hingga akhirnya dimanfaatkan oleh kubu lawan dari pihak suaminya untuk menjatuhkannya dalam pemilihan presiden.

Media sendiri saat itu menjuluki wanita tersebut sebagai ‘wanita tidak bermoral’. Hal itu membuat harkat dan martabatnya sebagai wanita hancur hingga perlahan menggerogoti kesehatannya. Meski hujatan yang dilayangkan padanya cukup deras, namun Andrew dan Rachel pun tetap saling mendukung hingga akhirnya persoalan yang mendera mereka selesai.

Sayangnya setelah Andrew Jackson memenangkan pemilu. Sang istri dinyatakan meninggal akibat serangan jantung pada 22 Desember 1828. Kematian sang istri sangat mengguncang sang presiden hingga membuatnya tak bergeming di samping jasad Rachel.

Di hari pemakamannya sepuluh ribu masyarakat Amerika yang terdiri dari berbagai kalangan tampak berkumpul untuk melepas kepergian sang ibu negara. Rachel tampak mengenakan gaun dan sandal putih, yang konon akan dipakainya dalam acara pelantikan sang suami. Dalam kata sambutannya sang presiden pun sempat memberi pidato sambutan yang cukup menyentuh dan mengharukan.

10. Tristan dan Isolde

Tristan dan Isolde

* sumber: id.m.wikipedia.org

Nah, kisah cinta yang menyentuh dan memilukan yang terakhir adalah Kisah cinta segitiga antara Tristan, Isolde, dan Raja Mark. Kecantikan Isolde telah membuat Raja Mark dari Cornwall jatuh hati. Ia pun pada akhirnya mengirim keponakannya Tristan yang berwajah tampan untuk menjemput tunangannya tersebut ke kerajaan.

Melihat kecantikan Isolde yang mempesona, Tristan pun jatuh cinta. Bagai gayung bersambut, Isolde pun ternyata menyukai Tristan. Sayang rencana pertunangan Raja Mark dan Isolde tidak bisa dihentikan hanya karena keduanya saling jatuh cinta.

Keduanya kemudian menjalin hubungan asmara secara diam-diam. Hubungan keduanya pun diketahui oleh Raja Mark. Tristan pun kemudian diusir dari Cornwall. Hingga suatu hari Tristan pun bertemu dengan Iseult dan menikah dengannya.

Meskipu keduanya telah menikah, namun keduanya tidak melakukan hubungan badan seperti suami istri. Rasa cinta yang besar pada Isolde membuat Tristan setia. Pada suatu hari, Tristan pun jatuh sakit. Ia pun kemudian meminta Isolde untuk menemuinya.

Jawabnya sendiri akan ditunjukkan dengan kapal yang datang. Jika berwarna hitam, maka artinya ia tidak setuju. Begitu pun sebaliknya. Pada saat kapal tiba, Iseult pun terbakar cemburu dan berbohong pada Tristan bahwa kapal yang datang berwarna hitam.

Tristan yang merasakan kesedihan perlahan semakin lemah dan akhirnya meninggal. Sementara Isolde yang mengetahui hal tersebut pun merasakan kesedihan yang mendalam hingga akhirnya jatuh sakit dan meninggal menyusul kekasihnya.

Itulah 10 Kisah cinta paling menyentuh dan memilukan di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Menurut kamu kisah mana yang paling mengharukan? Tulis komentar di bawah, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *