Bacaterus / Jambu / 10 Khasiat Jambu Air, Buah Segar yang Kaya Kandungan Air

10 Khasiat Jambu Air, Buah Segar yang Kaya Kandungan Air

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Agustus 2019

Tanah Indonesia merupakan tanah yang subur dengan iklim tropisnya yang menjadikan daratan Indonesia banyak ditumbuhi berbagai jenis pepohonan dari mulai pohon berbunga hingga pohon berbuah yang salah satunya adalah pohon jambu. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis pohon jambu seperti jambu bol, jambu batu, dan jambu air.

Jambu air ini menjadi salah satu pohon berbuah yang mudah dibudidayakan sehingga banyak kita temui di berbagai tempat termasuk pekarangan rumah. Menjadi salah satu jenis jambu yang banyak disukai orang, jambu air ini bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan salah satunya adalah rujak.

Selain memiliki rasa yang enak lagi menyegarkan, ternyata jambu air juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, lho! Mau tahu apa saja khasiat yang dapat kita peroleh dari jambu air ini? Baca informasi dari Bacaterus berikut ini, yuk!

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu Air

* sumber: www.diriau.com

Sebagaimana namanya, jambu air merupakan jenis jambu yang memiliki kadar air dalam jumlah yang cukup banyak. Selain memiliki kandungan air yang cukup banyak, jambu air juga merupakan buah yang kaya akan serat sehingga baik terhadap pencernaan.

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit dan diare, maka jambu air ini cocok untuk kamu konsumsi karena kandungan serat serta mineralnya yang tinggi akan mempercepat proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh sehingga memberikan kenyamanan tersendiri.

2. Mencegah Kerusakan pada Tulang

Mencegah Kerusakan pada Tulang

* sumber: doktersehat.com

Kerusakan tulang seperti pengeroposan atau yang biasa disebut osteoporosis kerap terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Hal tersebut tentu saja menyakitkan bagi para penderitanya. Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi pada kita alangkah baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Alternatif dari mencegah kerusakan tulang bisa kamu dapatkan dengan cara yang mudah dan sederhana yaitu cukup dengan mengonsumsi buah jambu air. Mineral dan kalsium yang terkandung pada jambu air akan memperkuat tulang dan sendi sehingga kita dapat terhindar dari gejala kerusakan tulang tersebut.

Dengan mengonsumsi jambu air secara rutin, maka potensi dari penyakit yang terjadi pada tulang akan semakin mengecil dan malah akan memberikan dampak yang baik seperti menjadikan tulang lebih kuat dan sehat.

3. Mendetoks Racun pada Tubuh

Buah Jambu Air

* sumber: www.fooddaily.net

Jambu air juga bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh terutama pada organ hati dan ginjal yang mana kedua organ ini termasuk pada organ ekskresi. Jambu air yang kaya akan kandungan mineral di dalamnya ini mampu melakukan pembersihan racun pada organ ekskresi serta meningkatkan fungsi organ.

Detoksifikasi atau pembersihan tubuh dari racun merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat dan fit. Tak usah mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk melakukan detoks ini karena buah yang tinggi akan kadar air seperti jambu air ternyata dapat melakukan detoks secara alami.

4. Mencegah Dehidrasi

Mencegah Dehidrasi

* sumber: www.priva.care

Dehidrasi atau kekurangan cairan memang berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu kamu harus rajin minum air putih dan rajin mengonsumsi buah-buahan yang tinggi akan kadar airnya seperti jambu air agar kebutuhan cairan tubuhmu dapat terpenuhi.

Baik dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus terlebih dahulu, yang jelas jambu air ini harus rutin dikonsumsi demi menjaga kesehatan terlebih sebagai asupan cairan tubuh.

Maka dari itu, ketika tubuhmu mulai terasa lemas dan pusing, segera konsumsi jambu air karena hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa tubuhmu kekurangan cairan.

5. Meremajakan Kulit

Meremajakan Kulit

* sumber: makeupandbeauty.com

Selain bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan organ dalam tubuh, jambu air juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan kecantikan. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada jambu air ini dapat meremajakan kulit karena berpotensi mencegah penuaan dini dan mencegah kerutan pada kulit.

Kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit tersebut dapat meregenerasi sel kulit mati sehingga kulitmu akan selalu nampak fresh dan terawat. Jadi bagi kamu yang ingin selalu tampil cantik dengan kulit sehat dan terawat, jambu air ini bisa menjadi alternatif alami untuk merawat kulitmu .

6. Mengurangi Risiko Kanker

Mengurangi Resiko Kanker

* sumber: summithealthcare.net

Semua orang tentu saja kenal dengan penyakit yang paling berbahaya ini. ya, apa lagi jika bukan kanker. Kanker sendiri memiliki beberapa jenis tergantung dimana tumbuhnya sel kanker tersebut seperti kanker payudara dan kanker rahim.

Mengingat betapa mematikannya penyakit ini, maka dari itu kita harus senantiasa memeranginya dengan berbagai cara. Salah satu cara mudah untuk mencegah tumbuhnya sel kanker yaitu dengan cara mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya akan vitamin seperti jambu air.

Jambu air memiliki sifat anti kanker yang dapat membunuh sel penyebab tumbuhnya kanker pada tubuh terutama kanker payudara. Maka dari itu, hindari kanker dengan cara sederhana dengan mengonsumsi jambu air secara rutin dan teratur.

7. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Meningkatkan Fungsi Kognitif

* sumber: hellosehat.com

Selain kaya akan Vitamin C, buah jambu air juga mengandung Vitamin B komplek yang bermanfaat bagi kesehatan otak karena dapat meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Vitamin B kompleks inilah yang akan menutrisi saraf-saraf pada otak sehingga dapat memperbaiki fungsi otak sebagaimana mestinya.

Dengan fungsi kognitif yang baik, maka akan berpengaruh pada beberapa hal seperti tidak mudah lupa dan semakin fokus dalam menjalani aktivitas atau mengambil suatu keputusan.

Fungsi kognitif yang baik ini merupakan hal yang penting sehingga dibutuhkan oleh semua orang sejak kecil. Maka dari itu, perbaiki dan pertahankan fungsi kognitif dan kesehatan otak sejak kecil dengan cara rajin mengonsumsi buah jambu air.

8. Menambah Kesuburan Pria

Menambah Kesuburan Pria

* sumber: sakithidung1.blogspot.com

Bagi kamu para pria yang mengalami masalah kesuburan, buah jambu air ini sangat direkomendasikan untuk kamu konsumsi secara rutin dan teratur. Kandungan Vitamin C serta antioksidan yang ada pada buah jambu air ini akan memperbaiki serta mempertahankan kesehatan sperma sehingga berdampak baik terhadap kesuburan.

Semakin rajin kamu mengonsumsi buah jambu air, maka semakin besar pula kesempatan untuk memperbaiki kesuburan dan gairah seksual.

9. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

* sumber: lifehacks.io

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa jambu air merupakan buah yang kaya akan Vitamin. Selain Vitamin B kompleks dan Vitamin C, kandungan Vitamin A pada buah berkadar air tinggi ini juga membawa dampak positif terhadap kesehatan terutama pada ibu hamil.

Vitamin A pada buah jambu air ini menjadi antivirus bagi tubuh sehingga akan meningkatkan sistem imun agar lebih sehat serta terhindar dari berbagai virus pengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.

Tak hanya itu, Vitamin B3 dan B6-nya juga berdampak baik pada keduanya karena dapat meningkatkan fungsi otak sehingga berpotensi menyebabkan anak dalam kandungan terlahir dengan kondisi otak yang baik dan cerdas.

10. Menurunkan Kolesterol

Jambu Air Madu

* sumber: lapaktani.labicl.com

Tak sedikit orang khususnya orang Indonesia yang menderita penyakit kolesterol dan menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling banyak dikeluhkan. Kolesterol sendiri adalah penyakit yang diakibatkan oleh lemak jahat berlebih pada tubuh.

Cara mencegah serta mengatasi penyakit kolesterol ini salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya akan nutrisi. Salah satunya adalah mengonsumsi buah khususnya buah jambu air yang tinggi vitamin dan mineral serta kaya akan serat.

Buah yang memiliki sejuta kandungan baik ini tentu saja dapat menjadi perisai bagi tubuh agar terjauh dari lemak jahat dan kolesterol.

Itu dia beberapa khasiat yang dapat kita peroleh dari mengonsumsi jambu air. Wah, ternyata selain mudah untuk dibudidayakan, jambu air memiliki segudang khasiat yang baik bagi kesehatan, ya! Maka dari itu, bagi kamu yang kebingungan mencari bibit tanaman berbuah yang menyehatkan, jambu air ini dapat jadi referensi untuk kamu budidayakan di pekarangan rumahmu!

Semoga informasi mengenai khasiat jambu air sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsi buah-buahan seperti jambu air yang kaya akan manfaat agar tubuh kita selalu sehat dan bugar!

Kunjungi juga artikel manfaat jambu biji untuk menambah informasi seputar manfaat buah-buahan lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar