Bacaterus / Manfaat Tanaman / Ini Dia 10 Khasiat Penting Buah Pare untuk Kesehatan

Ini Dia 10 Khasiat Penting Buah Pare untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

“Pahit” mungkin menjadi satu hal yang pertama kali terlintas di pikiranmu ketika mendengar buah pare. Memang benar, buah pare memiliki rasa yang sangat pahit. Buah pare atau yang memiliki nama lain peria, merupakan tumbuhan khas Asia tropis khususnya India. Meskipun memiliki rasa yang pahit, tak sedikit orang yang membudidayakan tanaman tersebut.

Pohon buah pare merupakan jenis tanaman merambat yang bisa hidup di dataran rendah di berbagai jenis tanah. Tanaman ini tak banyak memerlukan sinar matahari sehingga lebih cocok ditanam di tempat yang lebih terhindar dari sinar matahari. Meskipun demikian, tanaman buah pare harus tetap diperhatikan kondisi tanahnya agar tetap lembab dan subur.

Cara budidaya tanaman pare sangatlah mudah. Dimulai dari penanamannya yang hanya memerlukan beberapa biji pare yang ditanam di kedalaman tanah sedalam 1-2 cm hingga proses perawatannya pun terbilang mudah. Tanaman pare akan berbuah sekitar 2 bulan dan biasanya akan menghasilkan buah secara rutin.

Meskipun memiliki rasa yang amat pahit, tapi tahukah kamu apa sebabnya banyak orang yang membudidayakan tanaman ini? Jawabannya adalah karena buah pare memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Simak ulasan Bacaterus mengenai khasiat pare, yuk!

10 Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas

Buah Pare

* sumber: www.seotama.com

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya sistem imunitas dalam tubuh harus selalu kita perhatikan karena sistem imun ini merupakan komponen penting bagi tubuh. sistem imunitas yang kuat mampu menyelamatkan tubuh dari berbagai penyakit yang akan menyerang seperti flu dan batuk.

Untuk meningkatkan imunitas, buah pare atau peria sangat cocok kita konsumsi karena buah ini memiliki kadar antioksidan yang cukup besar sehingga bermanfaat bagi tubuh dalam pencegahan terhadap berbagai penyakit serta virus yang hendak masuk ke tubuh kita. Antioksidan juga berfungsi mengeluarkan berbagai racun jahat pada tubuh.

Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa buah pare yang kaya akan kandungan antioksidan bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem imunitas bagi para penderita HIV. Pare atau peria juga memiliki senyawa anti kanker yang berguna melawan terhadap sel kanker berbahaya pada tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol

* sumber: www.webmd.com

Mengonsumsi buah peria atau pare ternyata juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. kolesterol jahat yang menumpuk pada tubuh menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah dalam tubuh akan tersumbat.

Jika pembuluh darah mengalami penyempitan, maka berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dapat terjadi.

Tak hanya menurunkan kolesterol jahat (LDL), khasiat buah pare juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik bagi tubuh (HDL). Jika pare atau peria ini dikonsumsi secara terjadwal, maka semakin kecil kemungkinan tubuhmu terserang berbagai penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

3. Baik untuk Kesehatan Hati

Baik untuk Kesehatan Hati

* sumber: www.drberg.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pare ini dapat melakukan detoksifikasi atau pengeluaran terhadap racun-racun berbahaya dalam tubuh termasuk hati. Pare ini dapat menurunkan retensi cairan yang terdapat pada hati serta meningkatkan fungsi empedu menjadi lebih baik lagi.

Kamu bisa meminum jus pare ini dengan rutin untuk memperbaiki fungsi hati serta empedu. Hal tersebut dapat melindungi kita dari berbagai penyakit pada hati seperti hepatitis dan sirosis hati. Selain itu, produktivitas urine pada tubuh juga akan semakin lancar dan sehat.

4. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.foxnews.com

Buah pare adalah buah yang rendah kalori, akan tetapi tinggi akan nutrisi. Hal tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh terutama bagi kamu yang memiliki masalah dalam berat badan. Buah pare dapat mengontrol nafsu makan serta merangsang lipid agar tidak terjadi kenaikan berat badan.

Hal tersebut sangat cocok dan disarankan untukmu yang ingin memperoleh tubuh lebih ramping dengan bahan alami. Akan tetapi, mengonsumsi pare dalam jangka waktu yang panjang dan berlebihan tentu saja dilarang karena dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Jus Pare

* sumber: widhiaanugrah.com

Vitamin, serat, dan mineral merupakan komponen yang terkandung dari buah yang memiliki rasa pahit ini. Serat pada buah pare dipercaya dapat meredakan gejala sembelit karena dapat membantu melancarkan proses pengolahan makanan pada sistem pencernaan.

Meskipun demikian, jika pare dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu mulas dan memperparah gejala maag. Maka dari itu, kamu harus mampu mengontrol penggunaan pare ini secukupnya agar tidak menyebabkan penyakit yang baru.

6. Meredakan Infeksi

Pare

* sumber: www.jerukmanis.com

Terkadang kita kurang menyadari bahwa sebenarnya beberapa bakteri negatif yang memicu infeksi bersarang dalam tubuh kita. Seperti misalnya bakteri bernama Streptobaccilus yang dapat memicu berbagai penyakit seperti radang tenggorokan hingga meningitis yang berpotensi menyebabkan kematian.

Bukan hanya itu, bakteri lain seperti E. Coli yang biasanya bersarang pada usus besar pun dapat menyebabkan berbagai gangguan lain seperti mual dan sakit perut. Akan tetapi tak perlu khawatir, dengan mengonsumsi pare secara teratur, ternyata dapat meredakan berbagai infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, lho.

7. Mengobati Batu Ginjal

Mengobati Batu Ginjal

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Istilah batu ginjal memang bukan hal yang baru dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kondisi ini merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada ginjal yang sangat mengganggu penderitanya. Gejala yang dialami oleh penderita batu ginjal ini yaitu sering kali merasa kesakitan ketika hendak buang air kecil.

Istilah batu ginjal diambil karena penyakit ini disebabkan oleh asam yang menumpuk hingga mengeras menyerupai batu kecil pada ginjal. Buah pare atau peria sangat cocok digunakan sebagai alternatif alami penyembuh batu ginjal karena mampu bekerja mengurangi tingkat asam dalam tubuh yang menjadi penyebab dari batu ginjal tersebut.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurunkan Kadar Gula Darah

* sumber: www.biokplus.com

Beberapa kasus kematian yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah harus menjadi tumpuan kita untuk selalu mengontrol gula darah pada tubuh agar stabil. Namun, bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki keluhan gula darah yang tinggi, jangan pesimis dulu karena kamu bisa menurunkan kadar gula darah tersebut dengan bahan alami.

Ya, buah pare atau peria dikenal ampuh dalam menurunkan gula darah karena kandungan stereoid saponin-nya. Konsumsilah buah pare secara rutin dan teratur serta diiringi dengan pengecekan terhadap gula darah secara berkala.

9. Mengatasi Masalah Kulit

Pare Hijau

* sumber: beritagaya.com

Buah pare juga sangat bermanfaat bagi kulit diantaranya yaitu dapat mencerahkan kulit serta melindungi kulit dari berbagai jamur yang dapat menyebabkan masalah seperti kurap, kudis, jerawat, dan berbagai masalah kulit lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan anti-fungi dan anti bakteri yang terkandung pada buah pare.

Tak ada cara khusus untuk mengonsumsi buah pare ini sebagai obat terhadap berbagai masalah kulit baik itu diminum sebagai jus atau dibuat sup. Pare sebagai obat masalah kulit ini sudah dijadikan alternatif pengobatan tradisional di Tiongkok, lho.

10. Baik untuk Tulang dan Sendi

Baik untuk Tulang dan Sendi

* sumber: arthroplastyconference.wordpress.com

Selain serat, buah pare juga kaya akan kandungan vitamin. Salah satunya adalah kandungan vitamin K yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kandungan vitamin K pada buah pare dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi serta berperan dalam mencegah pembekuan darah.

Selain itu, buah pare juga membantu melakukan proses penyebaran kalsium merata pada tulang sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Hal tersebut dapat meminimalisir potensi terjadinya penyakit pada tulang seperti Osteoprosis.

Itu dia beberapa khasiat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi buah yang dikenal dengan rasa pahitnya yaitu pare atau peria. Ternyata, di balik kelemahannya soal rasa, buah pare ini memiliki segudang khasiat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu mampu berperan sebagai obat alami dalam mengobati berbagai penyakit.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam memperluas wawasan serta pengetahuan. Untuk semua saran dan masukkannya silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Baca juga artikel manfaat buah alpukat berikut ini, yuk!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar