Bacaterus / Manfaat Buah / Ini Dia 7 Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

Ini Dia 7 Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Januari 2019

Bengkuang atau Pachyrhizus Erosus dikenal dari umbi atau cormus putihnya. Bengkuang biasa dimakan sebagai rujak dan asinan, atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari daerah tropis Amerika ini termasuk dalam suku polong-polongan atau fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama.

Umbi bengkuang mengandung gula, pati, fosfor dan kalsium. Umbi ini juga dapat memberikan efek menyejukkan karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis bengkuang berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin yang tidak bisa dicerna tubuh manusia, sehingga berguna bagi penderita diabetes atau orang yang diet rendah kalori.

Setelah mengetahui informasi singkat mengenai bengkuang, mari kita gali lebih dalam apa saja khasiat bengkuang untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah 7 khasiat bengkuang untuk kesehatan tubuh yang sudah Bacaterus rangkum untuk kamu:

7 Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Maag

Khasiat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan yang menyebabkan sakit, mulas dan perih pada perut.

Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stres.

Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Gejala sakit maag seperti sakit saat buang air besar, mual dan muntah, sering merasa lapar, perut kembung, nyeri yang terasa perih pada perut dan dada, serta sering bersendawa.

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan obat maag yang sudah banyak dijual di pasaran, tidak ada salahnya jika kamu mengobati maag dengan bahan yang lebih alami. Anda bisa memanfaatkan bengkuang untuk mengobati maag, karena itu adalah salah satu khasiat bengkuang untuk kesehatan tubuh.

Caranya, masukkan bengkuang secukupnya kedalam blender lalu tambahkan air serta madu, lalu minum. Usahakan jus habis dalam 1×24 jam untuk menghindari kerusakan kandungan vitamin dalam bengkuangnya. Minum jus bengkuang 2-3 kali sehari sampai maag teratasi.

2. Menstabilkan Gula Darah

Menstabilkan Gula Darah

Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl), tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.

Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, bengkuang dibuat menjadi jus atau dapat diparut kemudian disaring. Kemudian diminum setiap pagi dan sore.

3. Mengobati Sariawan

Mengobati Sariawan

Sariawan atau stomatitis aftosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya sariawan, seperti luka, mengonsumsi kudapan panas, kekurangan vitamin C, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Biasanya buah yang disarankan untuk mengobati sariawan adalah buah jeruk, namun, ternyata bengkoang juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan bisa mengobati sariawan, loh! Untuk mengobati sariawan secara langsung, buatlah jus bengkoang, kemudian kumur-kumur di mulut lalu buang. Atau kamu juga bisa meminumnya perlahan agar jus tersebut terkena sariawan yang dimaksud.

4. Memperlancar Pencernaan

Memperlancar Pencernaan

Buah bengkuang adalah buah yang terkenal akan serat, inilah yang menyebabkan buah bengkuang sangat bagus untuk pencernaan. Saat tubuh kekurangan serat akan menyebabkan susah buang air besar yang dapat berakibat konstipasi.

Kamu boleh memakan langsung bengkuang tanpa harus dibuat jus. Atau kalau mau dibuat menjadi jus, boleh dicampur dengan madu dan air secukupnya. Diminum rutin setiap pagi dan sore untuk menghindari konstipasi dan mencegah datangnya wasir.

5. Memperlancar ASI

Memperlancar ASI

Banyak ibu muda yang diterpa masalah ASI yang tak keluar atau tak lancar. Sehingga tidak sedikit orang yang memilih untuk memberikan bayinya susu bayi yang dijual di pasaran. Padahal, ada cara yang bisa kamu coba untuk melancarkan ASI, yaitu dengan mengonsumsi bengkoang. Manfaat bengkoang akan kamu rasakan untuk tubuh jika dikonsumsi rutin setiap hari.

Bagi kamu yang sedang menyusui, cukup konsumsi 1 buah bengkuang setiap jam makan dalam 1 hari. Dengan mengkonsumsi rutin buah bengkuang ini, ASI akan semakin lancar. Tapi perlu ditekankan, kamu tetap harus menjaga pola makan sehat, nutrisi seimbang dan asupan makanan sehat supaya ASI kamu lebih berkualitas.

6. Mengobati Demam

Mengobati Demam

Demam terjadi karena mekanisme pertahanan tubuh atau respon imun terhadap zat asing yang telah melemah karena kuman yang masuk ke dalam tubuh. Benda asing akan merangsang sistem pertahanan tubuh, yang akan merangsang aktivitas sel-sel kekebalan tubuh untuk memerangi zat asing dengan meningkatkan proteolisis yang menghasilkan asam amino.

Asam amino berperan untuk pembentukan antibodi atau sistem kekebalan tubuh. Karenanya lah, tubuh menjadi resisten dan kuat menghadapi kuman. Dengan itu, tubuh kamu secara otomatis akan menghapus pirogen atau penyebab zat demam.

Selanjutnya, pirogen membawa pesan melalui reseptor dalam hipotalamus, sehingga terjadi reaksi kenaikan suhu tubuh dengan pembuluh darah perifer mengerut dan menghambat sekresi keringat kelanjar.

Itulah proses kenapa saat demam, tubuh Anda akan terasa hangat atau panas. Untuk mengatasi demam, kamu bisa memanfaatkan bengkuang. Umbi ini memiliki sifat-sifat pendingin yang berkhasiat untuk mengurangi demam. Bengkuang dapat dimakan langsung atau dibuat menjadi jus dan di minum setiap pagi dan sore hari hingga demam turun.

7. Menurunkan Kolesterol Darah

Menurunkan Kolesterol Darah

Lemak merupakan zat yang kaya energi yang proses metabolisme tubuh secara terpisah. Namun, jika berlebihan jumlahnya, lemak (trigliserida dan kolesterol) bisa menyebabkan penyakit yang sangat serius seperti aterosklerosis, stroke dan penyakit jantung koroner.

Kadar trigliserida dan kolesterol total dalam darah yang dianjurkan adalah kurang dari 200 mg/dl. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan cara menyesuaikan makanan yang baik dan benar. Terapi jus bengkuang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Caranya adalah blender bengkuang menjadi jus, dan konsumsilah setiap hari.

Itu dia 7 khasiat bengkuang untuk kesehatan tubuh kamu. Mungkin kamu bisa menerapkan salah satunya di kehidupan kamu sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat. Sehat terus, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar