Bacaterus / Manfaat Tanaman / Aneka Khasiat Bawang Dayak dan Cara Mengolahnya yang Benar

Aneka Khasiat Bawang Dayak dan Cara Mengolahnya yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Februari 2019

Bawang dayak atau yang dikenal juga dengan nama bawang sabrang dan bawang berlian merupakan jenis bawang-bawangan yang cukup berkhasiat. Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini diklaim dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di tubuh manusia.

Di indonesia sendiri bawang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan sejak jaman dahulu untuk pengobatan. Karena banyak tumbuh di kalimantan, maka tidak salah jika banyak yang menyebutnya sebagai bawang dayak yang merupakan nama salah satu suku asli di Kalimantan.

Bawang dayak merupakan tanaman yang tumbuh di daerah dengan ketinggian 600 hingga 1500 mdpl. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di hutan yang lembab dan gelap. Daunnya berbentuk pita dengan panjang sekitar 20 cm yang mirip dengan tanaman palem. Sedangkan bunganya memiliki lima kelopak berwarna putih dan hanya tumbuh di saat gelap.

Bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari bawang dayak ini adalah umbinya. Namun, berbeda dengan jenis bawang lain yang biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan, umbi bawang dayak justru lebih banyak dijadikan sebagai obat herbal karena berbagai macam khasiatnya.

Khasiat Bawang Dayak

khasiat bawang dayak

Manfaat dan khasiat dari bawang dayak ini sangatlah banyak. Hal tersebut membuat bawang dayak saat ini cukup banyak dicari untuk dijadikan obat herbal. Nah, berikut adalah beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan dari bawang dayak:

  • Melancarkan peredaran darah

Bawang dayak memiliki khasiat untuk memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh. Manfaat ini akan sangat dirasakan oleh para penderita asam urat. Selain itu, bawang dayak juga diklaim mampu membuat kadar gula darah menjadi netral pada penderita diabetes.

  • Memperbaiki sistem pernafasan

Bawang dayak juga sangat berguna untuk sistem pernafasan seperti untuk mencegah timbulnya lendir dan plak pada paru-paru serta membuang kotoran yang diakibatkan oleh udara kotor. Selain itu, bawang ini juga dapar mengeluarkan lendir di saat batuk serta mencegah radang paru-paru.

  • Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Bagi para kaum hawa, bawang sabrang juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan organ reproduksi. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah melancarkan datang bulan, mengatasi rasa sakit ketika datang bulan, mencegah keputihan, serta membersihkan area organ intim.

  • Melancarkan metabolisme

Khasiat bawang dayak yang selanjutnya adalah untuk melancarkan sistem metabolisme pada tubuh seperti mengatasi sembelit, radang usus, dan penyakit ginjal. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga stamina tubuh.

  • Menguatkan tulang

Kekurangan kalsium di dalam tubuh biasanya berimbas pada timbulnya penyakit yang berkaitan dengan tulang. Salah satunya adalah pengapuran tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis. Nah, bagi para manula, mengkonsumsi bawang dayak sangatlah dianjurkan karena bawang ini memiliki kandungan kalsium yang melimpah.

  • Melancarkan ASI

Bawang dayak juga memiliki berbagai macam khasiat yang dapat menangani masalah yang biasanya dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Beberapa masalah tersebut di antaranya adalah air susu yang tidak lancar, demam, mual, hingga kaki bengkak.

Cara Mengolah Bawang Dayak

seduhan bawang dayak

Terdapat berbagai macam cara pengolahan yang dapat Anda lakukan untuk mengkonsumsi bawang dayak ini. Berbagai cara pengolahan ini akan memberikan manfaat yang tidak jauh berbeda, tinggal Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

  • Seduh dengan air

Cara pengolahan yang pertama adalah dengan menyeduhnya di dalam air. Pertama-tama, irislah satu siung bawang dayak atau sekitar 30 gram. Setelah itu masukan ke dalam segelas air panas, aduk hingga merata, lalu minum.

Anda juga bisa merebus irisan bawang tersebut dengan air satu gelas. Namun pastikan Anda merebusnya dengan api yang kecil dan tidak boleh sampai mendidih. Pasalnya, berbagai senyawa aktif akan rusak jika dipanaskan hingga mendidih.

  • Serbuk

Cara lainnya adalah dengan menjadikannya serbuk agar lebih awet dan kandungan nutrisinya tidak berkurang. Caranya, cuci bersih beberapa siung bawang dayak lalu iris tipis sekitar 3mm. Setelah itu keringkan di dalam oven atau cukup angin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Jika dianginkan, maka irisan tersebut biasanya akan kering dalam waktu 2 hingga 3 hari.

Setelah kering, gilinglah irisan tersebut hingga menjadi serbuk. Serbuk ini kemudian dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau diseduh dengan air panas. Namun ingat, jangan menyeduhnya dengan air panas yang mendidih agar khasiatnya tidak hilang.

  • Lalapan

Jika Anda suka dengan sayuran mentah dan segar, maka bawang dayak ini juga bisa dijadikan lalapan untuk menemani makan Anda. Mengkonsumsi bawang segar juga lebih baik dibandingkan yang sudah dimasak karena nutrisinya masih utuh dan belum berkurang.

  • Manisan

Manisan juga menjadi cara lain yang bisa Anda coba untuk mengolah bawang sabrang. Caranya cukup mudah, pertama-tama iris cuci bawang dayak hingga bersih lalu potong dengan ketebalan 1-2 mm. setelah itu kukus irisan tersebut selama kurang lebih 5 menit.

Selanjutnya buatlah larutan gula dan air dengan perbandingan 1:1. Masukan irisan yang sudah dikukus ke dalam larutan gula tersebut lalu masak hingga kental dan terbentuk kristal gula. Jika sudah jadi, manisan tersebut dapat Anda konsumsi sebagai cemilan di waktu santai.

Nah, itulah berbagai macam cara pengolahan dan khasiat bawang dayak alias bawang sabrang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, maka disarankan untuk mengkonsumsi bawang dayak satu jam sebelum makan. Pasalnya dengan keadaan lambung yang kosong, maka proses penyerapan nutrisi di dalamnya menjadi lebih cepat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar