Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Keuntungan Pacaran Jarak Jauh yang Bikin LDR Makin Mesra

10 Keuntungan Pacaran Jarak Jauh yang Bikin LDR Makin Mesra

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Aku di sini dan kau di sana.. Hanya berjumpa via suara.. Namun ku s’lalu menunggu saat kita akan berjumpa..”

Ketika membaca sepenggal lirik lagu “Dekat di Hati” dari RAN, otomatis kamu pasti jadi rindu berat dengan pacarmu yang berada jauh darimu. Lagu khusus untuk pasangan yang sedang LDR ini memang ngena banget. Apalagi ketika kamu dan dia lagi kangen-kangennya ingin saling bertemu.

Pacaran jarak jauh alias LDR tidak selamanya menyedihkan kok. Baik kamu maupun si dia bisa memperoleh keuntungan pacaran jarak jauh jika kalian sama-sama mau berpikir positif. Nah, kali ini Bacaterus ingin membahas seputar keuntungan pacaran jarak jauh biar kamu yang LDR nggak galau-galau melulu.

10 Keuntungan Pacaran Jarak Jauh

1. Punya Waktu untuk Diri Sendiri

Punya Waktu untuk Diri Sendiri Keuntungan Pacaran Jarak Jauh

Selama ini kamu selalu melakukan semua kegiatan bersama pacar. Bahkan, aktivitas pacarmu mungkin menjadi prioritas utamamu. Nah, keuntungan pacaran jarak jauh adalah kamu jadi bisa memiliki waktu untuk diri sendiri. Jangan lupakan kehidupan pribadimu karena kamu juga perlu bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarmu.

Selagi LDR, lakukan kegiatan yang selama ini tak sempat kamu lakukan lantaran harus selalu berduaan dengan pacar. Mulailah untuk membahagiakan diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Kamu akan menyadari bahwa “me time” ternyata asyik juga, lho!

2. Hemat Pengeluaran

Hemat Pengeluaran

Siapa bilang pacaran tidak membutuhkan modal? Kalau kamu dan pacar terbiasa saling mentraktir secara bergantian, tentu saja kamu harus turut mengeluarkan sejumlah uang untuk berkencan. Mulai dari dinner, nonton bioskop, sampai dengan rekreasi semuanya memerlukan uang.

Keuntungan pacaran jarak jauh adalah kamu dan dia bisa sama-sama saling berhemat. Uang yang seharusnya adalah budget untuk berkencan bisa ditabung untuk masa depan kalian berdua. Percayalah, membeli kuota internet untuk tetap berkomunikasi dengan pacarmu tidak akan semahal biaya kalian berkencan.

3. Belajar untuk Komitmen

Belajar untuk Komitmen

Sebagian orang menilai bahwa hubungan jarak jauh rentan dengan isu perselingkuhan. Baik kamu dan si dia sama-sama rentan tergoda oleh lawan jenis. Namun, tidak semua orang yang menjalani LDR tergoda dengan perselingkuhan. Justru kamu bisa menjadikan kesempatan ini sebagai cara untuk belajar berkomitmen.

Setiap orang yang berpacaran tentu ingin hubungannya berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Saat kamu dan dia menjalani LDR, maka itulah kesempatan kalian untuk saling berkomitmen terhadap kesetiaan masing-masing. Kalau kalian “lulus” pada ujian komitmen saat LDR, hubungan kalian akan semakin mantap untuk berlanjut ke tahapan yang lebih serius.

4. Lebih Menghargai Waktu dengan Si Dia

Lebih Menghargai Waktu dengan Si Dia

Pasangan yang LDR tentu saja hanya bisa berkomunikasi melalui telepon, webcam, atau chatting. Kadang-kadang, komunikasi pun terhalang oleh perbedaan waktu dan kesibukan masing-masing. Alhasil, begitu kalian dapat saling berkomunikasi, maka hati jadi sangat gembira tak terkira.

Keuntungan yang bisa kamu peroleh dari menjalin hubungan LDR adalah kamu jadi lebih menghargai waktu dengan si dia, baik itu waktu untuk komunikasi jarak jauh atau waktu untuk bertemu. Kamu akan sadar bahwa waktumu bersamanya benar-benar berharga dan kamu pun bisa lebih menghargai kekasihmu.

5. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga dan Sahabat

Menghabiskan Waktu dengan Keluarga dan Sahabat

Sadarkah kamu bahwa dunia tidak harus selalu diisi dengan pacar? Masih ada keluarga dan sahabat yang juga menyayangimu tanpa syarat. Saat kamu dan pacar harus berpacaran jarak jauh, manfaatkan waktu yang kamu miliki sekarang untuk melakukan kegiatan bersama keluarga dan sahabat.

Memiliki pacar memang asyik. Akan tetapi, jangan sampai hubunganmu dengan pacar membuat kamu kehilangan waktu berharga bersama keluarga dan teman-teman. Selagi kamu menyandang status “jomblo” sementara, habiskan waktumu bersama keluarga dan sahabat lebih banyak lagi.

6. Jadi Lebih Mandiri

Jadi Lebih Mandiri

Kalau biasanya kamu meminta pacar untuk menolongmu melakukan sesuatu hal, kini tak ada lagi pacar yang siap membantumu. Jangan melihat hal ini dari sisi negatif, coba lihat dari sisi positifnya. Kamu bisa menjadi lebih mandiri saat tidak terus menerus bergantung pada pacarmu.

Tanpa kehadiran pacar yang siap membantu, kamu akan memutar otak sendiri untuk menyelesaikan setiap permasalahan. Sebagai contoh, jika biasanya kamu selalu minta diantar oleh pacar ke mana-mana, kini kamu jadi berani belajar naik transportasi umum sendiri atau mungkin kamu jadi berani membawa kendaraan sendiri.

7. Saatnya Mengejar Mimpi yang Tertunda

Saatnya Mengejar Mimpi yang Tertunda

Apakah selama ini kamu memiliki impian yang belum bisa terlaksana karena ada pacar di sampingmu? Mungkin ini saatnya kamu merasakan keuntungan pacaran jarak jauh dengan kembali mengejar mimpimu yang sempat tertunda.

LDR akan memberikanmu lebih banyak kesempatan melakukan banyak hal yang berguna untuk dirimu sendiri. Kalau ada karir atau impian yang belum terlaksana karena kamu selalu menghabiskan waktu bersama pacarmu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meraih mimpi itu. Daripada galau terus menerus memikirkan hubunganmu yang LDR, lebih baik kejar mimpimu selagi masih ada kesempatan.

8. Jadi Orang yang Lebih Sabar

Jadi Orang yang Lebih Sabar

Bila selama ini kamu terbiasa mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan, kini saatnya kamu melatih kesabaranmu lewat hubungan jarak jauh bersama pacar. Dengan LDR, kamu akan belajar banyak untuk jadi orang yang lebih sabar. Kamu jadi sabar menanti dia membalas pesanmu, sabar menanti waktu luangnya untuk menelponmu, dan sabar menunggu waktu bertemu dengannya.

Menjadi orang yang sabar tidak buruk kok. Ketika kamu berhasil melatih kesabaranmu, secara otomatis kamu akan menjadi orang yang mudah mengontrol emosi. Dengan bersabar, kamu pun akan terbiasa untuk berpikir positif di setiap waktu.

9. Memantapkan Hati

Memantapkan Hati

Ketika pacaran, kamu bebas memilih untuk tetap melanjutkan hubungan dengannya atau tidak. Mungkin semuanya akan tampak indah ketika hari-harimu dilalui bersama dengannya. Namun, situasi akan berbeda ketika kamu menjalani hubungan jarak jauh. Selalu ada “masalah” yang menuntutmu untuk bersikap lebih dewasa.

Keuntungan pacaran jarak jauh adalah kamu dan dia bisa sama-sama memantapkan hati satu sama lain. Masalah yang kalian hadapi ketika LDR justru akan membuat hubungan menjadi lebih matang. Kalau kalian bisa menghadapi masalah demi masalah saat LDR, maka hati kalian pun semakin mantap untuk melanjutkan hubungan tersebut atau tidak. Singkatnya, LDR akan membantumu menemukan orang yang tepat untuk mendampingimu kelak.

10. Pertemuan Jadi Lebih Berkesan

Pertemuan Jadi Lebih Berkesan

Apa yang ditunggu oleh pasangan yang sedang LDR? Sudah pasti waktu untuk bertemu. Kalau biasanya kalian bertemu setiap hari, kini kalian harus menunggu beberapa waktu lama untuk bisa saling bertemu. LDR akan membuat pertemuan kalian jadi lebih indah dan berkesan. Setiap waktu yang kamu habiskan berdua bersama pasangan jadi sangat spesial ketimbang dulu sebelum LDR.

10 keuntungan pacaran jarak jauh ini dapat membantumu lebih kuat dalam menjalani LDR. Jangan lupa untuk berkunjung ke artikel cara membuat pacar nyaman saat LDR agar pacarmu tidak berpaling darimu meskipun kalian sedang menjalani hubungan jarak jauh.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment