Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jakarta / 9 Tempat Makan Ketoprak di Jakarta yang Paling Enak

9 Tempat Makan Ketoprak di Jakarta yang Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Kalau Jawa Timur punya pecel, Jawa Barat punya Karedok, di Jakarta, khususnya Betawi, punya ketoprak sebagai makanan khas. Ketoprak memang hampir mirip dengan pecel dan karedok. Hanya saja bahan-bahan yang dipakai nampak sedikit berbeda.

Sepiring ketoprak diisi dengan tahu, bihun, tauge, mentimun, dan kadang-kadang diberi telur rebus. Kemudian, bahan-bahan ini disiram dengan saus kacang dan kecap manis. Setelah itu, ketoprak akan dihidangkan dengan kerupuk atau emping melinjo.

Ketoprak merupakan salah satu makanan yang wajib dicicipi ketika Anda berada di Jakarta. Bagi Anda yang ingin mencari ketoprak enak di Jakarta, simak daftar tempat makan ketoprak enak dari Bacaterus ini, yuk!

9 Ketoprak Enak di Jakarta

1. Ketoprak Ciragil

Ketoprak Ciragil Ketoprak Enak di Jakarta

* sumber: ksmtour.com

Dari sekian banyak ketoprak enak di Jakarta, Ketoprak Ciragil adalah salah satu yang paling legendaris dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Usut punya usut, ketoprak ini sudah berjualan sejak tahun 1960. Sampai saat ini warung ketopraknya pun tetap ramai.

Yang membuat Ketoprak Ciragil berbeda dengan ketoprak-ketoprak lainnya adalah penggunaan lontong sebagai pengganti ketupat. Bumbu kacang yang digunakan juga halus dan aromanya sangat menggugah selera. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan memilih jenis telur yang akan dijadikan sebagai bahan tambahan pada ketoprak yang dipesan, mulai dari telur dadar, telur mata sapi, sampai telur rebus.

Lokasi Ketoprak Ciragil berada di Jalan Ciragil II No. 24 Blok Q, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Ketoprak Muara Karang

Ketoprak Muara Karang

Bagi Anda yang berada di Jakarta Utara, Anda dapat mengunjungi Ketoprak Muara Karang yang juga terkenal ramai pengunjung. Selain harganya murah, ketoprak ini juga menawarkan rasa yang enak dan nagih banget.

Sepiring ketoprak yang dipesan berisi lontong, bihun, tahu, dan bumbu kacang yang cukup banyak. Penjual juga tidak pelit saat memberikan kerupuk. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 13-15 ribu rupiah untuk menikmati seporsi Ketoprak Muara Karang.

Alamat Ketoprak Muara Karang berada di Jalan Pluit Karang Molek, RT12/RW18 (belakang Sekolah Apple Tree dan sederet dengan Bakpau A1), Pluit, Jakarta Utara.

3. Ketoprak Cobek Pak Yono

Ketoprak Cobek Pak Yono

Ada yang berbeda dengan rasa bumbu Ketoprak Cobek Pak Yono. Ya, rasa yang lebih gurih dan mantap pada bumbu ketoprak di warung ini berasal dari campuran kacang tuban dan kacang mete yang dihaluskan sebagai salah satu bahan untuk membuat bumbu ketopraknya. Tentu saja rasanya lebih istimewa jika dibandingkan dengan ketoprak lain di Jakarta.

Ketoprak enak di Jakarta ini juga memberikan pilihan berbagai jenis telur untuk topping, mulai dari telur dadar, telur mata sapi, telur pindang, dan telur asin. Porsi yang diberikan Ketoprak Cobek Pak Yono juga cukup besar dan mengenyangkan. Kunjungi Ketoprak Cobek Pak Yono di Jalan Karang Tengah Raya No. 34 A, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

4. Ketoprak Pak Moktar

Ketoprak Pak Moktar

* sumber: blog.gotomalls.com

Pusing mencari makan malam yang murah dan mengenyangkan? Yuk, mampir ke Ketoprak Pak Moktar. Di kedai ini tahunya digoreng dengan sangat garing sehingga membuat cita rasa ketopraknya menjadi sangat lezat, lho.

Tak hanya itu saja, rasa bumbu kacang yang dipakai juga gurih dan manis, apalagi ada tambahan topping telur dan bakso di ketoprak yang Anda pesan. Seporsi Ketoprak Pak Moktar ini sudah cukup mengenyangkan untuk makan malam. Ketoprak Pak Moktar bertempat di Taman Makan Pola Bugar Kedoya, Jalan Kedoya Raya, Jakarta Barat.

5. Ketoprak Mitro

Ketoprak Mitro

Warung Ketoprak Mitro merupakan salah satu ketoprak enak di Jakarta yang banyak dikunjungi oleh food blogger. Review yang diberikan para food blogger mengenai Ketoprak Mitro juga terbilang positif sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk mencobanya.

Keistimewaan Ketoprak Mitro terletak dari bumbunya yang legit, gurih, dan pokoknya enak banget! Saking enaknya bumbu ketoprak ini, Anda pasti tidak rela jika masih ada bumbu yang tersisa di piring. Walaupun porsinya banyak, makan sepiring Ketoprak Mitro pasti tidak cukup karena rasanya nagih banget.

Ketoprak Mitro berlokasi di Jalan Mandala Raya No. 3, RT13/RW5, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

6. Ketoprak Purwa Bharata

Ketoprak Purwa Bharata

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Dinamakan Ketoprak Purwa Bharata karena gerobak ketoprak ini berada persis di sebelah tempat pertunjukan wayang, Gedung Purwa Bharata. Walaupun hanya lapak kaki lima, tetapi gerobak ketoprak ini tidak pernah sepi pengunjung. Selalu ada saja pelanggan ketoprak ini dari berbagai wilayah di Jakarta.

Kelezatan ketoprak ini memang tidak dapat dipungkiri lagi. Bumbu kacangnya yang manis dan gurih akan siap menggoyang lidah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ketoprak dengan sate kulit dan sate ati ampela, lho. Penasaran dengan kelezatan Ketoprak Purwa Bharata? Datang langsung ke tempatnya di Jalan Kalilio No. 15, Senen, Jakarta Pusat.

7. Ketoprak Warung Riduan

Ketoprak Warung Riduan

* sumber: blog.gotomalls.com

Kalau Anda sedang jalan-jalan di kawasan Monas, cobalah mampir untuk mencicipi ketoprak enak di Jakarta yang satu ini. Ketoprak Warung Riduan dikenal sebagai ketoprak dengan cita rasa khas Betawi. Banyak pengunjung yang berpendapat bahwa rasa ketoprak ini memang “Betawi” banget.

Isi ketoprak di warung ini tidak menggunakan lontong, melainkan benar-benar menggunakan ketupat asli. Selain itu, bumbu kacangnya juga pas di lidah, tidak terlalu manis dan tidak terlalu asin. Lokasi Ketoprak Warung Riduan berada di Jalan Silang Monas Blok A No. 19, Gambir, Jakarta Pusat.

8. Ketoprak Pak Madrae

Ketoprak Pak Madrae

* sumber: www.foody.id

Yang satu ini adalah ketoprak enak di Jakarta yang mungkin harganya sedikit lebih mahal dibanding ketoprak lainnya. Namun, rasa Ketoprak Pak Madrae tidak kalah dengan ketoprak lain yang kami review di daftar ini.

Kelezatan Ketoprak Pak Madrae bisa dirasakan dari bahan-bahannya yang cukup berkualitas dan bumbunya yang mantap. Jangan lupa untuk menambahkan kecap manis saat menyantap ketoprak ini agar rasanya lebih nikmat. Ketoprak Pak Madrae dapat dikunjungi di Lenggang Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

9. Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Sejatinya, ketoprak tidak hanya diakui sebagai makanan khas Betawi, beberapa daerah lain di Jawa Barat juga dapat mengolah ketoprak dengan rasa yang enak, seperti Cirebon. Di Jakarta Anda bisa mencicipi kelezatan ketoprak khas Cirebon di Warung D’Hoek.

Yang terkenal di tempat ini adalah ketoprak khas Cirebonnya. Bumbunya enak dan teksturnya pun tidak terlalu cair. Selain itu, kita juga bisa memilih telor dadar atau telor mata sapi untuk topping­-nya. Nah, yang paling penting kerupuk di sini boleh diambil sepuasnya, lho. Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas dapat dinikmati di Warung D’Hoek, Jalan Kembang Abadi Utama Blok A7 No. 1, Puri, Jakarta Barat.

9 ketoprak enak di Jakarta ini memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Anda harus mencoba semua ketoprak ini ketika sedang berkunjung ke Jakarta. Baca juga artikel bakso enak di Jakarta ini jika Anda sedang ingin makan bakso ketika berada di kota metropolitan ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment