Bacaterus / Alat Transportasi / Inilah Daftar Kereta Terpanjang di Berbagai Belahan Dunia

Inilah Daftar Kereta Terpanjang di Berbagai Belahan Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kereta api adalah salah satu moda transportasi paling penting di dunia. Selain mengangkut penumpang, kereta api juga digunakan untuk mengangkut barang dan hasil tambang. Kereta api di Indonesia umumnya hanya berpusat di Pulau Jawa saja (kereta penumpang), tetapi kita juga masih dapat melihat kereta api di pulau-pulau lainnya (baik kereta penumpang atau hasil tambang).

Negara-negara dengan wilayah luas di dunia umumnya memiliki jalur kereta yang panjang-panjang, seperti Australia, Brazil, Amerika Serikat, Kanada, dan Tiongkok. Negara-negara tersebut juga mengoperasikan kereta yang panjangnya mencapai ribuan meter. Di bawah ini adalah beberapa kereta api terpanjang di dunia yang sudah dikategorikan menurut penggunaannya.

Kereta Penumpang Terpanjang di Dunia

Berikut ini adalah beberapa kereta api penumpang terpanjang di dunia yang masih beroperasi. Beberapa kereta terpanjang adalah hasil dari kombinasi dua kereta itu sendiri (kemungkinan pernah dioperasikan demikian).

1. The Gahn

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

The Gahn adalah kereta penumpang yang disebut-sebut terpanjang di dunia. Kereta ini mengambil rute pelayanan antara Darwin dan Adelaide di Australia. Kereta The Gahn rata-rata menarik 26 gerbong yang terbuat dari baja, tetapi rekor gerbong terbanyak yang pernah ditarik berjumlah 99 gerbong dengan panjang sekitar 1200 meter atau 1,2 kilometer!

Darwin sendiri adalah ibukota negara bagian Teritori Utara yang dekat dengan Indonesia. Sedangkan Adelaide adalah ibukota dan kota terbesar di negara bagian Australia Selatan. Jarak yang harus ditempuh The Gahn untuk beroperasi di antara kedua kota tersebut adalah 2979 km atau sekitar tiga kali panjang Pulau Jawa. Untuk waktu tempuhnya sendiri adalah sekitar 54 jam.

2. SJ Class Rc

* sumber: commons.wikimedia.org

SJ Class Rc adalah kereta listrik yang paling banyak digunakan di Swedia, sebuah negara Skandinavia yang beribukota Stockholm. Rc sebenarnya adalah kereta multifungsi yang digunakan sebagai kereta penumpang atau kereta barang dengan rute Stockholm dan Luleå. Lokomotif ini pertama kali diperkenalkan di Swedia pada tahun 1967 untuk menggantikan lokomotif Ra yang digunakan selama tahun 1950-an.

Kereta Rc terpanjang rata-rata menarik 17 gerbong dengan panjang sekitar 485 meter (26,7 meter untuk setiap gerbong ditambah dengan dua lokomotif dengan panjang masing-masing 15,4 meter). Pada 24-25 Februari 2012 lokomotif SJ Class Rc pernah menarik 22 gerbong yang panjangnya mencapai 530 meter.

3. Kereta Sapsan

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/anapaulahrm/

Sapsan adalah kereta listrik kecepatan-tinggi Rusia yang beroperasi antara Moskow dan Saint Petersburg. Kereta listrik ini diluncurkan pada bulan Desember 2009 dengan kecepatan paling tinggi 250 km / jam. Sedangkan jalur baru berkecepatan tinggi akan memungkinkan kereta memiliki kecepatan hingga 350 km / jam. Panjang total kereta Sapsan adalah sekitar 500 meter (kombinasi 2 kereta Sapsan).

4. TGV Atlantique

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/marsupilami92/

TGV Atlantique (TGV-A) adalah kereta berkecepatan tinggi yang beroperasi di Perancis. Panjang kereta ini sendiri mencapai 237,5 m yang terdiri dari dua mobil listrik dan sepuluh gerbong dengan total 485 kursi. Mereka dibangun untuk kecepatan maksimum 300 km / jam. Jika dua kereta TGV Atlantique dipasangkan, maka ia menjadi salah satu kereta penumpang terpanjang di dunia yang mencapai 475 meter.

5. Tokaido Shinkansen N700

* sumber: commons.wikimedia.org

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki teknologi kereta terbaik di dunia. Selain memproduksi kereta api berkecepatan sedang, Jepang juga telah membuat dan mengembangkan kereta api berkecepatan tinggi yang kita kenal dengan sebutan Shinkansen. Orang-orang Jepang sudah sejak lama mengandalkan kereta-kereta ini sebagai alat transportasi utama antar kota.

Salah satu kereta di Jepang yang bernama Tokaido Shinkansen N700 masuk daftar salah satu kereta terpanjang di dunia.  Kereta tersebut beroperasi di jalur Tokaido Shinkansen yang merupakan jalur kereta api berkecepatan tinggi yang dioperasikan oleh JR Central (Central Japan Railway Company). Rute ini secara resmi dibuka pada tahun 1964, dan beroperasi dari Tokyo ke Osaka.

Kereta berkecepatan tinggi Tokaido Shinkansen N700 ini memiliki 16 gerbong dengan total panjang kereta sekitar 404 meter. Jika kamu sedang berlibur di Jepang kamu harus mencoba menaiki kereta Jepang yang nyaman, modern, dan berteknologi tinggi.

Kereta Curah (Bulk Train) Terpanjang di Dunia

Kereta-kereta di bawah ini dioperasikan secara khusus untuk mengangkut hasil tambang dalam bentuk curah.

1. Kereta BHT Billiton [Australia]

* sumber: commons.wikimedia.org

BHT Billiton adalah sebuah perusahaan pertambangan dari Australia dengan hasil tambang utama minyak bumi dan logam. Perusahaan ini biasanya mengangkut hasil tambang mereka dengan kereta yang memiliki 268 gerbong sepanjang 2,8 km dengan empat lokomotif. Kereta tersebut mampu mengangkut hasil tambang sebanyak 24.200 ton.

Sebelumnya perusahaan ini pernah mengoperasikan kereta yang dapat mengangkut 44.400 ton bijih besi dengan 336 gerbong dan panjang sekitar 3 km. Sementara untuk rekor kereta terpanjangnya adalah 7,3 km dengan 682 gerbong. Kereta BHT Billiton tersebut ditenagai oleh 8 lokomotif yang didistribusikan di sepanjang kereta untuk menjaga kinerja kurva dan beban kopling terkendali.

2. Kereta Api Sishen-Saidanha [Afrika Selatan]

* sumber: commons.wikimedia.org

Afrika Selatan adalah negara yang terkenal akan hasil tambangnya. Di sana terdapat jalur kereta api Sishen-Saidanha yang merupakan jalur ekspor bijih terpanjang di Afrika. Jalur ekspor ini memiliki beberapa kereta api terpanjang di Afrika dengan panjang sekitar 4,1 km. Jalur kereta ini sepanjang 861 km tersebut menghubungkan tambang di sekitar Shishen dengan pelabuhan yang terletak di Teluk Saidanha di Western Cape.

3. Kereta Api Daqin [Tiongkok]

* sumber: commons.wikimedia.org

Daqin adalah singkatan dari Datong dan Qinhuangdao, dua kota terminal di Tiongkok. Kereta Api Daqin merupakan kereta bijih besi terpanjang di Tiongkok yang memiliki sekitar 210 gerbong dengan panjang mencapai 3,2 km. Kereta api ini mengangkut batubara dari pusat pertambangan Datong ke Qinhuangdao melalui jalur kereta transportasi terpanjang di Tiongkok utara.

4. Kereta Api Carajas [Brazil]

* sumber: commons.wikimedia.org

Kereta api ini dimiliki oleh Vale, sebuah perusahaan multinasional Brasil yang bergerak di bidang penambangan logam. Kereta Api Carajas adalah salah satu kereta curah terpanjang di Brasil dan di dunia. Kereta ini memiliki panjang sekitar 3 km dengan 330 gerbong. Catatan lainnya menyebutkan bahwa Brazil memiliki kereta curah terpanjang lainnya (sekitar 3,2 km) yang khusus mengangkut bubur kayu.

5. Kereta Rio Tinto [Australia]

* sumber: www.news.com.au

Jaringan kereta api Rio Tinto, yang melayani 15 pertambangan, adalah jaringan kereta api swasta terbesar di Australia. Rio Tinto memiliki tiga kereta panjang untuk membawa bijih besi dari tambang mereka. Kereta perusahaan ini memiliki panjang sekitar 2,4 km dengan tiga lokomotif dan bisa membawa lebih dari 29.500 ton hasil tambang.

Kereta Kargo Umum Terpanjang di Dunia

* sumber: www.up.com

Catatan umum untuk kereta kargo terpanjang di dunia hanya berkisar pada panjang maksimum kereta kargo yang diizinkan oleh sebuah negara. Sebagai contoh, panjang maksimum yang diizinkan Kanada untuk kereta barang kargo umum mereka adalah 3.700 meter, meskipun beberapa beroperasi dengan kereta sepanjang 4.200 meter yang menarik gerbong kontainer tumpukan ganda.

Rekor kereta kargo umum terpanjang di dunia sendiri disebut-sebut miliki perusahaan kereta api Union Pacific di Amerika Serikat. Mereka mengoperasikan sekitar 8.500 lokomotif di lebih dari 23 negara bagian dan lebih dari 32.000 rute. Pada 2010, salah satu kereta api terpanjangnya menarik 296 gerbong kontainer. Kereta ini ditarik oleh 9 lokomotif diesel-listrik yang tersebar di seluruh kereta dengan panjang mencapai 5,5 km.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *