Bacaterus / Alat Transportasi / Ini Dia 10 Kereta Tercepat di Dunia dari Berbagai Negara

Ini Dia 10 Kereta Tercepat di Dunia dari Berbagai Negara

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kereta merupakan salah satu transportasi darat yang digunakan dan dimanfaatkan sebagai teknologi manusia untuk mempermudah perjalanan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa orang lebih memilih menggunakan kereta untuk bepergian karena alasan tidak akan terkena macet.

Namun jarak tempuh dengan menggunakan kereta ternyata memakan waktu yang cukup lama. Contohnya saja jika Anda pergi dari Purwakarta menuju Bandung dengan kereta akan memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan. Sedangkan dengan menggunakan mobil hanya 2 jam.

Karena hal itulah beberapa Negara khususnya Negara-negara maju menciptkan inovasi dimana kereta memiliki kecepatan diatas rata-rata dan bahkan mampu mendapatkan predikat sebagai kereta tercepat di dunia. Sehingga bagi para penumpang tidak perlu khawatir akan menghabiskan waktu di jalan. Berikut beberapa kereta tercepat di dunia yang akan dibahas oleh bacaterus:

THSR 700T

THSR 700T

THSR 700T dinobatkan sebagai salah satu kereta tercepat di dunia. Kereta ini merupakan kereta asal Taiwan dengan kecepatan sangat tinggi. Kereta ini mulai beroperasi pada tanggal 5 Januari 2007. Perjalanannya perdananya yaitu untuk kota Taipei menuju Kaohsiung

Dengan kecepatan 186.4 mph, THSR 700T ini bisa menempuh jarak hanya 90 menit dari Kota Taipei ke Kaohsiung. Sebelum adanya kereta ini, biasanya para warga Taiwan menempuh perjalanan dari Kota Taipei menuju Kaohsiung dengan waktu yang cukup lama yaitu 4.5 jam.

Meskipun kereta ini merupakan kereta yang beroperasi di Taiwan, namun ternyata yang membuat THSR 700T yaitu Negara Jepang. Kereta ini dibuat oleh 3 perusahaan ternama asal jepang yaitu Kawasaki, Nippon Sharyo, dan Hitachi.

Jangan heran mengapa kereta ini bisa begitu sangat cepat, pasalnya mereka memberikan mesin yang sangat kuat dengan akselerasi dari 0-186.4 mph hanya dalam waktu 15 menit saja. Dan keamanannya pun sangat terjamin. Mereka mengadopsi keamanan asal Eropa lho.

Velaro E – 403 kph

Velaro E - 403 kph

Velaro E merupakan salah satu kereta tercepat yang ada di Spanyol. Kereta ini dibuat dan dikembangkan oleh salah satu perusahaan ternama yaitu Siemens Velaro. Kereta asal Spanyol ini mulai dioperasikan oleh perusahaan asal Spanyol, RENFE.

Maka dari itu kereta ini diberi nama Velaro E. Sebenarnya Velaro memiliki banyak unit kereta. Unit pertama kereta Velaro E hadir pada bulan Juni tahun 2005. Namun kereta tersebut baru dapat diuji coba di tahun 2006 tepatnya bulan Januari.

Tercatat dalam uji coba tersebut, kereta Velaro E memiliki kecepatan yang mencapai 403 kilo per jam dengan perjalanan dari kota Guadaljara menuju Calatayud. Itulah alasan kereta Velaro dapat menempati posisi kereta tercepat di Spanyol.

ETR 500 Frecciarossa

ETR 500 Frecciarossa Kereta Tercepat Di Dunia

Kali ini kereta tercepat lainnya datang dari Negara Italia. Kereta tercepat Italia ini diberi nama ETR 500 Frecciarossa atau hanya disebut dengan Frecciarossa saja. Kereta ini memiliki kecepatan maksimum sebesar 186.4 mph.

Kereta ini melayani perjalanan dengan rute Milan – Roma – Naples. Dikabarkan bahwa kereta ini setiap harinya melakukan perjalanan sebanyak 72 kali. Dan bahkan saat ini Frecciarossa melakukan perjalanan sebanyak 28 kali nonstop dengan rute Milan – Roma.

Jika Frecciorossa menggunakan kecepatan maksimum, maka perjalanan dari Milan menuju Roma dapat ditempuh dengan waktu hanya 2 jam 40 menit saja. Kereta ini memiliki 4 kabin dimana perkabinnya dibagi menjadi 4 kelas yaitu standard class, premium class, business class, dan executive class.

Aerotrain 180

Aerotrain 180

Masih dari Eropa. Kereta tercepat kali ini dibuat oleh seorang insinyur asal Perancis. Insinyur ini bernama Jean Bertin. Ia menamai kereta cepatnya dengan nama Aerotrain 180. Kereta ini mulai diciptakan dan juga dikembangkan pada tahun 1965 sampai akhirnya selesai di tahun 1977.

Bertin tidak hanya semata-mata membuat kereta saja, pasalnya ia memiliki tujuan sendiri dalam pembuatannya. Tujuannya adalah ia ingin menciptakan kereta yang dapat berlari dengan cepat di rel tanpa perlu khawatir dengan adanya hambatan dari udara.

Dengan tujuannya itu ia mampu mencapainya dan menyelesaikan. Pada tahun 1974, Aerotrain 180 mendapatkan rekor dunia sebagai kereta yang cepat dengan kecepatan mencapai 429 kilo per jam.

Namun sayangnya kereta ini tidak dibuka untuk umum. Hal ini disebabkan karena kurangnya biaya untuk pengembangan kereta dan juga sang insinyur telah meninggal dunia pada tahun 1977. Maka dari itu, dengan terpaksa pengembangan kereta harus berhenti.

TGV double decker

TGV double decker

TGV double decker merupakan kereta tercepat di dunia lainnya asal Perancis yang dioperasikan oleh perusahaan NSCF railway. Dilansir bahwa kereta cepat ini diproduksi dan dikembangkan di tahun 1996 sampai dengan 2004.

Namun, kereta ini baru dapat diluncurkan pada tahun 2001. TGV double decker membuktikan bahwa ia mampu menempuh kecepatan maksimum antara 300 sampai dengan 320 km. Sekitar 508 penumpang dapat memenuhi keseluruhan isi kereta.

Para penumpang dapat duduk di bagian atas maupun bagian bawah kereta karena kereta ini merupakan kereta bertingkat. Sampai saat ini kereta TGV Double Decker telah melakukan perjalanan sekitar 230 tempat di Perancis. Dan bahkan kereta ini melakukan perjalanan bolak balik antara Paris dan Masiley.

Alstom Euroduplex

Alstom Euroduplex

Alstom Euroduplex merupan seri ketiga dari TGV duplex. Kereta ini memang merupakan seri kereta cepat. Masih sama, kereta ini dioperasikan dan dikembangkan oleh perusahaan Perancis SNCF. Alstom Euroduplex melayani perjalanan Perancis, Swiss, Jerman dan Luxembourg.

Jika sebelumnya kereta bertingkat hanya mampu menampung sebanyak 508 penumpang, kali ini versi ketiganya mampu menampung sebanyak 1020 penumpang sekaligus. Kereta Euroduplex di desain oleh perusahaan Alstom.

Perbedaan lainnya dengan generasi sebelumnya, generasi ketiga ini lebih ringan dan juga ditambahkan dengan adanya Aerodinamik. Hal itu dapat menjamin dalam penghematan konsumsi power kereta. Namun, tetap berjalan dengan sangat cepat.

E5 Series Shinkansen Hayabusa

E5 Series Shinkansen Hayabusa

Saat ini Jepang memiliki kereta paling cepat yaitu seri E5 Shinkasen Hayabusa. Kereta ini mulai beroperasi pada tanggal 5 Maret 2011 dan kereta ini dikembangkan oleh perusahaan East Japan Railway Company.

Kereta ini melayani perjalanan antara Tokyo dan Aomory. Kereta tercepat Jepang ini mampu meraih kecepatan maksimum sampai 198.8 mph. dilansir bahwa kereta ini mampu menempuh jarak dari stasiun Aomory ke stasiun Tokyo hanya dalam waktu 2 jam 56 menit lho. Padahal jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 444.28 mi.

Pada bagian depan kereta seri E5 ini memiliki moncong sepanjang 15 meter. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir suara dan vibrasi yang dihasilkan ketika kereta sedang melaju di dalam terowongan. Fastech 360S adalah perusahaan yang dipercaya dalam mendesain kereta seri E5.

Kereta seri E5 mampu menampung sebanyak 731 penumpang. Kereta ini dibagi berdasarkan kelas yaitu standard, green, dan gran. Pada kelas standard memiliki 658 tempat duduk, kelas green memiliki 55 tempat duduk, dan kelas gran memiliki 18 kursi.

Jika Anda ingin menempati kelas dengan fasilitas yang high end luxury, Anda dapat memesan kursi kelas gran. Kelas gran ini merupakan kelas premium yang ada pada kereta seri E5. Di kelas ini pun akan disediakan eye mask, slippers, dan juga selimut. Serta para staff kelas gran akan memanjakan Anda dengan minuman dan makanan.

CRH 380A

CRH-380A

Kali ini kereta tercepat di dunia datang dari China. CSR 380A adalah sebutan kereta paling cepat yang ada di China dan juga dikembangkan oleh CSR Corporation Limited. Kereta ini sudah difungsikan sejak tahun 2010 hingga sekarang. Pasalnya kereta ini merupakan kereta hasil rancangan asli asal Negeri Bambu.

Wajar jika CSR 380A merupakan salah satu kereta paling cepat di dunia, pasalnya kereta ini mampu menempuh kecepatan hingga 380 kilo per jam. Namun sayangnya dengan kecepatan super tersebut justru menimbulkan kecelakaan sehingga kecepatannya diturunkan menjadi 299 kilo per jam.

Transrapid 09

Transrapid-09

Jika tadi kereta tercepat di dunia datang dari Asia, kali ini datang dari Eropa, Jerman. Kereta Transrapid merupakan salah satu kereta tercepat di dunia yang diproduksi oleh Negara Jerman. Selain mendapatkan peringkat kereta tercepat di dunia, Transrapid 09 juga menjadi ikon kereta terbaru dan juga tercanggih yang pernah dibuat.

Kereta ini mampu mengurangi kecepatan dengan waktu yang sangat singkat. Kereta ini menggunakan tenaga magnetic yang dirancang secara khusus sehingga mampu menghasilkan kecepatan hingga 500 kilo per jam lho.

ICE V

ICE-V

ICE V merupakan salah satu kereta tercepat di dunia yang mampu menempati posisi ke-9 sampai tahun 1990. Kereta ini dikembangkan oleh Deutsche Bundebahn. Jika sebelumnya kereta tercepat di dunia diperuntukkan untuk umum, maka kereta ICE V tidak terbuka untuk transportasi umum.

Kereta ini dibuat di tahun 1985 dan hanya beroperasi sebagai kereta uji coba saja. Dalam uji cobanya tersebut, dibuktikan bahwa kereta ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 407 kilo per jam lho. Dan mendapatkan rekor kereta tercepat di dunia hingga tahun 1990 tak tergantikan.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *