Bacaterus / Alat Transportasi / 10 Kendaraan Terbesar di Dunia yang Jarang Kita Lihat

10 Kendaraan Terbesar di Dunia yang Jarang Kita Lihat

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa kendaraan yang kamu tahu? Sepeda, motor, mobil, truk, perahu, kapal pesiar, pesawat, sebutkan apapun itu, tapi ukuran mereka biasa saja, bukan? Kamu pun sering melihat kendaraan-kendaraan tersebut setiap harinya. Lalu, apakah kendaraan terbesar yang jarang kita lihat?

Skala ‘besar’ di sini bukan truk pengangkut mobil-mobil baru atau pun bus bertingkat yang biasa ditemukan di Eropa. Tapi, memang ada beberapa mesin yang sangat besar, yang diciptakan untuk suatu tujuan tertentu.

Ingin melihat kendaraan atau mesin raksasa yang paling massive di dunia? Bacaterus sampai akhir dan mungkin kamu akan terkaget-kaget, “Oh, ada benda seperti ini, ya, di dunia?”.

1. Bagger 288

* sumber: piximus.net

Excavator Bagger 288 dibangun oleh Krupp Company asal Jerman. Ini adalah mesin penambangan strip bergerak yang sangat besar dan juga sekaligus kendaraan terberat di dunia dengan beban 13.500 ton.

Benda ini bahkan menggantikan Crawler-Transporter NASA (akan dibahas di bawah) untuk membantu membawa Space Shuttle and Apollo Saturn V sebelum meluncur. Excavator ini memiliki panjang 220 meter dan tinggi sekitar 96 meter. Mesin ini bisa menggali 240.000 ton batu bara sehari, loh!

2. Triple E-class Container Ship

* sumber: www.voanews.com

Maersk Triple E Class atau Triple E-class Container Ship adalah salah satu kapal terbesar di dunia. Memang, ada beberapa kapal yang sedikit lebih besar, seperti Seawise Giant misalnya. Tapi, ia sudah tidak mengapung alias tidak beroperasi lagi.

Nah, kalau Maersk Triple E ini masih aktif. Kamu yang berada di belahan dunia manapun bisa berkesempatan melihat kapal ini, karena ia membawa kontainer berisi kargo ke seluruh belahan bumi.

Sebenarnya kapal ini diciptakan 20 buah oleh pembangun pertamanya, yaitu Daewoo. Tapi, sampai saat ini, hanya empat kapal yang masih aktif dalam pelayaran. Meskipun ukurannya sangat besar, kapal-kapal ini dibuat dengan efisiensi bahan bakar yang luar biasa canggih.

Mereka menggunakan mesin diesel kembar yang memanfaatkan limbah panas dan mengubahnya kembali menjadi energi yang berguna untuk kapal. Carbon footprint (Jejak karbon) kapal ini bahkan 50% lebih kecil dari kapal berukuran serupa juga.

Keren! Meski efisien, mesinnya masih mengonsumsi sekitar 21.000 galon solar per hari. (Walaupun segitu juga dianggap sangat efisien untuk ukuran kapal sebesar ini). Jika terisi penuh, kapal ini dapat membawa lebih dari 18.000 kontainer kargo berukuran 6 meter.

3. NASA Crawler-transporter

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/398709373244315222/

Pada tahun 1965, NASA mengembangkan dua kendaraan pengangkut untuk membawa roket ke landasan peluncuran mereka. Crawler-transporter milik NASA ini sangat besar, bahkan sampai punya landasan khusus sendiri. Benda ini dikenal juga dengan nama Missile Crawler Transporter Facility.

Pesawat pengangkut ini berukuran panjang 39.929 m, lebar 34.747 m, dan tinggi lebih dari 6.096 m. Dengan ukurannya yang sangat besar ini, Nasa Crawler juga merupakan kendaraan darat bertenaga mandiri terbesar di dunia.

Transporter ini sekarang digunakan untuk mengangkut angkutan antara Vehicle Assembly Building (gedung perakitan dan Launch Complex 39, Area peluncuran).

4. Schwerer Gustav

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/89438742580300888/

Schwerer Gustav, atau Gustav Cannon, adalah kendaraan perang yang dilengkapi meriam rel berkaliber ukuran 80 cm. Kendaraan ini dibuat di Jerman pada tahun 1930-an oleh Krupp. Kendaraan ini ada dua.

Tujuan kendaraan ini adalah digunakan sebagai penghancur benteng utama Garis Pertahanan Maginot Prancis. Ya, Gusstav Cannon digunakan selama WW II alias Perang Dunia II.

Karena peluru yang ditembakkan merupakan salah satu amunisi terberat, dan kalibernya merupakan yang terbesar yang pernah diproduksi, jadi wajar saja kalau kendaraannya pun besar sekali.

Gun-nya sendiri memiliki berat 1.330 ton, panjang sekitar 47 m, dan tinggi sekitar 18 m. Agar lebih mudah dibayangkan, kira-kira kendaraan ini sepanjang empat bus dan setinggi bangunan empat lantai. Untuk bisa bergerak, kendaraan ini membutuhkan jalur kereta api.

5. Caterpillar 797F

* sumber: www.equipmentjournal.com

Selanjutnya, ada ‘ulat’, nih. Tapi, ternyata ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dari ulat, namanya adalah Caterpillar 797F. Rupanya Caterpillar itu nama perusahaannya, genks. Yaitu Caterpillar Inc. yang berbasis di Amerika Serikat.

Jika manusia berdiri di sampingnya, akan terlihat sangat kerdil jadinya. Ini adalah salah satu kendaraan two-axle (dua gandar) terbesar di dunia. Kendaraan ini digunakan dalam situs tambang modern produksi tinggi atau di konstruksi tugas berat.

Yap, kamu tidak akan menemukannya berseliweran di jalan raya biasa. Biasanya kendaraan ini membawa bijih besi dalam skala banyak dan untuk perjalanan jarak jauh. Kalau mau dibayangkan ini sama seperti truk pickup, cuma ukurannya jauh lebih besar.

6. Antonov An-225 Mriya

*Sumber: https://www.instagram.com/megaaviation/

Coba lihat perbandingan pesawat di gambar atas dengan pesawat regular yang ada di gambar bawahnya, jauh banget, kan? Antonov An-225 Mriya, merupakan pesawat kargo yang dirancang oleh Biro Desain Antonov Uni Soviet pada 1980-an. Fungsinya untuk pengangkutan strategic military airlifts (militer udara).

Soviet memang dikenal suka membuat pesawat besar. Dengan panjang 83.82 meter, berat 285 ton, rentang sayap 88.39 meter, dan ruang kargo yang cukup besar untuk menampung 50 mobil, Mriya adalah pesawat terbesar dan terberat di bumi. Fun fact: nama belakang pesawat ini diambil dari bahasa Ukraina ‘Мрія’ yang berarti mimpi atau inspirasi.

7. Prelude FLNG

* sumber: www.rivieramm.com

Kapal lagi, nih. Memang, lautan itu kan luas banget, jadi wajar banyak kendaraan yang besar-besar, seperti Prelude FLNG. Ini adalah proyek gas alam cair terapung (FLNG) pertama di dunia. Kapal ini dibangun oleh beberapa perusahaan, yaitu Royal Dutch Shell, KOGAS dan Inpex.

Kapal Prelude digunakan untuk mengakses ladang gas alam baru di laut yang sebelumnya terlalu sulit atau terlalu mahal untuk dikembangkan. Dengan panjang 488 meter (which is lebih panjang dari empat lapangan sepak bola), dan lebar 74 meter, Prelude FLNG adalah fasilitas lepas pantai terapung terbesar sekaligus kapal terbesar yang pernah dibuat di dunia.

8. BelAZ 75710

* sumber: www.airspace-review.com

BelAZ 75710 adalah truk angkut kelas ultra yang diproduksi di Belarus oleh perusahaan BelAZ. Ini adalah truk angkut dengan kapasitas muatan terbesar dan tertinggi di dunia pada tahun 2016. Truk monster ini memiliki panjang 20.6 m (sama dengan panjang dua bus tingkat) dan tinggi 8.16 m dengan lebar 9.87 m.

Memiliki berat 360 ton, which is lebih dari sekadar pesawat penumpang Airbus A380 yang terisi penuh, BelAZ 75710 memiliki kapasitas muatan 408.233 ton.

9. Terex RH400

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/389913280217336943/

Sesuai namanya, kendaraan terbesar yang terakhir ini memang mirip dengan dinosaurus T-rex. Setuju tidak? Terex RH400 mungkin merupakan ekskavator (mesin pengeruk) terbesar di dunia. Bahkan digger alias bagian pengeruk/penggalinya itu bisa muat kalau dimasukkan ekskavator ukuran biasa!

Alat ini mampu bergerak hingga 10.000 ton bumi per jam dan dilengkapi dengan sekop besar di bagian depan untuk mendorong, mencakar, menggali, mengangkat, dan juga menjatuhkan benda (mostly tanah, sihh). Jika kamu perlu membuat ‘lubang yang besar di bumi’, maka kamu tahu harus menggunakan alat apa.

10. Dodge Power Wagon

* sumber: www.legacyclassictrucks.com

kalau yang satu ini bentukannya seperti mobil normal, ya? Eits, jangan salah kaprah, soalnya Dodge Power Wagon ini merupakan truk medium duty. Mobil ini diproduksi dalam berbagai seri model dari 1945 hingga 1980 oleh Dodge.

Kemudian, berganti nama menjadi Dodge Ram dari 2005 hingga 2013. Lalu, dari tahun 2013 sampai sekarang dipasarkan dengan nama Ram Trucks.

Sebenarnya untuk tidak ada patokan mutlak untuk mengatakan 10 kendaraan terbesar di muka bumi, karena setiap orang memiliki persepsi berbeda tentang apa itu kendaraan.

Seperti beberapa pilihan kendaraan di atas, mungkin ada yang menurut kamu ‘bukan kendaraan’. Atau, mungkin saja pilihan ke sepuluh kendaraan di atas masih belum yang terbesar buatmu. Terimakasih sudah membaca!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *