Bacaterus / Perpisahan Sekolah / Yuk Intip 10 Inspirasi Kenang-Kenangan untuk Ibu/Bapak Guru

Yuk Intip 10 Inspirasi Kenang-Kenangan untuk Ibu/Bapak Guru

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Acara kelulusan sekolah menjadi suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan tingkat akhir. Kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA menjadi penentu lulus atau tidaknya mereka dari sekolah yang sudah memberikan pendidikan selama tiga sampai enam tahun lamanya.

Pendidikan yang baik berasal dari pendidik yang kompeten di bidangnya. Mengajar dengan setulus hati untuk mencerdaskan anak bangsa. Siapa lagi kalau bukan Ibu dan Bapak guru yang menjadi pahlawan tanpa tanda jasa, tetapi setiap jasa yang mereka berikan akan berpengaruh besar bagi kecerdasan anak bangsa.

Pada tahun terakhir pendidikan, guru bekerja lebih keras untuk mendidik siswanya agar dapat lulus dengan hasil terbaik, dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya di sekolah atau universitas yang siswa impikan. Guru tak hanya sekadar tenaga pendidik, melainkan bisa menjadi sahabat bagi siswanya. Tak jarang siswa memberikan hadiah sebagai kenang-kenangan untuk para guru.

Berikut ini 10 inspirasi kenang-kenangan untuk tenaga pendidik yang bisa kamu berikan untuk Ibu dan Bapak guru saat acara kelulusan. Kenang-kenangan ini bisa kamu jadikan sebagai ucapan terima kasih atas jasa yang telah mereka berikan. Simak informasinya ya!

1. Tas

Tas

* sumber: www.freepik.com

Tas menjadi barang yang sangat umum diberikan sebagai hadiah. Karena tas dapat digunakan oleh Ibu dan Bapak guru dalam menjalankan aktivitasnya. Tas juga menjadi hadiah yang universal, jadi bisa kamu berikan kepada gurumu baik itu guru perempuan maupun guru laki-laki.

Tas yang diberikan kepada guru bisa disesuaikan dengan karakter dari gurumu agar barang tersebut dapat digunakan dengan baik oleh Ibu / Bapak guru. Misalnya, gurumu perempuan dan feminim, maka bisa diberi handbag atau tas cewek lainnya. Kalau gurumu suka mendaki atau traveling, bisa berikan mereka tas ransel atau carrier.

2. Dompet

Dompet

* sumber: www.freepik.com

Selain tas, kamu pun bisa memberi dompet untuk Ibu dan Bapak Guru. Sama halnya seperti tas, dompet merupakan hal yang pasti digunakan oleh gurumu. Jadi, jika kamu memberikan dompet sebagai kenang-kenangan, maka barang itu akan sangat terpakai oleh mereka.

Kamu bisa memberikan dompet sesuai dengan apa yang gurumu sukai. Dompet memiliki banyak jenis di mana kamu bisa menyesuaikan dengan budget-mu. Jika kamu anak SMA dan masih terbatas dalam hal finansial, maka kamu bisa memberikan dompet yang sesuai dengan budget dan tentunya kualitas yang bagus.

3. Jam Tangan

Jam Tangan

* sumber: www.freepik.com

Jam tangan menjadi salah satu barang yang paling umum diberikan untuk Ibu dan Bapak guru. Sebagian besar guru sering menggunakan jam tangan dalam setiap aktivitasnya. Tak heran jika jam tangan cocok untuk dijadikan sebagai hadiah kenang-kenangan dan ucapan terima kasih untuk Ibu dan Bapak guru.

Jam tangan juga merupakan hadiah yang universal dan memiliki model yang bermacam-macam. Selain jam tangan, kamu pun bisa memberikan jam dinding yang unik. Barang ini bisa dikenang oleh Ibu dan Bapak guru.

4. Mug Custom

Mug Custom

*

Tak jarang, siswa yang baru lulus memberikan kenang-kenangan berupa mug custom yang didesain sesuai dengan selera dari siswa maupun guru. Biasanya, mug diberi tulisan ucapan terima kasih, ataupun diberi gambar foto wajah dari guru yang dimaksud. Mug menjadi salah satu kenang-kenangan yang berguna bagi guru.

5. Kain Batik / Tenun

Kain Batik / Tenun

* sumber: rilis.id

Kamu siswa yang berasal dari luar daerah? Bisa juga lho memberikan kenang-kenangan berupa kain batik ataupun kain tenun khas daerah setempat. Misalnya kamu dari Solo, dan sempat berkunjung ke sana sebelum hari kelulusan, maka kamu bisa membawa kain batik sebagai oleh-oleh sekaligus hadiah kenang-kenangan saat kelulusan.

Jika dirasa kain tenun lebih mainstream, kamu pun bisa menggantinya dengan kain tenun yang unik. Kain tenun dan batik bisa dijadikan alternatif jika kamu ingin memberi pakaian untuk guru, tetapi tidak paham ukuran dan model yang disukai oleh gurumu. Dengan kamu memberikan kain tenun atau batik, maka gurumu bisa mengkreasikan sendiri pakaian apa yang akan dibuat dari kain yang diberikan.

6. Kemeja

Kemeja

* sumber: dhawukara.com

Kemeja menjadi hadiah kenang-kenangan paling umum yang diberikan oleh siswa kepada gurunya. Biasanya, kemeja dijadikan hadiah untuk Bapak guru karena mereka akan memakai kemeja saat sedang mengajar, ataupun datang ke acara resmi. Hadiah berupa kemeja dapat sangat berguna bagi Bapak guru.

Jika gurumu adalah guru perempuan, dan kamu ingin memberinya kemeja, tetap bisa juga kok, karena banyak sekali model kemeja bagi perempuan yang cocok dipakai untuk acara formal maupun kasual. Jadi kemeja dapat menjadi pilihan untuk memberikan kenang-kenangan kepada Ibu dan Bapak guru.

7. Karikatur

Karikatur

* sumber: www.flickr.com

Ingin memberikan kenang-kenangan yang berbeda? Kamu bisa lho membuat karikatur wajah gurumu dan diberikan ucapan terima kasih, atau quotes yang membangun. Karya karikatur yang kamu buat bisa berupa foto yang diberikan pigura, poster kecil, hingga hiasan pada jam meja. Karya karikatur yang diberikan akan dipajang dan tentunya kamu akan diingat oleh gurumu.

Jika kamu tidak memiliki bakat dalam membuat karikatur, kamu bisa memesan jasa pembuatan karikatur yang saat ini sudah banyak dipromosikan. Kamu dapat membuat karikatur sesuai dengan keinginan dan kreativitasmu.

8. Perlengkapan Sholat

Perlengkapan Sholat

* sumber: kumparan.com

Apabila gurumu beragama Islam, kamu juga bisa memberikan peralatan sholat sebagai hadiah kenang-kenangan untuk guru. Peralatan shalat terbilang universal karena kamu bisa memberi mukena untuk guru perempuan, ataupun sarung untuk guru laki-laki. Hadiah ini akan sangat berguna bagi gurumu.

Jika kamu bingung untuk membeli mukena dan sarung karena tidak mengetahui ukurannya, maka kamu bisa memberikan sajadah sebagai alternatif. Terutama jika gurumu laki-laki dan rutin menjalankan shalat jumat di masjid sekolah, maka sajadah akan sangat berguna bagi mereka.

9. Tempat Makan

Tempat Makan

* sumber: www.alodokter.com

Kamu atau gurumu sangat peduli akan kebersihan makanan? Tidak ada salahnya menjadikan kotak makan atau lunch box sebagai hadiah kenang-kenangan. Apalagi jika gurumu rajin membawa bekal makan sendiri dari rumah, wah pasti hadiah darimu akan sangat terpakai oleh mereka.

Tempat makan juga menjadi alternatif hadiah yang murah dan berguna. Di toko peralatan makanan, kamu bisa memiliki tempat makan seperti apa yang cocok untuk gurumu dan harganya sesuai dengan budget-mu. Meskipun terkesan sangat simple, hadiah berupa tempat makan pasti akan membuat gurumu senang.

10. Video Ucapan Terima Kasih

Video Ucapan Terima Kasih

* sumber: jateng.tribunnews.com

Suka dengan hal yang kreatif dan anti-mainstream? Coba deh, buat video ucapan terima kasih untuk Ibu dan Bapak guru yang sudah berjasa dalam mendidik siswa di sekolah. Video ucapan terima kasih bisa menjadi hadiah bersama dari siswa dalam satu kelas dan hadiah ini bisa diberikan untuk wali kelas.

Video ucapan terima kasih bisa dibuat sekreatif mungkin, misalnya satu persatu siswa membuat ucapan terima kasih dan disatukan dalam satu video. Bisa juga kamu membuat kompilasi foto dan video saat berada di dalam kelas, jadi gurumu bisa mengenang setiap momen yang pernah diukir bersama siswa. Menarik sekali bukan?

Nah, itu dia 10 inspirasi kenang-kenangan untuk para guru yang sudah sangat berjasa dalam mendidik hingga kamu bisa lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya. Jika kamu juga berencana memberikan kenang-kenangan untuk sekolah, coba saja pilih salah satu yang paling berkesan di artikel 10 Rekomendasi Kenang-Kenangan untuk Sekolah yang Berkesan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *