Bacaterus / Misteri Musik / 10 Kematian Tragis Musisi Dunia Karena Bunuh Diri

10 Kematian Tragis Musisi Dunia Karena Bunuh Diri

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Populer dan bergelimang harta ternyata tidak membuat sejumlah musisi merasa damai dan bahagia. Beberapa hal menyebabkan mereka depresi, putus asa, dan kecewa hingga akhirnya berkomitmen untuk bunuh diri. Kematian tragis musisi dunia yang disebabkan karena bunuh diri pasti cukup mengejutkan bagi penggemarnya. Apalagi beberapa di antara mereka sedang berada di puncak popularitasnya.

Siapa saja musisi dunia yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri? Bagaimana cara para musisi ini bunuh diri? Bacaterus telah merangkum 10 kasus kematian tragis musisi dunia karena bunuh diri yang kabarnya cukup menorehkan luka di hati para penggemarnya.

10 Kematian Tragis Musisi Dunia

1. Kurt Cobain

Kurt Cobain Kematian Tragis Musisi

Nama Kurt Cobain masih sangat terkenal hingga saat ini meskipun ia dinyatakan meninggal dunia di tahun 1994. Vokalis grup band Nirvana ini memiliki wajah yang tampan dan popularitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Sayangnya, apa yang Cobain miliki ternyata tidak membuat dirinya bahagia. Cobain menderita depresi dan kecanduan heroin. Pada tanggal 5 April 1994, Cobain memutuskan untuk bunuh diri di ruang tamu rumahnya yang berada di Seattle. Cobain mengakhiri hidupnya dengan cara menembakkan senapan ke kepalanya.

2. Jimi Hendrix

Jimi Hendrix

James Marshall Hendrix atau yang dikenal sebagai Jimi Hendrix adalah salah satu musisi paling terkenal di abad 20. Namanya dikenal sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh dalam sejarah musik dunia. Pria kelahiran 27 November 1942 ini mendapat julukan sebagai Dewa Gitar.

Kematian Jimi Hendrix merupakan salah satu kematian tragis musisi yang cukup menggemparkan. Jimi dinyatakan meninggal karena overdosis obat-obatan. Namun belakangan diketahui bahwa Jimi sengaja menenggak 9 tablet obat tidur. Akibat terlalu banyak mengonsumsi obat tidur dari dosis yang dianjurkan, Jimi mengalami overdosis yang akhirnya merenggut nyawanya.

3. Avicii

Avicii

Penggemar musik EDM pasti tak asing dengan nama Avicii. DJ internasional ini juga sempat tampil di Jakarta pada tahun 2012. Di tahun 2016, Avicii sempat mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari kegiatan tur tetapi masih aktif membuat karya hingga tahun 2017. Belakangan diketahui bahwa Avicii pensiun karena menderita penyakit pankreatitis akut karena sempat menjadi pencandu minuman beralkohol.

Tanggal 20 April 2018, pria bernama asli Tim Bergling ini ditemukan tewas di Muscat, Oman. Meskipun keluarga sempat menutupi penyebab kematian Avicii, tetapi akhirnya terungkap bahwa DJ ini meninggal karena bunuh diri. Avicii mengakhiri hidupnya dengan menggores pergelangan tangan dan lehernya menggunakan pecahan kaca dari botol anggur.

4. Chris Cornell

Chris Cornell

Pentolan band Soundgarden dan Audioslave ini, Chris Cornell, memutuskan untuk bunuh diri di tahun 2017 lalu. Kematian Chris membawa duka yang amat mendalam bagi industri musik dunia. Chris mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di kamar mandi Hotel MGM Grand Detroit. Ketika ditemukan, jasad Chris tergeletak dengan pita yang masih menjerat lehernya.

Menurut The Detroit News, Chris bunuh diri usai manggung pada Rabu 17 Mei 2017, tepatnya sekitar pukul 11 malam. Banyak yang menduga jika Chris mengalami depresi sehingga ia memilih untuk bunuh diri.

5. Chester Bennington

Chester Bennington

Kematian tragis musisi yang satu ini sangat mengejutkan, terlebih Chester Bennington adalah sahabat dari Chris Cornell. Yang membuat kematian Chester meninggalkan luka yang sangat mendalam bagi fans dan orang-orang terdekatnya adalah, ia memilih hari ulang tahun Chris Cornell sebagai hari kematiannya.

Vokalis grup band Linkin Park ini gantung diri di kediamannya yang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Chester diketahui memiliki riwayat penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Ia sedang berjuang untuk mengatasi kecanduannya tersebut. Selain itu, Chester juga memiliki masa lalu yang pilu di mana ia menjadi korban pelecehan seksual saat usianya masih 7 tahun.

6. Elliott Smith

Elliott Smith

Elliott Smith adalah musisi berbakat yang memiliki sejumlah keahlian. Selain dapat menyanyi dan menciptakan lagu, Smith juga pandai bermain piano, klarinet, bass, harmonika, drum, dan gitar. Nama Smith menjadi sangat dikenal setelah lagu yang ia nyanyikan “Miss Misery” menjadi soudtrack film “Good Will Hunting.”

Alasan Smith mengakhiri hidupnya adalah ia mengalami depresi yang berkepanjangan. Menurut teman-temanya, Smith sering mengeluh tentang susahnya meninggalkan ketergantungan narkotika dan minuman beralkohol. Ketika Smith menyadari bahwa dirinya tidak bisa lepas dari barang-barang haram tersebut, ia memutuskan untuk bunuh diri dengan menusuk dadanya sendiri beberapa kali.

7. Ian Curtis

Ian Curtis

Memiliki wajah yang tampan dan popularitas yang sedang menanjak ternyata tidak membuat Ian Curtis bahagia. Vokalis sekaligus pencipta lagu ini memutuskan untuk bunuh diri di usia yang masih sangat muda. Curtis meninggal di usia 23 tahun dengan meninggalkan seorang istri dan seorang anak.

Riwayat penyakit epilepsi yang dimiliki Curtis ternyata membuat dirinya depresi dan putus asa. Apalagi band yang ia dirikan, Joy Division, hanya bertahan selama setahun saja. Sampai akhirnya, pria yang memiliki nama lengkap Ian Kevin Curtis ini mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

8. Kim Jong-Hyun

Kim Jong-Hyun

Satu lagi kematian tragis musisi yang sangat menggemparkan dunia. Ya, kematian Kim Jong-Hyun, salah satu personel boyband SHINee, ini menorehkan luka mendalam bagi pecinta musik K-Pop. Tak ada yang menyangka bahwa Jong-Hyun mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena pria ini memiliki karir yang cukup sukses di dunia K-Pop.

Jong-Hyun ditemukan tak sadarkan diri di sebuah apartemen sewaan yang berada di Cheongdam-dong, Seoul selatan pada tanggal 18 Desember 2017. Pria ini dinyatakan meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kepolisian setempat menyatakan bahwa Jong-Hyun meninggal karena menghirup asap beracun. Dugaan bunuh diri semakin kuat ketika di apartemen ditemukan briket batu bara yang sengaja dibakar di atas wajan penggorengan.

9. Wendy O Williams

Wendy O Williams

Sejumlah musisi yang meninggal karena bunuh diri memang didominasi oleh musisi berjenis kelamin pria. Namun di tahun 1998, dunia dikejutkan dengan kematian seorang penyanyi punk wanita bernama Wendy O Williams. Wendy adalah penyanyi punk kontroversial yang selalu tampil dengan aksi-aksi yang “berani” saat berada di panggung. Bahkan terkadang aksinya tersebut bisa membuat dirinya celaka.

Tahun 1993, Wendy mencoba bunuh diri dengan menusukkan pisau ke dadanya, tetapi ia selamat. Kemudian, di tahun 1997 ia kembali melakukan percobaan bunuh diri dengan menenggak efedrin sebanyak mungkin, namun lagi-lagi ia selamat. Di tahun 1998, Wendy kembali melakukan aksi bunuh diri dengan menembakkan pistol ke kepalanya dan kali ini ia tak selamat.

10. John Bonham

John Bonham

John Bonham adalah drummer dari grup band legendaris Led Zeppelin. Band ini juga sempat menjadi perbincangan dunia karena dianggap sebagai musisi pemuja setan lantaran lagu mereka yang berjudul “Stairway to Heaven” menceritakan tentang neraka jika diputar terbalik.

John adalah seorang pecandu alkohol. Ia meninggal setelah mengkonsumsi 40 shot vodka. Entah sengaja atau tidak, para fans dan masyarakat di seluruh dunia menganggap bahwa ia memang ingin mengakhiri hidupnya.

10 kematian tragis musisi dunia ini mengajarkan kita bahwa kekayaan dan popularitas terkadang tidak bisa membeli kebahagiaan, kedamaian, dan kesehatan. Adakah idola Anda dari 10 musisi yang disebutkan di atas?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *