bacaterus web banner retina

Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 24 November 2020

Udara panas dalam ruangan memang bisa sangat mengganggu dan tidak membuat nyaman bagi penghuni. Jika kamu berpikir AC atau kipas angin adalah solusi satu satunya untuk mengatasi udara panas, maka kamu salah besar. Karena pada kenyataannya ada pula air cooler yang kerap dipilih oleh masyarakat sebagai penyejuk udara yang lebih ekonomis untuk membuat suhu ruangan lebih sejuk dan segar.

Nah, supaya kamu tidak salah saat membeli air cooler. Kali ini Bacaterus akan mengulasnya dalam artikel di bawah. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh alat elektronik yang satu ini? Yuk, simak ulasannya dalam daftar berikut!

Kelebihan Air Cooler

Dibanding dengan kipas angin atau ac, air cooler memang memiliki banyak kelebihan. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, aplikasi alat elektronik ini terbilang mudah dan tidak mengganggu. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh alat ini. Berikut adalah ulasannya:

1. Portable

Portable

* sumber: www.harveynorman.com.au

Berbeda dengan ac yang kerap dipasang permanen dalam sebuah ruangan. Air Cooler sendiri dapat dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain karena bentuknya yang portable. Ukurannya Air Cooler yang relatif kecil memang cenderung mudah untuk dibawa dan ditempatkan di segala ruangan.

Mengingat Air Cooler tidak bergantung pada kompresor, maka suhu dalam ruangan pun tidak akan seperti ruangan yang menggunakan ac. Air cooler sendiri bekerja dengan menggunakan kipas untuk menghembuskan angin ke udara. Air cooler juga dengan filter penyaring debu sehingga udara yang dihasilkan bebas dari polusi debu.

2. Tidak Boros Listrik

Tidak Boros Listrik

* sumber: guardian.ng

Pemakaian listrik yang boros memang kerap menjadi masalah serius bagi penghuni rumah. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat kerap memilih air cooler untuk mendinginkan ruangan. Air Cooler sendiri memang dikenal hemat dalam penggunaan listrik. Hal ini tentu berpengaruh pada konsumsi listrik yang ada di rumah.

Nah, karena tidak boros dalam penggunaan daya listrik, maka beban biaya yang harus ditanggung oleh pemilik rumah pun tidak akan sebesar bila dibanding dengan menggunakan air conditioner.

3. Mudah dalam Perawatan

Mudah dalam Perawatan

* sumber: www.diynetwork.com

Air Cooler memiliki keuntungan tersendiri bagi masyarakat karena cenderung mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Perawatannya sendiri masih bisa dilakukan oleh seorang diri. Lain halnya dengan ac yang membutuhkan tenaga ahli untuk perawatannya. Kamu sendiri hanya perlu membersihkan alat dan mengganti air saja untuk menjaga air cooler tetap bekerja dengan baik.

Karena tidak memerlukan jasa tenaga ahli, maka tidak ada biaya tambahan untuk perawatan. Hal ini tentu sebuah keuntungan tersendiri, terutama bagi mereka yang sedang menjalani gaya hidup hemat. Bagi orang-orang yang mengutamakan kepraktisan, maka air cooler bisa menjadi pilihan yang pas.

4. Melembapkan Udara dalam Ruangan

Melembapkan Udara dalam Ruangan

* sumber: improb.com

Kelebihan yang dimiliki oleh air cooler adalah mampu melembapkan ruangan secara maksimal. Air cooler memang relatif jauh lebih efektif dalam melembapkan ruangan. Hal ini disebabkan uap air yang digunakan untuk mendinginkan ruangan.

Meskipun demikian, kamu sendiri harus memperhatikan beberapa hal saat menggunakan alat yang satu ini. Salah satunya adalah dengan memastikan kondisi ruangan dalam keadaan bersih. Hal itu untuk mencegah timbulnya jamur atau bakteri dari luar yang masuk ke dalam ruangan.

5. Menjaga Kualitas Udara dengan Baik

Menjaga Kualitas Udara dengan Baik

* sumber: www.womansday.com

Air cooler memiliki efisiensi maksimum ketika mengalirkan udara dari luar ruangan ke dalam ruangan. Hal ini tentu memiliki manfaat cukup baik dalam menjaga kualitas udara. Sementara air conditioner sendiri memang lebih baik bekerja dalam keadaan ruangan tertutup. Hal ini dibutuhkan untuk mensirkulasi ulang udara yang ada di ruangan pada saat mendinginkan.

Nah, hal ini tentu bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi kamu saat memilih pendingin udara. Pastikan alat yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan.

6. Bekerja Maksimal di Luar Ruangan

Bekerja Maksimal di Luar Ruangan

* sumber: waypointinspection.com

Nah, kelebihan yang dimiliki oleh air cooler selanjutnya adalah mampu bekerja maksimal di luar ruangan. Berbeda dengan ac yang bekerja maksimal ketika ruangan tertutup rapat, maka air cooler tidak terpengaruh dengan kondisi ruangan. Air cooler bahkan bisa digunakan di balkon atau di dapur ketika sedang memasak.

Bentuknya yang portable memungkinkannya untuk dibawa, bahkan bekerja secara maksimal meskipun digunakan di luar ruangan yang memiliki suhu udara panas. Jika kamu termasuk orang yang sering bepergian dan tidak bisa bertahan dalam kondisi udara panas di suatu daerah, maka air cooler adalah pilihan yang tepat untuk membuat hari-harimu lebih nyaman.

7. Tidak Mengganggu Kesehatan

Tidak Mengganggu Kesehatan

* sumber: aircentra.com

Udara memang kerap menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan. Hal tersebut disebabkan karena partikel-partikel di udara dapat berdampak negatif pada kesehatan individu bila terhirup ke dalam tubuh.

Air cooler atau air conditioner memang kerap dilengkapi dengan filter yang dapat menyaring hal tersebut. Meskipun demikian, beberapa orang juga sering kali mengeluh masalah kesehatan yang disebabkan air conditioner.

Salah satunya adalah pada penderita asma yang berisiko terkena serangan karena udara dingin dan kering. Nah, karena air cooler bersifat melembapkan udara, maha efek yang ditimbulkan bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan pun cukup minimal.

Baca juga: Cara Menggunakan Air Cooler yang Benar & Tips Merawatnya

Kekurangan Air Cooler

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun air cooler juga memiliki beberapa kekurangan yang harus menjadi perhatian kamu sebelum membeli. Hal itu diperlukan agar kamu tidak merasakan kekecewaan setelah membeli alat elektronik ini. Beberapa kekurangan yang kerap ditemukan oleh para pembeli adalah sebagai berikut:

1. Daya Jangkau yang Terbatas

Daya Jangkau yang Terbatas

* sumber: www.noelleeming.co.nz

Berbeda dengan air conditioner yang dapat menjangkau keseluruhan ruangan. Air Cooler sendiri diketahui tidak bisa menjangkau keseluruhan ruangan. Udara sejuk yang dihasilkan oleh air cooler hanya terkonsentrasi pada area-area tertentu saja. Meski demikian, hal tersebut juga masih bisa diatasi dengan memilih spesifikasi alat yang sesuai dengan ruangan yang akan digunakan.

Oleh karena itu, sebelum membeli alat tersebut, maka sebagainya pastikan ukuran ruangan yang akan digunakan serta memilih brand atau merek Air Cooler yang memiliki kualitas terbaik dan terjamin mutunya.

2. Kurang Sejuk

Kurang Sejuk

* sumber: www.minews.id

Meskipun air cooler bisa menyejukkan ruangan, namun jangan berharap alat yang satu ini memiliki kemampuan untuk mendinginkan yang sama dengan air conditioner. Seperti yang telah kita ketahui bahwa air conditioner dapat memberikan kesejukan secara merata di seluruh ruangan. Hal itu tentu berbeda dengan air cooler yang memiliki keterbatasan dalam hal jangkauan.

Selain itu, suhu yang dihasilkan oleh kedua alat elektronik tersebut memang cukup berbeda. Suhu yang dihasilkan air conditioner lebih mudah dikontrol dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun demikian, kedua alat tersebut sama-sama dilengkapi dengan filter udara sehingga menghasilkan udara yang bersih.

3. Menghasilkan Suara Bising

Menghasilkan Suara Bising

* sumber: blog.roomme.id

Baik air conditioner maupun air cooler memang membutuhkan energi dalam penggunaannya. Hal tersebut tentu dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Nah, air cooler sendiri menghasilkan Karbondioksida jauh lebih minimal karena penggunaan listrik yang lebih sedikit.

Meskipun, suara yang dihasilkan oleh air cooler memang jauh lebih bising dibanding dengan air conditioner. Hal itu tentu sangat mengganggu aktivitas. Mengetahui hal tersebut tak heran bila air conditioner kerap digunakan untuk ruangan-ruangan seperti kamar tidur, ruang perkantoran dan ruang tunggu karena suara yang dihasilkan cukup halus dan tidak mengganggu aktivitas yang dilakukan di dalamnya.

Itulah 10 kelebihan dan kekurangan air cooler yang wajib kamu ketahui sebelum membeli. Jadikan kelebihan dan kekurangan air cooler yang telah Bacaterus bahas di atas sebagai bahan pertimbangan bagi kamu dalam memilih alat penyejuk ruangan. Simak terus informasi menarik mengenai alat elektronik keluarga lainnya yang kami bahas khusus untuk kamu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram