Bacaterus / AC / Ingin Beli AC Minimalis? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Beli AC Minimalis? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Tren menggunakan AC minimalis memang sedang booming. Harga AC minimalis jauh lebih murah dengan AC yang menggunakan freon. Lantas, apa sih sebenarnya AC minimalis? AC minimalis adalah rekondisi dari AC split atau indoor. Namun, AC minimalis tidak menggunakan freon, melainkan memakai gel pendingin. Singkatnya AC minimalis ini merupakan kipas angin yang hadir dalam bentuk AC.

AC minimalis bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan udara yang lebih adem ketimbang memakai kipas angin biasa, tapi tidak ingin membeli AC freon. Kalau Anda berencana untuk membeli AC minimalis, simak dulu rincian kelebihan dan kekurangannya yang telah berhasil dirangkum oleh Bacaterus berikut ini.

Kelebihan AC Minimalis

Serupa tapi tak sama, itulah kalimat yang dapat mendeskripsikan perbedaan antara AC minimalis dengan AC freon. Meskipun tampilan dan pengoperasiannya hampir sama, tapi tetap saja ini adalah dua produk yang berbeda.

Nah, ingin tahu apa saja kelebihan AC minimalis? Simak poin-poin berikut ini, ya.

1. Lebih Hemat Energi

Lebih Hemat Energi

Pernahkah Anda mencermati daya listrik yang dibutuhkan oleh AC freon? AC freon low watt membutuhkan setidaknya daya listrik sebesar 320 watt. Daya listrik ini tentu saja berbeda jauh dengan yang dibutuhkan oleh AC minimalis. Ya, AC minimalis hanya membutuhkan daya 20 watt saja.

Itulah alasan mengapa AC minimalis disebut lebih hemat energi dibanding AC freon. Dengan menggunakan AC minimalis, listrik di rumah Anda pasti jadi lebih hemat.

2. Angin Lebih Sejuk Dibanding Kipas Angin

Angin Lebih Sejuk Dibanding Kipas Angin

Walaupun judulnya sama-sama “kipas angin”, tetapi angin yang dihasilkan AC minimalis jauh lebih sejuk dibanding kipas angin biasa, lho. Selain itu, angin yang dikeluarkan pun tidak sekencang kipas angin sehingga lebih aman bagi kesehatan.

Udara yang lebih sejuk ini dihasilkan oleh gel pendingin yang melekat pada bagian dalam AC minimalis. Selain itu, udara yang keluar juga lebih bersih dibanding kipas angin biasa karena di bagian dalam AC minimalis sudah terdapat filter untuk menyaring udara.

3. Tampilan dan Pengoperasian Lebih Elegan

Tampilan dan Pengoperasian Lebih Elegan

Alasan kuat mengapa banyak konsumen yang membeli AC minimalis adalah tampilannya yang 100% mirip dengan AC freon. Maklum saja, AC ini memang merupakan rekondisi dari body indoor AC split.

Tak hanya dari tampilan luarnya saja, AC minimalis juga terlihat lebih elegan berkat adanya remote yang dipakai untuk mengoperasikannya. Alhasil, banyak orang yang tidak menyangka bahwa AC yang terpasang di tempat Anda adalah AC minimalis.

4. Tidak Memerlukan Perawatan Bulanan

Tidak Memerlukan Perawatan Bulanan

Lupakan rencana memanggil jasa service AC untuk membersihkan atau mengisi freon. Pasalnya, AC minimalis tidak memerlukan perawatan bulanan layaknya AC split atau window. Gel pendingin yang menjadi “tenaga” untuk beroperasi pun tidak perlu diisi atau diganti layaknya freon.

Perawatan AC minimalis bisa dilakukan sendiri sesekali. Caranya adalah melepas filter di dalam AC minimalis (mirip dengan filter AC split), lalu menyikatnya di bawah air mengalir sampai bersih. Namun, Anda harus hati-hati saat menyikatnya karena filter adalah bagian yang cukup rapuh.

5. Harga Sangat Ekonomis

Harga Sangat Ekonomis

Alasan lain mengapa banyak orang yang mempertimbangkan untuk membeli AC minimalis dibanding AC split adalah karena harga AC minimalis benar-benar murah. Hanya dengan dana 250 – 500 ribu saja, Anda sudah bisa membawa pulang AC minimalis dengan body ukuran 2,5 PK.

Coba bandingkan dengan harga AC split termurah yang dijual pasaran. Harga AC split baru yang paling rendah berkisar di angka 2 jutaan. Membeli 1 buah AC split baru bisa mendapatkan 4 –  5 AC minimalis yang bisa diletakkan di setiap ruangan tempat tinggal Anda.

Nah, itulah berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh AC minimalis. Dengan kelebihan-kelebihan ini Anda bisa meninjau ulang untuk membeli AC minimalis atau kipas angin biasa.

Kekurangan AC Minimalis

Di balik semua kelebihan yang ditawarkan oleh AC minimalis, ternyata benda ini juga memiliki kekurangan. Pasalnya, meskipun tampilannya sama dengan AC split, kualitas yang ditawarkan AC minimalis tentu belum bisa menyaingi AC split.

Simak sejumlah kekurangan AC minimalis ini agar menjadi pertimbangan untuk Anda sebelum membeli.

1. Tidak Bisa Mendinginkan Ruangan

Tidak Bisa Mendinginkan Ruangan

* sumber: 100comments.com

Salah satu perbedaan paling signifikan antara AC minimalis dengan AC split terletak dari kemampuannya dalam mendinginkan ruangan. AC yang menggunakan freon sudah jelas bisa diandalkan untuk mendinginkan ruangan. Sementara AC minimalis tidak bisa mendinginkan ruangan.

AC minimalis hanya bekerja untuk membuat udara di ruangan jadi lebih sejuk, seperti yang dilakukan oleh kipas angin biasa. Jadi, jangan berekspektasi terlalu besar pada kemampuan AC minimalis.

2. Sulit Dipindah-pindah

Sulit Dipindah-pindah

* sumber: urbanairconditioning.com.au

Mengingat bentuknya menyerupai AC split, sudah jelas jika AC minimalis ini tidak bisa bersifat portable layaknya kipas angin biasa. Bahkan, AC minimalis juga dipasang dengan bracket yang sama dengan AC split.

Sekali dipasang, Anda tidak bisa memindahkannya sendiri dengan mudah seperti ketika Anda memakai kipas angin biasa. Anda harus mempertimbangkan lokasi pemasangan secara matang karena AC ini akan menempel permanen pada tempat tersebut.

3. Barang Bekas

Barang Bekas

* sumber: acminimalisjawatengah.blogspot.com

AC minimalis adalah rekondisi dari AC split. Sampai saat ini belum ada brand resmi, baik dari dalam maupun luar negeri, yang memproduksi AC minimalis. Jadi, boleh dikatakan bahwa AC minimalis ini adalah hasil oprek dari barang bekas. Komponen yang dipakai pun tidak 100% baru seperti Anda membeli kipas angin baru.

Risiko membeli barang bekas tentu saja lebih besar ketimbang membeli barang baru. Anda harus siap dengan sejumlah masalah atau kerusakan yang mungkin akan dihadapi di waktu yang akan datang. Untuk meminimalisir risiko ini, pilih seller yang berani memberikan garansi pada AC minimalis yang Anda beli.

4. Daya Tahan Sekitar 5 Tahun

Daya Tahan Sekitar 5 Tahun

AC split maupun kipas angin biasa bisa bertahan hingga 10 tahun meskipun dipakai secara intensif. Sementara AC minimalis hanya bisa bertahan kurang lebih 5 tahun. Belum lagi ada risiko kerusakan dan problem lainnya karena AC ini adalah hasil rakitan manusia, bukan rakitan pabrik yang menggunakan standar tertentu atau bantuan mesin berteknologi canggih.

Daya tahan 5 tahun ini merupakan kisaran rata-rata yang dari konsumen yang pernah memakai AC minimalis. Meskipun demikian, tak ada yang menjamin bahwa AC ini bisa bertahan kurang atau bahkan lebih dari 5 tahun.

Sekarang Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan AC minimalis, bukan? Setiap benda elektronik pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Informasi yang kami berikan ini semoga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum membeli AC minimalis.

Selain AC minimalis dan kipas angin, ada solusi lain yang bisa mendinginkan ruangan lebih baik, yakni air cooler. Baca artikel merk air cooler terbaik untuk mengetahui merk-merk air cooler terbaik saat ini. Anda pun dapat membeli AC minimalis melalui Bukalapak dengan masuk ke link ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar