bacaterus web banner retina

Inilah 5 Kejadian Paling Unik Dalam Perhelatan Oscar

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 19 Juni 2021

Oscar merupakan perhelatan akbar dan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh insan perfilman dunia. Tak hanya para aktris dan aktor, sutradara, penyunting gambar, sampai pencipta lagu soundtrack film terpilih pun sangat menunggu acara tersebut.

Maklum saja, penghargaan Oscar menjadi tolak ukur bagi industri film untuk memproduksi mahakarya yang lebih baik lagi. Piala Oscar sendiri diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), sebuah organisasi dengan ribuan anggota terpilih dari ranah perfilman dunia; sutradara, aktor, aktris, penulis naskah, dsb.

Dalam perhelatannya, semua yang bekerja di industri film akan tampil memukau karena jutaan mata melihat tiap-tiap dari mereka. Tak heran, kalau acara ini juga menjadi ajang pamer untuk semua yang terlibat dalam nominasi.

Namun selama perhelatan Oscar berlangsung, ada saja beberapa hal unik yang membuat acara penghargaan tersebut menjadi lebih 'hidup' lagi. Yuk simak, siapa saja yang mengalami hal-hal unik tersebut!

  1. Jennifer Lawrence

Aktris cantik ini mengalami kejadian memalukan saat menghadiri perhelatan Oscar yang ke 53 pada tahun 2013 silam. Ia terjatuh saat akan menaiki podium untuk menerima piala Oscar yang akan diberikan oleh Jean Dujardin akibat menginjak gaun miliknya sendiri.

Saat kejadian berlangsung, Jennifer mengenakan gaun super anggun rancangan Christian Dior; gaun berwarna merah muda ini memiliki bentuk voluminous pada bagian bawahnya. Entah karena terlalu panjang atau terlalu rumit, Jennifer tak sengaja menginjak gaun tersebut dan mengakibatkan dirinya tersungkur di tangga saat dia akan menerima piala Oscar sebagai Best Actress dalam film Silver Linings Playbook.

perhelatan oscar Jennifer Lawrence

Seperti kutukan, Jennifer yang kembali datang ke acara perhelatan Oscar yang ke 84 tahun 2014 lalu mengalami insiden serupa. Gadis berusia 25 tahun itu jatuh untuk ke dua kalinya di red carpet tepat sebelum masuk kedalam Kodak Theater, tempat Academy Awards digelar.

Uniknya, saat kejadian berlangsung, Jennifer mengenakan baju rancangan Dior pula! Kini, Jennifer mendapatkan gelas miss Dior dan menjadi salah satu ambassadornya.

  1. Anne Hathaway

Kejadian ini terjadi di acara Oscar yang ke 83; waktu yang sama dengan insiden jatuhnya Jennifer Lawrence. Anne saat itu datang ke red carpet menggunakan gaun berwarna pucat keluaran rumah mode Prada. Dia tampil sangat cantik, namun apabila dilihat lebih teliti lagi, nipple Anne terlihat sangat jelas.

Anne Hathaway

Belum lagi gaun tersebut lebih terlihat seperti celemek; membuat Anne mengalami wardrobe malfunction. Saat diminta penjelasan mengapa Anne memakai gaun tersebut, dia mengatakan bahwa stylish kenalannya memberitahu bahwa gaun Valentino yang sebenarnya akan Anne pakai, dikenakan juga oleh Amanda Seyfried, lawan mainnya di film Les Misérables.

Karena tak mau sama, Anne memutuskan untuk memakai gaun Prada. Kocaknya, saat Amanda datang, dirinya bukan memakai gaun Valentino seperti yang dikatakan oleh stylish Anne. Amanda memakai gaun rancangan Alexander McQueen membuat Anne terkejut. Akibat hal ini, Anne dijuluki sebagai Anne Hathaway-Nipples Misérables.

  1. Ellen DeGeneres

Menjadi host untuk acara setaraf Oscar merupakan hal yang tidak mudah. Para pembawa acara terpilih selalu mencoba menampilkan suguhan menarik dalam membawakan acara tersebut. Salah satunya Ellen DeGeneres; dia membuat acara perhelatan Academy Awards ke 86 menjadi sangat menarik.

Selain membuat para penonton dan nominator kaget karena adanya tukang pizza yang datang secara mendadak dan membagi-bagikan pizza atas permintaan Ellen, dirinya juga mengambil selfie bersama beberapa rekan para artis nominee.

Ponsel Ellen sukses mengambil wajah-wajah aktris dan aktor kenamaan seperti Jennifer Lawrence, Channing Tatum, Meryl Streep, Julia Roberts, Kevin Spacey, Bradley Cooper, Brad Pitt, Lupita Nyong'o bersama kakaknya dan Angelina Jolie.

Ellen DeGeneres

Dilansir dari Guardian, apabila Samsung (ponsel yang dipakai oleh Ellen untuk selfie saat itu bermerek Samsung) ingin membuat iklan menggunakan wajah para aktris dan aktor diatas, maka pihak Samsung harus merogoh kocek sebesar 20 juta dolar. Foto yang diunggah ke akun twitter milik Ellen mendapat 779.225 retweet hanya sejam setelah di posting dan sehari setelahnya mencapai 2.070.132 retweet.

  1. Neil Patrick Harris

Neil Patrick Harris

Acara perhelatan Oscar ke 87 yang bertempat di Dolby Theater tersebut dipimpin oleh Neil Patrick Harris. Dia dipercaya sebagai pembawa acara karena candaan konyol miliknya yang selalu sukses membuat penonton terhibur.

Namun apa yang terjadi pada acara bergengsi tersebut sungguh diluar dugaan; bila biasanya para host lelaki menggunakan stelan jas lengkap dengan label ternama, kali ini tidak untuk Neil. Dia telanjang! Neil hanya menggunakan boxer ketat warna putih yang benar-benar menonjolkan bagian pribadinya.

Kontan semua penonton di dalam Dolby Theater tertawa terpingkal-pingkal melihat aksi nekat Neil. Saat. Kejadian ini terjadi saat Neil hendak menyebut pembaca nominasi untuk kategori Sound Mixing. Sebelum Neil keluar dari backstage, layar background memperlihatkan baju Neil yang malfungsi akibat terjepit pintu sehingga mau tidak mau, Neil keluar hanya dengan mengenakan celana dalam boxer putih tersebut.

  1. Lupita Nyong'o

lupita-nyongo

Kejadian unik ini memang tak terjadi saat perayaan Academy Awards berlangsung, namun setelahnya. Saat acara berlangsung, Lupita Nyong'o tampak menawan dengan gaun keluaran Calvin Klein yang bertahtakan 6000 mutiara yang harganya ditaksir $ 150.000.

Gaun ini tampak cocok sekali dipakai oleh Lupita yang berkulit gelap, warna kontras yang mencolok juga desain dan harganya yang fantastis membuat Lupita berikut baju yang dikenakannya mendapat perhatian khusus dari jutaan mata yang menyaksikannya. Naas, selang semalam, gaun tersebut hilang dicuri.

Hilangnya gaun mahal Lupita terjadi sekitar pukul 8-9 malam tanggal 22 Februari 2015 di hotel The London West Hollywood. Lupita sendiri yang melaporkan hilangnya gaun tersebut kepada kepolisian setempat. Dicurinya gaun Lupita sempat membuat heboh berita di Amerika, namun hanya bertahan selama 2 hari saja.

Ini diakibatkan karena gaun tersebut kembali pada Lupita. Pihak hotel menemukan gaun tersebut ada di toilet lantai 2. Tak ada kerusakan yang berarti pada gaun itu, hanya saja 2 butir mutiara hilang diambil pencuri. Usut punya usut, ternyata pencuri itu mengambil 2 butir mutiara dari gaun Lupita untuk dicek keasliannya.

Ternyata mutiara pada gaun yang dipakai pada perhelatan Oscar tersebut palsu, sehingga pencuri itu mengembalikannya. Sungguh aneh bukan? Gaun seharga $ 150000 yang dikira Lupita memang bertahtakan mutiara asli itu ternyata palsu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram