Bacaterus / Butter / Inilah Manfaat dan Kegunaan Makhan, Mentega Putih dari India

Inilah Manfaat dan Kegunaan Makhan, Mentega Putih dari India

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Februari 2020

White butter dikenal juga sebagai Indian butter (mentega India) atau white makhan. Biasanya mentega ini dibuat di rumah dengan menggunakan krim susu (malai). Kalau di Indonesia, mentega terkesan kurang baik untuk kesehatan karena lemaknya tinggi. Tapi, white butter dari India ini sangat sehat dan sering disajikan dengan paratha (roti tipis) sebagai sarapan di India Utara.

White butter adalah bahan yang harus ada dari masakan India. Mentega ini bisa dengan mudah dibuat di rumah dalam waktu 10 menit saja menggunakan krim susu. Bacaterus akan memberi tahu cara membuatnya di bawah. Tapi, sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu kegunaan mentega putih, mentega yang istimewa dari India ini.

Manfaat Mentega Putih

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mentega putih, setidaknya ada 5 manfaat yang bisa Anda rasakan saat mengonsumsi mentega putih. Apa saja itu? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bagus untuk Diet

* sumber: theskincareedit.com

Menurut ahli gizi selebriti Rujuta Diwekar, mentega putih dapat memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita. Salah satu manfaat mentega putih adalah mampu membantu penurunan berat badan. Inilah mengapa Anda harus stock mentega putih di rumah.

Untuk mengurangi lemak jahat, diperlukan lemak baik. Mentega putih membantu dalam proses ini. Mentega putih adalah sumber lesitin, yaitu zat yang membantu metabolisme dan asimilasi kolesterol dan unsur lemak lainnya.

Ini akan memecah lemak secara lebih efisien dan dengan demikian menurunkan berat badan Anda juga. Setelah Anda kehilangan lemak, penurunan berat badan menjadi lebih mudah dan berlansung secara terus menerus, bukan cuma efek sementara.

Mentega putih juga memuaskan hasrat ‘ingin makan’, satu sendok makan mentega putih bisa membuat Anda merasa kenyang, sehingga membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dan membantu penurunan berat badan. Namun, tetap saja jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, mentega putih bisa meningkatkan asupan kalori Anda.

2. Melumasi Sendi

* sumber: www.ivl.com

Karena mentega putih mengandung struktur molekul yang dapat mengasimilasi lemak dan melumasi sendi, orang yang menderita nyeri sendi disarankan memasukkan satu sendok makan mentega putih dalam makanan sehari-hari mereka. Lalu, rasakan perbedaannya pada sendi Anda, pasti setiap harinya akan terasa lebih baik.

3. Menguatkan Imunitas

* sumber: www.runtastic.com

Mentega putih memiliki komposisi molekul unik dari lemak jenuh yang membantu mempertahankan kalsium, fosfor, vitamin A dan vitamin D. Semua kandungan ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, jadi Anda tidak gampang sakit!

4. Melawan Infeksi

* sumber: healthprep.com

Jika sistem imun tubuh kuat, maka tubuh kita akan semakin tangguh melawan infeksi. Itu semua karena sifat antijamur dan anti-bakteri di dalam mentega putih, yang mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi penyakit ringan akibat infeksi seperti flu dan sakit perut.

Makanya, orang India biasanya membuat dal khichdi dan memberikannya satu sendok mentega putih ketika orang rumah sedang sakit.

5. Membantu Mengobati Kanker

* sumber: www.fool.com

Mentega putih mengandung asam linoleat terkonjugasi (conjugated linoleic acid atau disingkat CLA). Lalu ada juga kandungan asam lemak rantai pendek dan menengah. Semua kandungan di dalam white butter ini memiliki sifat melawan kanker.

Kegunaan Mentega Putih

Pada umumnya, mentega putih sering dijadikan topping paratha atau untuk membuat dal (sup dari kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong dsb). Tapi, ada kegunaan lain dari white butter yang bisa Anda coba. Berikut adalah cara menggunakan mentega putih Anda.

1. Topping Makanan

* sumber: economictimes.indiatimes.com

White butter merupakan pasangan paling pas untuk makanan hangat seperti roti panggang, pancake atau muffin yang baru matang, dan masih banyak lagi. Kalau Anda mau mengolesi roti, pancake, crepe, atau pastry lainnya yang sudah dingin juga tak apa-apa. Rasanya masih tetap enak.

2. Untuk Membuat Ghee

* sumber: www.thekitchn.com

Ghee adalah kelas clarified butter yang berasal dari India kuno. Ghee biasanya digunakan dalam masakan Timur Tengah, anak benua India dan Asia Tenggara. Tak hanya sebagai bumbu masakan, ghee juga berguna sebagai obat tradisional serta digunakan dalam ritual keagamaan.

Ghee sendiri sebenarnya adalah mentega dan bisa dibuat dari mentega biasa yang sering kita temukan di supermarket, minimarket, bahkan warung. Tapi, jika Anda menginginkan desi ghee (ghee tradisional yang murni ala rumahan India), Anda bisa menggunakan white butter.

Cara membuatnya, masak white butter selama beberapa jam sampai ghee mulai memisahkan diri dari residu. Saring begitu ghee sudah dingin, simpan di tempat yang tertutup rapat. Tidak seperti mentega biasa yang cuma bisa bertahan beberapa minggu-1 bulanan jika kemasannya sudah dibuka, ghee bisa disimpan lama sekali.

Ghee buatan sendiri yang disimpan di toples terbuka (seperti yang orang India lakukan secara tradisional) dapat disimpan hingga satu tahun, bahkan lebih, jika tidak ada bau atau perubahan tampilan. Namun, durasi ideal untuk menghabiskan ghee adalah satu tahun. Lalu, ghee harus disimpan di lemari es jika durasi penyimpanan lebih dari tiga bulan.

3. Menjadi Softening Agent

*Sumber: https://twitter.com/lazadalaza/status/609767370345742336

Anda bisa menggunakan mentega putih sebagai bahan pelembut dalam adonan untuk paranthas. Alih-alih memasukkan minyak olahan, Anda bisa menambahkan sedikit mentega putih ke dalam adonan. Paranthas akan menjadi lebih lembut dan enak. Selain untuk paranthas, Anda bisa juga menggunakan mentega putih untuk adonan pastry lainnya.

4. Untuk Membuat Flavoured Butter

* sumber: www.yourhomebasedmom.com

Di Indonesia mungkin flavoured butter kurang terkenal, tapi digemari di beberapa negara lain. Mentega kuning yang selama ini kita kenal memiliki rasa asin dan berminyak di mulut. Sudah itu saja. Sebaliknya, white butter itu unsalted, tidak memiliki rasa asin sama sekali. White butter akan terasa enak di mulut, tapi tidak asin.

Jadi, Anda bisa menyulap white butter menjadi flavoured butter dengan menambahkan rempah seperti saffron, rosemary, dll. Anda bisa juga mencampurnya dengan madu atau yogurt untuk mengoles sandwich atau masakan yang dipanggang lainnya.

5. Dijadikan Masker Wajah

* sumber: www.justdial.com

Bukan cuma untuk kesehatan tubuh, ternyata mentega putih juga bisa bermanfaat untuk kecantikan, loh. Bagi yang berjuang dengan masalah kulit, mentega putih adalah lemak yang harus Anda pilih. Biasanya Anda disarankan untuk menghindari lemak karena dapat menyebabkan breakout, kan? Nah, mentega putih dapat membantu masalah tersebut.

Mentega putih mengandung antioksidan penting dan vitamin E yang dapat membersihkan kulit Anda. Mentega putih juga akan membantu elastisitas kulit dan membuatnya terlihat bersinar alami. Namun, jangan makan berlebihan karena bisa melukai kulit Anda dalam jangka panjang. Bagaimana pun juga, segala yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, konsumsi mentega putih sesuai takaran saja, ya!

6. Membuat Malai Lassi

* sumber: www.priyascurrynation.com

Malai lassi adalah resep minuman tradisional musim panas tradisional India. Lassi ini adalah minuman berbasis yogurt yang kental, creamy dan berbusa. Minuman ini cocok dinikmati sepanjang tahun, tetapi paling disukai saat hari-hari sedang panas terik.

Sama seperti India, Indonesia juga lebih sering panas dari pada sejuknya, kan? Minuman dari yogurt ini bisa mendinginkan tubuh kita, loh. Supaya lebih creamy, biasanya lassi ditambah garnish fresh cream, tapi Anda bisa menggantinya dengan white butter! Resep selengkapnya ada di sini.

7. Lunch Enak Pakai Dal Makhani

* sumber: www.cookwithmanali.com

Dal makhani adalah makanan yang paling difavoritkan di India. Dal ini dibuat dari lentil hitam utuh yang dimasak dnegan mentega putih dan krim, lalu dididihkan dengan api kecil. Rasanya sangat unik dan enak. Lentil juga merupakan karbohidrat, loh. Jadi, kalau Anda mau diet tidak makan nasi, bisa banget bikin dal makhani di rumah. Intip resepnya di artikel ini.

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan makhan, mentega putih asal India. Ternyata manfaatnya bukan hanya untuk makanan, namun bisa juga untuk kecantikan dan kesehatan. Nah, kalau Anda paling suka makan makhan pakai apa, nihEits, tapi ini tidak sama dengan margarin, ya. Masih bingung membedakan margarin dan mentega? Cari tahu informasinya di sini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *