Bacaterus / Daily Tips / 10 Kegiatan Sosial Unik yang Biasa Ditemukan di Indonesia

10 Kegiatan Sosial Unik yang Biasa Ditemukan di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk bisa membantu sesama. Salah satunya adalah dengan membentuk kegiatan sosial. Hal tersebut memang sedikit banyak bisa meringankan beban seseorang. Berbicara mengenai kegiatan sosial.

Kali ini Bacaterus akan membahas tentang kegiatan sosial unik yang bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Meskipun terlihat sederhana namun dampak dari kegiatan sosial yang dilakukan tersebut memang cukup besar bagi kehidupan.

Seperti apa kegiatannya? Nah, Inilah 10 kegiatan sosial unik yang biasa ditemukan di masyarakat Indonesia. Berikut adalah daftarnya.

1. Koin untuk Membantu

Koin untuk Membantu

Mengeluarkan uang dengan nominal yang cukup besar memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Meskipun hal tersebut dilakukan untuk sebuah kegiatan sosial. Banyak faktor yang mungkin menjadi bahan pertimbangan seseorang untuk melakukannya.

Nah, solusi yang kemudian muncul untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan sosial berupa pengumpulan koin untuk membantu. Meskipun terdengar sederhana namun kegiatan tersebut memiliki efek yang luar biasa. Selain memudahkan orang untuk berbuat baik. Hasil yang didapatkan pun terkadang jauh lebih baik dari apa yang harapan sebelumnya.

2. Renovasi Sanitasi Masyarakat

Renovasi Sanitasi Masyarakat

Sanitasi yang baik adalah kebutuhan yang paling krusial bagi masyarakat. Meskipun demikian beberapa orang yang kurang beruntung bahkan belum bisa memenuhinya. Keadaan ekonomi yang tidak begitu baik memang bisa menjadi salah satu alasan tidak terpenuhinya hal tersebut. Padahal sanitasi yang baik bisa mempengaruhi dan meningkatkan kualitas kehidupan sebuah keluarga.

Mengetahui pentingnya masalah tersebut. Mala melakukan kegiatan sosial dengan cara merenovasi sanitasi bagi masyarakat memang bisa menjadi cara unik untuk membantu sesama. Selain menunjukan kepedulian terhadap manusia juga sebagai bukti bahwa kita juga peduli pada lingkungan yang sehat.

3. Perpustakaan Keliling

Perpustakaan Keliling

Kegiatan literasi memang bukan lagi sesuatu yang sulit di era modern seperti sekarang. Canggihnya teknologi seakan mempermudah kegiatan tersebut. Sayangnya karena keterbatasan akan hal tersebut tidak semua orang bisa mengakses hal yang demikian.

Oleh sebab itu keberadaan perpustakaan keliling memang bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat yang sulit untuk dijangkau oleh kecanggihan teknologi. Kegiatan sosial yang dilakukan tersebut memang bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca dan meningkatkan kemampuan intelektual yang bermanfaat bagi masyarakat.

4. Bedah Rumah Gratis

Bedah Rumah Gratis

Tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi seluruh makhluk yang ada di Bumi. Rumah sendiri merupakan tempat yang paling aman. Meskipun demikian sebagian dari kita masih saja ada sebuah keluarga yang harus hidup dan tinggal di rumah yang bahkan jauh dari kata layak. Hal tersebut tentu menjadi pekerjaan rumah bagi kita sebagai manusia.

Salah satu kegiatan sosial unik yang biasa dilakukan masyarakat untuk masalah tersebut diantaranya adalah bedah rumah gratis. Meskipun kegiatan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerjasama serta kepedulian yang besar dari masyarakat.

5. Membantu Orang dengan Gangguan Kejiwaan

Membantu Orang dengan Gangguan Kejiwaan

Kegiatan sosial unik lainnya yang juga sering kita lihat di masyarakat Indonesia adalah membantu orang dengan gangguan kejiwaan. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan sudah sepantasnya kita berbuat baik kepada siapa pun tanpa terkecuali. Sama halnya dengan orang-orang yang membutuhkan. Orang yang mengalami gangguan kejiwaan pun memang memerlukan bantuan.

Sayangnya masih sedikit masyarakat yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap hal tersebut. Meskipun pemerintah sudah banyak menangani kasus orang dengan gangguan kejiwaan. Akan tetapi tidak ada salahnya bila kita ikut berpartisipasi dalam membantu menolong kehidupan mereka dengan cara yang baik.

6. Rumah Makan Gratis

Rumah Makan Gratis

Sedekah memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain bersedekah uang. Kita juga bisa bersedekah dengan makanan. Sebagian besar dari kita memang lebih sering memberi sedekah dalam bentuk uang. Hal tersebut memang cukup mudah dan lebih praktis.

Meskipun demikian bersedekah makanan untuk orang yang membutuhkan juga sangat dianjurkan. Selain dapat menanamkan rasa empati kita kepada orang lain. Hal tersebut juga dapat meningkatkan rasa bersyukur kita kepada Tuhan atas karunia yang telah diberikan.

7. Membangun Rumah Belajar

Membangun Rumah Belajar

Seperti yang kita ketahui tidak semua anak hidup dengan keadaan beruntung. Sebagian dari mereka bahkan harus bekerja membanting tulang untuk menopang kehidupan keluarga sejak usia muda. Tak jarang dari mereka memutuskan berhenti sekolah karena terbentur masalah ekonomi.

Meskipun demikian setiap anak juga berhak mendapat kesuksesan di masa depan. Nah, untuk itulah kehadiran rumah belajar memang sangat membantu bagi anak-anak yang putus sekolah. Dengan kegiatan sosial tersebut diharapkan generasi muda memiliki keterampilan serta daya saing di dalam masyarakat .

8. Pembersihan Sungai

Pembersihan Sungai

Sebagian besar masyarakat pasti mengatakan bila sungai-sungai yang ada di perkotaan Indonesia terlihat kotor dan bau. Walaupun demikian hanya sedikit masyarakat yang peduli terhadap kebersihan sungai-sungai tersebut.

Padahal dampak buruk yang ditimbulkan akibat sungai yang kotor bisa merugikan masyarakat itu sendiri. Untuk mencegah terjadinya sesuatu yang buruk akibat hal tersebut. Peran serta masyarakat memang bisa berpengaruh besar terhadap kebersihan sungai.

Kegiatan sosial berupa pembersihan sungai pun bisa menjadi solusi yang tepat agar masyarakat terhindar dari masalah yang kerap terjadi akibat tersumbatnya aliran sungai.

9. Konsultasi Remaja

Konsultasi Remaja

Maraknya kasus bullying atau kekerasan yang dialami remaja memang menjadi pekerjaan rumah bagi masyarakat untuk ikut andil dalam membantu mengatasi persoalan tersebut. Meskipun hal itu bukan satu-satunya masalah yang kerap ditemui di lapangan. Namun permasalahannya memang tidak bisa dianggap sepele.

Karena nyatanya banyak para remaja pada akhirnya melakukan tindakan buruk akibat masalah yang mereka hadapi. Nah, untuk mengurangi dampak atau trauma akibat hal tersebut maka kegiatan sosial berupa konsultasi remaja bisa diadakan untuk mencari sebuah solusi dan membantu remaja bermasalah.

10. Penanaman Pohon

Penanaman Pohon

Usaha penghijauan memang telah sering dilakukan oleh pemerintah. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk melakukan hal serupa. Menjaga alam memang bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Sebagai manusia yang tinggal di Bumi. Kita memang wajib menjaga alam dengan baik.

Salah satu hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan adalah dengan kegiatan sosial berupa penanaman pohon. Keberadaan pohon memang sangat penting bagi kehidupan manusia maupun hewan.

Selain bisa membuat udara bersih dan sehat dari polusi. Pohon bisa menjadi tempat berlindung beragam fauna. Hal yang tak kalah penting pohon juga dapat menyerap dan menampung air yang berguna untuk mencegah terjadinya banjir ketika hujan deras.

Nah, itulah 10 kegiatan sosial unik yang biasa ditemukan di masyarakat Indonesia. Semoga kegiatan sosial yang telah Bacaterus rangkum di atas tersebut bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk membantu sesama serta peduli terhadap lingkungan.

Jangan lupa untuk mampir di artikel buku parenting terbaik untuk mempelajari tentang pola asuh anak yang tepat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *