bacaterus web banner retina

10 Kegiatan Ngabuburit di Bulan Puasa yang Bermanfaat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 Maret 2021

Kegiatan ngabuburit di bulan puasa merupakan hal yang umum dilakukan. Tahukah kamu asal kata ngabuburit dari mana? Kalau kamu jawab bahasa Sunda, jawaban kamu benar. Asal kata ngabuburit dari kata bahasa Sunda. Burit itu menggambarkan waktu di sore hari ketika matahari akan terbenam. Istilah ini kemudian sering digunakan di saat bulan puasa ketika menunggu waktu berbuka.

Saat ngabuburit, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan. Biasanya yang sering dilakukan orang-orang adalah berolahraga. Ada juga yang berburu makanan untuk takjil alias berbuka puasa. Selain itu, ada juga yang menghabiskan waktu di masjid sambil tadarus. Kira-kira apalagi ya kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan di bulan puasa? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Membuat Kerajinan Tangan

Untuk yang hobi membuat kreasi benda-benda, membuat kerajinan tangan bisa menjadi kegiatan ngabuburit di bulan puasa yang asyik. Kamu bisa menyalurkan hobimu membuat sesuatu. Hasil kerajinan yang kamu buat bisa kamu jadikan pajangan di rumah atau di kamar kamu.

Kerajinan tangan karyamu juga bisa menghasilkan uang lho. Hasil karyamu bisa kamu jual di berbagai tempat. Sekarang ini dengan adanya internet dan gawai canggih, kamu bisa menjual barang-barangmu secara online tanpa harus bersusah payah menjajakannya ke orang-orang.

Buatlah suatu kerajinan tangan yang unik, bisa dari barang baru atau barang bekas. Kemudian jangan lupa untuk mengambil gambarnya. Pastikan foto hasil karyamu menarik. Sesudah itu, kamu bisa mengunggahnya di media sosial milikmu atau kamu berjualan di toko online. Menguntungkan, kan?

2. Beres-Beres Rumah

Mungkin hari-hari sebelumnya kamu sibuk mengerjakan pekerjaan kantor sehingga tak ada waktu untuk beres-beres rumah. Nah, di kala WFH dan menjelang bulan puasa ini, kamu bisa gunakan waktu luangmu untuk kegiatan yang positif. Beres-beres rumah bisa jadi kegiatan ngabuburitmu.

Mulailah dengan membereskan ruangan kamarmu. Supaya tidak bosan, kamu bisa menata ulang letak barang-barangmu sambil dibereskan dan dibersihkan dari debu-debu. Misalnya, kamu bisa mengganti gorden kamarmu atau mencuci sprei tempat tidurmu.

Dilanjutkan dengan membereskan ruangan lain di dalam rumah agar tempat tinggalmu terlihat lebih indah. Barang-barang yang sudah tidak dipakai atau tidak berguna lagi langsung kamu bereskan dan tempatkan di gudang. Pastinya rumahmu akan kembali indah setelah dibereskan.

3. Perawatan Diri

Bingung cari kegiatan ngabuburit di bulan puasa? Mungkin kamu bisa coba luangkan waktu untuk melakukan perawatan diri daripada tidur seharian. Tak perlu pergi ke salon, cukup lakukan perawatan di rumah saja demi keamanan dirimu di saat pandemic Covid-19 ini.

Selama di rumah saja, pasti kamu merasa stres dan bosan. Itu bisa berdampak pada kesehatan kulitmu. Cobalah rawat lagi kulitmu agar kembali bersinar dan sehat. Kamu bisa coba melakukan maskeran menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Supaya ada teman ngobrol, kamu bisa melakukan perawatan diri dengan adik atau ibumu. Kamu bisa saling memberikan pijatan atau maskeran bersama-sama. Pasti akan seru nih. Jadi ngabuburitmu akan lebih menyenangkan dan tak terasa waktu buka sudah menjelang.

4. Membuat Camilan Unik

Biasanya setelah sholat tarawih, kamu tak akan langsung tidur. Kamu dan anggota keluargamu akan nonton acara di TV. Nah, enaknya sambil nonton itu ditemani camilan. Daripada membeli camilan di warung atau toko, kamu bisa mencoba membuat camilan sendiri.

Membuat camilan bisa menjadi kegiatan ngabuburit di bulan puasa yang bermanfaat. Cobalah membuat kreasi camilan yang unik yang akan disukai oleh anggota keluargamu. Pastikan itu camilan yang sehat supaya selama puasa kamu tidak sakit.

Kalau naluri berdagangmu kuat, kamu bisa menjual camilan unik buatanmu itu. Kamu bisa menitipkannya di warung dekat rumahmu atau membuka stan di depan rumah. Sambil ngabuburit kamu bisa mendapatkan uang. Asyik, bukan?

5. Berkebun

Bagi penggemar tanaman, kegiatan ngabuburit di bulan puasa kali ini bisa dihabiskan dengan berkebun. Kalau kamu punya halaman yang luas, kamu bisa menanam bunga di halaman rumahmu. Tentunya ini akan memperindah halamanmu.

Kamu juga bisa mencoba menanam sayuran di halaman rumahmu. Pilihlah sayuran yang mudah untuk ditanam dan cepat dipanen. Bagaimana kalau halaman rumahmu tidak terlalu luas? Jangan khawatir, kamu masih bisa berkebun, kok.

Cobalah bercocok tanam dengan menggunakan kaleng-kaleng bekas atau wadah lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk menanam sayuran atau bunga. Sangat menyenangkan saat panen tiba. Kamu bisa memasak makanan bulan puasamu dari tanaman yang kamu tanam sendiri.

6. Membaca Buku

Ingat ungkapan kalau buku adalah jendela dunia? Nah, cobalah isi waktu puasa kali ini dengan menambah ilmumu. Kegiatan ngabuburit di bulan puasa kali ini bisa kamu habiskan dengan membaca buku-buku yang sudah kamu beli tapi belum sempat kamu baca karena sibuk.

Untuk ibu-ibu, mereka bisa mengajak anaknya untuk membaca buku juga. Selain menambah ilmu, aktivitas ini juga bisa menambah keakraban di antara anggota keluarga. Pilihlah buku-buku seru yang disukai oleh anak-anak agar mereka tidak merasa bosan.

7. Menjual Takjil Sendiri

Sumber: sulselsatu.com

Kalau biasanya kamu akan berburu takjil di waktu menjelang berbuka, kali ini cobalah untuk membuat takjil sendiri di rumah. Banyak resep-resep menarik yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat takjil. Kalau ingin mencoba hal yang baru, kamu bisa membuat menu takjil dari negara lain.

Membuat takjil bisa jadi kegiatan ngabuburit di bulan puasa yang menyenangkan. Kamu bisa berkreasi bareng bersama anggota keluarga lainnya, seperti ibumu atau saudaramu. Tapi jangan sampai rebut, ya.

Lagi-lagi untuk kamu yang punya naluri berbisnis, menu takjil yang kamu buat bisa menghasilkan uang tentunya. Selain membuat takjil untuk di rumah. Kamu juga bisa membuat takjil untuk kamu jual. Uangnya bisa kamu tabung. Bagaimana, idenya menarik tidak?

8. Berolahraga Ringan

Meskipun sedang berpuasa, kamu harus tetap menjaga kesehatan tubuhmu. Salah satu caranya yaitu dengan berolahraga. Tentunya pilihan jenis olahraga dan waktunya harus disesuaikan dengan waktu berpuasa supaya tidak membatalkan puasamu.

Kamu bisa memilih beberapa olahraga ringan, seperti jogging, bersepeda, jalan kaki, yoga, atau taichi. Pilihlan waktu menjelang berbuka atau sesudah sahur supaya kamu tidak akan kehabisan tenaga saat melakukannya. Berolahraga bisa menjadi kegiatan ngabuburit di bulan puasa yang menyehatkan.

Karena masih pandemi, kamu bisa melakukan olahraga di dekat komplek rumahmu saja. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan maskermu, ya.

Baca juga: 10 Tips Olahraga Waktu Puasa yang Menyehatkan

9. Tadarus

Dari pada sibuk gibah, lebih baik kamu habiskan waktu menjelang berbukamu dengan tadarus. Kegiatan ngabuburit di bulan puasa ini bisa membuatmu mendapatkan pahala. Supaya tidak sendirian, kamu bisa mengajak anggota keluarga lain untuk ikut tadarus denganmu.

Karena sekarang masa pandemi, sebisa mungkin dihindari dihindari kerumunan dan kegiatan di luar rumah. Walaupun mungkin kegiatan tadarus di masjid lebih afdol, tapi jika orang tuamu memiliki penyakit bawaan, lebih baik kamu tadarus di rumah.

Setelah pandemi ini mereda, kamu bisa kembali melakukan kegiatan tadarusan di masjid bersama teman-temanmu. Di saat genting ini, kamu tetap bisa tadarus dan beribadah walaupun di rumah saja.

10. Mendengarkan Ceramah

Sumber: appagg.com

Salah satu kegiatan menambah ilmu dan keimanan di bulan puasa ini adalah mendengarkan ceramah menjelang berbuka. Sambil menunggu waktu buka tiba, kamu bisa menambah ilmu dengan mendengarkan ceramah para ustadz yang memberikan tausiyah.

Kalau kamu anak kos yang tidak punya televisi, kamu masih bisa mendengarkan ceramah ini dari masjid-masjid di dekat kosan. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan Youtube atau media sosial lainnya, seperti Instagram.

Jika biasanya kamu sekedar melihat video-video yang seru-seruan saja, kali ini kamu bisa menambah ilmu agama dengan menonton ceramah para ustadz. Puasamu akan tambah berkah.

Nah, itulah kegiatan ngabuburit di bulan puasa yang bisa kamu pilih. Masih banyak aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka datang. Tapi pastikan jangan habiskan waktu dengan membicarakan kejelekan orang, ya. Sayang puasamu tak berkah nantinya.

Jika kamu punya hobi, kamu bisa melakukan hobimu, seperti melukis, menjahit atau fotografi, menjelang berbuka puasa. Puasamu berkah dan hobimu pun bisa kamu salurkan dengan baik. Asyik, bukan?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram