bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / 10 Kebiasaan Unik di Bulan Ramadhan dari Berbagai Negara

10 Kebiasaan Unik di Bulan Ramadhan dari Berbagai Negara

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 31 Mei 2021

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia. Kedatangan bulan Ramadhan senantiasa mendapatkan sambutan meriah karena bulan ini dipercaya sebagai bulan yang mendatangkan banyak keberkahan. Bulan Ramadhan juga biasa disebut sebagai bulan puasa.

Hal tersebut karena umat Islam di berbagai belahan dunia diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Bukan hanya dianggap sebagai bulan yang penuh keberkahan, bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan penuh kebahagiaan. Terdapat banyak sekali kebiasaan-kebiasaan khas yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Berbagai negara memiliki kebiasaan atau tradisinya masing-masing ketika bulan Ramadhan ini tiba. Tentu saja, kebiasaan atau tradisi tersebut merupakan hal yang menyenangkan untuk dijalani.

Penasaran dengan kebiasaan-kebiasaan apa saja yang ada di berbagai negara ketika bulan Ramadhan tiba? Maka dari itu, jangan lewatkan pemaparannya di bawah ini ya!

1. Gergee’an, Kuwait

Gergee’an, Kuwait

Ketika Ramadhan tiba, biasanya tradisi Gergee’an dilakukan di Kuwait. Tradisi Gergee’an merupakan tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Gergee’an diperingati pada malam ke-13 dan ke-15 bulan Ramadhan. Tradisi ini sudah turun-temurun dan tetap bertahan hingga saat ini.

Pada tradisi Gergee’an biasanya anak-anak menggunakan pakaian tradisional yang khas. Sambil menyanyi lagu-lagu yang menggembirakan biasanya mereka berkeliling sambil mengetuk pintu-pintu rumah. Hal tersebut dilakukan untuk meminta kue atau permen sebagai ganti atas lagu yang telah mereka nyanyikan.

2. Mesaharaty, Negara-Negara di Timur Tengah

Mesaharaty, Negara-Negara di Timur Tengah

Bangun sahur menjadi sebuah kegiatan yang tak bisa lepas dari bulan Ramadhan. Hal ini karena sahur menjadi hal penting yang harus dilakukan sebelum melaksanakan puasa.

Berbagai cara unik banyak dilakukan untuk membangunkan sahur, salah satunya dilakukan oleh Mesaharaty di negara-negara timur tengah. Negara-negara timur tengah seperti Arab Saudi dan Yaman menyebut kebiasaan membangunkan sahur ini dengan Mesaharaty. 

Kegiatan ini dilakukan oleh seseorang dengan cara menabuh gendang lengkap dengan atribut atau seragam yang khas. Bukan hanya itu, mereka juga biasanya memanggil nama orang-orang yang mereka kenali ketika membangunkan sahur, lho!

3. Meriam Yellow Bastion, Bosnia-Herzegovina

Meriam Yellow Bastion, Bosnia-Herzegovina

Terdapat tradisi unik yang dilakukan masyarakat Bosnia-Herzegovina ketika bulan Ramadhan tiba. Tradisi unik ini dilakukan menjelang waktu berbuka tiba dimana mereka berkumpul untuk menyaksikan penembakan meriam kuno. Tradisi ini dilakukan di Kota Sarajevo.

Nama tempat yang biasa mereka gunakan untuk menyaksikan kebiasaan unik ini adalah Yellow Boston, sebuah bangunan bersejarah di Bosnia. Tradisi menembakkan meriam ini telah dilangsungkan secara turun temurun. Masyarakat percaya tradisi ini dapat membawa kemakmuran bagi semua orang.

Meski suara ledakan yang dihasilkan cukup mengagetkan, akan tetapi kegiatan ini tetap disukai dan selalu diwarnai dengan suka cita. Tak sedikit masyarakat membawa meja lengkap dengan peralatan makan untuk mereka gunakan sembari menyaksikan tradisi unik yang satu ini.

4. Fanous, Mesir

Fanous, Mesir

Mesir juga memiliki kebiasaan unik yang biasa mereka lakukan di bulan Ramadhan. Kebiasaan unik ini disebut sebagai Fanous. Fanous merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab. Fanous berarti lentera. Fanous menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat Mesir.

Mereka bisanya menggantungkan lampu lentera di berbagai tempat seperti di rumah, public area, bahkan di seluruh jalan-jalan kota. Lampu lentera ini biasanya terbuat dari kaca berwarna-warni yang indah. Tak heran, Mesir terlihat semakin cantik tatkala bulan Ramadhan tiba berkat lentera-lentera yang menghiasinya.

5. Iftar Picnics, India

Iftar Picnics, India

Terdapat kebiasaan unik bernama Iftar Picnics di India yang berarti piknik berbuka puasa. Seperti namanya, tentu saja kegiatan ini dilakukan sebagaimana piknik pada umumnya. Kebiasaan ini dilakukan oleh umat Islam India di teras-teras masjid terdekat.

Biasanya umat Islam India berkumpul dan menghamparkan kain panjang sebagai alas makan mereka. Kebiasaan unik ini menjadi hal yang wajib dilakukan ketika Ramadhan tiba. Mereka melakukannya bersama-sama dengan penuh kegembiraan seraya mengharap keberkahan atas bulan yang suci ini.

Bukan hanya itu, biasanya para pedagang membuka stan jualannya di area yang biasa dipakai untuk Iftar Picnics. Tak heran ketika Ramadhan tiba, masjid-masjid di India selalu ramai dipenuhi orang banyak.

6. Mheibes, Irak

Mheibes, Irak

Terdapat beberapa kebiasaan unik di Irak yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan. Meski demikian, terdapat satu kebiasaan unik yang paling menonjol yaitu Mheibes. Mheibes merupakan sebuah permainan yang biasa dilakukan setelah berbuka puasa.

Permainan ini dilakukan oleh laki-laki secara berkelompok. Cara bermain Mheibes ini sangat sederhana dimana dalam sebuah permainan terdapat dua kelompok. Masing-masing kelompok harus menyembunyikan dan menebak posisi cincin secara bergantian.

Masing-masing kelompok umumnya diisi dengan 40-250 pemain. Meski Mheibes ini adalah permainan yang sangat sederhana, akan tetapi sangat menyenangkan untuk dilakukan.

7. Garangaou, Qatar

Garangaou, Qatar

Hampir sama dengan tradisi Gergee’an di Kuwait, Qatar juga memiliki tradisi yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Tradisi ini disebut sebagai Garangaou. Bedanya, tradisi Gangaou ini mengharuskan pakaian khusus yang harus dipakai oleh anak-anak.

Anak laki-laki harus menggunakan pakaian berompi merah dengan benang emas. Sementara anak perempuan harus menggunakan pakaian tradisional cerah lengkap dengan ikat kepala dengan benang emas. Mereka kemudian bernyanyi sambil mengetuk pintu-pintu tetangga untuk meminta permen atau kue.

8. Berkumpul Bersama, Jepang

Berkumpul Bersama, Jepang

Meski mayoritas penduduknya bukanlah muslim, akan tetapi persaudaraan sesama muslim di Jepang sangatlah kuat. Hal ini dibuktikan ketika bulan Ramadhan tiba. Masyarakat muslim Jepang biasanya berkumpul dan saling berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan.

Tempat yang populer dijadikan lokasi berkumpul umat Islam ketika Ramadhan adalah Japan Islamic Centre. Di sana umat Islam Jepang membuat sebuah kepanitiaan dan menyusun agenda Ramadhan. Beberapa agenda yang biasa mereka laksanakan adalah dialog keagamaan dan salat tarawih.

Bukan hanya itu, biasanya mereka juga membuat jadwal puasa dan mendistribusikannya ke berbagai tempat seperti rumah dan restoran halal. Kegiatan ini menjadi tradisi yang selalu dilakukan dari tahun ke tahunnya, lho!

9. Bazar, Prancis

Bazar, Prancis

Siapa sangka, negara yang terkenal akan kemegahan Menara Eiffel, Prancis juga memiliki kebiasaan unik yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan. Kebiasaan unik masyarakat Islam Prancis adalah berbelanja. Mereka biasanya belanja di sebuah bazar Ramadhan yang menjajakan berbagai pernak-pernik Ramadhan.

Bazar Ramadhan ini berada di Jalan Pierre Tumbot. Di sana kamu bisa mendapatkan berbagai kebutuhan khas bulan Ramadhan baik makanan maupun pakaian. Di Bazar Ramadhan ini para pembeli juga diperkenankan untuk melakukan tawar menawar, lho!

10. Ngabuburit, Indonesia

Ngabuburit, Indonesia

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan kebiasaan unik berupa ngabuburit yang berasal dai Indonesia. Ngabuburit berarti bersantai sembari menunggu magrib atau waktu berbuka. Kegiatan ngabuburit ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling umum dilakukan adalah jalan-jalan.

Kegiatan ngabuburit identik dengan berburu takjil. Kebiasaan khas Indonesia ini biasa dilakukan di tempat-tempat yang banyak dipenuhi pedagang seperti jalan raya dan alun-alun. Kegiatan ngabuburit ini menjadi kegiatan yang seru untuk dilakukan. Tak heran, tradisi ngabuburit terus berlangsung dari tahun ke tahunnya.

Itulah dia beberapa kebiasaan unik di bulan Ramadhan dari berbagai negara. Wah, ternyata banyak sekali, ya kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan di bulan Ramadhan! Tentu saja kebiasaan-kebiasaan tersebut menjadi kegiatan rutin yang tak boleh terlewatkan ketika bulan Ramadhan tiba. Menurutmu, mana yang paling seru untuk dilakukan?

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram