bacaterus web banner retina

Miris! 10 Kasus Bullying yang Pernah Terjadi di Indonesia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 5 April 2021

Bullying atau perundungan adalah sebuah tindakan yang sangat tidak terpuji. Kasus bullying sendiri sering terjadi hampir di berbagai negara yang ada di seluruh dunia. Meski telah banyak imbauan yang melarang tindakan tersebut, namun masih banyak kasus-kasus bullying yang kerap terjadi di lingkungan sekitar kita.

Nah, dari sekian banyak kasus bullying yang pernah terjadi di tanah air, berikut telah Bacaterus rangkum 10 kasus bullying terkenal yang pernah terjadi di Indonesia. Seperti apa kasusnya? Yuk, simak ulasan tentang hal tersebut dalam artikel di bawah.

1. Bullying Siswi SMP Muhammadyah Purworejo

Bullying Siswi SMP Muhammadyah Purworejo

Sekolah yang harusnya menjadi rumah kedua bagi para siswa menjadi tempat yang kerap dilaporkan sebagai lokasi terjadinya tindakan bullying. Salah satunya seperti kasus yang terjadi di sebuah SMP Muhammadyah yang ada di kabupaten Purworejo.

Pasalnya sebuah video yang sedang memperlihatkan aksi brutal ketiga siswa laki-laki pada seorang siswi perempuan yang tengah duduk di dalam kelas mendadak viral di tengah masyarakat.

Aksi kekerasan ketiga siswa yang sempat direkam video tersebut pun menuai reaksi keras dari berbagai pihak. Banyak yang menilai  tindakan tidak terpuji yang dilakukan ketiga siswa laki-laki tersebut sudah melewati batas.

2. Bullying Remaja pada Bocah Penjual Jalangkote

Bullying Remaja pada Bocah Penjual Jalangkote
*

Kasus bullying yang sempat menghebohkan tanah air selanjutnya datang dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di dalam dua rekaman video yang beredar di masyarakat tampak bocah penjual Jalangkote berusia 12 tahun mendapat perlakukan tidak pantas dari beberapa remaja yang usianya jauh lebih tua darinya.

Dalam video tersebut tampak bocah yang sedang menjajakan dagangan miliknya dengan sepeda tersebut tiba-tiba diganggu oleh sekelompok remaja, hingga membuat dirinya hilang keseimbangan dan menjatuhkan semua dagangannya. Kasus bullying itu pun pada akhirnya menumbuhkan simpati publik pada bocah malang yang harus bekerja membantu perekonomian keluarga tersebut.

3. Bullying Siswa Terhadap Seorang Guru di Gresik

Bullying Siswa Terhadap Seorang Guru di Gresik

Bila kasus bullying umumnya dilakukan oleh siswa pada siswa lain yang dianggap lemah. Kasus berbeda terjadi di sebuah SMP yang ada di Gresik. Sebuah rekaman video tampak memperlihatkan seorang siswa tanpa rasa malu merundung guru yang sedang  mengajarnya di dalam kelas.

Di dalam rekaman tersebut tampak seorang siswa laki-laki mendorong serta mengepalkan tangan ke arah wajah sang guru. Tidak hanya itu, siswa tersebut juga terlihat merokok dan berkata kasar pada guru tersebut.

Kasus yang sempat menghebohkan itu pun pada akhirnya membuat KPAI harus turun tangan untuk menindaklanjuti perilaku tidak pantas dari oknum pelajar tersebut.

4. Bullying di Thamrin City

Bullying di Thamrin City

Kasus bullying yang tak kalah menggemparkan datang dari Jakarta. Kasus perundungan yang melibatkan siswa SMP dan SD sempat menjadi buah bibir setelah videonya beredar luas di masyarakat. Kasus bullying sendiri bermula dari saling mengejek di media jejaring sosial yang kemudian menjadi ajang duel yang dilakukan siswa-siswi tersebut di Thamrin City.

Di dalam rekaman video tampak seorang siswa dikeroyok oleh sejumlah pelaku. Aksi tidak pantas yang dilakukan oleh sejumlah pelajar di bawah umur tersebut mendapat reaksi beragam dari masyarakat. Kesembilan siswa yang diketahui menjadi pelaku bullying pun pada akhirnya harus menjalani rehabilitasi untuk mempertanggungjawabkan tindakan buruknya tersebut.

5. Bullying SMAN 3 Setiabudi Jakarta

Bullying SMAN 3 Setiabudi Jakarta

Kasus berikutnya datang dari SMAN 3 Setiabudi, Jakarta. Kasus perundungan yang dilakukan siswa senior kepada siswa junior ini mulai mendapat perhatian publik sejak video perundungan yang dilakukan pada sejumlah siswi tersebar di internet.

Dalam video tersebut memperlihatkan korban bully harus mendapatkan perlakukan buruk mulai disiram dengan minuman, diminta untuk merokok, sampai memakai bra di luar seragam yang mereka pakai. Aksi memalukan tersebut pun pada akhirnya telah mencoreng nama baik sekolah serta dunia pendidikan tanah air.

Baca juga: Inilah 8 Film Tentang Bullying Yang Mesti Kamu Tonton

6. Bullying SMPN 16 Malang

Bullying SMPN 16 Malang
*

Kasus bullying memang seperti fenomena gunung es. Banyaknya kasus bullying yang tidak terungkap ke permukaan bisa jadi karena adanya ancaman dan trauma yang mungkin dialami oleh korban bully. Salah satu kasus yang juga sempat menghebohkan dunia pendidikan  yang ada di tanah air adalah kasus yang terjadi di SMPN 16 Malang.

Kasus yang menimpa salah satu siswa sekolah tersebut memang terbilang cukup brutal. Korban yang diketahui mengalami beberapa luka lebam di bagian tangan, kaki dan juga punggung harus mendapatkan perawatan medis akibat ulah pelaku. Pelaku sendiri mengaku melakukan perbuatan tersebut sebagai bagian dari tindakan isengnya. Nah, bagaimana pendapat kamu tentang kasus ini?

7. Bullying Universitas Gunadarma

Bullying Universitas Gunadarma
*

Kasus lain yang juga mencuri perhatian publik tanah air terjadi di Universitas Gunadarma. Korban yang diketahui masih duduk di semester tiga saat tindakan bullying tersebut terjadi mengaku telah menjadi korban bullying sejak duduk di semester pertama perkuliahan.

Kasus bullying tersebut mulai mencuat ketika rekaman video yang memperlihatkan tindakan bullying yang dilakukan para pelaku diunggah seseorang ke internet. Ketiga pelaku utama yang diketahui melakukan tindakan seperti menarik tas, merekam serta melakukan provokasi untuk melakukan pun pada akhirnya harus mendapat skorsing dari pihak kampus atas perbuatan buruk yang dilakukannya.

8. Bullying SMPN 147 Jakarta

Bullying SMPN 147 Jakarta
*

Nah, dari sekian banyak kasus bullying yang terjadi di tanah air. Kasus bullying yang terjadi di SMPN 147 Jakarta ini mungkin menjadi salah satu kasus bullying paling buruk. Pasalnya siswi yang diduga menjadi korban bullying tersebut harus mengakhiri hidup dengan melompat dari atas gedung sekolah.

Sebelum kejadian memilukan tersebut terjadi, korban sendiri diketahui sempat mencurahkan isi hatinya pada sang kakak perihal tindakan perundungan secara verbal yang dilakukan oleh teman-temannya. Hal ini tentu bisa menjadi pelajaran berharga bagi keluarga dan sekolah untuk selalu waspada dengan sikap generasi muda.

9. Bullying Taruna ATKP Makassar

Bullying Taruna ATKP Makassar
*

Kasus bullying yang juga ikut mencoreng dunia pendidikan tanah air terjadi pada salah satu siswa Taruna ATKP Makassar. Kasus perundungan yang dilakukan oleh siswa senior pada juniornya ini harus berakhir dengan hilangnya nyawa korban bullying. Kasus penganiayaan sendiri terjadi diduga karena korban tidak mengenakan helm saat berkendara.

Korban sendiri diketahui mengalami luka di dada dan bagian tubuh setelah dianiaya oleh pelaku di dalam sebuah ruangan. Nah, kasus perundungan yang terjadi di Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan ini pun menjadi salah satu kasus bullying yang menyebabkan hilangnya nyawa korbannya.

10. Bullying Audrey

Bullying Audrey

Salah satu kasus bullying yang sempat menjadi trending di Twitter adalah bullying yang diterima oleh Audrey. Audrey adalah salah satu siswi SMP di Pontianak yang sempat menjadi perhatian masyarakat Indonesia akibat tindakan kekerasan yang dilakukan sejumlah teman-temannya.

Saking populernya kasus ini sendiri sempat melahirkan tagar "Justice for Audrey". Kasus bullying sendiri bermula karena korban diketahui sering mem-bully pelaku di media sosial. Setelah korban meminta pertemuan dengan para pelaku. Keduanya pun pada akhirnya melakukan pertengkaran hingga berujung perkelahian satu lawan satu di tepi sungai Kapuas.

Akibat perkelahian tersebut, Audrey harus mengalami perawatan karena sejumlah luka lebam di beberapa bagian tubuhnya. Merasa tidak terima anaknya terluka. Orang tua Audrey pun pada akhirnya melaporkan hal tersebut pada pihak yang berwajib.

Nah, itulah 10 kasus bullying terkenal yang pernah terjadi di Indonesia. Tindakan bullying sendiri memang kerap menjadi momok menakutkan bagi setiap orang tua. Pentingnya kerjasama antara sekolah, orang tua dan masyarakat dalam mengawasi perilaku anak-anak memang sedikit banyak dapat meminimalisir perilaku tidak terpuji yang mungkin bisa dilakukan mereka.

Semoga informasi di atas bisa menambah kepedulian kita terhadap tumbuh kembang generasi bangsa.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram