bacaterus web banner retina

Deretan 10 Kartu Yu-Gi-Oh! yang Langka dan Mahal Harganya

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 9 November 2020

Salah satu permainan Trading Card Games (TCG) yang masih populer hingga sekarang adalah YugiOh. Seperti halnya game TGC lainnya, game satu ini juga perlu menggunakan sejumlah kartu untuk memainkannya.

Sayangnya, tak semua kartu bisa kamu dapatkan dengan mudah. Ada beberapa kartu dalam YugiOh yang tergolong langka. Saking langkanya, harga kartu tersebut menjadi begitu mahal dan makin susah didapatkan. Lalu, apa saja kartu-kartu langka dalam YugiOh itu?

1. Morphing Jar TP2-001

Morphing Jar TP2-001

Morphing Jar sebetulnya bukanlah kartu yang tergolong langka. Namun, itu tak berlaku untuk Morping Jar dengan kode TP2-001. Kartu ini tergolong langka karena termasuk dalam Tournament Pack: 2nd Season.

Selain itu, kartu ini juga bisa menimbulkan efek broken selama permainan berlangsung. Sehingga, kartu ini jarang dipakai dan dijual. Satu kartu ini memiliki harga Rp 6,75 juta.

2. Ascencion Sky Dragon YSCM-EN007

Ascencion Sky Dragon YSCM-EN007

* sumber: shop.tcgplayer.com

Kartu yang satu pernah diberikan kepada para pemenang YugiOh Championship pada 2014 silam. Kartu ini tidak mudah ditemukan di pasaran karena langka. Ada sejumlah kelebihan dari kartu langka satu ini.

Kartu ini bisa memberikan 800 ATK untuk setiap kartu yang kamu pakai, jika kamu memanggil kartu ini dengan cara synchro summoned. Satu kartu langka ini diperkirakan memiliki harga sekitar Rp 9,43 juta.

3. Doomcaliber Knight SJCS-EN006

Doomcaliber Knight SJCS-EN006

* sumber: aucfree.com

Doomcaliber bukanlah kartu yang langka, karena sudah dicetak berulang kali. Namun hal itu tidak berlaku pada Doomcaliber yang berkode SJCS-EN006. Kartu ini sendiri pernah dikeluarkan sebagai hadiah pada Shonen Jump Championship 2008.

Kartu ini bisa kamu pakai saat permainan berlangsung, tanpa perlu panggilan khusus. Saat ini, Doomcaliber dengan kode SJCS-EN006 diperkirakan memiliki harga sekitar Rp 9,46 juta.

4. Vice Dragon DDY1-EN001

Vice Dragon DDY1-EN001

* sumber: www.cogonline.net

Kartu ini mulanya muncul dalam booster pack Duel Disk –Yusei Version. Tetapi, malah dimunculkan sebagai booster pack Raging Battle: Special Editions. Hal itu bikin kartunya cenderung langka dan mahal harganya.

Kartu ini bisa kamu panggil saat kamu sedang tidak mengontrol kartu monster, sedangkan lawanmu sedang mengontrol kartu monsternya. Harga kartu langka ini berkisar di angka Rp 12,27 juta.

5. Shrink SJC-EN0003

Shrink SJC-EN0003

* sumber: articulo.mercadolibre.com.mx

Seperti halnya Doomcaliber, Shrink sebetulnya bukanlah kartu langka. Sudah banyak seri kartu ini di pasaran. Di antara semua seri Shrink yang ada, ada satu kartu Shrink yang tergolong langka.

Shrink SJC-EN0003 adalah seri Shrink tersebut. Cara mengaktifkan kartu ini dalam permainan tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mengorbankan satu kartu monster yang ada di dalam deck kartumu. Harga satu kartu langka ini setara dengan biaya merakit sebuah PC mumpuni, yaitu sekitar Rp 10 juta.

Baca juga: Inilah Rekomendasi 10 Anime tentang Game yang Seru

6. Blood Mefist YCSW-EN004

Blood Mefist YCSW-EN004

Seperti beberapa kartu langka lainnya, kartu langka satu ini juga dulunya pernah dipakai sebagai kartu hadiah. Kartu dengan rating super rare ini pernah dipakai sebagai hadiah untuk Turnamen YugiOh Championship 2011.

Kalau kamu memakai kartu ini, kamu bisa memberi damage kepada lawan mainmu sebesar 300. Terutama, saat lawan mainmu tengah memakai kartu trap ataupun magic. Selembar kartu langka ini dihargai dengan kocek Rp 9 juta.

7. T. G. Hyper Librarian WQ11-EN002

T. G. Hyper Librarian WQ11-EN002

Kartu langka ini sekarang sudah masuk ke dalam ban list, serta digolongkan dalam kartu secret rare. Kendati begitu, T.G Hyper masih bisa dipakai untuk pertandingan tradisional ataupun kompetitif.

Dengan catatan, setiap pemain hanya boleh membawa kartu ini maksimal dua lembar saja. Ada beberapa faktor mengapa kartu ini langka dan dibatasi jumlah penggunaannya. Satu di antaranya adalah kemampuan yang dimiliki kartu ini.

Bila kamu memakai kartu ini dalam kondisi synchro summon, kamu bisa mengambil satu kartu dari deck-mu. Kartu tersebut harus langsung kamu aktifkan saat permainan berlangsung. Beberapa turnamen YugiOh sudah pernah menampilkan kartu ini. Salah satunya adalah YugiOh World Championship Qualifier National Championships 2011.

Karena tergolong secret rare, harga kartu ini terbilang lebih mahal dibanding kartu langka sebelumnya. Harga selembar kartu ini berkisar di angka Rp 16 juta.

8. Cyber Harpie Lady RP01-EN096

Cyber Harpie Lady RP01-EN096

Berbanding terbalik dengan kartu sebelumnya, kartu ini tidak termasuk ke dalam kartu ban list. Bahkan, pernah dijual di beberapa tempat. Keberadaan kartu ini semakin langka dan mahal setelah dimunculkan pada beberapa booster pack.

Booster pack tersebut hanya disebar di Eropa saja, sehingga bikin Cyber Harpie Lady RP01 jadi langka. Saking langkanya, kartu ini sampai mendapatkan rating secret rare dari berbagai pihak.

Pastikan kamu tidak salah membeli kartu langka ini. Kartu Ciber Harpie Lady RP01 yang asli memiliki kode RP-1-EN096 di dalamnya. Adapun harga selembar kartu ini kini dihargai dengan kocek Rp 17,6 juta.

9. Cyber Stein SJC-EN001

Cyber Stein SJC-EN001

* sumber: www.sportscards.com

Konon, saking langkanya kartu ini, kartu satu ini sampai diberi rating ultra-rare. Stok kartu ini konon hanya tersedia 18 kopi saja di seluruh dunia. Sebetulnya, kartu ini pernah dipelihatkan di ajang Shonen Jump Championship 2004 sebagai kartu hadiah.

Semenjak itu, Cyber Stein SJC mulai di-banned lantaran dianggap sebagai crush card virus. Pembuatan kartu ini konon terinspirasi dari monster Frankenstein yang terkenal di mitologi Eropa.

Saat ini, Cyber Stein SJC-EN001 punya harga mencapai Rp 94,6 juta. Bahkan, dalam sebuah forum lelang kartu YugiOh, kartu ini konon harganya sudah menyentuh Rp 310 juta.

10. Black Luster Soldier

Black Luster Soldier

* sumber: www.one37pm.com

Ini adalah kartu paling langka sekaligus paling mahal di daftar ini. Black Luster Soldier hanya ada satu lembar saja di seluruh dunia. Adapun pemegang kartu ini adalah pemenan YugiOh Championship di Jepang pada 1999 silam.

Tak seperti kartu langka lainnya, kartu langka ini tidak dibuat dari kertas. Melainkan, dari bahan stainless steel. Ini bikin kartunya terbilang kuat dan awet dari segi bahan.

Sayangnya, kartu satu ini tidak bisa dimainkan dalah YugiOh. Hal itu tentu saja karena bahan dari kartu satu ini. Black Luster kini hanya menjadi kartu koleksi saja yang bisa dibeli siapa pun.

Asalkan, bisa menebus harga kartunya yang teramat mahal. Harga selembar kartu ini setara dengan harga sebuah rumah mewah. Black Luster Soldier bisa kamu dapatkan dengan harga sebesar Rp 162,18 milyar.

Salah satu permainan Trading Card Games (TCG) yang masih populer hingga sekarang adalah YugiOh. Seperti halnya game TGC lainnya, game satu ini juga perlu menggunakan sejumlah kartu untuk memainkannya.

Sayangnya, tak semua kartu bisa kamu dapatkan dengan mudah. Ada beberapa kartu dalam YugiOh yang tergolong langka. Dan sepuluh kartu pada artikel ini adalah contoh nyatanya.

Kesepuluh kartu itu dianggap langka karena berbagai sebab. Mulai dari di-banned dari kompetisi, hingga jumlahnya yang sangat terbatas. Saking langkanya kesepuluh kartu tersebut, harga semua kartunya tergolong mahal. Kamu perlu budget ekstra, setidaknya untuk mendapatkan salah satu kartu itu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram